Tempat Wisata di Pulau Morotai

11 Tempat Wisata di Pulau Morotai yang Wajib Jadi Destinasi Liburan Kamu

Posted on

Pulau Morotai adalah salah satu tempat wisata Maluku Utara yang kaya dengan keindahan alamnya. Di Pulau ini pula, kamu bisa menemukan berbagai objek wisata menarik yang jarang bisa kamu temukan di tempat lain. Penasaran apa saja objek wisata tersebut? Kalau begitu, langsung saja yuk kita simak 11 tempat wisata di Morotai yang keren banget!

Tempat Wisata di Pulau Morotai

Tanjung Gorango

Tanjung Gorango

Kepulauan Morotai yang menjadi saksi sejarah perang pasifik serta jejak seorang Jenderal yaitu Douglas McArthur, memiliki gugusan pulau-pulau kecil dan pantai yang indah banget, salah satunya adalah Tanjung Gorango.

Pantai yang berada antara Desa Gorua dan Desa Korago yang terletak di Kecamatan Morotai Utara ini memiliki daya tarik tersendiri karena pantainya berupa teluk yang dipeluk daratan rimbun di kiri kanannya. Ombaknya bisa tenang, bisa juga lebih bergolak. Musim ombak tenang April hingga September, jadi di bulan-bulan itu kamu bisa nyaman dan aman berenang-renang.

Baca Juga: Wisata Halmahera

Kalau biasanya di beberapa pulau di Maluku Utara belum terdapat penjual makanan dan minuman, di sini kamu tidak perlu repot bawa bekal sendiri karena sudah tersedia makanan dan minuman seperti makanan ringan dan air kelapa muda. Pasti nikmat banget rasanya minum air kelapa muda sambil menikmati pemandangan Tanjung Gorango yang terkenal karena pasir putih halus yang indah. Oh ya, fasilitas umum seperti toilet juga sudah tersedia di sini lho. Kondisinya pun bersih dengan persediaan air yang melimpah.

Salah satu daya tarik Tanjung Gorango adalah keberadaan ikan hiu yang sewaktu-waktu bisa kita lihat. Tapi hiu-hiu ini nggak setiap waktu muncul. Kalau lagi beruntung, kamu bisa melihat mereka berenang kesana – kemari.

Yang jelas, Tanjung Gorango ini juga menjadi salah satu tempat favorit untuk ber-swa foto, apalagi kalau kamu ingin selfie sambil mendokumentasikan deburan ombak yang memecah batu karang di sekitar pantai.

Tanjung Dehegila

Tanjung Dehegila

Nah, satu lagi nih Tempat wisata Morotai yang bakal jadi buruan fotografer. Namanya adalah Tanjung Dehegila. Banyak orang datang ke sini pada sore hari karena mengejar suasana matahari terbenam, walaupun nggak jarang juga yang datang pagi hari karena ingin merasakan suasana segar udara pagi sekalian jalan-jalan dan berolahraga. Kamu bisa menikmati pemandangan laut dengan hamparan rumput dari atas bukit di tanjung yang terletak di Desa Dehegila, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara ini.

Pantai Nunuhu

Pantai Nunuhu

Melihat foto di atas, pasti kamu tergoda kan buat mengunjungi Pantai Nunuhu yang indah ini?

Pantai Nunuhu berada di Desa Bido Kecamatan Morotai Utara Kabupaten Pulau Morotai. Dalam perjalanan menuju ke tempat ini, kamu bakal melihat banyak sekali pohon kelapa bido yang hanya tumbuh di sini. Pohon kelapanya pendek-pendek, dan buah kelapanya tumbuh di bagian bawah pohon kelapa hingga menyentuh tanah. Pantai Nunuhu ini unik banget, karena walaupun merupakan sebuah laut, tapi seperti ada aliran sungai di pantainya.

Saat akan menuju ke pantai, kamu nanti harus menuruni tebing pendek dulu. Setelah itu, baru deh kamu bisa menikmati pantai yang memiliki garis pantai tidak terlalu panjang ini.

Pantai Nunuhu juga memiliki ombak yang cukup tenang, sehingga bisa kamu manfaatkan untuk berenang dan bermain air. Di seberang pantai, terdapat sebuah pulau kecil yang ditutupi pepohonan hijau. Unik banget deh, kelihatannya. Kamu juga bisa naik ke atas karang, dan mengambil foto dari situ. Saat kondisi air laut sedang tenang, kamu bisa mencoba untuk berjalan menyusuri aliran air laut yang terlihat seperti sungai itu, asyik kan? Jadi, jangan lewatkan wisata Morotai yang satu ini ya kalau berkunjung ke Maluku Utara!

Air Terjun Raja

Air Terjun Raja

Berkunjung ke Pulau Morotai rasanya belum lengkap kalau tidak mengunjungi Air Terjun Raja yang benar-benar indah ini. Bila biasanya saat akan mencapai sebuah air terjun, terutama yang masih belum banyak terjamah tangan manusia perjalanannya agak sulit ditempuh, tidak demikian halnya dengan perjalanan menuju Air Terjun Raja ini. Tanpa perlu bersusah-susah mendaki, kamu sudah bisa berada di atas puncak atebing air terjun yang bertingkat-tingkat ini.

Air Terjun Raja memiliki 7 tingkatan air terjun, dan tingkatan ke-7 atau yang teratas selalu jadi incaran tujuan para wisatawan. Tinggi air terjunnya sendiri adalah 50 meter. Jadi saat kamu berada di pucak tebing, kamu akan disuguhi pemandangan memesona dari tumpahan air terjun tersebut.

Di sekitar air terjun pun kamu akan melihat merasakan atmosfer yang tak kalah indahnya, mulai dari pepohonan yang rimbun, burung-burung yang beterbangan sambil berkicau riang, dan udara segar yang mampu menghilangkan penat.

Pulau Kokoya

Pulau Kokoya

Tujuan liburan selanjutnya saat berada di Pulau Morotai adalah Pulau Kokoya. Wah, untuk tempat wisata yang satu ini benar-benar istimewa deh. Kamu bakal dibikin pusing memilih dari angle mana kamu akan mengambil gambar, karena semua sudutnya benar-benar indah dipandang mata. Bagaimana nggak bingung,  kamu akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih dan perairan yang jernih. Pulau Kokoya sendir adalah sebuah pulau kecil tak berpenghuni di Pulau Morotai, tepatnya berada di Desa Daruba, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

Perjalanan ke pulau ini bisa ditempuh dalam waktu 30 menit saja kalau menggunakan speedboat. Tapi bisa dipastikan deh, perjalanannya bakal terasa hanya beberapa menit saja, karena kamu akan cukup sibuk menikmati pemandangan laut dan kehidupan bawah laut yang bisa kamu intip, karena kejernihan airnya.

Selain pasir putih, kamu juga bisa menemukan banyak pepohonan di pulau ini. Sehingga, kalau kamu kelelahan bermain air atau sedikit kepanasan karena cuaca terik, kamu bisa berteduh sambil istirahat di bawah pepohonan tersebut.

Pulau Kokoya ini juga adalah tempat yang paling cocok bagi kamu pecinta snorkeling, karena pulau ini koleksi terumbu karangnya yang megah dan arus air yang juga bagus. Selaion itu, ada banyak jenis ikan dan spesies kehidupan laut lainnya, termasuk spesies terkenal yaitu Dugong.

Air Kaca Morotai

Air Kaca Morotai

Kabupaten Pulau Morotai yang berada menghadap langsung ke Samudera Pasifik ini dulunya merupakan basis pertahanan maupun pintu masuk pasukan Amerika, Sekutu maupun Jepang ke wilayah Indonesia, Malaysia maupun Filipina pada masa Perang Dunia II. Jadi nggak heran dong ya kalau  kamu bisa menemukan banyak peninggalan masa perang dulu, contohnya Air Kaca.

Pasti kamu heran deh, apa sih air kaca itu? Apa air yang bentuknya seperti kaca?

Oh bukan hehehe…

Air Kaca adalah tempat pemandian favorit Jenderal MacArthur dan para perwira tingginya dulu di masa Perang. Selain dipakai mandi, air di tempat ini juga digunakan sebagai air minum karena sangat jernih dan bersih.

Untuk masuk ke Objek wisata Air Kaca, kamu harus menuruni tangga-tangga batu yang rapi, yang sengaja dibuat agar memudahkan para wisatawan untuk menuruninya.

Konon, sumber mata air alami yang muncul dari balik gua dan membentuk kolam ini awalnya ditemukan oleh penduduk asli Pulau Morotai yakni suku Moro, sampai akhirnya tempat ini dimanfaatkan oleh tentara Jepang yang masuk Morotai, dengan membuat terowongan-terowongan dari dalam guanya. Uniknya, walaupun ketinggiannya berubah-ubah sesuai pasang surut air laut, tapi Air Kaca tak pernah kering lho!

Pulau Kolorai

Pulau Kolorai

Menjelajahi berbagai tempat Wisata Pulau Morotai memang nggak akan bikin bosan, karena selain indah, semuanya menghadirkan keunikannya masing-masing. Seperti yang bisa kamu temukan saat mengunjungi pulau Kolorai. Pulau ini terkenal banget dengan pantainya yang indah, pasirnya yang halus, dan seafoodnya yang lezat.

Di pulau yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan ini, kamu bisa dengan mudah menemukan stall-stall yang menjual makanan laut yang bisa kamu nikmati sambil merasakan udara segar pantai dan pemandangan lautan biru di kejauhan yang indah.

Pulau Kolorai sekarang memang sudah jadi pusat wisata di Pulau Morotai. Masyarakat setempat juga biasa mengadakan Festival Kolorai, yang terdiri dari kompetisi seni dan olahraga. Seru banget deh pokoknya!

Museum Trikora dan Perang Dunia II

Museum Trikora dan Perang Dunia II

Selain pantai dan air terjun, kamu juga bisa mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Morotai, seperti Museum Trikora yang berada di Desa Wawama, Kecamatan Morotai Selatan, berjarak sekitar 2 kilometer dari Kota Daruba. Monumen ini dibangun bertujuan untuk mengenang sejarah perjuangan tentara Indonesia dalam peristiwa pembebasan Irian Barat dalam operasi Trikora Dan dari Pulau Morotai yang indah ini pula, tentara Indonesia membangun basis kekuatan untuk membebaskan Irian Barat dari tangan penjajah.

Di museum ini, kamu bisa melihat berbagai benda peninggalan bersejarah, mulai dari potongan-potongan dokumentasi sampai diorama yang memajang replika peralatan alutsista yang dimiliki tentara Indonesia pada saat itu.

Nggak cuma itu lho, kamu bisa melihat monumen Trikora yang menggambarkan semangat tentara Indonesia dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan latar belakang pemandanan pantai Kepulauan Morotai yang sangat indah.

Pulau Dodola

Pulau Dodola

Nggak ingin pulang. Pasti itu deh kata-kata yang memenuhi benak kamu saat menginjakkan kaki di pulau ini.

Bagaimana nggak, mata kamu akan dimanjakan oleh pemandangan yang luar biasa cantik di Pulau Dodola. Pasir putih halus dan hamparan laut biru yang berpadu dengan awan putih di langit yang biru (Eh kok kayak lagu ya? Hehehe) pasti bakal bikin betah siapa pun yang berkunjung ke sini.

Pulau Dodola terdiri dari pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Kalau air laut sedang surut, kamu bisa melihat bentangan pasir yang membentuk jalan menghubungkan kedua pulau ini.

Air laut yang jernih juga membuat kamu bisa menengok sampai ke dasarnya. Melihat air sejernih ini, pasti kamu nggak tahan kalau nggak memanfaatkannya dengan berenang atau snorkeling. Asyik kan, kamu bisa sekalian melihat-lihat terumbu karang yang cantik-cantik. Oh ya, Pulau Dodola juga disebut-sebut sebagai tempat scuba diving terbaik di Indonesia lho! Keren banget ya?

Pulau Tabailenge

Pulau Tabailenge

Pulau Tabailenge salah satu pulau tak berpenghuni di Pulau Morotai Maluku Utara. Pulau Tabailenge adalah sebuah destinasi wisata di Morotai yang nggak kalah memesonanya dengan objek wisata lain di daerah ini.

Kamu pasti akan betah memandang hamparan pantai berpasir putih yang menawan, dihiasi dengan lebatnya pepohonan hijau dan bentangan air laut berwarna biru jernih. Pulau yang sering dijuluki sebagai “Surga kecil di timur Morotai” ini juga sering dimanfaatkan sebagai tempat memancing favorit masyarakat sekitar.

Pulau Sumsum

Pulau Sumsum

Pulau lainnya yang berada di Morotai adalah Pulau Sumsum yang memiliki nilai historis yang sangat tinggi. Di sinilah Jenderal Douglas Mc Arthur yang pemimpin pasukan sekutu untuk kawasan Asia Pasifik pernah tinggal pada masa Perang Dunia II. Nah, untuk mengenang Mc Arthur, maka monumen Mc Arthur berdiri dengan gagah disini. Selain monumen, terdapat gua Air Kaca dan sumber mata air yang biasa digunakan mandi oleh Mac Arthur, yang tadi sempat kita bahas di atas.

Baca Juga: Wisata Tidore

Selain nilai sejarahnya, Pulau Sumsum juga memiliki keindahan alam yang luar biasa. Pasir putihnya memang tidak terlalu halus dan berkerikil, tapi masih terlihat cantik dipandang mata. Kamu nggak akan menyesal deh, datang ke sini!

Nah, itu tadi 11 tempat wisata di Morotai yang wajib banget kamu kunjungi. Semuanya indah-indah kan? Jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen saat kamu liburan di Morotai ya, selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *