Tempat Wisata di Pulau Seram

12 Tempat Wisata di Pulau Seram Wajib Kamu Kunjungi

Posted on

Ada banyak tempat wisata di Pulau Seram yang menyuguhkan beragam pesona dan keunikan. Tak heran bila pulau ini menjadi salah satu yang paling direkomendasikan untuk Anda kunjungi saat hendak menghabiskan waktu liburan.

Daftar Tempat Wisata di Pulau Seram

Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Seram akan terasa dimanjakan sekali dengan pilihan destinasi yang lebih didominasi oleh pesisir. Seperti Pantai Gumumae, Pantai Kuako, Pulau Latunai, Pulau Marsegu, Pulau Geser, Pulau Kon, Tanjung Sesar, Air Terjun Lumoli, Danau Tehoru, hingga Goa Akohi.

Oke traveler, sebelum kita benar-benar berwisata ke Seram, sebaiknya kita pilih dulu yu tempat wisata mana sih yang akan dikunjungi. Berikut adalah beberapa referensinya!

Pantai Gumumai

Pantai Gumumai

Pantai Gumumai merupakan salah satu pantai tersembunyi yang ada di Ambon. So, kalau sudah tersembunyi seperti ini pasti keindahannya alamnya masih terjaga. Jadi akan rugi sekali kalau tak menyempatkan datang ke sini.

Baca Juga: Wisata Kepulauan Tanimbar

Warna airnya biru pekat lengkap dengan pasirnya yang berwarna coklat agak tua. Di kondisi atau waktu tertentu, warnanya mungkin akan lebih muda. Dan hal ini wajar karena tergantung sinar matahari yang terpantul.

Gumumai bisa menjadil pilihan tempat liburan entah bersama teman atau keluarga. Di musim pandemic seperti ini Gumumai memang cenderung lebih sepi. Bila dinilai sudah aman untuk berwisata, Anda bisa langsung saja rencanakan untuk ke sini. Jangan lupa mengabadikan moment menggunakan kamera.

Ada hal menarik yang bisa kamu lakukan di sini yakni menaiki perahu untuk menuju ke tengah laut. Dijamin, kamu akan terpesona dengan keindahan yang terhampar di depan mata. Biarpun perjalanan akan cukup memakan waktu dan melelahkan namun akan segera terbayarkan bila sudah benar-benar sampat di tengah laut.

Pantai Kuako

Pantai Kuako

Ada jua Pantai Kuako yang keindahannya harus Anda saksikan dan nikmati. Kalau pantai sebelumnya adalah surga tersembunyi maka kali ini surga yang mudah ditemukan karena akses jalannya terbilang lebih mudah.

Pantai Kuako ini memang berukuran besar, juga memiliki pesisir yang memanjang. Di satu spot Anda bisa menemukan dermaga yang berujung sebuah cottage, namun di spot lain pengunjung bisa menikmati pantai yang benar-benar masih alami tanpa ada fasilitas.

Pasir dari pantai ini memang tidak putih, melainkan coklat muda yang membuatnya tampak eksotis. Ombaknya cukup tenang sehingga destinasi Pulau Seram Ambon satu ini cocok untuk liburan bersama keluarga.

Seramai-ramainya pantai ini, tidak akan sampai berdesak-desakan. Pilihan aktivitas yang bisa dilakukan juga cukup banyak.

Pulau Latunai

Pulau Latunai

Masih dengan nuansa pesisir, namun wisata pulau seram kali ini bentuknya bukan sekedar pantai melainkan pulau. Sehingga wisatawan bisa menikmati lebih banyak spot wisata yang indah. Namanya adalah Pulau Latunai, berlokasi tak jauh dari Pulau utama yakni Pulau Seram, Ambon.

Pemandangannya indah, memiliki pantai utama yang diberi nama sama dengan nama pulaunya. Anda bisa lakukan banyak hal selagi berada di sini. Mulai dari berfoto hingga aktivitas olahraga air seperti voli air, asalkan wisatawan siap bawa sendiri perlengkapannya.

Pasirnya sangat putih dan juga lembut, menggoda siapa saja untuk melepas alas kaki untuk merasakan kelembutan pasir tersebut. Bila memiliki cukup banyak waktu, wisatawan bisa menyempatkan untuk berkeliling pulau. Melakukan penjelajahan kecil untuk menemukan spot-spot unik lain di Latunai.

Pulau Osi

Pulau Osi

Dari pulau utama, telah disediakan dermaga atau jembatan untuk menuju Pulau Osi. Bila dibandingkan dengan ukuran pulau sebelumnya, Osi memiliki ukuran cukup kecil. Namun ditumbuhi oleh banyak pohon rindang sehingga terasa lebih meneduhkan.

Akan menjadi pengalaman baru untuk berjalan di dermaganya, bisa berjalan dari pulau ke pulau. Sesampainya di Pulau Osi, Anda bisa bersantai dengan menikmati kawasan hutan sederhana, merasakan suasana tenang yang tiada tandingannya.

Bagi yang ingin menghilangkan penat, datang ke sini bisa menjadi obat alami. Setelah menikmati suasana yang menenangkan, dijamin pikiran akan fresh kembali.

Pulau Kassa

Pulau Kassa

Masih belum puas dengan pulau-pulau yang sudah disebutkan di atas? Kalau begitu, yuk lanjutkan liburan ke pulau selanjutnya yakni Pulau Kassa. Sebenarnya pulau ini masih cukup bisa dikatakan menyatu dengan pulau utama, sebab masih ada pasir pantai yang tampak yang menghubungan antara keduanya. Nah, di susuran pasir pantai inilah Anda akan menuju Pulau Kasa.

Mulai perjalanan dari pulau utama sampai di Pulau Kassa, sepanjang mata memandang hanya akan ada keindahan saja yang akan Anda lihat. Pasir yang berwarna putih sempurna, air laut yang benar-benar jernih sehingga tampak transparan, juga bisa melihat warna air di laut lepas yang semakin biru tua saja. Berlibur ke sini benar-benar bisa memberikan efek relaksasi tersendiri.

Belum lengkap rasanya kalau kamu berkunjung ke Seram namun tak menyempatkan untuk berkunjung ke Pulau Kassa. So, kalau punya banyak waktu, sempatkan datang ke sini yuk!

Pulau Marsegu

Pulau Marsegu

Pulau Marsegu memiliki pantai yang cukup banyak sehingga wisatawan bisa memilih berdasarkan model liburan yang diinginkan. Apakah yang diinginkan adalah bersantai di pesisir pantai dengan pasir warna putih dan ombak yang ringan, atau menyelam ke dalam perairan laut untuk melihat kehidupan di bawah perairan. Keduanya sama-sama bisa dipilih.

Keindahan Pulau Marsegu bisa menjadi gambaran pemandangan Pulau Seram yang cantik.

Seharian di pulau ini mungkin akan membuat Anda betah. Sebab memang rasanya akan kurang jika belum kunjungi pantai sebanyak-banyaknya selama di pulau ini. Tidak masalah, asal Anda memang sudah meng-agendekannya dan sudah siapkan perbekalan maka semua akan baik-baik saja.

Satu lagi pembahasan mengenai pemandangan kehidupan bawah laut. Saat snorkeling nanti, wisatawan bisa dengan jelas melihat banyaknya terumbu karang yang masih alami dan dengan bentuk yang beragam.

Namun wisatawan sangat dianjurkan untuk berhati hati supaya tidak merusaknya. Bawa juga kamera khusus supaya bisa mengabadikan momen bersama ikan-ikan di sana.

Pulau Geser

Pulau Geser

Selain Pulau Marsegu, ada juga wisata Pulau Seram lainnya yang sama-sama tak mengecewakan dan bisa membuat liburan terjamin nyaman. Pulau Geser memiliki kawasan pemukiman yang lebih luas dan dermaga yang lebih memadai. Cocok untuk yang selalu cari aman dalam rangka berlibur.

Untuk bisa ke pulau ini sudah disediakan kapal penyeberangan khusus yang kualitasnya bagus, sehingga tak ada yang perlu dikhawatirkan, entah soal kenyamanannya maupun kegunaannya.

Setelah sampai di dermaganya, Anda bisa langsung mencari pantai yang bisa ditinggali untuk bersantai. Juga bisa bereksplorasi dulu di sana supaya menemukan pengalaman baru.

Pulau Kon

Pulau Kon

Pulau Kon menawarkan kawasan wisata dengan pemandangan Pulau Seram yang tenang. Akan pas untuk Anda yang suka berlibur di tempat-tempat yang tenang atau tidak suka keramaian. Selain itu, mencoba bersantai di sini juga bisa menenangkan jiwa dan mengusir stres yang telah Anda bawa dari kota asal.

Dengan pemandangan yang masih sangat alami dan indah, udara yang sejuk, tidak gerah karena ada banyak pepohonannya, itu semua bisa Anda dapatkan jika mau mampir ke pulau ini. Cukup banyak wisatawan asing yang langsung menuju ke pulau ini sesaat sampai di Pulau Seram. Itu pun wajar karena memang apa yang ditawarkan pulau ini tidaklah sembarangan.

Tanjung Sesar

Tanjung Sesar

Menjadikan Tanjung Sesar sebagai destinasi wisata Pulau Seram juga keputusan oke. Dan mengapa Anda memang harus mampir kesaa adalh bahwasannya wujudnya adalah tanjung, daratan yang menjorok ke laut sehingga pemandangan Pulau Seram yang Anda dapat nanti bisa lebih sempurna.

Atau mungkin selama di Pulau Seram nanti Anda berencana untuk menikmati langit sore alias senja? Jika benar adanya, maka tanpa perlu pertibangan lagi, langsung saja menuju Tanjung Sesar. Sebab, memang Tanjung Sesar ini juga terkenal sebagai destinasi wisata untuk menikmati senja atau saat matahari terbenam.

Namun jika Anda kesini di siang atau pagi hari, betapa jernihnya air di lautnya bisa Anda lihat sendiri. Sangat puas bermain di pantai ini karena juga ditambah dengan udara yang masih sejuk sehingga terasa menyegarkan.

Air Terjun Lumoli

Air Terjun Lumoli

Pilihan tempat wisata Pulau Seram selanjutnya adalah yang berwujud air terjun. Air Terjun Lumoli yang memiliki kawasan yang sangat teduh sehingga sama sekali tidak panas. Tetap terjamah sinar matahari, namun karena saking rimbunnya pepohonan yang ada di sana, siapa saja yang berada di sana akan merasakan keteduhan.

Aliran airnya cukup deras meski ketinggiannya rendah. Siapkan baju ganti saat menuju kesana, sebab Anda pasti akan tergoda untuk berbasah ria karena saking segarnya air di sana.

Ada area kolam yang cukup tinggi namun juga ada yang rendah, Anda hanya perlu hati-hati saja supaya tidak terbawa arus atau tenggelam.

Juga bawa sandal jika Ada saat kesana sedang pakai sepatu. Pastikan Anda berjalan dengan sangat hati-hati, terutama saat melintasi batuannya, hal ini supaya permukaan lantai yang licin tidak membahayakan Anda.

Danau Tehoru

Danau Tehoru

Saking jernihnya air di kawasan wisata Pulau Seram ini, sampai-sampai terkadang tak terlihat seperti ada airnya. Bahkan jika difoto hanya akan terlihat seperti kabut, sebagaimana yang ada di foto ini. Danau Tehoru merupakan danau yang berada di dalam Taman Nasional Manusela.

Taman Nasional Manusela sendiri merupakan salah satu kawasan konservasi atau cagar alam di wilayah Maluku. Karena wujudnya ini, pastilah wajar bila kealamian Danau Tehoru masih terjaga dengan baik.

Goa Akohi

Goa Akohi

Goa Akohi memiliki stalagmit dan stalagtit yang cukup banyak sehingga tampak natural. Bukan hanya seperti bebatuan biasa yang membentuk gua saja, melainkan dipenuhi dengan dua properti tadi sehingga Anda harus hati-hati saat melintasinya. Perhatikan juga langkah Anda nanti, supaya tidak salah pilih jalan atau batu yang masih belum kuat.

Baca Juga: Wisata Maluku Tengah

Segera saja susun tempat wisata di Pulau Seram di atas untuk mendapatkan pengalaman berlibur yang lebih oke. Apalagi jika agenda liburan Anda nanti terbatas waktu, harus benar-benar diagendakan supaya tidak ada penyesalan. Semuanya cantik, indah, dan masih alami tanpa ada dekorasi-dekorasi objek wisata seperti di perkotaan. Mengagendakan berhari-hari liburan di sana pun juga akan menjad solusi oke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *