Tempat Wisata di Pulau Jawa

31 Tempat Wisata di Pulau Jawa yang Sangat Populer

Posted on

Sudah mulai lelah dan jenuh dengan rutinitas harian? Hem, itu sih tandanya kamu harus liburan guys. Yuk atur jadwal untuk sejenak merelaksasikan pikiran agar nggak jenuh lagi. Nggak harus jauh-jauh ke luar negeri, sebab ada banyak pilihan tempat wisata Indonesia yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah tempat wisata di Pulau Jawa.

Tempat Wisata di Pulau Jawa

Berikut adalah rekomendasi tempat wisata di pulau Jawa yang bisa jadi pilihan tempat liburanmu, simak yuk!

Ujung Kulon

Ujung Kulon

Wisata di Pulau Jawa yang pertama adalah Ujung Kulon, berlokasi di ujung pulau jawa dan termasuk dalam Kawasan konservasi serta wisata umum. Bagi kamu yang ingin melihat badak bercula satu secara langsung, Ujung Kulon adalah tempat paling tepat. Sebab hewan langka tersebut memang dirawat secara khusus.

Disamping melihat badak, beberapa aktivitas menyenangkan lain pun bisa kamu lakukan. Seperti melakukan snorkeling di Legon Sumino sampai menyusuri sungai Cigenter yang mirip seperti Amazonnya Indonesia. Suasana alam di Ujung Kulon akan membuat pikiran segar kembali, apalagi bila kamu datang bersama kawan-kawan terdekat, tentu semakin menyenangkan.

Kawah Putih

Kawah Putih

Tempat wisata di Pulau Jawa selanjutnya berada di Bandung, Jawa Barat. Tepatnya di Kawasan Ciwidey yang memang terkenal akan surganya wisata alam dan udara yang menyejukkan. Salah satu tempat yang akan membuatmu terpukau adalah Kawah Putih.

Danau kawah bekas letusan gunung api menjadi pemandangan sejauh mata memandang. Kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang kawah tersebut, pasti akan terlihat instagramable. Warna pasir di Kawasan ini sepenuhnya putih sebab terpengaruh oleh kandungan belerang.

Dan tau nggak sih Kawah Putih ini beberapa kali kerap digunakan sebagai lokasi pembuatan film atau FTV loh. Kalau beruntung mungkin kamu bisa melihat proses syuting berlangsung dan melihat artis-artis yang biasa tampil di layar kaca.

Sedikit tips saat liburan ke Kawah Putih, gunakan masker agar pernafasan tidak terlalu banyak menghirup belerang. Bawa pakaian hangat juga ya sebab udara di kawah putih cukup dingin.

Cibodas, Bogor

Cibodas, Bogor

Cibodas adalah wisata di Jawa atau lebih tepatnya di Bogor yang juga bisa menjadi pilihan tempat liburan untuk menenangkan pikiran. Suasana alam yang asri dan menyejukkan akan membuatmu merasa rileks, pikiran pun bisa jernih kembali.

Ada area camping ground yang dibuat khusus agar wisatawan bisa berkemah dengan nyaman. Kamu bisa mendirikan tenda, menyalakan api unggun, serta melakukan aktivitas di alam lainnya. Tenang saja, kalau tak ingin berkemah, kamu bisa menyewa penginapan yang terdapat di sekitar Kawasan Cibodas.

Bila tak mau menginap, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas outdoor menyenangkan. Seperti melakukan outbound, berfoto di taman yang luas, bermain air di air terjun yang terbilang aman.

Nah, tak jauh dari Cibodas kamu akan menemukan 2 pintu masuk Kawasan wisata lainnya. Yaitu pintu masuk menuju puncak Gede Pangrango via Bogor dan pintu masuk menuju air terjun Cibeureum. Kalau merasa tak puas dengan berlibur ke Cibodas, kenapa tidak lanjutkan saja perjalananmu ke Gede atau Cibeureum?

Kalau waktumu terbatas, kamu bisa trekking santai menuju air terjun Cibeureum saja. Akses jalan sudah dibuat senyaman mungkin, ada tangga dan petunjuk jalan serta keterangan sudah berapa km kamu berjalan. Rasa lelah akan segera terbayarkan saat kamu sudah sampai di depan air terjunnya.

Gunung Tangkuban Parahu

Gunung Tangkuban Parahu

Kota Bandung memang menjadi salah satu daerah yang menyuguhkan destinasi wisata alam dengan pemandangan yang indah. Ini karena posisi Bandung yang dikelilingi oleh pegunungan. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi dan sudah sangat terkenal adalah Gunung Tangkuban Parahu.

Mengapa disebut tangkuban parahu? Kalau dalam Bahasa Indonesia artinya adalah perahu terbalik, ini menunjukan bentuk gunung yang seperti perahu terbalik. Di samping itu, Tangkuban Parahu juga memiliki cerita mitos yang melegenda dan dikaitkan dengan keberadaan gunung.

Konon dulu ada seorang pemuda yang hendak menikahi ibunya sendiri. Namun tentu ibunya tersebut harus menolak. Oleh sebab itulah ibu dari pemuda memberikan syarat harus membuat perahu dalam waktu satu malam. Hal tersebut tentu mustahil dilakukan. Sampai akhirnya si pemuda tak berhasil membuat perahu yang disyaratkan, saking marahnya ia menendang perahu yang belum selesai ke belakang bukit. Perahu terbalik dan munculah gunung tangkuban perahu. Ya memang sih hanya mitos belaka namun inilah yang menjadi daya tariknya.

Curug Cikaso

Curug Cikaso

Jawa Barat memang daerah yang terkenal akan kekayaan alamnya yang khas. Tempat wisata kali ini juga bertemakan alam yang menyajikan panorama air terjun cantik. Yaitu Curug Cikaso, berlokasi di Sukabumi.

Tinggi air terjunnya mencapai 80 meter, kamu bisa merasakan kesegaran air terjun yang sudah tertampung di kolam alami. View sekitar curug pun sangat indah sehingga bisa memanjakan mata. Terdapat 3 air terjun berjajara berada di satu lokasi, inilah yang menjadi pesona tersendiri untuk Cikaso.

Monumen Nasional, Jakarta

Monumen Nasional, Jakarta

Next tempat wisata di Pulau Jawa satu ini tentu sudah sangat terkenal dan menjadi ikonnya negara Indonesia, karena memang kota ini adalah ibukota negara kita tercinta.

Monumen Nasional atau monas, sebuah tugu yang memiliki ketinggian mencapai 32 meter, bagian puncaknya terdapat emas asli dan bisa terlihat di kejauhan. Dibalik kemegahan monas ternyata tempat wisata ini juga menyimpan jejak sejarah bangsa Indonesia.

Nah, di atas puncak monas kamu bisa melihat kota Jakarta dengan jelas. Untuk bisa sampai puncak sendiri ada lift yang bisa digunakan untuk umum. Tak jauh dari monas ada stasiun antar kota yaitu Gambir. Kalau kamu berada di stasiun ini, kamu pun bisa melihat monas dari kejauhan.

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Kabupaten Pangandaran, seperti namanya di daerah ini terdapat satu pantai yang sangat terkenal yaitu Pantai Pangandaran. Pesona ombak dan keindahan Pangandaran sudah bukan rahasia lagi. Bahkan destinasi wisata satu ini tak pernah sepi dari pengunjung, apalagi saat musim liburan, dijamin akan sangat padat.

Berbagai fasilitas pun semakin membuat nyaman wisatawan. Seperti toilet, mushola, penginapan, lahan parkit, hingga pasar yang secara khusus menjual aneka ragam souvenir.

Pantai Anyer, Banten

Pantai Anyer, Banten

Wisata alam pulau Jawa selanjutnya masih berhubungan dengan Pantai, namun yang ini lokasinya berada di Banten yaitu Pantai Anyer. Destinasi wisata yang biasanya diburu oleh wisatawan yang berasal dari Jakarta. Ya, ini karena lokasi dari Jakarta tak terlalu jauh.

Hamparan pasir sejauh mata memandang, deburan ombak dari kejauhan hingga angin sepoi akan membuat para penikmat pantai puas liburan ke sini. Nah, buat yang butuh vitamin sea tapi nggak punya banyak waktu liburan, nggak ada salahnya kan berkunjung ke Anyer?

Pulau Seribu

Pulau Seribu

Bagi orang Jakarta selain bisa berkunjung ke Anyer untuk alternatif libura, kamu juga bisa berkunjung ke Pulau Seribu. Siapa kira ternyata dibalik hiruk pikuk kesibukan kota Jakarta ada sebuah pulau yang indah. Airnya bersih, hamparan pasir putih yang memikat, angin sepoi, benar-benar bisa membuat nyaman.

Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas pantai menyenangkan seperti berjemur, berenang, hingga snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah laut. So buat orang Jakarte, langsung aja melipir ke Pulau Seribu!

Pulau Biawak

Pulau Biawak

Lagi-lagi tempat liburan di pulau Jawa yang bisa dipilih bertemakan pulau, kali ini lokasinya ada di Indramayu. Ada sebuah pulau yang terkenal akan ratusan biawaknya yakni pulau biawak.

Saat masuk ke Kawasan pulaunya, kamu akan melihat ada sebuah bangunan mercusuar yang biasa digunakan untuk melihat pemandangan pantai dari ketinggian. Di bangunan ini pun kamu bisa memotret pemandangan pantai secara keseluruhan. Bagi yang ingin menikmati alam bawah laut, di Pulau Biawak kamu bisa menikmatinya dengan melakukan snorkeling.

Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng

Jangan bosan dengan vitamin sea ya! Alias wisata pantai, Indonesia yang merupakan negara kepulauan ini membuat tempat liburan di pulau Jawa kebanyakan bertema pantai. Sebelumnya sudah disebutkan beberapa pantai indah, namun tidak hanya sampai disitu saja sebab masih ada pantai lain yang terkenal akan ombaknya yang besar yaitu Pantai Ujung Genteng.

Sama halnya dengan suasana pantai secara umum. Di sini wisatawan juga bisa menikmati hamparan pasir putih, birunya air laut dan angin sepoi-sepoi. Fasilitas penginapan di sekitar pantai pun akan semakin membuatmu nyaman untuk liburan selama beberapa hari.

Green Canyon

Green Canyon

Masih berkaitan dengan wisata air namun kali ini agak sedikit berbeda. Kalau sebelumnya kamu akan menikmati suasana pantai, kali ini kamu akan diajak berpetualang dengan melakukan rafting dan menyusuri tebing serta air yang kebiruan. Cocok sekali untuk kamu yang senang dengan petualangan! Lokasinya berada di pangandaran dan tak jauh dari Pantai Pangandaran. Jadi, saat kamu ingin liburan ke sini sebaiknya sih ambil paket wisata yang sudah include dengan rafting di green canyon.

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Destinasi wisata pulau Jawa Candi Borobudur sudah sangat terkenal, bukan hanya di kalangan wisatawan lokal tapi juga wisatawan asing. Ya, saat kamu berkunjung kesini jangan heran kalau banyak turis asing berkeliaran. Ini karena Candi Borobudur memang sudah mendunia dan masuk ke dalam jajaran 7 keajaiban di dunia.

Kemegahan candi peninggalan Budha ini benar-benar mempesona. Mulai dari arsitekturnya beserta sejarah pembangunannya. Jajaran stupa terlihat indah dan religius di mata para penganut budha. Ada pulau relief yang menceritakan bagaimana kehidupan pada zaman dahulu. Kamu bisa mengikuti jejak sejarah Borobudur dari relief tersebut dengan berjalan mengelilingi candi searah jarum jam, mulai dari yang terbawah hingga akhirnya sampai di puncak candi.

Tak hanya itu saja, wisatawan juga bisa menikmati fenomena alam matahari terbit dan terbenam di Borobudur. Keindahan momen yang rugi bila terlewatkan.

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang menyukai mata hari terbit atau momen sunrise di pagi hari? Nah, di Dieng ada salah satu tempat yang cocok banget untuk mendapatkan momen tersebut yaitu Bukit Sikunir.

Sebuah bukit yang cukup tinggi, menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Udaranya pun sangat menyegarkan. Menuju malam hari suhu akan semakin rendah dan kalau tidak menggunakan pakaian hangat tentu kamu akan kedinginan. Bila ingin menikmati matahari terbit sebaiknya kamu menginap di atas Bukit Sikunir.

Selain Sikunir, saat kamu berkunjung ke tanah Dieng, kamu akan ditawarkan dengan pesona destinasi wisata lainnya. Ada Gunung Prau, Telaga Biru, dan lain-lain. Jadi kalau sudah sampai di Dieng sebaiknya jangan buru-buru pulang ya. Nikmati sejenak waktu liburanmu di dataran tinggi Dieng.

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Selain Candi Borobudur, ada candi lain yang juga sangat terkenal yaitu Candi Prambanan. Lokasinya sama dengan Borobudur yaitu di Jogja. Namun untuk Candi Prambanan sendiri bukanlah peninggalan umat Budha melainkan Hindu.

Adanya candi ini juga berkaitan dengan kisah yang sudah melegenda yaitu Roro Jonggrang.

Telaga Warna

Telaga Warna

Berlokasi di dataran tinggi dieng dan termasuk tempat wisata alam di pulau jawa yang indah serta mempesona, Telaga Warna kerap menjadi incaran wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Alasan mengapa dinamakan telaga warna karena di danau ini wisatawan bisa melihat air danau yang berbeda warna. Mulai dari hijau, ungu, kuning, hingga warna Pelangi. Suasananya pun sejuk serta pemandangan alam sekitar yang asri.

Jalan Malioboro

Jalan Malioboro

Saat berkunjung ke Jawa Tengah tentu rasanya sangat tidak lengkap kalau kita tak berkunjung ke Jogja, si kota pelajar. Ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi dan salah satunya wisata belanja yang berada di Jalan Malioboro. Beraneka ragam souvenir dengan harga terjangkau bisa kamu beli untuk oleh-oleh. Mulai dari kaos, batik, serta pernak-pernik lainnya khas Jogja. Ada pulau para pedagang kaki lima yang menawarkan kuliner khas Jogja.

Tidak hanya di siang hari saja, Malioboro juga ramai di malam hari. Jadi, wisatawan tak perlu takut tempatnya tutup karena bisa datang kapan saja.

Kota Lama

Kota Lama

Setelah dari Jogja mari berkunjung ke Semarang, salah satu tempat wisata di pulau Jawa yang wajib dikunjungi adalah Kota Lama. Saat memasuki Kawasan Kota Lama kamu akan disambut dengan banyaknya bangunan dengan gaya arsitektur lomo. Namun biarpun begitu, bangunan-bangunan tersebut masih difungsikan hingga sekarang dan memiliki pesonannya tersendiri.

Jejak sejarah hadirnya kota lama pun tak luput dari perjuangan bangsa Indonesia tempo dulu. Dimana Kawasan ini dulunya adalah tempat perdagangan terbesar. Beberapa bangunan pun ada yang menjadi saksi bisu kekejaman penjajah dengan membuat penjara bawah tanah tak manusiawi.

Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat

Selepas dari Semarang mari kita lanjutkan perjalanan liburanmu ke Solo. Kamu bisa berkendara menggunakan mobil atau naik kereta, tergantung kenyamanan saja. Salah satu tempat yang juga sangat bersejarah dan dibuka untuk wisatawan umum adalah Keraton Surakarta Hadiningrat.

Di keraton ini wisatawan akan diajak melihat bagaimana adat dan kebudayaan Jawa yang sangat Kental. Dari arsitektur keraton nya pun sudah terlihat bagaimana identitas Jawa diterapkan. Berbagai atraksi budaya pun bisa kamu saksikan. So, yang sangat menyukai kebudayaan suatu daerah, wajib banget deh datang ke sini.

Baturraden

Baturraden

Soal wisata alam di pulau jawa, kamu tak perlu takut kehabisan. Malah kamu akan dibuat bingung karena harus memilih tempat wisata mana sebab rata-rata memang sangat indah dan nyaman. Nah, kalau sedang berada di Purwokerto mungkin kamu bisa memilih Baturraden.

Tempat wisata yang hits dikalangan para wisatawan. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Slamet membuat Baturraden terkenal menjadi salah satu destinasi wisata yang memiliki udara sejuk serta pemandangan indah. Dari atas ketinggian, wisatawan akan diajak melihat pemandangan Kota Purwokerto dan Cilacap.

Bagaimana, tertarik berkunjung  ke Baturaden? Langsung saja arahkan kendaraanmu ke Jalan Karangmangu, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas!

Umbul Ponggok

Umbul Ponggok

Dari Purwokerto mari berlanjut ke Klaten, ada sebuah tempat wisata berupa kolam air yang jernih bahkan seakan kita berada di dasar laut. Namanya adalah Umbul Ponggok, tempat wisata yang sangat unik dan memang hits apalagi di kalangan wisatawan muda.

Tak hanya sekedar berenang saja, namun kamu akan dibuat kagum dengan pemandangan alam bawah kolamnya. Dimana ada banyak sekali dekorasi yang diluar nalar berada di bawah air. Seperti motor, tv, meja, dan lain-lain. Yah biarpun tak masuk akal namun inilah daya tariknya. Kalau liburan ke sini pokoknya kamu jangan lewatkan untuk berfoto ya!

Grojogan Sewu

Grojogan Sewu

Apakah kamu sedang berada di sekitar Solo? Lebih tepatnya di Jalan Raya Tawangmangu, Beji, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Di sini kamu akan menemukan tempat wisata alam dengan tema air yang sangat cantik yaitu Grojogan Sewu.

Udara disekitar Kawasan wisatanya sangat menyejukkan, suasana alamnya pun masih terjaga dan asir. Benar-benar cocok dijadikan tempat liburan penghilang penat. Bahkan dari segi jarak pun tak terlalu jauh dari pusat kota. Dengan mudah kamu bisa berkendara mengikut arahan dari google maps.

Museum Kereta Api

Museum Kereta Api

Berkunjung ke museum untuk menghabiskan waktu liburan, kenapa engga? Bagi penikmat museum, tentu datang ke tempat seperti ini menjadi hal yang menyenangkan. Nah, di Ambarawa terdapat satu museum yang sangat terkenal namanya Museum Kereta Api. Disini wisatawan akan diajak melihat koleksi lokomotif yang sampai sekarang sudah berjumlah hingga 21. Selain dapat mengambil banyak foto, wisatawan pun akan diajak berkeliling menggunakan kereta.

Kawasan Wisata Colo

Kawasan Wisata Colo

Kawasan wisata Colo menawarkan pesona pemandangan alam pegunungan sangat indah, udaranya pun sangat menyejukkan dan tenang. Wisata ini berada di Jalan Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Saat berkunjung ke Kudus, sebaiknya jangan lewatkan untuk berkunjung ke Colo. Di samping itu, bagi sebagian wisatawan biasanya memanfaatkan momen wisata ke Colo dengan berkunjung ke Makam Sunan Muria, untuk ziarah.

Taman Wisata Air Panas Guci

Taman Wisata Air Panas Guci

Saat berkendara melewati kota Tegal tak ada salahnya kalau kamu melipir dan mampir sejenak di Taman Wisata Air Panas Guci. Sekedar relaksasi otot tubuh dengan berendam selama beberapa jam, ini bisa jadi liburan sekejap namun bikin nyaman.

Karena lokasinya yang berada di lereng Gunung Slamet, membuat tempat wisata ini juga memiliki udara yang sejuk serta pemandangan alam yang indah. Dan konon, air panas di sini mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Entah itu mitos atau bukan, ya pokoknya setelah berendam pasti otot mu akan merasa rileks.

Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan

Tak perlu khawatir, untuk kamu yang tinggal di Jawa Tengah dan sedang butuh vitamin sea. Di Jawa Tengah juga terdapat wisata pantai menawan yang bisa jadi pilihan tempat liburanmu, yaitu Pantai Karang Pandan. Berlokasi di Tambakreja, Kecamatan Cilacap, Kabupaten Cilacap, tak terlalu jauh dari pulau Nusakambangan.

Karang Pandan akan menawarkan pemandangan alam yang indah. Hamparan pasir putih sejauh mata memandang serta deburan ombak pun semakin melengkapi keberadaanmu di pantai.

Karimunjawa

Karimunjawa

Next ada Karimun Jawa, tempat wisata indah yang sangat terkenal sekali apalagi pemandangan alam bawah lautnya. Kamu yang datang ke sini sangat direkomendasikan untuk melakukan snorkeling untuk menikmati bagaimana pesona bawah laut mampu menyihirmu, berbagai biota laut menjadi benar-benar bisa kamu lihat secara langsung.

Di samping itu, kamu juga bisa menikmati berbagai aktivitas pantai seperti berjemur,berenang, dan bermain pasir. Beberapa wisatawan biasanya tak mau terburu-buru pulang dan menyempatkan untuk liburan selama beberapa hari dengan menyewa homestay atau penginapan lain yang ada di sekitar pantai.

Pantai Menganti

Pantai Menganti

Kebumen Jawa Tengah juga memiliki pesona pantai yang sangat indah yaitu Pantai Menganti. Lokasi tepatnya berada di Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Air pantainya sangatlah jernih, terlihat kebiruan terkadang warna hijau tosca. Hamparan pasir putih menjadi pemandangan sejauh mata memandang. Ada pulau debur ombak, menjadi suara alami yang kamu dengar saat berada di pantai.

Namun wisatawan tak diperbolehkan berenang sebab ombaknya yang berbahaya. Namun biarpun begitu, pemandangan Pantai Menganti pun sebenarnya sudah cukup untuk merelaksasikan pikiran.

Pulau Panjang

Pulau Panjang

Masih berada di kawasan Jawa Tengah dan masih bertema pantai. Tempat wisata satu ini berada di Jepara dan menawarkan pemandangan pantai yang cantik yaitu Pulau Panjang.

Untuk bisa sampai di pulau Panjang, kamu harus menyeberangi perairan menggunakan perahu di pantai kartini. Perjalanan yang akan ditempuh kurang lebih 10 menit. Hamparan pasir putih yang cantik lengkap dengan air laut yang jernih, menjadikan Pulau Panjang sebagai destinasi bahari pilihan liburan. Bagian tengah pulau pun ditumbuhi oleh hutan tropis sehingga membuat suasananya semakin asri.

Pantai Karang Jahe

Pantai Karang Jahe

Setelah dari Jepara sebaiknya sih jangan puas dulu, kamu bisa lanjutkan perjalanan ke Rembang dan menikmati pantai lainnya yaitu Karang Jahe. Pantai yang lagi-lagi sangat terkenal karena keindahannya.

Kombinasi hutan cemara dengan pantai menghasilkan daya tarik serta ciri khasnya tersendiri. Suasana yang sejuk dan tenang pun membuat wisatawan akan sangat betah dan enggan pulang. Untuk mengelilingi pantai, kamu bisa menyewa perahu. Sementara kalau ingin melihat alam bawah laut, kamu pun bisa melakukan snorkeling.

Perpaduan hutan cemara dengan pantai, menghasilkan daya tarik dan ciri khas yang mengagumkan. Suasananya yang teduh nan tenang akan membuat Anda enggan pulang. Anda bisa berkeliling menggunakan perahu dan mengintip bawah lautnya dengan snorkeling.

Pantai Nampu

Pantai Nampu

Masih belum puas menikmati pesona bahari yang ada di Jawa Tengah? Oke kalau begitu mari lanjutkan perjalananmu ke Pantai Nampu yang berlokasi di Wonogiri. Ombak di pantai Nampu cukup besar dan sangat menantang. Benar-benar akan menguji adrenaline apalagi untuk kamu yang suka dengan aktifitas surfing alias berselancar. Namun untuk bisa sampai di Nampu, kamu harus menempuh perjalanan dengan cukup sulit.

Itulah 31 Tempat wisata di pulau jawa yang sangat populer dan bisa menjadi pilihan destinasi wisata untuk mengisi waktu liburan. Udahh tunggu apalagi? jangan sampai stress menyerang dan bikin makin jenuh. Mending tentukan jadwal liburanmu sekarang, siapkan perlengkapan serta peralatan yang dibutuhkan. Jangan lupa ajak teman-temanmu agar liburan pun semakin menyenangkan! Happy Holiday Guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *