Tempat Wisata di Pidie

16 Tempat Wisata di Pidie Aceh Paling Populer

Posted on

Pidie menjadi salah satu wilayah di Aceh yang memiliki potensi wisata melimpah. Bukan hanya objek wisata berbasis alam saja, lebih dari itu mereka juga miliki objek wisata buatan yang kaya akan sejarah.

Berkunjung ke salah satu wilayah di Aceh ini memberi kesempatan bagi siapa saja untuk menyelami lebih jauh ada apa di sana. Sebagai referensi buat kamu yang ingin berkunjung maka berikut objek wisata paling populer di Pidie.

Objek Wisata di Pidie yang wajib dikunjungi

Monumen Tsunami Kota Sigli

Monumen Tsunami Kota Sigli

Sebagai salah satu wilayah terdampak tsunami pada tahun 2004 silam maka Pidie pun memiliki Monumen Tsunami. Lokasinya persis ada di pusat kota, tidak begitu jauh dari alun-alun Kota Sigli maupun pendopo Bupati Pidie.

Baca Juga: Wisata Simeulue

Persisnya ada di Kuala Pidie, Kecamatan Kota Sigli, Kabupaten Pidie. Satu tempat yang harus dikunjungi karena ada bukti sejarah terekam apik di monumen ini.

Dari museum ini kita bisa melihat lebih dekat apa yang terjadi kala itu melalui jepretan foto. Melihat sebelum dan sesudah terhantam ombak besar untuk melihat bukti kekuatan Tuhan. Selain itu di tempat ini juga dapat lorong dan tertulis nama-nama yang menjadi korban gempa dan tsunami.

Alun-Alun Kota Sigli

Bila pada umumnya alun-alun ada di tengah kota maka tidak yang satu ini karena berada di dekat pantai. Membuat siapa saja ingin bersantai sejenak sembari menikmati waktu yang terus berjalan.

Akses yang sangat mudah dilalui membuat siapa saja untuk berkunjung ke alun-alun ini. Tepatnya ada di Kramat Luar, Kecamatan Kota Sigli, Kabupaten Pidie.

Selain alun-alun dari tempat ini juga ada beberapa objek wisata yang bisa dituju tanpa harus mengeluarkan biaya dan tenaga ekstra karena lokasi berdekatan.

Pantai Kota Sigli

Pantai Kota Sigli

Masih berada di kawasan yang sama dengan alun-alun dam Museum Tsunami ada Pantai Kota Sigli. Pantai yang ada di Tanjong Harapan, Kecamatan Kota Sigli, Kabupaten Pidie ini menjadi satu ruang terbuka yang disediakan pemerintah bagi siapa saja yang ingin berkunjung.

Pengelola objek wisata yang satu ini pun telah sadar untuk bagaimana memberi kesan lebih. Salah satunya dengan hadirkan beberapa spot foto yang instagramable.

Kombinasi warna dan bentuk menarik mereka hadirkan dan membuat siapa saja tak ingin menyia-nyiakan kesempatan. Barang sesaat bersama kawan atau kekasing untuk meninggalkan jejek digital.

Pantai Pelangi

Pantai Pelangi

Masih berada di pusat kota dan tepatnya di depan pendopo Bupati Pidie terdapat Pantai Pelangi. Berada di Desa Kuala Pidie, Kecamatan Kota Sigli, Kabupaten Pidie pantai ini pun menawarkan pengalaman berbeda dalam menikmati objek wisata pantai.

Berbagai ornamen dan spot foto pun di sediakan untuk membuat siapa saja enggan beranjak. Selain itu masih ada ragam kuliner yang melimpah membuat siapa saja penasaran ingin makan apa. Untuk melengkapi paket keluarga pengelola juga menyiapkan taman bermain untuk anak-anak.

Tempat ini pun menjadi favorit nongkrong bagi anak muda Pidie. Dimana mereka bisa mendapatkan tempat nyaman untuk bercengkrama tanpa harus keluar biaya lebih.

Pantai Mantak Tari

Pantai Mentak Tari

Selanjutnya wisata Pidie yang banyak di pilih anak muda untuk menghabiskan waktu tentu saja Pantai Mentak Tari. Satu pantai yang mempesona dengan ciri khas pasir yang berwarna keabu-abuan.

Rindangnya pohon kian melengkapi perjalanan saat berada di tempat ini. Pantai nan indah ini ada di Desa Dayah Lampoh Awe, Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten Pidie.

Ombak yang ada pun relatif aman untuk bermain maupun berenang. Namun demikan tetap harus hati-hati dan waspada karena kita tidak pernah tahu bila tiba-tiba ombak besar datang.

Benteng Kuta Asan

Aceh sejak zaman dulu adalah tanah perjuangan dimana mereka lebih dulu berupaya memperjuangkan tanah air saat diserang penjajah. Dan di Gampong Lampoih Lada, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie ini pun terdapat Benteng Kuta Asan.

Lokasi yang ada di pusat kota membuat siapa saja mudah menjangkaunya. Meski saat ini kurang terawat dengan sempurna tetap saja sisa-sisa peninggalan zaman penjajahan terlihat jelas.

Saat ini diatas benteng pun terdapat rumah tinggal yang bernama Kupaleh. Dan saat ini benteng ini telah berubah menjadi stadion.

Taman Bunga Tangse

Taman Bunga Tangse

Bagi kaum hawa bisa jadi Taman Bunga Tangse ini adalah favorit mereka. Dimana taman ini menyediakan hamparan bunga yang indah warnanya. Selain itu harum wangi semerbak membuat siapa saja merasa nyaman pastinya.

Taman Bunga Tangse ini adalah salah satu taman bunga buatan terbaik yang ada di Geunie, Desa Lhok Keutapang, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie. Satu tempat yang selalu penuh ramai di akhir pekan ini selalu hadirkan nuansa instagramable.

Untuk harga tanda masuk juga sangat murah dan tidak akan bikin tekor. Cukup sekali bayar dan nikmati semua pengalaman itu

Masjid Po Teumeureuhom

Berkunjung ke Aceh tak lengkap rasanya tanpa mengunjungi masjid-masjid yang bersejarah. Khusus di Pidie ada masjid yang telah dibangun sejak ratusan tahun silam, tepatnya tahun 1621.

Masjid Po Teumeureuhom salah satunya yang ada di Gampong Kliebeut Kecamatan Pidie. Lokasinya masih 25 kilometer ke arah selatan Kota Sigli.

Sesaat berkunjung ke masjid tua ini akan bis melihat kejayaan Islam di masa lampau. Arsitektur yang ada masih dipertahankan hingga saat ini.

Tungkat Po Teumeureuhom (Masjid Labui)

Tongkat Po Teumeureuhom

Masih di era pemerintahan Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 dibangun masjid yang hingga kini terlihat megah. Dan penamaan masjid ini besar kemungkinan karena kala itu Sultan Iskandar Muda menghadiahkan Tungkat Po Teumeureuhom.

Panjangnya 1,2 meter dan terbuat dari kuningan. Hingga kini tongkat tersebut diyakini bukan hanya sekadar tongkat lambang kejayaan. Lebih dari itu juga menyimpan tuah di dalamnya.

Meski bukan tongkat yang asli tapi tongkat ini digunakan khatib saat naik mimbar di hari jumat atau sedang ada agenda dakwah.

Krueng Rhoep Waterfall

Krueng Rhoep Waterfall

Di Pidie atau tepatnya di Kemukiman Bengga, Kecamatan Tangse terdapat air terjun yang menjadi favorit wisatawan. Krueng Rhoep Waterfall demikian banyak orang menyebutnya dimana objek wisata ini meski tersembunyi tapi banyak dicari.

Jaraknya lumayan jauh dari Kota Sigli karena mencapai 40 kilometer tidak menyurutkan pengunjung untuk datang. Suasana masih benar-benar asri dimana sepanjang mata memandang masih banyak pohon yang rimbun.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 20 meter ini kian sempurna saat dikunjungi pada musim hujan. Mengingat debit air yang bisa saja bertambah dan jalanan licin maka sudah pasti harus ekstra hati-hati.

Gunung Peuet Sagoe

Gunung Peuet Sagoe

Khusus bagi mereka yang suka naik gunung maka bisa dipastikan Gunung Peuet Sagoe adalah tempat terbaik di Pidie. Gunung berapi dengan 4 puncak ini ada di wilayah Meureudu, Kecamatan Geumpang.

Gunung dengan ketinggian 2.801 mdpl ini memiliki panorama yang sangat indah. Terutama pada pagi atau senja dimana banyak pendaki sudah menanti di sekitar puncak.

Bila ingin naik gunung ini tidak disarankan seorang diri atau tanpa pemandu. Gunakan jasa masyarakat sekitar yang tahu lokasi terbaik dan pastinya jalur aman untuk dilalui.

Arung Jeram Sungai Geumpang

Arung Jeram Sungai Geumpang

Saat ada di Pidie, bagi mereka penyuka olahraga menantang adrenalin bukan hanya naik gunung saja yang direkomendasikan. Di kabupaten ini juga bisa melakukan arung jeram Sungai Geumpang.

Sungai yang satu ini banyak dicari oleh mereka yang suka tantangan dan petualangan karena arus sungai yang deras. Selain itu disepanjang sungai juga banyak batuan besar membuat pengalaman itu kian tak terlupakan.

Bila kamu hendak mencoba pastikan gunakan jasa pemandu arung jeram yang tersertifikasi. Tujuannya untuk memastikan keselamatan menjadi hal utama dan pastinya mereka paham betul kondisi arus Sungai Geumpang.

Wisata Alue Landong Pidie

Wisata Alue Landong Pidie

Masih ada di area kawasan hutan lindung Pidie terdapat wisata Alue Landong Pidie yang menawarkan sensasi alam yang begitu indah. Bagai surga tersembunyi pastinya, saat ada di tempat ini tidak akan banyak ditemuka wisatawan lainnya.

Pas untuk memanjakan diri dan menikmati keindahan alam tanpa ada yang lain. Tak jarang mereka yang kesini bukan hanya berburu keindahan.

Lebih dari itu adalah mempelajari aneka flora dan fauna. Maklum saja dari hutan yang ada di Gampong Mene, Kecamatan Mane, Kabupaten Pidie ini masih bisa ditemukan banyak hal menarik lainnya.

Air Terjun Tangse

Air Terjun Tangse

Air terjun yang satu ini cukup unik karena lokasinya persis ada di pinggir jalan sehingga akan sangat mudah bagi siapa saja untuk melihatnya. Dari pusat Kota Sigli Air Terjun Tangse ini bisa ditempuh dengan perjalanan lebih kurang 90 menit.

Untuk menikmati keindahannya juga tidak dikenakan tiket. Hanya saja perlu hati-hati karena bisa jadi akan ada kendaraan yang melintas.

Saat ada di tempat ini bukan hanya air terjun yang bisa dinikmati. Lebih dari itu ada area persawahan dan perkebunan untuk rehat sejenak. Air Terjun Tangse ini berada di jalan Tangse – Geumpang, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie.

Kolam Air Panas di Beungga

Kolam Air Panas di Beungga

Kolam air panas ini relatif baru karena baru ramai pada 2019 silam. Namun jangan salah bila kemudian banyak orang yang penasaran dengan kolam berukuran sekira 10 meter kali 5 meter ini.

Persisnya ada di Blang Bubue, Gampong Beungga, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie. Untuk menuju lokasi ini pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 42 kilometer. Dalam kondisi normal bisa ditempuh dalam 1 jam naik motor.

Objek wisata ini selalu ramai tiap akhir pekan dan liburan sekolah. Mereka pastinya penasaran dengan adanya kolam air hangat yang bisa digunakan untuk berendam ini.

Pesona Puncak Kule

Pesona Puncak Kule

Tiap daerah pastinya miliki satu tempat yang bisa digunakan untuk melihat kota. Tak terkecuali saat berkunjung ke Pidie maka datanglah ke Puncak Kule yang ada di Batee.

Dari tempat ini sejauh mata memandang kita akan bisa melihat panorama yang begitu indah. Memanjakan mata siapapun yang datang baik pada malam maupun siang hari pastinya.

Baca Juga: Wisata Kutacane

Selain 16 tempat wisata Pidie diatas pastinya masih banyak destinasi lain yang bisa dieksplore lebih jauh. Namun akan sangat pastinya bila belasan nama diatas yang telah dikenal masyarakat luas tidak menjadi rekomendasai utama.

Jangan lupa siapkan smartphone terbaik untuk menyimpan setiap memori yang ada. Pastinya cara ini juga bisa menjadi cara paling apik dalam membuat jejak digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *