22 Tempat Wisata Di Pekalongan Terbaru yang Bernuansa Alam

Posted on

Tahukah kamu kalau Pekalongan merupakan salah satu kota penghasil batik terbesar yang ada di Jawa Tengah. Produksi batiknya sudah didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan hingga luar negeri. Eits, tapi bukan hanya batik saja, potensi tempat wisata di Pekalongan juga patut disorot loh.

Daftar Tempat Wisata di Pekalongan Terbaru

Traveller, di samping berburu batik, kamu juga harus banget nih mengunjungi tempat wisata di Pekalongan. Apalagi kalau kamu membutuhkan wisata yang bernuansa alam untuk sekedar merilekskan pikiran, beberapa tempat berikut ini bisa jadi pilihanmu!

Wisata Bahari

Wisata Bahari

Tempat wisata Jawa Tengah khususnya untuk daerah Pekalongan yang pertama adalah wisata Bahari.

Lokasinya tepat bersebelahan dengan Pantai Pasir Kencana serta sebuah Pelabuhan. Disini kamu bisa melihat berbagai jenis ikan dan serta aktivitas nelayan, ada juga area bermain anak dan kolam renang. Wisata Bahari sangat cocok sekali dijadikan tempat wisata bersama keluarga.

Wisata Pantai Pasir Kencana

Wisata Pantai Pasir Kencana

Selanjutnya ada Pantai Pasir Kiara, bagi masyarakat setempat, pantai ini merupakan primadona. Hamparan pasir yang luas menjadi pemandangan yang pasti bisa kita lihat saat di pantai. Nah, untuk waktu yang paling banyak dikunjunginya sendiri adalah saat sore hari. Sebab saat itu, wisatawan dapat melihat matahari terbenam dengan sangat jelas. Tak heran bila banyak wisatawan yang rela menunggu hingga momen tersebut benar-benar muncul.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Pati

Agar bisa mengabadikan momen saat matahari terbenam, jangan lupa membawa kamera dan ambil gambar terbaik versi kamu!

Wisata Pantai Krematorium Pekalongan

Wisata Pantai Krematorium Pekalongan

Next, ada wisata pekalongan terbaru yaitu Pantai Krematorium. Sebenarnya pantai ini memang cukup jarang orang yang tahu sebab tidak dibuka resmi untuk umum seperti pantai lain. Area crematorium sendiri merupakan Gedung yang dijadikan sebagai tempat pengabuan mayat. Untuk area yang boleh dikunjungi wisatawan hanya bibir pantainya saja.

Wisata Taman Mangrove

Wisata Taman Mangrove

Tidak hanya di Semarang saja yang memiliki wisata Mangrove. Obyek wisata di Pekalongan juga memiliki sebuah taman mangrove dengan area cukup luas. Ya, biarpun belum sepenuhnya jadi 100% namun kamu tetap bisa berkeliling. Ada berbagai macam spot foto instagramable, sehingga cocok sekali untuk kamu yang senang berburu foto-foto cantik.

Wisata Pantai Slamaran

Wisata Pantai Slamaran

Ingin menikmati suasana pantai saat berada di Pekalongan? Nah, kamu bisa berkunjung saja ke pantai Slamaran. Pada umumnya, kondisi cuaca di pantai akan sangat terik. Namun berbeda dengan Pantai Slamaran sebab ada pohon pinus yang membuat suasana lebih sejuk. Ditambah lagi semilir angin serta ombak yang semakin menyempurnakan keberadaan kita di Pantai.

ombaknya terbilang cukup besar. Jangan nekat karena bisa sangat membahayakan sekali.

Wisata Pantai Wonokerto

Wisata Pantai Wonokerto

Masih berkaitan dengan Wisata Pantai di Pekalongan yaitu Wonokerto. Pantai yang lagi-lagi akan memanjakan mata kita dengan hamparan pasir yang luas. Cuaca yang terik akan terasa lebih sejuk karena ada pepohonan yang melindungi. Di sini, kamu dapat melakukan berbagai macam aktivitas air seperti berenang, snorkeling, dan lain-lain. So, persiapkan diri kamu untuk menikmati berbagai macam wahana permainan yang ada di Wonokerto ya!

Wisata Black Canyon Pekalongan

Wisata Black Canyon Pekalongan

Masih bernuansa air, wisata kota Pekalongan selanjutnya sangat terkenal dengan julukan Black Canyon. Kolam air alami tertampung dengan sangat jernih dan menyegarkan. Bagi kamu yang memang menyukai aktivitas alam, datang ke sini adalah pilihan paling tepat.

Lokasi kolam airnya atau Sipingit, diapit langsung oleh tebing batu. Kamu bisa menyusurinya sembari menikmati suasana alam. Berbagai macam aktivitas alam lainnya pun bisa kamu lakukan seperti trekking, body rafting, river tubing dan memancing.

Wisata ALam Curug Bidadari Talun

Wisata ALam Curug Bidadari Talun

Masih belum cukup menikmati wisata air yang sudah dijelaskan sebelumnya? Kalau begitu, kamu bisa melanjutkan penjelajahan ke tempat wisata di Pekalongan Curug Bidadari. Sebuah kolam alami yang menampung air pegunungan bisa kamu nikmati kesegaranya. Nah, bila kamu memang memiliki nyali, kamu bisa menguji adrenaline dengan masuk ke dalam Lorong yang berada di antara dua tebing batu. Di samping itu, penamaan Curug Bidadari sendiri berasal dari mitos yang beredar di kalangan masyarakat. Dimana pada waktu malam hari akan ada bidadari yang biasa mandi di curug.

Wisata Alam Curug Madu Doro

Wisata Alam Curug Madu Doro

Objek wisata pekalongan selanjutnya masih bertemakan alam dan masih bernuansa perairan. Yaitu wisata alam curug Madu Doro. Sangat mudah dijangkau apalagi bila kamu berangkat dari pusat kota Pekalongan.

Air di Curug ini tak terlalu deras sehingga terbilang aman untuk digunakan oleh wisatawan yang berkunjung. Area wisatanya masih terbilang sangat alami, suasana yang sejuk dan udara yang bersih bisa kita rasakan. Bagi kamu yang ingin sejenak menikmati suasana alam, berkunjung ke Curug Maduk Doro tak ada salahnya.

Wisata Telaga Mangunan Petungkriyono

Wisata Telaga Mangunan Petungkriyono

Petungkriyono merupakan Kawasan yang memiliki potensi wisata yang sangat mengesankan, khususnya yang bertema alam. Mulai dari Curug Lawe, Curug Bajong, Curug Muncang dan yang akan dibahas dalam tempat wisata selanjutnya adalah Telaga Mangunan.

Sebetulnya, telaga ini masih terbilang baru dan belum lama diresmikan. Namun biarpun demikian, ternyata popularitasnya tak kalah dengan tempat wisata di Pekalongan lain. Apalagi dengan adanya sosial media, saat wisatawan mengambil gambar telaga Mangunan lalu membagikannya di akun sosmed, tentu saja akan semakin banyak yang mengetahui tempat ini biarpun belum datang secara langsung.

Untuk lebih tepatnya lagi, lokasi Telaga Mangunan berada di Dusun Mangunan Desa Tlogohendro Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan.

Lolong

Lolong

Lolong merupakan sebuah tempat wisata di Pekalongan yang tak kalah unik dengan tempat lainnya. Suasana alam yang masih asri dan udaranya yang sejuk menjadi daya tarik dari wisata Lolong. Fasilitas Camping Ground adalah salah satu yang difavoritkan oleh wisatawan, areanya cukup luas sehingga kamu akan sangat leluasa saat berkemah. Uniknya lagi, tiap tahun selalu diadakan sebuah festival durian dan ini factor lain yang mengundang wisatawan tertarik untuk berkunjung ke Lolong.

Wisata Alam Curug Lawe Petungkriyono

Wisata Alam Curug Lawe Petungkriyono

Saat berkunjung ke Petungkriyono Pekalongan, akan sangat kurang lengkap bila kamu tak berkunjung Curug Lawe. Sebuah tempat wisata alam yang menyejukkan. Pihak pegelola pun sengaja membuat beberapa spot foto yang masih bertemakan alam seperti pohon selfie, taman hammock pinus, dan lain-lain. Fasilitas umum yang disediakan di Curug Lawe juga sudah sangat nyaman. Mulai dari lahan parkir yang luas, toilet yang memadai, dan warung yang menyediakan berbagai macam jajanan.

Wisata Puncak Hanoman Kendalisodo

Wisata Puncak Hanoman Kendalisodo

Panggilan untuk para pendaki!! Saat ke Pekalongan jangan lupa untuk menyempatkan mendaki ke Puncak Hanoman ya. Ketinggiannya mencapai 1697 Mdpl, sehingga tak heran bila begitu kamu sampai di puncak, kamu akan bisa menikmati pemandangan alam yang indah. Ditambah lagi dengan udara yang masih sangat menyegar, semakin menyempurnakan keberadaanmu yang sedang liburan di alam.

Oke traveller, ada sedikit tips bagi kamu yang ingin berkemah di puncak hanoman, jangan lupa untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang kamu butuhkan ya. Misalnya saja tenda, sleeping bag, matras, makan dan minum secukupnya. Sebaiknya, jangan berkemah sendiri. Minimal 3-4 orang agar bisa saling menjaga satu sama lainnya.

Wisata Puncak Tugu Petungkriyono

Wisata Puncak Tugu Petungkriyono

Masih belum cukup menjelajahi satu gunung? Nah, kamu bisa lanjut ke gunung selanjutnya yang ada di Pekalongan. Setelah menaklukan Puncak Hanoman, saatnya kamu taklukan juga Puncak Tugu. Dari atas puncak, kamu bisa melihat pemandangan desa Petungkriyono dengan sangat jelas, apalagi saat cuaca sedang cerah. Bagi pendaki pemula, gunung ini cocok untuk dijadikan permulaan sebelum kamu mendaki puncak gunung lain yang lebih tinggi.

Namun, usahakan untuk melatih fisik terlebih dahulu ya sebelum kamu benar-benar melakukan pendakian. Kalau tidak otot-otot di tubuhmu akan terkejut. Bawa makanan dan minuman secukupnya dan ingat untuk sampah-sampahnya jangan lupa dibawa turun ya.

Wisata Rogojembangan Petungkriyono Pekalongan

Wisata Rogojembangan Petungkriyono Pekalongan

Bagi para pendaki berpengalaman dan menaklukan puncak yang lebih tinggi, kamu bisa taklukan puncak Rogojembangan. Ketinggiannya mencapai 2.117 Mdp, biasanya para pendaki bisa menghabiskan waktu seharian untuk benar-benar bisa sampai ke puncak. Nah, kalau kamu pendaki pemula sebaiknya jangan datang sendirian ya.  

Sangat disarankan juga untuk tidak langsung turun setelah sampai di puncak. Sebaiknya menginap dulu, minimal satu malam saja untuk menikmati suasana pegunungan dan menantikan matahari terbit saat pagi hari.

Wisata Alam Curug Bajing Petungkriyono

Wisata Alam Curug Bajing Petungkriyono

Tahukah kamu kalau Curug Bajingan termasuk dalam curug terindah se-Jawa Tengah dan masih berada dalam satu jalur dengan Curug Muncar. Lokasi lebih tepatnya berada di Desa Tlogopakis Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan.

Tempat wisatanya sudah tertata dengan baik dan rapih. Sehingga wisatawan dapat berlibur dengan sangat nyaman. Berbagai macam fasilitas pun sudah dibuat oleh pihak pengelola guna seperti area parkir yang luas, petunjuk jalan menuju lokasi curug, warung atau kantin yang menyediakan makanan sederhana, dan juga toilet. Ada pula sebuah pusat information center yang siap membantu wisatawan yang memang membutuhkan informasi lebih.

Wisata Alam Curug Muncar Petungkriyono

Wisata Alam Curug Muncar Petungkriyono

Curug Muncar yang berada di dekat dengan Curug Bajing, kamu bisa melihat curug muncar dari kejauhan di lokasi sekitar curug bajing. Air yang jernih dan pesona air terjun yang menawan menjadi daya tarik yang menarik untuk kamu kunjungi setiap tahunnya. Oiya, bila kamu membawa anak-anak sebaiknya jangan lepas dari pengawasan ya.

Wisata Watu Ireng Kkamungserang

Wisata Watu Ireng Kkamungserang

Kalau Kabupaten Sintang sana ada Gunung Kelam yang merupakan gunung batu monolit yang paling besar di dunia, maka di Pekalongan juga ada lho Bukit Watu berwarna Hitam atau bahasa kerennya Black Stone yang mempunyai karakteristik hampir sama dengan Gunung Kelam. Bukit Watu Ireng ini terletak di lereng Gunung Rogojembangan yang termasuk dalam wilayah Desa Lambur, Kecamatan Kampung Serang, Kabupaten Pekalongan.

Bila kamu sangat tertarik dengan wisata alam khususnya yang bernuansa bebatuan, kamu bisa berkunjung ke sini. Ada banyak spot foto unik yang bisa memanjakan lensa kamera kamu. Tak heran bila banyak sekali anak-anak muda yang datang ke sini hanya untuk berburu gambar-gambar instagramable dalam rangka memajangnya di sosial media.

Wisata Bengkelung Park Doro Pekalongan

Wisata Bengkelung Park Doro Pekalongan

Bengkelung Park merupakan wisata alam yang berada di kawasan sungai. Adanya sungai yang memiliki kedalam 2 hingga tiga meter dan air yang masih jernih menambah daya tarik untuk berkunjung kemari. Wisata Bengkelung Park bisa menjadi pilihan sebagai tempat untuk merileksasikan dan merefresh diri.

Disini kamu bisa merasakan segarnya air pegunungan yang sangat alami. Berbagai spot bagus tersaji di Bengkelung Park ini yang bisa kamu jadikan sebagai spot untuk berswafoto seperti misalnya saja : gardu pkamung, jembatan kayu yang keren, papan nama yang menarik, dan curug mini dengan aliran air alami yang dingin menyegarkan.

Wisata Alam Curug Jlarang Lebakbarang

Wisata Alam Curug Jlarang Lebakbarang

Lokasi Curug Jlarang masuk di kecamatan Lebak Barang. Untuk sampai di lokasi Curug Jlarang tersebut, kamu harus menempuh jalan Raya karanganyar menuju daerah Lolong dan terus naik keatas mengikuti jalan, kurang lebih lamanya sekitar 1,5 hingga 2 jam dari pusat kota Pekalongan.

Dan untuk sampai di lokasi Curug Jlarang sendiri, kita bisa menempuhnya kurang lebih 15 sampai 20 menit dari Monumen perjuangan Lebak Barang. Untuk rute sebenarnya terbilang mudah, kalau mau meminta bantuan lewat google maps pun sangat bisa sekali.

Wisata ALam Curug Sibedug Petungkriyono

Wisata ALam Curug Sibedug Petungkriyono

Curug Sibedug merupakan curug pertama ketika kita memasuki wilayah hutan Petungkriyono. Berlokasi di pinggir jalan raya Doro – Petungkriyono, kamu bisa leluasa bersantai disini. Apalagi bila kamu ingin menikmati suasana alam yang menyegarkan dan menyejukkan. Wisata alam Curug Sibedug benar-benar sangat direkomendasikan sekali deh.

Sipare Green Park

Sipare Green Park

Wisata Sipare Green Park ini menyuguhkan panorama alam yang benar-benar alami sob. Di sana pengunjung bisa menyaksikan indahnya hamparan sawah, rindang hutan karet serta ladang warga. Yang asik dari tempat ini adalah adanya spot taman bunga yang didesain sedemikian rupa yang berada di tengah sungai, tak jauh dari taman ini juga dilengkapi dengan payung besar dan gazebo untuk berteduh wisatawan.

Wisata dengan konsep taman di tepian sungai ini memang lagi trend banget di banyak daerah. Meskipun Sipare Green Park ini nampak sederhana tetapi tetap menyuguhkan keseruan dan kecerian tiap wisatawan yang datang terutama keluarga dan anak-anak.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Magelang

Bisa ngapain aja sih di sana tuh? Nah selain kamu bisa santai bareng yang’e (belahan jiwa) menikmati aliran air yang menentramkan hati, kamu bisa kok menyewa pelampung Ban seharga 5.000,- atau berenang-renang di kolam yang dibentuk di aliran sungai tersebut. Biasanya sih gak cuma anak-anak doang yang mandi di sungai Sipare, para orang dewasa juga gak ketinggalan, habisnya gimana sih air nya tuh nyegerin banget,

Oke traveller, itulah 22 tempat wisata di Pekalongan yang bernuansa alam. Mulai dari wisata pantai, wisata curug hingga wisata pegunungan bisa kamu kunjungi. Jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai macam kebutuhanmu sebelum berwisata ke salah satu tempat di atas ya. Beberapa tempat ada yang dikenakan tiket masuk ada juga yang gratis, sebaiknya kamu cari tahu dulu mengenai biayanya agar kamu bisa siapkan lebih awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *