14 Tempat Wisata Di Probolinggo Terbaru Paling Hits

Posted on

Probolinggo merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang disebut-sebut menduduki peringkat keempat untuk kota terbesar dipandang dari jumlah penduduknya. Lokasinya di Jalur Pantura menjadikan Probolinggo menjadi sebuah tempat strategis yang kerap didatangi orang-orang, tak terkecuali wisatawan yang membutuhkan destinasi untuk mengisi liburan, ini karena ada banyak tempat wisata di Probolinggo yang sangat populer .

Tempat Wisata di Probolinggo

Nah guys, bagi yang sedang datang ke kota ini dan mencari tempat wisata di Probolinggo, berikut adalah 14 tempat wisata yang paling hits bisa kamu kunjungi.

Gunung Bromo

Bromo

Gunung Bromo adalah ikon wisata Jawa Timur. Letaknya meliputi empat wilayah, yakni Probolinggo, Malang, Lumajang, dan Pasuruan. Gunung berapi aktif setinggi 2.392 mdpl ini menyuguhkan lanskap yang fantastis.

Ngarai dan lembah di sekitar gunung tampak elok, terlebih dengan hamparan pasir seluas 10 km. Anda bisa menikmati kecantikan Gunung Bromo di view point yang sudah tersedia. Oh ya, tempat wisata ini bisa dibilang salah satu spot terbaik untuk melihat sunrise.

Baca Juga: Wisata Ponorogo

Untuk menuju objek wisata yang buka setiap hari selama 24 jam ini, Anda bisa memilih beberapa jalur. Namun, jalur favorit wisatawan tentu saja lewat Probolinggo. Dari kabupaten ini, Anda harus pergi ke pertigaan Tongas, kemudian dilanjutkan ke Lumbang, sampai akhirnya tiba di Sukapura. Tinggal ikuti saja jalan menuju Desa Cemoro Lawang dan Anda pun sudah tiba di pintu masuk kawasan wisata Gunung Bromo.

Harga tiket masuk ke Gunung Bromo adalah Rp27.500 di hari kerja dan Rp32.500 di hari libur untuk wisatawan nusantara. Sementara itu, untuk wisatawan asing Rp217.500 di hari biasa dan Rp317.500 di hari libur. Harga tersebut sudah termasuk harga tiket dan asuransi.

Padang Rumput Savana Bromo

Padang Rumput Savana Bromo

Sebuah padang hijau membentang luas dengan bukit-bukit adalah pesona yang ditawarkan Padang Rumput Savana, yang ada di sebelah selatan Gunung Bromo. Keberadaan bukit-bukitnya yang mirip latar di sebuah acara anak-anak membuat tempat ini kerap disebut Bukit Teletubbies. Namun, beberapa orang juga menyebutnya Lembah Jemplang.

Anda bisa berjalan kaki atau menyewa mobil jeep untuk bisa sampai ke sini. Mintalah pengemudi untuk mengantar Anda ke Puncak Penanjakan atau Bukit Kingkong sehingga Anda bisa menikmati keindahan dan kesejukan tempat wisata ini. Pun, jangan lupa untuk memotret setiap sudut padang yang menakjubkan.

Untuk tiket masuk, Anda hanya harus membayar retribusi masuk kawasan Gunung Bromo saja dan membayar jasa jeep yang Anda sewa. Kisaran sewa jeep antara Rp500.000–Rp700.000 untuk area Probolinggo. Oh ya, Padang Rumput Savana buka setiap harinya.

Air Terjun Umbulan

Air Terjun Umbulan

Kalau tak menemukan pantai probolinggo bagaimana bila alterntaifnya adalah berkunjung ke wisata air terjun? Di daerah Sukapura, tak jauh dari Air Terjun Madakaripura, ada Air Terjun Umbulan. Kecantikannya begitu luar biasa dan termasuk masih perawan. Masih jarang wisatawan yang menyaksikan air terjun menakjubkan ini.

Dari terminal Probolinggo, Anda harus mengikuti jalur menuju kawasan wisata Gunung Bromo. 500 meter setelah Pasar Sukapura, Anda akan menemukan sebuah kantor Telkom. Di sampingnya, ada jalan setapak yang akan membawa Anda sampai di Air Terjun Umbulan.

Siapkan diri Anda karena perjalanan ke objek wisata ini cukup berat. Anda harus melakukan trekking dengan medan menanjak, melewati dua jembatan. Setelah itu, Anda masih harus menuruni tangga besi sepanjang 35 meter. Namun, semua itu bakal terbayar lunas dengan pemandangan Air Terjun Umbulan.

Buka setiap hari mulai pukul 7 pagi sampai 5 sore, Anda akan ditarik biaya masuk sebesar sekitar Rp2.000 di hari biasa dan Rp5.000 di hari Minggu atau libur

Sungai Pekalen

Sungai Pekalen

Memang tempat wisata satu ini bukan wisata pantai probolinggo namun dijamin datang ke sini akan jadi pengalaman seru. Tantang adrenalin Anda dengan melakukan arung jeram di Sungai Pekalen. Sungai yang berada di tiga kecamatan, yaitu Tiris, Maron, dan Gading. Jaraknya sendiri sekitar 25 km dari Kota Probolinggo. Jika Anda dari kota ini, Anda harus mengikuti Jalan Raya Probolinggo dan ikuti papan arah penunjuk jalan. Jadi, tak perlu khawatir tersesat.

Anda bisa menikmati keseruan bermain arung jeram melewati berbagai zona. Jalur Sungai Pekalen memang dibagi tiga, dengan panjang jalur berbeda. Begitu pula dengan jenis tantangan yang berbeda pula. Tinggal Anda pilih yang mana.

Untuk menikmati kegiatan ekstrem nan mengasyikkan ini, Anda harus membayar Rp250.000-Rp300.000/orang. Harga ini nanti tergantung zona apa yang ingin Anda jajal. Sembari menikmati arung jeram, Anda bisa melihat kecantikan air terjun dan pemandangan memukau di sekitar sungai, termasuk keeksotisan gua kelelawar. Arung jeram ini buka setiap hari, dari pagi sampai sore—dengan catatan aliran sungai memungkinkan untuk diarungi.

Candi Jabung

Candi Jabung

Di Probolinggo, ada sebuah candi Hindu peninggalan kerajaan Majapahit yang bernama Candi Jabung. Candi berbahan batu bata merah mirip Candi Bahal di Sumatra Utara ini terletak di Jabung, Paiton.

Candi Jabung mengarah ke barat dan dipercaya sebagai makam seorang kerabat kerajaan bernama Bhra Gundul. Arsitekturnya unik. Kaki candi berupa persegi, dengan ruangan berbentuk silinder segi delapan di atasnya, dan beratap stupa. Di sini, terdapat juga candi perwara, tak jauh dari candi utama. Semua dihiasi relief, termasuk relief sulur.

Belum ada tarif resmi untuk masuk bangunan yang dibangun tahun 1354 Masehi ini. Anda cukup melapor ke petugas dan mengisi buku tamu. Kunjungan bisa dilakukan dari setiap hari, dari pagi sampai sore.

Tempat ini bisa dicapai dari Jalan Raya Situbondo-Surabaya, dengan masuk ke jalan yang lebih kecil, sekitar 500 meter. Jika Anda berada di Kabupaten Probolinggo, maka Anda hanya harus pergi menuju Kraksaan, sebelum melanjutkan ke Desa Jabung-Paiton. Jarak tempuh sekitar 30 menit.

Agrowisata Sumberbendo

Agrowisata Sumberbendo

Rasanya kurang afdal jika Anda datang ke Probolinggo tanpa mencicip atau membawa buah anggur sebagai oleh-oleh. Maklum, daerah ini disebut sebagai Kota Anggur. Nah, kalau Anda tertarik ingin mencari anggur segar langsung dari pohonnya dengan harga terjangkau, maka datang saja ke obyek wisata probolinggo Sumberbendo, Sumberasih.

Selain bisa melihat ratusan anggur merah bergantung di pohonnya, Anda bakal disuguhi keindahan lanskap menyejukkan di sekitar agrowisata ini. Udaranya pun segar—sangat pas untuk menyegarkan pikiran. Tak hanya itu, ada taman bermain dan kolam yang bisa membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Objek wisata ini buka setiap hari, dengan jam operasional 07.00-17.00 WIB. Masalah biaya masuk, tak perlu khawatir. Anda hanya perlu membayar Rp3.000 saja. Untuk sampai ke sini, Anda bisa menempuh perjalanan dengan kendaraan pribadi dari Surabaya sekitar 3 jam. Yuk, berburu anggur!

Air Terjun Kali Pedati

Air Terjun Kali Pedati

Air terjun yang terletak di Kalianan, Krucil ini sangat memukau dan bukan wisata probolinggo terbaru. Pemandangannya masih sangat alami, belum tercemari oleh tangan-tangan manusia. Tingginya mencapai 20 meter dan alirannya cukup deras dibandingkan beberapa air terjun kecil lainnya di lereng Gunung Argopuro.

Untuk mencapai tempat ini, Anda harus melakukan trekking selama satu jam menyusuri area di sekitar Sungai Pedati. Tebing-tebing bebatuan yang vertikal di antara rerimbunan pohon nan hijau akan menjadi hiburan tersendiri menuju ke sini. Sebelumnya, Anda harus mengakses jalan dari Ranu Agung Resort dengan kendaraan pribadi. Akses jalannya masih cukup sulit dilalui.

Tiket masuk ke sini masih gratis, Anda hanya perlu membayar uang penitipan kendaraan saja. Oh ya, pastikan Anda datang saat musim kemarau. Akan sangat sulit dan licin melakukan trekking saat hujan. Tempat ini buka setiap hari, mulai pagi sampai sore

Air Panas Desa Tiris

Air Panas Desa Tiris

Di kompleks Ranu Segaran, tepatnya daerah Tiris, terdapat sebuah pemandian air panas yang bisa menghapus lelah Anda. Pemandian ini masih sangat alami, bahkan tembok pembatasnya pun masih sangat sederhana namanya adalah tempat wisata probolinggo Desa Tiris.

Sembari berendam air panas untuk melemaskan otot yang tegang karena rutinitas, Anda bisa menyegarkan pikiran sembari melihat pepohonan hijau di sekitar. Pun, keberadaan aliran sungai yang dingin dan segar tepat di samping pemandian semakin membuat liburan Anda sempurna. Udara di tempat ini juga sangat sejuk.

Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi menuju Segaran atau melewati Ranu Agung. Jika Anda berada di Ranu Segaran, pemandian hanya terpisah sekitar 200 meter. Biaya masuk ke air panas yang buka tiap hari ini adalah Rp5.000 saja untuk ke Ranu Segaran sekaligus air panas Desa Tritis. Oh ya, tempat ini buka setiap hari.

Kebun Teh Andung Biru

Kebun Teh Andung Biru

Rasakan kesejukan udara khas pegunungan dengan menyambangi wisata di probolinggo Kebun Teh Andung Biru. Anda bisa menemukannya di daerah Tiris. Perkebunan teh nan hijau membentang, benar-benar menyejukkan mata. Udara segar dan pemandangannya yang memikat sanggup membuat Anda melupakan sejenak rutinitas. Anda akan kembali fresh setelah berada di sini.

Untuk datang ke sini, Anda harus menuju pertigaan di Pajarakan dari Probolinggo, kemudian mengambil arah kanan sampai ke Pondok Pesantren Genggong. Tak jauh dari situ, di daerah Krucil, ada pertigaan lagi, silakan ambil kanan yang akan membawa Anda ke wilayah Tiris.

Perkebunan ini buka setiap hari. Jam terbaik untuk datang adalah pagi atau sore karena udara begitu segar. Apalagi, pemandangan matahari terbit dan terbenam akan menyempurnakan liburan. Oh ya, Anda cukup membayar Rp5.000 untuk masuk ke sini.

Air Terjun Triban

Air Terjun Triban

Potensi wisata air terjun di Probolinggo ternyata cukup banyak. Di Ngepung, ternyata ada sebuah air terjun yang masih belum terjamah banyak orang. Air Terjun Triban namanya.

Meski tingginya hanya sekitar 5 meter, air terjun ini sangat menawan. Airnya segar, udara sekitarnya pun sejuk karena alamnya masih asri. Di sini, Anda bisa mandi dan bermain air. Kedalaman kolam penampung air terjun ini sekitar 3-5 meter. Pastikan Anda bisa berenang ya, kalau tertarik menjajal melompat dari tebing.

Lokasi Air Terjun Triban bisa dicapai dengan kendaraan pribadi dari terminal Banyuangga, lalu menuju kawasan SMK N 1 Sukapura. Melalui gang kecil, Anda akan diajak untuk melakukan trekking melewati perbukitan yang cukup curam. Butuh waktu sekitar 1 jam untuk penjelajahan ini. Masuk ke objek wisata ini belum ditarik biaya, tapi Anda cukup membayar parkir saja. Tempat ini buka setiap hari

Air Terjun Watu Lawang

Air Terjun Watu Lawang

Dua tebing besar mengapit sebuah air terjun menakjubkan di Ngepung, Sukapura. Namanya Air Terjun Watu Lawang. Diberi nama begitu karena Anda akan mendapati tebing besar tadi menyerupai sebuah lawang—dalam bahasa Jawa, artinya pintu. Jadi, watu lawang bermakna pintu batu.

Kecantikan tempat ini benar-benar memukau. Udaranya sejuk, airnya terasa dingin dan menyegarkan. Tempat yang sempurna untuk melepaskan rasa lelah Anda. Pepohonan nan hijau semakin menyempurnakan mahakarya Tuhan ini.

Untuk datang ke sini, Anda bisa mengambil jalur menuju kawasan wisata Gunung Bromo, dan masuk gang kecil di dekat SMK N 1 Sukapura. Setelah itu, Anda harus berjalan kaki kira-kira 20 menit untuk sampai ke air terjun perawan ini. Gratis kok masuk ke sini. Hanya perlu membayar parkir saja. Tempat wisata ini bisa diakses setiap hari.

Gunung Argopuro

Gunung Argopuro

Di wilayah Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Situbondo, berdirilah sebuah gunung setinggi 3.088 mdpl yang disebut Gunung Argopuro. Bagian dari Pegunungan Inyang ini memiliki beberapa puncak. Puncak paling tinggi dan terkenal adalah Puncak Rengganis, yang dipercaya dulunya sebagai kediaman Dewi Rengganis, putri Raja Brawijaya.

Gunung Argopura menjadi tempat wisata di probolinggo yang memberikan tantangan tersendiri bagi para pendaki. Jalur trekking gunung ini cukup panjang dan berat. Namun, keindahan alam berupa hutan dan mata air tersembunyi bisa membuat Anda lupa sejenak dengan pendakian. Selain itu, terdapat situs bersejarah di sini berupa puing-puing candi, kolam, dan pura.

Tempat wisata ini buka setiap hari. Jika Anda berniat melakukan pendakian, Anda harus membayar Rp 20.000/hari. Nah, untuk mencapai Gunung Argopuro, Anda bisa memakai bus dari terminal Probolinggo sampai ke Bremi. Jika mau, Anda juga bisa memakai kendaraan pribadi. Dari Bremi, Anda harus mendaki melewati hutan dan danau sekitar 14 jam 30 menit sebelum sampai di puncak Gunung Argopuro.

Pulau Gili Ketapang

Pulau Gili Ketapang

Di Ketapang, Sumberasih, Probolinggo—tepatnya di Selat Madura—ada sebuah pulau yang pas untuk mengisi liburan Anda. Pemandangan pulau berpasir putih ini begitu cantik, terutama pemandangan bawah lautnya. Anda bisa snorkeling untuk melihat terumbu karang dan ikan-ikan penuh warna berenang bebas.

Dari Kota Probolinggo, Anda harus pergi ke Pelabuhan Tanjung Tembaga. Setelah itu, Anda harus menyewa jasa perahu motor untuk mengantarkan Anda ke pulau ini. Jaraknya sekitar 8 km dari bibir pantai.

Memasuki objek wisata ini, Anda tidak perlu membayar. Namun, Anda bisa membayar Rp85.000 untuk paket wisata di sini yang meliputi jasa antar-jemput perahu dan makan siang. Oh ya, jasa transportasi ini beroperasi pukul 08.00-16.00. Jika tertarik, Anda boleh berkemah di Pulau Gili Ketapang.

Air Terjun Darungan

Air Terjun Darungan

Wisata probolinggo Air Terjun Darungan adalah salah satu air terjun yang ada di Probolinggo, tepatnya ada di Bremi, Krucil. Tinggi air terjun ini sekitar 15 meter, dengan air yang mengalir cukup deras. Suaranya menggema di alam sekitarnya yang masih hijau dan alami. Anda bisa mandi dan menikmati kesegaran air tempat ini.

Baca Juga: Wisata Lamongan

Cukup dengan membayar Rp3.000, Anda bisa menikmati keindahan objek wisata memesona ini. Untuk menjangkaunya, Anda harus pergi ke Bremi, setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Probolinggo. Kemudian, Anda harus melanjutkan dengan trekking sejauh 2 km untuk sampai tempat ini. Semua rasa lelah dan penat Anda dijamin bakal hilang setelah melihat kecantikan Air Terjun Darungan. Tempat ini bisa diakses setiap hari, dengan catatan cuaca tidak buruk.

Itulah 14 Tempat wisata di Probolinggo paling hits di tahun 2020. Yuk buat agenda liburan untuk berkunjung ke salah satu tempat di atas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *