Tempat Wisata Di Paniai

5 Tempat Wisata Di Paniai Bernuansa Alam Paling Indah

Posted on

Traveler, apakah kamu pernah mendengar salah satu daerah di Papua yang bernama Paniai? Namanya memang belum begitu terkenal, jadi kalau belum pernah dengar pun sangat wajar. Oleh sebab itulah, pada artikel kali ini republic wisata akan memperkenalkan pesona tempat wisata di Paniai. Tak kalah dengan Kawasan lain yang ada di Papua, Paniai juga memiliki beragam destinasi wisata yang akan membuatmu takjub mulai dari danau, taman nasional, bukit hingga kampung adat yang sangat khas.

Tempat Wisata di Paniai

Coba sebutkan dimana saja tempat wisata di Papua yang kamu ketahui? Mungkin salah satu yang terlintas di pikiranmu adalah Raja Ampat, benar tidak? Tak salah memang wisata tersebut sangat populer sekali, apalagi soal keindahan alam bawah lautnya, keren banget! Lalu, bagaimana ya dengan Paniai? Apakah ada tempat wisata yang seindah Raja Ampat? Daripada penasaran mending langsung saja simak ulasan tentang wisata di Paniai Papua berikut ini yuk.

Wisata DUAMO

Wisata DUAMO

Wisata yang pertama adalah DUAMO, tak terlalu populer sehingga belum banyak yang tahu. Lokasinya berada di Gakokebo, Tigi Timur, Kabupaten Deiyai, Papua. Sebuah pulau kecil yang unik dan berada di tengah danau yakni Danau Tigi. Begitu sampai di lokasi kamu akan merasa takjub dengan pemandangan batu besar berbentuk wajah manusia. Ada pula gua-gua yang dijadikan sebagai habitat burung walet. So, selain menikmati keindahan alam di DUAMO, wisatawan juga bisa melihat bagaimana sih habitat alami dari burung yang biasa dijual dengan harga mahal. Saat memasuki gua burung walet, kamu pun bisa menjumpai Patung Yesus dan Bunda Maria yang sampai sekarang belum diketahui siapa pembuatannya.

Baca Juga: Wisata Nduga

Ada pemandangan lain yang sebaiknya jangan terlewatkan yaitu pemandangan matahari terbenam saat sore hari. Sunset nampak sempurna, suasana pulau DUAMO pun terasa lebih syahdu.

Danau Tigi

Danau Tigi

Sebelumnya sudah disinggung kalau wisata Duamo berlokasi di Danau Tigi salah satu danau Paniai. Nah, kali ini republik wisata akan coba membahas secara khusus mengenai danau tersebut. Suasananya masih kental dengan nuansa alam, udaranya bersih dan terasa menyejukkan. Uniknya danau ini berbeda dengan kebanyakan danau yang berlokasi di dataran rendah sebab Tigi berada di dataran tinggi. Kedalaman danau mencapai 150 meter, sangat berbahaya sekali bila berenang di sana apalagi bila kamu tak memiliki kemampuan berenang sama sekali.

Di samping menikmati pemandangan danau yang menenangkan, kamu juga bisa menjelajahi beberapa tempat wisata lain yang ada di sekitar danau seperti perkampungan yang ditinggali oleh suku asli Paniai serta beberapa objek wisata lain. Kalau punya banyak waktu sebaiknya sih sempatkan untuk menjelajahi tempat wisata di Paniai yang lainnya.

Bukit Bobaigo

Bukit Bobaigo

Tempat wisata di Paniai selanjutnya adalah Bukit Bobaigo, lokasinya masih berada tidak jauh dari Kawasan pinggiran Danau Paniai. Wisata satu ini cocok sekali untuk kamu yang menyukai ketinggian. Saat berada di puncak, hamparan keindahan alam alam Tigi terbentang luas, nampak sangat jelas dan memanjakan mata sekali. Ada banyak rumput ilalang yang memenuhi buki, nampak instagramable saat diabadikan melalui lensa kamera.

Tak jauh dari Bukit Bobaigo ada sebuah landasan udara yang memang biasa digunakan oleh wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburannya di Bukit Bobaigo. Namun jarak antara landaran udara dan puncak bukitnya harus ditempuh dengan berjalan kaki, kurang lebih selama 45 menit. Biarpun lelah namun akan terbayarkan saat kamu benar-benar sudah berada di puncak bukitnya.

Nah, di samping keindahan alam yang sangat menakjubkan ada hal unik lain yang melekat pada bukit ini, yakni mitos turun temurun masyarakat lokal. Motor tersebut menyangkut dengan cerita presiden pertama Indonesia serta lambang negara Indonesia. Masyarakat Paniai percaya, bahwa burung garuda merupakan burung yang berasal dari Bukit Bobaigo.

Danau Paniai

Danau Paniai

Sama seperti nama daerahnya yaitu ‘’Paniai’’, di sini terdapat sebuah danau yang disebut sebagai Danau Paniai. Pada tahun 2007 ternyata wisata ini pernah dinobatkan sebagai Danau Terindah di Dunia, keren kan? Keindahan perairan di Paniai ini ternyata mampu memukau mata dunia. Lokasinya juga sangat unik karena berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Oleh sebab itulah, saat berkunjung ke sini kamu akan merasakan udara yang sejuk dan menyegarkan. Air danaunya tampak kebiruan, sementara bagian pinggir danaunya berpasir ada pula batu kecil yang menambah keindahan destinasi wisata Danau Paniai.

Luas Kawasan wisatanya mencapai 14.500 hektar, cocok sekali untuk wisatawan yang ingin trekking dan melakukan penjelajahan. Di samping itu, kamu yang punya hobi memancing, bisa melakukannya di sini. Kalau beruntung, kamu bisa mendapatkan beberapa jenis udang langka yang merupakan makanan khas masyarakat lokal. Nah, bagi para pecinta fotografi pun tak perlu khawatir. Tebing-tebing tinggi yang menjulang nampak sangat eksotis dan bisa menjadi spot foto unggulan.

Fasilitas yang ada di Danau Paniai juga bisa dibilang cukup lengkap, jadi tak perlu khawatir. Kamu bisa berwisata dengan nyaman di sini.

Pulau Yugaitegee

Pulau Yugaitegee

Dan wisata Paniai yang terakhir adalah Pulau Yugaitegee, masyarakat setempat lebih mengenalnya dengan sebutan Pulau Batu Layar. Hal unik yang bisa kita lihat saat berada di pulau ini adalah sebuah batu besar yang mirip seperti layar kapal dan lokasinya berada di pinggir pantai. Bagi yang menyukai foto-foto unik, batu tersebut bisa menjadi spot yang akan memanjakanmu.

Kalau soal popularitas memang masih populer Raja Ampat bila dibandingkan Yugaitegee. Namun di kalangan masyarakat local, pulau ini sebetulnya sudah cukup populer. Yogaitegee juga tak berpenghuni, sehingga bagi wisatawan yang ingin berlibur di sini harus membawa perbekalan yang lengkap termasuk makanan dan minuman. Nah, sementara itu untuk menyebrang perairan agar bisa sampai di pulau kamu bisa menyewa perahu milik masyarakat lokal.

Baca Juga: Wisata Nabire

Karena masih cukup jarang dikunjungi oleh wisatawanmaka suasana di Yugaitegee cenderung sepi, cocok untuk relaksasi pikiran atau menenangkan pikiran. Ada salah satu momen yang jangan kamu lewatkan yakni menikmati pemandangan matahari terbenam dengan tenang. Saat sore hari, langit akan berubah menjadi orange, matahari pelan-pelan akan menghilang, pantai yang tak terlalu ramai membuat suasana sore semakin nyaman dan tenang.

Itulah 5 tempat wisata di Paniai Papua bertemakan alam paling indah yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan tempat liburan.

Traveler, ada sedikit tips saat kamu berkunjung ke Paniai. Sebaiknya kamu menyewa jasa tour guide yang memang sudah tau bagaimana kondisi akses jalan menuju tempat wisata yang akan dituju. Hindari melakukan perjalanan solo traveling apalagi bila yang akan dikunjungi adalah wisata alam yang belum populer serta jarang dikunjungi orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *