Tempat Wisata Di Purbalingga

18 Tempat Wisata Di Purbalingga Bertemakan Alam

Posted on

Purbalingga atau biasa disebut sebagai tanah ngapak merupakan salah satu Kawasan yang berada di Jawa Tengah. Memiliki berbagai macam keunikan yang menonjol, seperti kulinernya, budayanya dan juga termasuk potensi wisatanya yang akan dibahas pada artikel ini. Ada banyak sekali tempat wisata di Purbalingga yang direkomendasikan dan harus kamu kunjungi.

Daftar Tempat Wisata di Purbalingga

Traveller, kalau kamu sedang berkunjung ke Purbalingga sangat disarankan untuk menjelajahi tempat wisata yang ada di sana. Nah, kalau penasaran dengan tempat mana saja yang bisa dikunjungi, langsung simak saja yuk ulasan tempat wisata di Purbalingga berikut ini!

Bukit Mertelu

Bukit Mertelu

Tempat wisata di Jawa Tengah Purbalingga yang pertama adalah Bukit Mertelu. Sebuah Kawasan wisata yang baru saja dibuka di tahun 2017, sehingga bisa dibilang ini merupakan tempat wisata baru. Di sini, kamu bisa melihat pemandangan alam yang indah. Ada pula beberapa spot foto instagramable yang memang sengaja dibuat oleh pihak pengelola. Seperti ayunan langit, dimana wisatawan akan berayun di atas ketinggian. Namun tenang saja, untuk soal keamanan sudah terjamin sebab ada tali pengaman yang teruji.

Wisata alam yang dibalut dengan konsep wisata kekinian membuat bukit ini semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan. Bila kamu ingin melihat pemandangan alam dengan lebih jelas, kamu bisa naik ke atas sebuah gardu pandang yang ada di lokasi wisata. Mata kamu akan dimanjakan dengan landscape pemandangan Purbalingga.

Ada pula sebuah bukit yang dinamakan bukit jomblo yang berbentuk mirip seperti sarang burung. Konon juga mirip dengan destinasi wisata yang ada di Tulungagung. Di samping itu, bila kamu merasa kelelahan, kamu bisa melipir sejenak di gazebo yang sudah disediakan khusus untuk wisatawan.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Pemalang

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke bukit ini dan menikmati pemandangan alamnya? Langsung saja datang ke Sangkanayu, Mrebet, Sangkanayu, Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Atau agar lebih memudahkan, kamu bisa dibantu oleh google maps.

Puncak Telkom Pratin

Puncak Telkom Pratin

Wisata Purbalingga Puncak Telkom Pratin merupakan wisata hits yang ada di kota ngapak ini. Pemandangan bukit hijau dari atas ketinggian bisa kamu lihat dan nikmati dari Puncak Telkom Pratin. Apalagi dengan suasananya yang sangat sejuk dan cenderung dingin, sangat cocok untuk kamu yang ingin rehat sejenak dan melepas penat di sela-sela aktivitas rutin.

Di sini juga kamu dapat melihat pemandangan matahari terbit dan menikmati udara segar. Bagi yang sangat menyukai spot foto instagramable, di sinilah tempatnya. Apalagi dengan pemandangan landscape alam yang sangat cantik. Kalau kamu memang tertarik datang ke Puncak Telkom, sebaiknya catat ya alamatnya yaitu di Kutabawa, Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Puncak Sendaren

Puncak Sendaren

Puncak Sendaren merupakan tempat wisata di purbalingga selanjutnya yang masih bertemakan alam. Tempat wisata ini tak pernah sepi dari pengunjung, apalagi mereka yang masih berusia muda atau kau millenial. Pasalnya Puncak Sendaren memiliki daya tarik tersendiri yaitu dari jembatan selfienya.

Sebuah jembatan yang memang sering digunakan untuk hunting foto keren dengan latar belakang pemandangan alam yang sangat indah.  Biarpun tempat ini sangat indah apalagi bila dijadikan sebagai tempat untuk berswafoto, namun tak mudah untuk bisa sampai di lokasi.

Jalan yang harus kamu lalui terbilang cukup menantang, sehingga kamu harus berhati-hati. Tapi tenang saja, rasa lelah akan terbayar sesampainya kamu di Puncak. Bila ingin berkemah, kamu bisa menikmati bagaimana romantisnya suasana malam.

Bagaimana traveller, yakin tak tertarik untuk berkunjung ke Puncak Sendaren? Rugi loh kalau kamu tak menyempatkan untuk datang ke sini.

Gunung Wuled

Gunung Wuled

Desa Wisata Gunungwuled merupakan tempat wisata purbalingga yang lagi-lagi menawarkan pesona alamnya yang indah. Tempat ini sebenarnya belum banyak dikenali, namun sangat wajib kamu kunjungi. Sebuah gardu pandang menjadi fasilitas terbaik untuk wisatawan agar bisa melihat pemandangan dari atas ketinggian.

Di desa wisata ini kamu bisa berkunjung ke berbagai tempat yang masih berada dalam satu Kawasan. Seperti curug, pemandian air panas dan yang lainnya.

Puncak Sibarat

Puncak Sibarat

Obyek wisata Purbalingga Puncak Sibarat mungkin tak setenang desa wisata serang atau goa lawa yang ada di Purbalingga. Namun biarpun begitu, kamu tak akan rugi datang ke Puncak Sibarat. Pasalnya pemandangan alam yang begitu indah bisa kamu nikmati. Apalagi dengan adanya gardu pandang yang menjadi fasilitas utama wisatawan agar bisa melihat pemandangan dengan lebih jelas. Tak tanggung-tanggung gardu pandang tersebut memiliki ketinggian hingga 7 meter.

View hutan pinus dan juga gunung sumbing tentu tak akan luput dari penglihatan yang ada di sekitar puncak. Sangat disarankan agar kamu bisa menginap di sini, sebab pemandangan sunsetnya merupakan hal yang sebaiknya tak kamu lewatkan. Ada area camping ground sehingga kamu tak perlu merasa khawatir.

Lampion Tengah Sawah

Lampion Tengah Sawah

Lampion Tengah sawah merupakan tempat wisata di purwokerto dan purbalingga yang sangat hits sekali. Lokasinya berada di Gunungwuled, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Tempat wisata ini sangatlah unik, dimana kita bisa menikmati spot foto instagramable yang berada benar-benar di tengah sawah.

Agar bisa sampai tepat di tengah sawah, kamu dapat menaiki jembatan kayu yang sudah disediakan. Saat berjalan, lampion-lampion akan menyambutmu. Bagi yang senang dengan spot foto kekinian, pokoknya sangat wajib sekali datang ke sini.

Puncak Batur

Puncak Batur

Wisata alam Purbalingga, Puncak Batur. Sebuah tempat wisata yang tak bisa kamu nikmati dengan mudah. Pasalnya, untuk bisa mencapai puncak, kamu harus mendaki terlebih dahulu. Nah, selama pendakian tersebut kamu akan melewati 3 pos utama yang biasa dijadikan sebagai tempat istirahat. Sebaiknya siapkan fisik mu sebelum datang ke sini ya. Sebab kamu akan berjalan kurang lebih selama 2 setengah jam.

Namun tak perlu khawatir, rasa lelah benar-benar akan terbayar saat kamu tiba di puncak. Udara yang sejuk dan juga hamparan hijau pemandangan alam akan menjadi Pereda lelahmu. Agar tak kehilangan momen saat berada di puncak, jangan lupa untuk mengabadikan lewat gambar dari kamera kamu ya.

Kalau kamu tertarik berkunjung ke Puncak Batu, kamu bisa mencatat alamatnya yaitu di Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Atau kalau kesulitan, cobalah minta bantuan pada google maps agar lebih praktis.

Puncak Igir Wringin

Puncak Igir Wringin

Puncak Igir Wringin masih termasuk dalam wisata di Purbalingga bertemakan alam yang paling direkomendasikan. Lokasinya ada di Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Jawa Tengah.

Sama halnya dengan puncak gunung secara umum, di sini kamu bisa menikmati udara yang sangat menyegarkan. Pemandangan alamnya pun sangat memanjakan mata. Kamu bisa rehat dan menenangkan pikiran sejenak selama berada di puncak Igir Wringin.

Bendungan Slinga

Bendungan Slinga

Objek Wisata Purbalingga, Bendungan Slinga merupakan wisata air buatan guna untuk membendung air dalam jumlah sangat banyak. Adanya bendungan ini juga sangat membantu untuk kehidupan masyarakat di Purbalingga. Nah, kalau kamu tertarik berkunjung ke sini kamu bisa datang ke Slinga, Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Kutabawa Flower Garden

Kutabawa Flower Garden

Wisata Purbalingga Jawa Tengah Kutabawa Flower Garden berlokasi di Kutabawa, Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah. Sebuah tempat wisata yang dipenuhi dengan berbagai macam jenis bunga. Keindahan berbagai sudut lokasi wisatanya sangat patut diabadikan dan bisa menjadi spot instagramable.

Highland Serang

Highland Serang

Selanjutnya adalah Highland Serang merupakan sebuah Kawasan wisata alam lainnya yang ada di Purbalingga. Lokasinya berada di Serang, Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Di sini terdapat area camping ground yang biasanya akan sangat padat, khususnya saat akhir pekan.

Ini karena banyak wisatawan yang memutuskan untuk menghabiskan waktu liburannya di Highland Serang. Udara yang sejuk serta pemandangan yang masih sangat alami memang akan memberikan pengalaman liburan yang berbeda.

Desa Wisata Sikopyah

Desa Wisata Sikopyah

Desa Wisata Sikopyah merupakan objek wisata di Purbalingga yang tak pernah sepi dari pengunjung. Lokasinya masih  berada di satu Kawasan dengan Highland Serang yaitu di Serang, Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah.

Suasana alam yang menyejukkan ditambah dengan berbagai macam fasilitas pendukung untuk berwisata di alam akan sangat memanjakanmu. Sebuah rumah pohon yang terdiri dari beberapa tingkatan bisa kamu naik menggunakan tangga yang sudah dibuat. Nah, di atas rumah pohon tersebut kamu akan disuguhi dengan pemandangan alam sekitar yang sangat indah.

Rumah Kampung Kurcaci

Rumah Kampung Kurcaci

Bila di New Zealand ada rumah hobbit yang bentuknya mungil. Nah, di Purbalingga kamu akan menemukan sebuah rumah kurcaci yang juga berbentuk kecil. Tempat wisata ini sangatlah hits loh, apalagi di kalangan anak muda. Mereka sangat senang berburu foto di tempat yang unik dan instagramable.

Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga. Apalagi biaya masuknya juga tak terlalu mahal, hanya 5 ribu rupiah saja per orang.

Jembatan Cinta Pring Wulung

Jembatan Cinta Pring Wulung

Tempat wisata yang juga tak kalah hits dengan tempat-tempat sebelumnya dan masih bernuansa alam adalah Jembatan Cinta Pring Wulung. Saat akhir pekan tempat wisata ini akan sangat dipenuhi oleh pengunjung apalagi dari kalangan muda. Salah satu hal yang menjadikan jembatan cinta ini diminati tentu saja karena keunikannya. Apalagi banyak spot foto keren plus instagramable yang bisa memanjakan lensa kamera kamu.

Pemandangan alamnya pun terbilang masih sangat asri. Apalagi udaranya, sangat menyejukkan sekali. Di sini kamu akan menemukan sebuah jembatan dengan bentuk love atau melambangkan kasih sayang dan cinta. Sementara itu di bagian tengah jembatannya ada air mancur yang membuatnya terlihat lebih cantik.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung? Kalau iya, kamu bisa datang ke Desa Penusupan Rt 03 Rw 04, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Pemandian Situ Tirta Marta

Pemandian Situ Tirta Marta

Ingin berendam agar bisa membangunkan otot-otot yang tertidur? Atau sekedar merilekskan tubuh? Kamu bisa coba datang ke Pemandian Situ Tirta Marta yang berlokasi di Desa Karangcegak, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Objek wisata ini sangat hits dan terkenal apalagi di kalangan masyarakat setempat. Sebab memang biasa dijadikan sebagai tempat untuk berwisata keluarga. Kondisi airnya sangatlah jernih dan menyegarkan.

Wisata Alam Gua Lawa

Wisata Alam Gua Lawa

Selanjutnya adalah Gua Lawa, tempat wisata di Purbalingga yang bertemakan alam dan memang sangat hits. Sehingga wajib sekali untuk kamu jelajahi dan kamu nikmati pemandangan indah yang ada di dalam gua. Sangat cocok untuk kamu yang menyukai aktivitas susur gua.

Saat masuk ke dalam, kamu akan menemukan tetesan air yang menyegarkan. Ada pula pemandangan cantik dari ventilasi alami yang tersusun dengan unik. Dimana jarak satu sama lainnya adalah 30 meter. Bagaimana, tertarik sekali untuk berkunjung ke Gua Lawa? Kamu bisa datang ke Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah.

Purbasari Pancuran Mas

Purbasari Pancuran Mas

Purbasari Pancuran mas Purbalingga, merupakan sebuah tempat wisata yang mengusung konsep edukasi. Sehingga wisatawan yang datang bisa bermain sambil belajar. Tak heran bila tempat ini memang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Apalagi saat akhir pekan. Terdapat berbagai macam permainan yang menyenangkan, suasana alamnya pun sangatlah sejuk dan inilah yang menjadi daya tarik utama mengapa wisatawan liburan ke Purbasari Pancuran Mas.

Fasilitas kolam renang, waterboom, hingga taman bermain pun pastinya akan sangat memanjakanmu. Untuk yang Sudah berkeluarga, tempat wisata ini sangatlah cocok apalagi untuk anak-anak. Ada beberapa taman yang bisa kamu kunjungi, diantaranya taman ungga, taman buah mangga dan juga sebuah tempat yang khusus dijadikan sebagai konservasi rusa. Kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan rusanya. Memberi makan atau sekedar berfoto. Tempat wisata ini pun sudah ditunjang dengan berbagai macam fasilitas umum yang terbilang lengkap, sehingga kamu tak perlu khawatir.

Misalnya saja sebuah aula serba guna yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan seminar, pernikahan, atau pertemuan besar. Ada pula homestay dengan tarif yang terbilang terjangkau. Lalu lahan parkir yang luas, kios yang menjual berbagai macam souvenir, hingga restoran yang menyajikan banyak pilihan menu.

So, kamu tak perlu ragu lagi deh untuk berkunjung ke Purbasari Pancuran Mas. Langsung saja rencanakan waktu liburan mu dan cata alamatnya yaitu di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Agrowisata Lembah Asri

Agrowisata Lembah Asri

Tempat wisata di Purbalingga terakhir yang akan dibahas adalah agrowisata Lembah Asri. Sebuah tempat wisata yang bernuansa alam dan mempunyai kebun strawberry yang dijadikan sebagai daya tarik utamanya. Sehingga sangat direkomendasikan sebagai tempat yang bisa kamu kunjungi saat ingin berlibur ke Purbalingga.

Selain suasana alamnya yang sangat menyegarkan. Saat berada di lokasi, kamu dapat memetik buah strawberry secara langsung dari pohonnya. Lalu, kalau mau dibawa pulang atau dimakan langsung juga bisa sekali. Beberapa fasilitas wahana permainan lainnya pun bisa sangat memanjakanmu saat berada di sini. Misalnya saja area ATV, berkuda, berbagai macam permainan outbound, paintball, trekking dan juga kids farm.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Sukoharjo

Sembari berlibur kamu akan disambut dengan hawa yang sejuk hingga pemandangan yang sangat mempesona.

Oke traveller, itulah 18 tempat wisata di Purbalingga bertemakan alam yang menyegarkan dan wajib sekali kamu kunjungi. Pilih salah satu tempat yang menurutmu memang terjangkau, baik dari segi biaya atau jarak. Sehingga kamu dapat liburan dengan nyaman dan menyenangkan. Jangan lupa untuk membawa kamera ya agar kamu bisa mengabadikan setiap momen liburan. Kalau bisa sih share juga hasil fotomu ke sosial media agar kamu bisa ikut menginformasikan terkait potensi wisata yang ada di Purbalingga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *