Tempat Wisata di Pegunungan Arfak

5 Tempat Wisata di Pegunungan Arfak yang Bikin Susah Moveon!

Posted on

Indonesia adalah negara yang kaya akan pesona wisata alamnya. Dari satu daerah di Indonesia saja, Anda bisa menjelajahi beberapa tempat wisata sekaligus. Mulai dari laut, bukit hingga pegunungan. Dan salah satu tempat yang patut dijelajahi adalah tempat wisata papua Barat. Kondisi geografis yang terdiri dari dataran tinggi dan rendah menawarkan wisata lengkap yang akan membuatmu takjub. Paling tidak, kamu bisa berkunjung ke sini sekali dalam seumur hidup, agar tidak menyesal!

Tempat Wisata di Pegunungan Arfak

Nah traveler, di Papua Barat sendiri terdapat satu wilayah yang menyimpan sebagian surga tersembunyi Papua yaitu Pegunungan Arfak. Di sini, Anda bisa menikmati suasana alam pegunungan yang menyegarkan. Namun, tak hanya soal alamnya saja, saat berkunjung ke sini wisatawan bisa semakin dekat dengan kehidupan masyarakat asli Papua serta mempelajari adat dan budayanya. Penasaran apa saja tempat wisata di Pegunungan Arfak yang keren dan bisa bikin susah move on? Yuk disimak ulasan berikut ini!

Rumah Adat Kaki Seribu

Rumah Adat Kaki Seribu

Rekomendasi wisata pertama di Papua Barat yang masih kental dengan tradisi adalah rumah adat. Di Pegunungan Arfak Anda akan menemukan rumah yang terlihat unik yang biasa disebut Kaki Seribu. Hemm, kok kaki seribu?  Karena rumah yang terletak di Kampung Kwau distrik Anggi ini bentuknya mirip dengan binatang kaki seribu.

Baca Juga: Wisata Maybrat

Masyarakat juga menyebut hunian mereka sebagai Mod Aki Aksa yang menggunakan kumpulan kayu kecil untuk material dasarnya. Tinggi rata-rata rumah  50 hingga 200 cm dari permukaan tanah. sementara bagian dinding terbuat dari kayu, lalu atapnya dibuat dari ilalang atau pandanus tectorius.

Ingin melihat lebih dekat bentuk rumah tersebut dan merasakan suasana di dalam? Nah, Anda bisa berkunjung langsung ke Kampung Kwau dan menginap di salah satu rumah warga setempat. Nikmati pengalaman tidur menyatu dengan alam serta warga Papua yang ramah.

Wisata Budaya Tari Tumbu Tanah

Wisata Budaya Tari Tumbu Tanah

Wisata di pegunungan Arfak selanjutnya masih berkaitan dengan adat dan kebudayaan yaitu wisata budaya Tari Tumbu Tanah. Tarian khas dari suku Arfak ini digunakan untuk menyambut tamu yang datang ke daerah tersebut. Tari Tumbu Tanah juga disebut dengan Tari Ular. Disebut demikian karena gerakan tarinya terlihat mirip dengan ular yang sedang meliuk-liuk di tanah.

Nah traveler, tarian ini memiliki makna tersendiri loh! Yakni persatuan untuk semua rasa. Di mana saat tari-tarian digelar siapapun boleh melakukannya tanpa melihat etnis dari orang tersebut. Bahkan Anda yang datang bisa ikut berpartisipasi dalam tari tersebut.

Hem, terus bagaimana dengan iringan musik Tari Tumbu Tanahnya? Tidak ada musik khusus, jadi apapun lagu yang sedang diputar, itulah yang akan digunakan untuk menari. Uniknya, gerakan yang dilakukan memang khas masyarakat Arfak yang mungkin tak akan bisa kamu lihat di daerah lain.

Pengamatan Burung Kampung Kwau

Pengamatan Burung Kampung Kwau

Apakah Anda senang dengan aktivitas mengamati burung di alam bebas? Bila iya, kamu bisa berkunjung ke Kampung Kwau.

Apa saja yang bisa Anda lihat di tempat pengamatan burungnya? Tentu saja burung-burung dengan berbagai jenis mulai dari burung endemik seperti burung Kasuari dan juga Cendrawasih serta jenis lainnya. Sangat dianjurkan untuk membawa teropong dan kamera agar bisa melihat lebih jelas dan mengabadikan aktivitas burung-burung tersebut.

Di samping itu, bagi wisatawan yang ingin tinggal selama beberapa hari alias yang tak cukup berlibur hanya dalam 1 hari, Anda bisa menginap di Kampung Kwa. Terdapat penginapan atau homestay yang super nyaman dengan suasana alam yang menyejukkan. Harganya pun terjangkau.

Bila dibutuhkan, Anda juga bisa menyewa tour guide untuk menjadi pemandung selama berwisata di Kampung Kwau.

Sungai Prafi

Sungai Prafi

Pegunungan Arfak memiliki tempat wisata sungai yang tidak kalah cantik dengan sungai lain yang ada di Papua yakni Sungai Prafi. Salah satu tujuan wisata yang cocok untuk Anda yang memiliki jiwa petualang.

Di sini, wisatawan akan ditantang untuk melakukan berbagai kegiatan outdoor yang memacu adrenaline. Seperti bermain arung jeram dari hulu sungai Prafi menggunakan kayak atau perahu karet.  Namun kalau mulai dari hulu sudah dipastikan kondisi airnya akan deras dan goncangannya akan makin menantang. Seru deh pokoknya! Kalau ingin lebih tenang, kamu bisa coba bermain dari area sungai yang lebih bawah dimana kondisinya agak lebih tenang.

Tak hanya itu saja traveler! selain menikmati tantangan di Sungai Prafi, Anda bisa juga berkemah bersama teman-teman di sekitar sungai ini Suara gemericik air sungai yang menenangkan akan membuat tidur di kemah menjadi lebih nyenyak. Tak perlu takut dengan suasana yang sepi, sebab biasanya minimal ada 3 rombongan yang mendirikan tenda.

Bukit Kobrey

Bukit Kobrey

Kalau sudah sampai di Papua Barat sih belum lengkap rasanya kalau Anda belum berkunjung ke kawasan perbukitan atau pegunungannya. Iya ngga? So, wisata selanjutnya yang harus banget dikunjungi adalah Bukit Kobrey.

Bukit ini menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Dari bukit ini pula Anda akan disuguhkan hamparan keindahan Danau Anggi Gida dan Anggi Giji. Ketinggian bukit Kobrey sendiri mencapai 2.050 hingga 2.100 meter di atas permukaan laut. So, bersiap-siap dengan udaranya yang dingin ya! Gunakan pakaian yang bisa menahan dingin dan jaket yang cukup tebal. Lengkapi dengan kaos kaki dan sepatu outdoor yang mendukung dengan wisata perbukitan. Sebab jalan menuju bukit masih terjal dan tentu saja menanjak. Kalau salah sepatu bisa membuatmu tak nyaman.

Sehari berada di Bukit Kobrey ini rasanya tidak cukup untuk mengeksplorasi keindahan alam Arfak. Maka jangan buru-buru beranjak dan nikmatilah pemandangan indah yang jarang ada di kota besar. Jangan lupa untuk membawa kamera selama berada di Bukit Kobrey untuk mengabadikan moment di atas puncak bukit dalam bentuk foto dan video.

Bagaimana traveler, dari rekomendasi 5 tempat wisata di Pegunungan Arfak yang sudah disebutkan di atas, mana nih yang paling ingin dikunjungi? Pasti ingin berkunjung ke semua tempat kan? It’s oke kalau punya banyak waktu, Anda bisa atur waktu liburan sekarang dan buat itenarny selengkap mungkin.

Siapkan perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan, pikirkan mengenai transportasi serta penginapan yang akan disewa selama berada di Kawasan pegunungan Arfak. Berlibur memang butuh perencanaan yang matang ya agar nantinya Anda tak merasa kerepotan sendiri, apalagi soal akomonasi selama berada di sana.

Baca Juga: Wisata Kaimana

Jangan lupa untuk ajak teman-teman Anda juga ya, supaya mereka tau bagaimana sih pesona keindahan ujung timur negara kita tercinta Indonesia. So, happy traveling guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *