Tempat Wisata Di Pasuruan

10 Tempat Wisata Di Pasuruan yang Bisa Bikin Betah!

Posted on

Menghabiskan waktu liburan memang paling mantap kalau berkunjung ke tempat wisata. Apalagi yang terbilang populer. Nah, bagi kamu anak Pasuruan Jawa Timur atau yang mau liburan ke kabupaten ini, liburan ke salah satu tempat wisata di Pasuruan tak ada salahnya. Ada beberapa daerah yang menyimpan potensi wisata poluler dan akan membuat siapapun merasa puas menghabiskan waktu liburannya di tempat tersebut.

Tempat Wisata di Pasuruan

Salah satu daerah yang harus banget dikunjungi adalah Pasuruan. Tempat wisata di Pasuruan tak kalah dengan tempat wisata daerah lainnya yang berada di Kawasan Jawa Timur. Langsung saja ya guys, berikut adalah 10 tempat wisata pasuran yang paling bikin betah!

Bromo

Bromo

Kalau bicara soal Bromo sih sudah jelas pasti siapapun akan tau tempat ini. Sebab bukan hanya populer di kalangan wisatawan local saja, bahkan wisatawan asing pun banyak yang menjadikan Bromo sebagai tujuan tempat wisata.

Di sini, wisatawan akan disuguhi dengan hamparan alam pegunungan yang sangat indah serta udara menyejukkan. Disarankan untuk datang sebelum matahari terbit, agar kamu bisa melihat pemandangan tersebut secara langsung saat berada di sini. Karena memang banyak juga wisatawan yang berburu moment matahari terbit di puncak pananjakan Bromo.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Pamekasan

Sebenarnya, kapanpun Bromo akan tetap indah dan cantik. Namun setelah musim penghujan, suasana Bromo akan lebih indah. Terlihat pemandangan alam yang hijau dengan keseburan tanah pegunungan. Berbeda saat kondisi sedang kering, warna yang didominasi adalah coklat yang meliputi lautan pasir bromo, sehingga terkesan seperti hamparan padang pasir.

Di samping itu karena Bromo berada pada ketinggian 2.329 mdpl dan udara pun kerap mencapai titik terendah, sangat disarankan agar kamu membawa jaket, sarung tangan, syal, agar tidak kedinginan. Gunakan juga sepatu yang nyaman dan cocok dipakai untuk aktifitas luar ruangan.

Bagi yang ingin liburan ke sini, sebaiknya ikut paket wisata yang sudah include dengan penginapan, sewa kendaraan dan guide. Akan lebih murah kalau kamu datang secara berkelompok.

Pananjakan 1 dan Pananjakan 2 Bromo

Pananjakan 1 dan Pananjakan 2 Bromo

Gunung Pananjakan merupakan tempat wisata di Pasuaran yang masih berada di satu daerah dengan Kawasan wisata Gunung Bromo. Biasanya orang-orang akan mendaki ke Pananjakan sebelum matahari terbit agar bisa mengejar momen golden sunrise yang sangat indah. Namun kamu harus tahu kalau ada Pananjakan 1 dan ada Panjanjakan 2 yang berbeda jalur masuk.

Puncak Penanjakan 1 di Bromo berada pada ketinggian 2.770 meter di atas permukaan laut. Lokasi Penanjakan 1 ini di sebelah barat Gunung Bromo dan masih termasuk sebagai bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN-BTS) di Jawa Timur. Untuk bisa menuju sampai ke puncak dengan santai, kamu bisa menyewa jasa angkutan Jeep atau Hardtop di Bromo. Hal ini diperlukan mengingat medannya yang sulit untuk dilewati menggunakan kendaraan biasa. View di penanjakan 1 terasa spesial karena berlatar pemandangan Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Kursi, dan Gunung Semeru.

Meski tak sepopuler penanjakan 1, Puncak penanjakan 2 bisa menjadi pilihan bagi yang ingin menikmati suasana lebih sunyi. Penanjakan 2 juga menjadi alternatif kunjungan ketika lokasi Penanjakan 1 sedang tidak dibuka untuk umum, semisal ketika ada tamu negara yang berkunjung atau event spesial lainnya. Bagi yang menyukai tantangan pastinya akan terpuaskan dengan mendaki ke Penanjakan 2 karena medannya lebih berat ketimbang Penanjakan 1.

Jadi kamu mau pilih yang mana? Pananjakan 1 atau Pananjakan 2? Kalau memang tak memiliki waktu banyak sih memang alternatifnya Pananjakan 1, tapi kalau ingin menguji adrenaline, bisa mendaki ke Pananjakan 2.

Kebun Raya Puwodadi

Kebun Raya Puwodadi

Kebun raya purwodadi, merupakan tempat wisata Pasuruan yang didirikan sejak tahun 1941. Kebun memiliki beberapa area tematik sesuai jenis tanaman yang dikembangkan. Beberapa spot juga dibuat khusus sebagai area rekreasi.

Taman Bougenville menjadi salah satu area favorit pengunjung karena memang memiliki pemandangan yang menarik terutama untuk berfoto. Bunga Bougenville yang berwarna merah, merah muda, dan orange nampak begitu mencolok diantara hijaunya tanaman di sekitarnya.

Tumbuhan khas daratan Meksiko seperti jenis kaktus-kaktusan juga menjadi koleksi di KRP. Menempati area khusus bernama Taman Meksiko, tanaman yang berukuran besar di area kering ini menjadi sangat menarik perhatian.

Bagi pecinta tanaman Anggrek, tempat wisata Pasuruan ini memilki rumah kaca yang mengkoleksi lebih dari 2.000 bunga Anggrek ini. Terdiri dari 319 jenis, dimana 7 diantaranya merupakan anggrek endemik Jawa Timur. Beberapa koleksi juga merupakan jenis anggrek yang sudah sangat langka.

Hal yang cukup unik dari KRP ialah adanya kolam renang anak. Pengunjung yang membawa anak-anak bisa mengajak anaknya bermain air di kolam renang. Lokasi kolam yang berada di dalam kebun raya memiliki suasana yang khas dikelilingi rimbun pepohonan.

Tretes Prigen

Tretes Prigen

Tretes berada di kaki dan lereng pegunungan Arjuno-Welirang. Daerah tempat wisata PAsuruan ini terkenal sebagai daerah wisata baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Tretes dikenal sebagai tempat peristirahatan penduduk Surabaya karena kesejukan dan keindahan alamnya.

Kata Tretes berasal dari kata air yang menetes berbunyi tes tes tes. Hal ini dapat dilihat dengan adanya sebuah sumber air yang menetes di celah–celah dinding batu di daerah Dong Biru. Berada di dekat wilayah tempat wisata Kakek Bodo.

Beberapa pariwisata yang terkenal di Tretes adalah air terjun Kakek Bodo, Finna Golf, dan Taman Safari Indonesia 2. Pusat kawasan wisata ini berada di wilayah Kelurahan Pecalukan, Kecamatan Prigen,  Pasuruan.

Kebudayaan masyarakat di wilayah Tretes sebagian besar bercorak kebudayaan Jawa. Kesenian daerah yang sering dipentaskan di Tretes adalah Bantengan. Sebuah atraksi di mana para pemain biasanya akan menjadi kesurupan. Biasanya Bantengan ini ditampilkan dalam acara iring-iringan atau hajatan.

Tidak banyak sejarah tempat wisata Pasuruan ini yang dapat diketahui. Salah satu tempat yang menjadi saksi bisu sejarah adalah adanya makam kuno di Gang Kramat. Setiap menjelang akhir tahun biasanya diadakan acara Sedekah Desa yang biasanya dipusatkan di punden Pesanggrahan.

Agrowisata Bhakti Alam

Agrowisata Bhakti Alam

Tempat wisata Pasuruan Agrowisata Bhakti Alam menawarkan kesejukan di alam terbuka dan teduhnya tanaman tropis. Bhakti Alam Agrowisata menawarkan berbagai aktivitas dan wahana bagi pegunjung. Baik untuk orang dewasa maupun ana-anak.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di taman wisata alam ini. Terutama kegiatan yang berhubungan dengan peternakan dan perkebunan. Kegiatan seperti memerah susu sapi, mencicipi buah segar yang sedang panen, atau berkunjung ke pabrik susu pasteurisasi.

Pengunjung tempat wisata pasuruan ini bisa mengikuti tour singkat berkeliling kebun. Waktu yang dihabiskan sekitar 40 menit menggunakan kereta wisata mini yang disediakan pengelola. Pemandu wisata akan mendampingi dan menjelaskan tentang tanaman dan kebun selama tour.

Selain kebun sayur dan buah taman rekreasi ini wisatawan juga bisa berkeliling taman bunga. Beragam bunga warna-warni ditata rapi dan cantik. Bisa menjadi objek wisata foto yang bagus bagi penyuka fotografi.

Di bhakti alam terdapat kolam mini yang khusus untuk anak-anak. Kolam warna-warni dengan pancuran air yang pasti sangat menghibur untuk anak-anak. Ada juga Kegiatan Outbond seru lainnya, yaitu menyewa ATV. Moto roda 4 yang mampu berjalan dipermukaan jalan yang tidak mulus.

Bromo Forest Area

Bromo Forest Area

Bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata alam dengan sensasi pegunungan dan cuaca yang cukup dingin, bisa datang ke Bromo Forest Area. Tempat wisata Pasuruan ini ada di lereng Gunung Bromo. Lokasi pegunungan ini, menyuguhkan panorama alam yang mampu memanjakan mata.

Spot wisata kekinian tersebut juga menjadi tempat menarik untuk kegiatan outdoor seperti outing dan sebagainya. Pasalnya, pengelola   menyediakan berbagai wahana yang patut dicoba. Ada Pinus Swing, Air Bike dan Sky Bridge. Yang tak kalah menariknya adalah Air Ballon yang disediakan khusus bagi para pecinta foto selfie.

Penataan taman hutan ini memang maksimal. Deretan tangga dengan tanaman bunga di kedua sisinya membuat Bromo Forest Area semakin cantik. Apa lagi, ada Forest Cafe. Pengunjung yang lelah setelah memutari area hutan bisa beristirahat sambil menikmati beragam kudapan khas Pasuruan yang tersedia.

Untuk datang ke lokasi tempat wisata PAsuruan ini, pengunjung bisa datang bersama keluarga menuju Kecamatan Tosari. Sebelum masuk Tosari, akan ditemui lokasi Bromo Forest tersebut. Untuk saat ini, belum tersedia angkutan umum, hanya saja para pengunjung bisa bawa mobil pribadi.

Kebun Pak Budi

Kebun Pak Budi

Suasana pedesaan yang asri akan menyambut pengunjung begitu memasuki kawasan tempat wisata Pasuruan, Kebun Pak Budi. Sejauh mata memandang, berbagai tanaman hijau tersaji dengan indahnya. Dari tanaman hidroponik hingga mini sawah, tersaji semua di sini.

Kebun Pak Budi berorientasi pada pendidikan lingkungan dan teknologi terbarukan. Tidak hanya itu, di sini juga tersedia konservasi satwa. Dan tetap tidak meninggalkan fungsi rekreasi dari objek wisata itu sendiri.

Kegiatan yang dapat dilakukan pengunjung di sini yaitu seputar perkebunan, pertanian, peternakan, dan perikanan. Ada kegiatan bercocok tanam, dari menanam hingga proses panen. Begitu juga pada kegiatan peternakan, dari perawatan hewan hingga mengambil hasil dari hewan.

Kebun Pak Budi menyediakan sawah untuk edukasi bercocok tanam. Sawah ini tidak terlalu luas, namun cukup untuk kegiatan pembelajaran. Ditambah lagi, sawah juga dilengkapi dengan orang-orangan sawah yang siap menakuti burung.

Jika ingin belajar beternak, pengunjung tempat wisata Pasuruan ini dapat mendatangi peternakan sapi. Di sini, akan dijelaskan mengenai cara perawatan sapi, hingga memanen hasil dari sapi. Bisa berupa susu bagi sapi perah, ataupun daging bagi sapi pedaging.

Saygon Waterpark

Saygon Waterpark

Tempat wisata pasuruan, Saygon Waterpark memiliki wahana permainan seperti kolam arus, kolam ombak dan water slide bahkan wahana simulasi Pesawat Boeing 737 seri 400 bisa ditemui. Tidak ketinggalan beragam permainan air lainnya.

seperti kebanyakan waterpark yang ada, Saygon juga tidak mau ketinggalan untuk menghadirkan wahana water slide. Meluncur dengan kecepatan tinggi di tube yang terbuka maupun tertutup pasti akan menambah keceriaan bermain bersama keluarga.

Kalau mau bermain dengan ombak tidak perlu repot ke pantai. Karena di sini pengunjung bisa menikmati kolam ombak dengan simulasi ombak buatan seperti dilaut tanpa taku tenggelam tentunya.

Yang paling menarik di Waterpark ini tentu wahana yang satu ini. Pengunjung bisa merasakan langsung pengalaman demo naik pesawat seperti aslinya. Dan lebih seru lagi karena disediakan juga Cockpit dengan simulasi film 3D.

Ada juga kolam Arus. Area bermain di tempat wisata Pasuruan ini cocok untuk bersantai. Wahana yang menyerupai sungai berarus ini akan membawa pengunjung mengitari berbagai wahana di Saygon Pasuruan.

Rumah Pohon Taman Dayu

Rumah Pohon Taman Dayu

Rumah Pohon Taman Dayu adalah rumah pohon yang benar-benar rumah di atas pohon. Tempat wisata di Pasuruan Rumah Pohon The Pines Taman Dayu Pandaan merupakan konsep rumah kayu yang sangat menyatu dengan alam.

Rumah pohon di tempat wisata Pasuruan ini, berada di ketinggian sekitar 3 m di atas pohon pinus. Rumah pohon di sini adalah rumah kayu yang berdiri di atas pohon pinus pilihan yaitu pohon pinus yang umurnya sudah tua dan sangat kuat. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir soal keamanan.

Ada beberapa rumah pohon yang disediakan dengan ukuran yang berbeda dengan kapasitas 6 orang maksimal 8 orang. Terbuat dari kayu dan beratap rumbia. Luasnya sekitar 6 x 4 m, berlantai kayu dan ada sebuah panggung kayu yang digunakan untuk duduk dan tidur.

Di dalam rumah pohon di tengah hutan pinus ini hanya sebuah ruangan dengan bantal dan matras di dalamnya. Menginap di rumah pohon Taman Dayu ini adalah pengalaman menginap di tengah hutan. Jika ingin ke kamar kecil, harus turun dan ke toilet umum yang menjadi satu dengan rumah pohon lain.

Masjid Cengho

Masjid Cengho

Tempat wisata Pasuruan, Masjid Chen Ho dibangun di atas tanah seluas 6.000 meter persegi, dengan luas bangunan masjid 550 meter persegi. Masjid ini memiliki dua lantai. Lantai bawah untuk ruang pertemuan dan lantai atas khusus untuk sholat.

Arsitektur bangunan masjid yang mirip rumah peribadatan Khing Hu Chu terlihat unik dan artistik. Memadukan unsur-unsur budaya Islam, Jawa dan Tiongkok. Masjid dicat dengan sentuhan warna-warna cerah seperti warna terang hijau, kuning, dan merah.

Interior Mesjid juga memiliki motif dan ornamen yang merupakan perpaduan dari tiga unsur Islam, Jawa dan Tiongkok. Perpaduan tersebut diaplikasikan pada Langit-langit yang menjulang tinggi mengikuti bentuk struktur atap yang ditunjang tiang-tiang yang dicat kuning keemasan.

Baca Juga: Wisata Jombang

Dari luar, bagian atap Masjid tempat wisata Pasuruan tersebut menampakkan gaya arsitektur khas bangunan menara di Tiongkok yang berlapis-lapis. Cat hijau muda di genting dan warna merah pada setiap tepian atap serta warna emas di puncaknya menjadikan bangunan terlihat mencolok dan atraktif. Sebagai tempat persinggahan, Masjid Cheng Ho Pandaan ini menjadi pilihan yang tepat. Karena selain bisa memanfaatkan fungsi utamanya sebagai tempat sholat yang bersih, pengunjung juga bisa menikmati keramaian di sekitarnya dan pemandangan alam pegunungan sebagai latar belakangnya.

Itulah 10 Tempat Wisata di Pasuruan yang bisa jadi alternatif kamu untuk liburan dan bisa bikin betah. Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi salah satu tempat di atas? Yuk langsung saja tentukan jadwal liburanmu, nggak usah pikir Panjang, daripada stress dengan aktifitas harian mending liburan dulu! Happy Holiday!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *