Tempat Wisata Di Papua Barat

10 Tempat Wisata Di Papua Barat Paling Indah Terpopuler

Posted on

Traveler, kalau membicarakan soal tempat wisata di Papua Barat, apa yang terlintas dalam benakmu? Apakah Raja Ampat? Tak salah, kebanyakan orang memang memikirkan tempat tersebut. Sebuah wisata populer yang keindahannya sudah sangat mendunia. Namun, apakah Papua Barat hanya memiliki Raja Ampat? Tentu saja tidak.

Tempat Wisata di Papua Barat

Tempat wisata di Indonesia yang menyuguhkan bentang alam khas sangatlah banyak termasuk beberapa diantaranya terdapat di Papua Barat. Tidak hanya satu namun lebih dari 10 tempat bisa kamu jelajahi. Nah, bagi yang punya rencana liburan ke Papua, sebaiknya simak dulu yuk ulasan beberapa tempat wisata yang mungkin saja bisa menjadi referensimu selama berada di sana.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Pariwisata Papua Barat pertama yang direkomendasikan adalah Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Bila memulai perjalanan dari pusat kota Manokwari, wisatawan bisa menempuh perjalanan selama 5 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Wisata ini terkenal akan gugusan pulaunya yang indah yakni Pulau Mioswaar, Nusrowi, Roon, Rumberpon, dan juga Yoop. Dan tau nggak sih, ternyata Taman Nasional Teluk Cenderawasih merupakan yang terluas di Indonesia dan hampir 90% wilayahnya terdiri dari perairan.

Di sini, kamu bisa menikmati pesona hutan mangrove yang terjaga, hutan hujan tropis yang asli, serta keindahan terumbu karang. Alam bawah laut Taman Nasional Teluk cenderawasih pun tak luput dari perhatian. Wisatawan yang menyukai snorkeling atau diving akan dibuat kagum dengan pemandangan bawah laut.

Bila beruntung, saat menyelam kamu bisa melihat lumba-lumba, hingga penyu berjenis langka. Hal yang menarik lainnya adalah ada sebuah gua yang lokasinya berada di bawah laut. Benar-benar unik!

Di samping menyelam, wisatawan pun bisa menikmati suasana perairan di bibir pantai. Berjemur atau menyusuri panjangnya garis pantai.

Bukan hanya Teluk Cendrawasih saja, ada teluk lain di Papua Barat yang keindahannya pun sebanding yakni Teluk Triton. Lokasinya berada di Distrik Kaimana, Kabupaten Kaimana, Papua Barat.

Danau Framu

Danau Framu

Wisata Papua Barat selanjutnya masih berkaitan dengan perairan, namun kali ini bukanlah pulau melainkan sebuah Danau yaitu Danau Framu. Sebuah danau yang sangat populer karena airnya yang jernih dan bersih, tak pernah tercemar sedikitpun. Letak danau ini sama seperti namanya di Framu, Ayamaru, Kabupaten Maybrat.

Datang ke sini menjadi relaksasi tersendiri, suasana alam yang sangat asri akan menyambutmu sesampainya di sini. Framu dikelilingi oleh pepohonan rimbun, membuat udara di sekitar terasa lebih sejuk. Oksigen pun terasa lebih bersih, sangat memanjakan paru-paru.

Waktu paling tepat untuk datang ke Danau Framu adalah saat pagi hari. Atau lebih tepatnya saat matahari terbit, embun pagi yang menyelimuti danau sedikit demi sedikit akan hilang. Udara dingin akan terhangatkan dengan kemunculan matahari. Pemandangan danau pun akan terlihat lebih jelas saat matahari terbit dengan sempurna. Kapan lagi bisa menikmati kenyamanan alam seperti ini selagi berada di Papua Barat?

Situs Purbakala Tapurarang

Situs Purbakala Tapurarang

Buka hanya soal wisata alamnya saja yang menjadi daya tarik Papua Barat, namun adat dan kebudayaan Papua pun sangat menarik untuk ditelusuri. Ada banyak peninggalan yang dilestarikan hingga sekarang, ini dilakukan guna menghormati para nenek moyang terdahulu.

Salah satunya bisa wisatawan lihat di Situs Purbakala Tapurarang. Di sini, kamu bisa melihat sebuah jejak darah telapak tangan manusia serta bebatuan lebih tepatnya di sebuah bebatuan.

Berdasarkan informasi dari masyarakat sekitar serta para peneliti, jejak tersebut berasal dari masa prasejarah yang telah ada sejak ratusan tahun lamanya. Sehingga jejak histori tersebut tak bisa dihilangkan sebagai bukti kehidupan pada terdahulu.

Hal yang membuat situs purbakala ini istimewa karena letaknya dikeliling oleh hutan bakau yang asri. Hutan tersebut pun dijadikan sebagai habitat berbagai jenis burung mulai dari burung Bangau hingga Cendrawasih.

Bagi wisatawan yang memiliki hobi fotografi, berkunjung ke Situs Purbakala Tapurarang benar-benar akan sangat dimanjakan sekali. Ada banyak spot foto keren yang wajib diabadikan menggunakan kamera.

Pegunungan Arfak

Pegunungan Arfak

Bila melihat dari nama destinasi wisatanya, mungkin kamu akan langsung berpikir bahwa ini adalah sebuah gunung. Benar tidak? Tak salah, namun lebih tepatnya ini adalah sebuah nama Kabupaten yang ada di Papua.

Karena letaknya yang dikelilingi perbukitan maka pantas saja dinamakan Pegunungan Arfak. Letaknya berada di dataran tinggi atau lebih tepatnya 2.900 meter di atas permukaan laut. Wah cukup tinggi ya?

Nah, yang jadi primadona dari Kabupaten satu ini adalah terdapat 2 danau yang unik yakni Danau Anggi dan Danau Anggi Giji. Keduanya masih sangat terjaga keasliannya sebab belum banyak terjamah oleh tangan-tangan manusia. Bukan hanya asri danau ini juga semakin menarik karena terdapat pasir putih di bagian tengah danau. Wisatawan bisa menikmati waktu bersantai di pasir putih tersebut.

Sepanjang jalan menuju ke Danau Anggi dan Anggi Giji pun wisatawan akan semakin dibuat takjub dengan pemandangan rumah tradisional. Kamu pun mungkin akan bertemu dengan masyarakat asli setempat yang sangat ramah.

Sedikit tips saat berkunjung ke Pegunungan Arfak, kondisi alam di sini masih sangat kental sehingga suasananya akan berbeda dengan perkotaan. Oleh sebab itu, wisatawan harus mempersiapkan berbagai macam perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan saat menjelajahi Pegunungan Arfak.

Gunung Meja

Gunung Meja

Nama objek wisata selanjutnya cukup unik yaki Gunung Meja. Nah, kata meja sendiri dikenal untuk penyebutan sebuah benda mati yang biasa digunakan untuk menyimpan sesuatu atau belajar. Namun meja kali ini adalah bentang alam pegunungan yang indah.

Lantas mengapa dinamakan meja? Ini karena bila dilihat dari kejauhan bentuk gunungnya mirip seperti Meja, unik ya? Semakin unik lagi karena letak gunung ini yang bukan berada di pedalaman melainkan berada di tengah-tengah Ibu Kota Papua Barat, Manokwari.

Tak heran bila Gunung Meja menjadi pilihan masyarakat Papua untuk sekedar menikmati waktu liburan, hiking dan piknik kecil. Di area pegunungannya pun terdapat hutan lindung yang dipenuhi oleh flora dan fauna yang beragam.

Bagi yang ingin menikmati waktu liburan selama beberapa hari di Papua, wisatawan bisa menyewa penginapan tak jauh dari Gunung Meja. Harganya pun beragam dari ekonomis sampai high class. Udara yang sejuk serta pemandangan yang indah benar-benar akan sangat memanjakanmu selama liburan di sini.

Pulau Mansinam

Pulau Mansinam

Selain wisata pegunungan, kamu juga bisa menikmati keindahan alam pesisir di Papua Barat yakni Pulau Mansinam. Biarpun tak terlihat seperti salah satu gugusan dari Pulau Raja Ampat namun keberadaan Pulau Mansinam ternyata dianggap sangat penting untuk masyarakat Papua Barat.

Lokasinya ada di Teluk Dore, atau bila dari ibu kota Papua Barat jaraknya kurang lebih 6 km. Destinasi wisata satu ini pun dipercaya sebagai jejak awal peradaban dari masyarakat Papua Barat. Wah, historical sekali kan!

Selain bisa menikmati suasana pantai yang khas, kamu pun bisa menelusuri jejak sejarah bagaimana terbentuknya agama Kristen di Papua. Dimana terdapat sebuah monumen patung Yesus yang menjadi saksi bisu, mirip seperti yang ada di Rio De Janeiro.

Di samping pulau Mansinam, masih banyak lagi pulau di Papua Barat yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Seperti Pulau Amutu Besar yang ada di Kabupaten Teluk Bintuni. Pemandangan pesisir yang eksotis dan khas sangat memanjakan mata, apalagi pemandangan alam bawah lautnya.

So, bila berkunjung ke salah satu pulau di Papua Barat sangat dianjurkan untuk membawa perlengkapan snorkeling atau diving. Tujuannya tentu saja agar wisatawan bisa menyelam dan menikmati keindahan bawah lautnya.

Pantai Bakaro

Pantai Bakaro

Bila belum puas hanya mengunjungi satu pantai, tak perlu khawatir. Sebab masih ada banyak pantai di Papua yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Bakaro. Bagi yang butuh vitamin sea, datang ke sini benar-benar akan sangat dimanjakan sekali. Hamparan pasir putih yang bersih akan terasa halus saat kamu berjalan di atasnya dengan bertelanjang kaki.

Pemandangan perairannya pun sungguh indah. Warna hijau tosca terlihat mendominasi, airnya pun jernih sampai-sampai kita bisa melihat bagaimana kondisi alam bawah laut. Menjelang sore hari ada pemandangan yang tak boleh terlewatkan yakni pemandangan matahari tenggelam atau sunset. Langit sore akan berubah menjadi orange, lembayung senja benar-benar membuat suasana lebih romantis. Siluet pun terlihat makin sempurna.

Bagi yang punya hobi memancing datang ke sini pun akan sangat dimanjakan sekali. Kamu bisa memancing kapanpun, bila sudah mendapatkan ikan, kamu bisa membawanya ke warung-warung di sekitar pantai untuk diolah. Namun, kalau tak ingin memancing, masih tetap bisa menikmati kuliner khas pesisir kok, tinggal pesan saja sesuai menu yang disediakan.

Apakah hanya sampai Pantai Bakaro saja yang menawarkan pesona pantai Papua Barat? Tentu saja tidak, masih banyak lagi! Oleh sebab itulah, wisatawan yang datang ke sini sangat dianjurkan untuk tak terlalu buru-buru pergi. Minimal 1 minggu di sini, atau lebih agar bisa menjelajahi banyak tempat wisata pantai Papua Barat.

Gunung Botak

Gunung Botak

Hem, sebelumnya kita sudah diajak ke Gunung Meja yang sangat unik dimana bentuknya menyerupai meja bila dilihat dari kejauhan. Sekarang, kamu akan diajak untuk berkunjung ke Gunung unik selanjutnya yakni Gunung Botak.

Kalau membaca kata botak mungkin yang terlintas dalam benakmu adalah kepala yang tak berambut. Benar tidak? Tak salah memang. Sebab gunung Botak sendiri bila dari kejauhan terlihat seperti gunung tandus alias tak ditumbuhi pepohonan. Namun kalau dilihat dari dekat ada cukup banyak pepohonan kok.

Gunung Botak pun kerap dijadikan sebagai spot camping terfavorit untuk menikmati suasana alam Papua Barat. Dari atas puncaknya, wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan pantai serta perbukitan yang asri.

Masih berada di Kawasan pegunungan, wisatawan akan menjumpai sebuah danau yang kerap dijadikan tempat memancing oleh masyarakat setempat. Bagi yang menyukai adventure atau menjelajahi alam datang ke sini akan memberikan pengalaman liburan yang berbeda.

Teluk Doreri

Wisata Selanjutnya adalah Teluk Doreri, lagi-lagi wisatawan akan diajak untuk menikmati keindahan alam bawah laut di perairan Papua Barat. Ada berbagai jenis biota laut yang hidup di teluk Doreri.

Tak heran bila Doreri menjadi salah satu yang direkomendasikan dari sekian banyak titik penyelaman di Papua. Wisatawan bisa snorkeling atau diving untuk melihat alam bawah laut doreri. Bahkan tak hanya melihat biota laut, para penyelam pun akan diajak melihat sisa-sisa kapal bekas peninggalan Perang Dunia Kedua yang sempat karam.

Wisatawan yang ingin diving atau snorkeling diharapkan membawa perlengkapannya sendiri. Apalagi di musim pandemic seperti ini, menggunakan barang milik pribadi dinilai lebih aman dibandingkan harus menyewanya.

Pulau Misool

Pulau Misool

Dan wisata terakhir yang bisa kamu jadikan referensi tempat liburan selama di Papua Barat adalah Pulau Misool. Salah satu pulau dari empat pulau terbesar di Kepulauan Raja Ampat yang populer. So, belum lengkap rasanya kalau ke Raja Ampat namun melewatkan Misool.

Tiap pulau biasanya memiliki keunikan tersendiri. Seperti di Misool, terdapat deretan batu karang di bagian timurnya. Hamparan pasir putih serta pemandangan hutan mangrove pun terlihat mempesona. Perairannya pun sangat luas dan eksotis sebab berwarna biru tosca yang khas. Kondisi airnya bagaimana? Tentu saja sangat jernih sampai-sampai wisatawan bisa melihat kondisi alam bawah laut dengan cukup jelas. Namun kalau ingin lebih jelas tentu saja harus snorkeling atau diving.

Saat menyelam, wisatawan akan disambut oleh berbagai jenis ikan kecil, hiu, terumbu karang, penyu dan biota laut lain.

Ada berbagai jenis kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan selagi berada di Misool. Seperti berkeliling pulau menggunakan perahu boat, wisatawan akan diajak menikmati keindahan pulau yang indah.

Sementara itu bagian yang hobi main kayak, kamu bisa menyewa kayak di sini. Sembari naik kayak, kamu akan disambut dengan biota laut yang terlihat begitu jelas sebab airnya yang jernih.

Tak hanya sampai di situ saja, bagi yang menyukai adat dan kebudayaan suatu daerah. Wisatawan pun bisa melakukan wisata budaya dengan cara mengunjungi desa-desa yang berada di kepulauan Misool. Dijamin, ini akan jadi kegiatan menarik dan tak terlupakan.

Wisatawan akan diajak melihat aktivitas masyarakat Papua secara langsung. Bagaimana kehidupan sehari-hari mereka yang erat dengan nilai adat dan kebudayaan. Berinteraksi dengan mereka pun sungguh menyenangkan sebab masyarakat di sana sangat ramah sekali.

Ada makanan khas setempat yang hampir tak bisa kamu temukan di Kawasan kota. Bila berkenan, kamu boleh sekali mencobanya! Ya walaupun rasanya kurang cocok, paling tidak kamu sudah mencicipi kuliner khas Papua yang unik. Ini bisa jadi pengalaman yang dapat diceritakan pada orang lain.

Yang terpenting saat datang ke desa di pulau Misool kamu harus membawa uang cash. Selagi berada di perkotaan dan masih menemukan ATM sebaiknya kamu tarik uang yang sekiranya dibutuhkan. Sebab kalau sudah masuk Kawasan desa bahkan pedalaman akan sangat sulit sekali menemukan mesin ATM.

Oke traveler, itulah 10 tempat wisata di Papua Barat yang bisa jadi referensi tempat liburanmu. Datang ke sini akan membuatmu bingung, bukan karena tak ada tempat wisatawan melainkan banyak sekali dan cukup bervariasi, mulai dari perairan hingga pegunungan. So, agar tak bingung sebaiknya kamu sudah membuat itenary dengan sangat detail mulai dari tempat mana saja yang akan dikunjungi, penginapan yang akan disewa hingga kendaraan yang akan digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *