Tempat Wisata di Pangandaran

18 Tempat Wisata di Pangandaran Paling Indah dan Nyaman

Posted on

Belum lengkap rencana liburan ke Pangandaran kalau belum tahu apa saja pilihan tempat wisata di Pangandaran. Di Pangandaran, mayoritas tempat wisatanya berupa wisata alam. Menjadi nilai lebih dari Kabupaten Pangandaran sehingga mereka yang memiliki kesibukan padat di kota besar bisa langsung datang ke Jawa Barat untuk menyegarkan kembali pikiran. Di Pangandaran, akan ada banyak pilihan wisata alam yang akan Anda ketahui.

Tempat Wisata Pangandaran

Wisata alam yang diberikan Pangandaran untuk wisatawan adalah air terjun, sungai, danau, pantai, goa, dan wisata buatan manusia seperti desa wisata dan waterpark. Mulai dari Curug Tujuh Cibolang, Curug Bojong, Cukang Taneuh, Wisata Cagar Alam Pananjung, Situ Cisamping, Saung Muara Pangandaran, Pantai Batu, Hiu, dan Pantai Pangandaran, masih banyak lagi yang ditawarkan dan akan disebutkan pada daftar berikut.

Curug Tujuh Cibolang

Curug Tujuh Cibolang

Karena salah satu objek wisata Pangandaran adalah air terjun, maka di posisi pertama ini Anda akan menemukan Curug Tujuh Cibolang. Curug Tujuh Cibolang adalah kawasan wisata yang memiliki sebanyak air terjun kecil-kecil. Berada di Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Pangandaran, Anda yang memang sedang berada di kecamatan atau desa ini bisa langsung mampir.

Area wisatanya cukup luas, perairan di bawah air terjun juga cukup luas dan tidak tinggi. Karena memungkinkan untuk bermain air di dalamnya, tak jarang warga lokal menjadikan curug ini untuk rekreasi.

Curug Bojong

Curug Bojong

Dibandingkan dengan curug yang sebelumnya, Curug Bojong memiliki tampilan yang berbeda. Air terjun di Jalan Merdeka, Sukahurip, Kabupaten Pangandaran ini justru terdiri dari satu tebing besar dan tebing-tebing kecil, kemudian aliran airnya pelan-pelan turun dari tebing yang besar itu.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Majalengka

Karena aliran airnya tidak deras, banyak juga yang menjadikan Curug Bojong sebagai destinasi rekreasi selama di Pangandaran. Anda dan teman-teman yang memang suka bermain air di sebuah air terjun pasti akan suka dengan Curug Bojong. Jangan kaget pula jika air terjun ini minim pepohonan atau tumbuhan, sebab memang fokus dari wisata alam Pangandaran ini adalah tebing dan air terjun.

Curug Taringgul

Curug Taringgul

Curug Taringgul hampir mirip dengan Curug Bojong namun tetap ada perbedaan antara keduanya. Jika Curug Bojong berupa air terjun yang mengalir dari atas tebing datar, Curug Taringgul menawarkan air terjun di atas tebing datar namun berwarna hijau.

Hijaunya tebing di wisata Pangandaran ini tentu saja karena ditumbuhi tumbuhan liar. Tumbuhan liar yang ada di tebing justru memperindah pemandangan air terjun ini. Malahan, untuk menjadikan Curug Taringgul sebagai rekreasi dengan bermain air adalah pilihan yang sangat tepat. Buktikan saja keseruan bermain air di sebuah air terjun dengan datang di Desa Cibanten, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Cukang Taneuh

Cukang Taneuh

Cukang Taneuh atau biasa disebut dengan green canyon sebenarnya adalah kawasan wisata yang cukup luas. Karena luasnya ini, ada bagian dari Cukang Taneuh yang berada di luar Pangandaran juga ada yang di dalam Pangandaran. Tak hanya karena luasnya saja yang menjadikan Cukang Taneuh sebagai wisata Pangandaran dan sekitarnya, melainkan karena memang letaknya yang berada di perbatasan.

Di Cukang Taneuh pengunjung bisa bermain air biasa, bermain, atau membawa perahu karet kecil-kecilan untuk mengarungi perairannya. Bukan hanya sebuah perairan saja, perairannya berada di antara tebing yang cantik sehingga membuatnya layak diberi nama green canyon. Cukang Taneuh yang berada di dalam Pangandaran ada di Jalan Raya Cijulang-Green Canyon, Kertayasa, Cijulang, Pangandaran.

Santirah River Tubing

Santirah River Tubing

Cukang Taneuh memang jadi Tempat Wisata di Pangandaran untuk bermain air biasa, tidak untuk arung jeram meskipun kesannya akan super seru. Jika Anda ingin mencoba arung jeram selama di Pangandaran, maka tempat wisata Pangandaran yang sebaiknya dituju adalah Santirah River Tubing.

Memiliki aliran air yang tidak terlalu deras dan dilengkapi dengan bebatuan, wisata yang berada di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran ini cocok untuk arung jeram. Di sana sudah ada penyewaan peralatan supaya semuanya tetap aman. Jasa sewa dan pemandu disediakan dengan biaya mulai dari 50 sampai 100 ribuan rupiah.

Untuk selesai menyusuri Sungai santirah dengan cara arung jeram, Anda akan membutuhkan waktu 2 sampai 3 jam.

Citumang Pangandaran

Citumang Pangandaran

Berada di Citumang Pangandaran membuat Anda merasa seperti sedang berada di hutan hujan tropis di luar negeri. Masih sangat alami, tidak ada wahan atau atraksi tambahan yang diberikan untuk destinasi wisata Pangandaran ini.

Apa yang akan Anda lihat adalah sebuah sungai dengan tebing dan pepohonan liar di sisi-sisinya. Seterik apapun matahari menyengat, tak akan membuat siapa saja yang ada di sana kepanasan karena memang pepohonannya rimbun. Air yang mengalir di bawah tebing berwarna biru-hijau tosca seperti tidak nyata. Benar-benar pemandangan yang indah yang akan didapatkan siapa saja pengunjung Citumang Pangandaran. Citumang Pangandaran terletak di Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Wisata Cagar Alam Pananjung

Wisata Cagar Alam Pananjung

Ada juga wisata alam berupa kawasan hutan, lebih tepatnya lagi merupakan hutan sekunder. Wisata Cagar Alam Pananjung berada di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.

Sebenarnya hutan sekunder yang ada di Kabupaten Pangandaran ini memiliki kelandaian yang cukup signifikan. Karenanya telah dibangun jalan khusus dengan wujud tangga supaya wisatawan bisa berjalan dengan lebih mudah. kawasannya asri tentunya karena dipenuhi dengan pepohonan dari yang kecil sampai yang sudah tumbuh besar. Anda yang rela membuang energi untuk jalan dari ujung sampai ujung akan mendapatkan bonus berupa pemandangan hutan yang asri dan suasana yang sejuk.

Situ Cisamping

Situ Cisamping

Wujudnya adalah danau, tempat wisata Pangandaran ini cocok dikunjungi bersama keluarga. Dengan pasangan dan anak-anak, menyusuri danau bersama dengan perahu bebek pasti akan menyenangkan. Terlebih Situ Cisamping memiliki perairan yang cukup luas, semakin leluasa saja untuk bereksplorasi dengan perahu.

Situ Cisamping juga akan memberikan pemandangan alam yang berkualtas. Sebab, tak banyak destinasi wisata Pangandaran yang wujudnya berupa danau. Situ Cisamping berada di Jalan Pantai Indah, Batukaras, Cijulang, Pangandaran.

Saung Muara Pangandaran

Saung Muara Pangandaran

Sebelum menuju ke deretan objek wisata pantai Pangandaran, ada wisata yang bisa dikunjungi lebih dulu. Tidak menutup kemungkinan untuk dikunjungi di akhir hari berlibur ke Pangandaran, karena juga akan pas-pas saja.

Untuk diketahui, Saung Muara Pangandaran menjadi salah satu wisata Pangandaran yang difavoritkan oleh warga lokal. Panorama alam berupa perairan yang sangat asri akan menjadi bonus yang didapat pengunjung setelah memilih wisata ini.

Alasan mengapa menjadikan Saung Muara Pangandaran sebagai penutup hari berlibur di Pangandaran adalah karena memang di wisata inilah Anda bisa dapatkan momen sunset (matahari terbenam) yang paling oke.

Tidak ada tempat lain di Pangandaran yang sukses berikan pengalaman menikmati matahari terbenam untuk pengunjungnya selain Saung Muara. Saung Muara Pangandaran adalah tempat wisata di Pangandaran yang berada di Desa Kondangjajar, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu

Tentu saja ada pilihan objek wisata pantai Pangandaran. Wajar jika banyak orang dari luar Pangandaran yang menganggap Pangandaran sebagai destinasi wisata pantai, karena selain memiliki Pantai Pangandaran yang sangat cantik, Pangandaran juga memiliki destinasi pantai lain-lain yang unik dan sayang jika dilewatkan.

Salah satunya adalah Pantai Batu Hiu. Pantai Batu Hiu adalah salah satu pantai di Pangandaran yang memiliki keunikan berupa tebing dengan bentuk menyerupai sirip hiu. Panorama alam di pantai ini indah sehingga menjadikannya alasan untuk tidak melewatkan pantai ini.

Pantai Batu Hiu memiliki hamparan pasir yang cukup luas sehingga bisa dilakukan banyak pilihan aktivitas untuk dilakukan di sana. Pantai Batu Hiu berada di Desa Ciliang, Kecamatan Karangbenda, Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Pantai Madasari

Pantai Madasari

Objek wisata pantai Pangandaran selanjutnya adalah Pantai Madasari. Uniknya Pantai Madasari sehingga juga wajib dikunjungi adalah memiliki pepohonan yang sangat banyak di tepiannya. Karenanya, dari area parkir Anda akan berjalan menuju pantai dengan melewati pohon-pohon yang ada.

Pantai Madasari juga memiliki ombak yang cukup besar sehingga mendukung olahraga air yang memang membutuhkan ombak besar. Alamat Pantai Madasari adalah berada di Jalan Pantai Wisata, Masawah, Cimerak, Pangandaran. Di sana pula Anda akan melihat pulau-pulau kecil yang menghias bibir pantai.

Pantai Karang Nini

Pantai Karang Nini

Di Pantai Karang Nini Anda akan disuguhkan pantai dengan bebatuan di lantainya. Memang ada hamparan pasir, namun mendekati perairannya kaki Anda akan disambut dengan bebatuan. Justru dengan adanya bebatuan ini Anda bisa mendapatkan spot foto yang bagus.

Pasti tak membosankan pantainya, ditambah lagi ombak di sana cenderung kecil-kecilan, pasti aman jika Anda ke Pangandaran untuk wisata pantai dengan anak-anak. Alasan mengapa objek wisata Pangandaran ini harus Anda masukkan dalam itinerary perjalanan adalah karena ada sebagai pantai yang akan menyambut wisatawannya dengan hutan. Ya, artinya adalah setiap pengunjung harus masuk ke hutan dan berjalan terlebih dahulu untuk sampai di pantai ini.

Pantai Karang Nini berada di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Pantai Keusik Luhur

Pantai Keusik Luhur

Gelombang laut selatan akan berebut menyambut setiap pengunjung termasuk Anda jika mengunjungi objek wisata pantai Pangandaran ini. Pantai Keusik Luhur memiliki pasir kehitaman dan dihias dengan bebatuan yang memudahkan wisatawan untuk lebih jauh dari bibir pantai.

Anda harus mau menempuh perjalanan sejauh 45 kilometer dari pusat Kota Pangandaran untuk sampai di pantai ini. Adapun lokasi dari pantai ini adalah berada di Desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak, Pangandaran, Jawa Barat.

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Satu lagi objek wisata di Pangandaran yang jadi keharusan untuk dikunjungi. Apalagi kalau bukan Pantai Pangandaran itu sendiri? Rasanya jelas kurang kalau berlibur ke Pangandaran namun belum mampir ke pantai ini. Bahkan warga lokal Pangandaran pun tak pernah bosan dengan pesona pantai yang berada di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat ini.

Jalan menuju ke pantai ini dari pusat kota sudah beraspal semuanya. Selain itu, fasilitas yang ada di sana juga sudah sangat lengkap sehingga Anda bisa memenuhi kebutuhan berlibur ala panta di sana juga.

Pantai Pangandaran memiliki pasir berwarna putih bersih dan perairan berwarna hijau-kebiruan dari atas. Ombaknya cukup tenang, pemandangannya pun sangat bisa dinikmati. Entah untuk dinikmati dengan cara bersantai di pasirnya atau dinikmati dengan cara diabadikan.

Gua Sumur Mudal

Gua Sumur Mudal

Setelah tempat wisata di Pangandaran berwujud pantai, Anda juga bisa mampir ke wisata gua ketika berada di Pangandaran. Ada dua gua yang disebutkan dalam daftar ini yang keduanya sama-sama berada di Pangandaran. Gua yang pertama adalah Gua Sumur Mudal. Gua ini terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Karena berada di Desa Pananjung, Anda juga bisa sekalian mampir ke salah satu atau beberapa wisata yang telah disebutkan di atas untuk dikunjungi.

Gua ini sebenarnya masih masuk dalam kawasan cagar alam, namun sudah resmi dibuka sebagai salah satu tempat wisata di Jawa Barat. Alasan mengapa goa ini mendapat nama demikian adalah karena ada bagian dari gua ini yang memang bentuknya seperti sumur.

Gua Sutra Reregan

Gua Sutra Reregan

Gua Sutra Reregan bisa anda saksikan dan jelajahi langsung di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Jawa Barat. Jika Anda masih ingat, ada beberapa objek wisata Pangandaran di atas yang alamatnya juga ada di Desa Selasari. Untuk itu, liburan nanti akan lebih maksimal jika Anda sekalian mengunjungi semua wisata yang ada di desa ini.

Gua Sutra Reregan disarankan untuk wisatawan dari luar Pangandaran karena ada sebagian gua yang dihias dengan tumbuhan hijau muda merambat. Cantik, asri, dan menyejukkan udaranya. Baik bersama keluarga, sebagai solo traveller, atau bersama sahabat, pasti tak menyesal liburan ke gua ini.

Desa Selasari Pangandaran

Desa Selasari Pangandaran

Selagi masih di Desa Selasari, Anda juga bisa mampir ke wisata Pangandaran dan sekitarnya Desa Selasari. Wisata Desa Selasari Pangandaran dalam sebuah space alam yang telah dihias dengan atraksi dan spot foto oleh penduduk sekitar. Siapa saja yang datang ke Pangandaran dan cari spot foto yang lucu dan unik, bisa langsung datang ke tempat wisata di Jawa Barat ini.

Lantas, di mana lokasinya? Tentu saja berada di Desa Selasari yang berada di dalam Kecamatan Parigi.

Pangandaran Waterpark

Pangandaran Waterpark

Penasaran untuk coba main ke waterpark saat berada di Pangandaran? Untung saja ada wisata Pangandaran yang wujudnya sebuah waterpark buatan manusia. Wahana air yang diberikan memang cukup sederhana, namun sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan berlibur ala rekreasi air bersama keluarga maupun para sahabat.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Karawang

Untuk diketahui supaya wawasan liburan di Pangandaran bertambah, ada suatu kecamatan di dalam Pangandaran yang menjadi pintu utama wisata-wisata. Nama kecamatan tersebut adalah Kecamatan Kalipucang. Untuk bisa sampai ke Pangandaran Waterpark, Anda hanya perlu perjalanan selama 5 kilometer saja dari pintu utama wisata tersebut.

Selain bisa bermain air dengan wahana-wahana air yang disediakan, Pangandaran Waterpark juga menyediakan motor ATV supaya bisa berseru-seru pengunjungnya.

Anda punya banyak pilihan tempat wisata di Pangandaran. Kini saatnya memilih beberapa untuk dikunjungi nanti saat sampai di Pangandaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *