Tempat Wisata di Purwakarta

18 Tempat Wisata di Purwakarta Sebagai Destinasi Terbaik

Posted on

Opsi tempat wisata di Purwakarta cukup lengkap sehingga menjadikan Purwakarta sebagai destinasi berlibur tetaplah ide yang bagus. Menjadi salah satu kota yang ada di Jawa Barat, letaknya tidak jauh dari Jakarta atau dari Bandung.

Tempat Wisata Di Purwakarta Jawa Barat

Anda harus tahu apa saja pilihan objek wisata di Purwakarta supaya liburan lebih terencana. Puwakarta wisatanya ada banyak, seperti Hidden Valley Hills, Bukit Katumbiri, Bukit Panenjoan, Mata Air Cijanum, Gunung Parang, Gunung Bongkok, Gunung Lembu, Curug Tilu, Curug Cipurut, Waduk Cirata, Waduk Jatiluhur, Kuya Maranggi Waterpark, dan lainnya. Satu per satu wisata ini akan dibahas berikut.

Hidden Valley Hills

Hidden Valley Hills

Daftar objek wisata di Purwakarta kali ini akan dimulai dengan wisata dataran tinggi yang bisa berikan kesejukkan ekstra. Udara yang pasti bersihdan menyejukkan ini akan diimbangin dengan suasana yang tenang. Hidden Valley Hills sanat cocok untuk Anda yang datang dari kota yang sibuk.

Anda yang sebelumnya punya kesibukan tinggi atau rutinitas yang padat bisa kembali segar dengan cara datang ke tempat wisata Purwakarta ini. apa yang ada di sana memang suasana pegunungan yang sejuk rasa-rasa nya. Namun di sana juga sudah disediakan spt khusus untuk masing-masing aktivitas yang ingin dilakukan pengunjung. Seperti misalnya makan malam romantis, spot foto, dan taman bermain anak-anak.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Cirebon

Untuk lokasi wisata ini, letaknya berada di Kelurahan Cibodas, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Untuk diketahui Hidden Valley Hills menjadi salah satu objek wisata yang difavoritkan wisatawan dari luar Purwakarta. Jadi Anda jangan sampai lupa mampir.

Bukit Katumbiri

Bukit Katumbiri

Wisata di Purwakarta ii sifatnya masih cukup baru, yaitu buka pada sekitar tahun 2018. Apa yang ada di sana bukan hanya wisata dengan suasana pegunungan saja, melainkan beberapa aktivitas bisa dilakukan.

Di bukit ini telah disediakan fasilitas-fasilitas seperti gazebo untuk stay berlama-lama, jembatan, rumah pohon, dan atraksi lainnya yang menarik. Memilih Bukit Katumbiri untuk alternatif liburan adalah ide yang bagus, sebab untuk aksesnya termasuk mudah dan bisa dijangkau mobil maupun kendaraan roda dua. Bukit sebagai salah satu pilihan tempat rekreasi di Purwakarta ini letaknya di daerah Klarapedes.

Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan

Masih ada satu lagi pilihan tempat wisata di Purwakarta yang wujudnya bukit, yaitu Bukit Panenjoan. Meskipun sebagai salah satu wisata alam Purwakarta, wisata ini tidak dibuka selama 24 jam penuh. Bukanya memang setiap hari dari Senin sampai Minggu, namun akan beroperasional dari jam 8 pagi sampai lima sore.

Untuk lokasinya, ada di Jalan Wanayasa Bojong Sawit Darangdan, Sindangpanon Bojong, Purwakarta, Jawa Barat. Apa yang bisa dinikmati di wisata ini hampir sama dengan wisata sebelumnya, yaitu suasana perbukitan yang asri, sejuk, dan kesempatan untuk bersantai lebih lama.

Gunung Parang

Gunung Parang

Setelah deretan wisata perbukitan atau dataran tinggi, ada juga pilihan wisata Purwakarta berwujud gunung. Karenanya, Anda yang suka aktivitas di pegunungan atau suka olahraga mendaki bisa menjadikan wisata-wisata gunung ini sebagai tujuannya selama di Purwakarta.

Gunung Parang adalah salah satunya, ketinggiannya sekitar 1.000 meter dari permukaan laut dan memiliki kemiringan 45 derajat. Ada juga beberapa tebing yang cukup curam sehingga bisa dijadikan arena olahraga tertentu. Untuk lokasi wisata ini, letaknya ada di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta. Hanya butuh 10 ribu rupiah saja untuk beli satu tiket masuk.

Gunung Bongkok

Gunung Bongkok

Pilihan lainnya tempat wisata daerah Purwakarta yang wujudnya gunung adalah Gunung Bongkok. Gunung Bongkok ini hampir sama dengan Gunung Parang, sebab ketinggiannya sama-sama 1.000 meter dari permukaan laut. Aktivitas yang bisa dilakukan pun sama, namun tetap saja Gunung Bongkok ini menjadi salah satu pilihan wisata alam Purwakarta.

Lokasi gunung ini ada di Desa Cikandang, sering dijadikan latihan mendaki oleh para pemula untuk kemudian mencoba gunung yang lebih tinggi selanjutnya. Memilih Gunung Bongkok sebagai destinasi wisata tetap jadi keputusan oke. Karena di sana Anda tak hanya bisa mendaki saja, melainkan juga makan siang sambil menikmati suasana pegunungan.

Gunung Lembu

Gunung Lembu

Satu lagi pilihan wisata gunung yang ada di Purwakarta, yaitu Gunung Lembu. Gunung Lembu ini berada di Desa Pandiyangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Juga hampir sama dengan dua gunung di atas, namun tetap memiliki keistimewaan sehingga dimasukkan dalam daftar rekomendasi wisata alam Purwakarta.

Dari atas Gunung Lembu Anda bisa menikmati pemandangan Kota Purwakarta dengan lebih maksimal. Sebab tak akan ada batas untuk memandanginya. Dari puncaknya pun Anda juga bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit. Karenanya, maklum saja bila Anda sampai sana nanti menjumpai pengunjung-pengunjung camping.

Mata Air Cijanum

Mata Air Cijanum

Setelah dari pegunungan atau wisata-wisata di ketinggian, saatnya meluncur ke wisata di dataran rendah. Salah satu wisatanya adalah Mata Air Cijanun. Hawa di sana sebenarnya juga masih dingin, apalagi di pagi hari, namun justru jadi daya tariknya.

Seperti misalnya untuk menghabiskan pagi sampai siang hari dengan suasana alam, atau makan siang di sana. Anda berkesempatan untuk bermain di airnya atau mandi-mandi di sana. Namun jangan kaget bila airnya terasa dingin. Jika ini yang ingin Anda coba, jangan lupa untuk bawa perlengkapan mandi. Lokasi tempat wisata Purwakarta ini berada di Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

Curug Cipurut

Curug Cipurut

Setelah dari mata air, anda masih punya pilihan wisata alam Purwakarta untuk bermain air. Bermain air di alam akan memberikan sensasi berbeda, tidak sama seperti saat Anda bermain di waterpark atau kolam renang. Karenanya, selagi di Purwakarta, mampir saja ke wisata-wisata alam perairan.Salah satu pilihan untuk Anda adalah Curug Cipurut.

Curug Cipurut adalah air terjun yang masih sangat perawan. Anda harus bersiap dengan kawasan alam yang masih asli, seperti misalnya pepohonan yang masih mengganggu akses menuju kesana atau tanaman-tanaman yang masih banyak sekali. Namun justru dengan demikian, apa yang didapatkan wisatawan dengan datang ke Curug Cipurut akan menjadi wisata alam Purwakarta yang maksimal.

Catat lokasinya supaya Anda tidak tersesat, air terjun ini berada di Babakan, Purwakarta, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Curug Tilu

Curug Tilu

Satu lagi pilihan tempat rekreasi di Purwakarta yang wujudnya air terjun, yaitu Curug Tilu. Air terjun di tempat wisata Purwakarta ini sebenarnya tak terlalu tinggi, namun memiliki kemiringan yang besar. Jangan coba-coba untuk memanjat di air terjunnya jika Anda tidak terbiasa, sebab bisa saja akan membahayakan.

Akses menuju ke Curug Tilu tidak lebih sulit dari air terjun sebelumnya yang masih sangat perawan. Namun apa yang diberikan Curug Tilu ini dijamin merupakan wisata alam yang tak mengecewakan. Tak mengecewakannya Curug Tilu sebagai wisata di Purwakarta adalah memberikan air yang turun langsung dari pegunungan dan suasana asri karena rindangnya pepohonan.

Bisa dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga atau bersama teman-teman, lokasinya ada di Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta.

Situ Wanayasa

Situ Wanayasa

Pilihan alternatif tempat wisata Purwakarta selanjutnya adalah Situ Wanayasa. Fasilitas yang diberikan wisata ini cukup lengkap, mulai dari fasilitas umum yang seharusnya ada di tempat wisata hingga fasilita dan fungsinya sebagai hiburan untuk wisatawan.

Apa yang bisa Anda lakukan di Situ Wanayasa adalah bersantai di tepian danau, makan siang di warung-warung sekitar, atau memancing di spot yang telah disediakan. Pasti akan menyenangkan memancing di sana, Anda yang memang punya hobi memancing pasti akan tertantang setelah melihat bagaimana situasinya.

Situ Wanayasa ini berada di Desa Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Karena berada di Kecamatan Purwakarta, wisata yang memberikan kesejukkan ini tidak jauh dari pusat kota. Karena ini pula, Anda yang punya sisa waktu sedikit selama di Purwakarta bisa jadikan Situ Wanayasa sebagai alternatif wisata.

Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur

Tidak mungkin bila wisata seterkenal Waduk Jatiluhur tidak masuk dalam rekomendasi tempat wisata daerah Purwakarta ini. Ada gazebo dan rumah pohon yang telah dibangun di sekitarnya supaya pengunjung tidak merasa bosan. Selain itu, juga telah disediakan berbagai pilihan aktivitas air untuk Anda yang berminat.

Pasti tidak membosankan saat berada di Waduk Jatiluhur. Selain merupakan waduk yang sangat luas, memang  banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sana. Waduk Jatiluhur wajib mampir bagi wisatawan dari luar kota Puwawa karena cukup ikonik. Untuk bisa menikmati wisata ini, datang saja ke Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.

Saat berada di kecamatan ini pastikan Anda tidak mampir ke Waduk Jatiluhur saja. Sebab dalam daftar ini masih ada pilihan-pilihan lain wisata di Purwakarta yang berada di Kecamatan Purwakarta.

Waduk Cirata

Waduk Cirata

Masih ada pilihan tempat rekreasi di Purwakarta yang wujudnya adalah waduk. Waduk Cirata sangatlah besar sehingga digunakan sumber air untuk tiga daerah sekaligus. Tiga daerah yang sumber airnya berasal dari Waduk Cirata adalah Bandung, Cianjur, dan Purwakarta sendiri. Di sana, dengan jelas Anda akan melihat alat pembangkit listrik tenaga air.

Suasananya asri dan bisa jadi alternatif berwisata selama di Puwakarta. Lokasi tepatnya berada di Desa Margalaksana, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Pasir Lang Lang

Pasir Lang Lang

Pasir Langlang bukanlah objek wisata, melainkan lebih tepatnya merupakan kawasan wisata. Alasannya adalah karena didalamnya masih ada beberapa wisata spesifik yang wujudnya berbeda-beda. Secara keseluruhan Pasir Langlang adalah kawasan hutan pinus yang menyejukkan. Sebab pohon pinus di sana susah tumbuh tinggi-tinggi.

Selain kawasan hutan pinus, apa yang ada di dalam Pasir Langlang sebagai pilihan objek wisata di Purwakarta adalah Curug Pamoyanan sebagai air terjun dan Goa Jepang yang menarik untuk dikunjungi. Jangan lupa abadikan momen saat berada di sana, atau mungkin update sosial media karena spotnya yang bagus. Untuk bisa masuk ke kawasan wisata ini datang dulu saja ke Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.

The Colorville At Alam Sari Wates

The Colorville At Alam Sari Wates

The Colorville At Alam Sari Wates sering dijadikan sebagai lokasi outbound. Karenanya, untuk Anda yang cari tempat rekreasi di Purwakarta untuk dikunjungi bersama keluarga, jadikan saja The Colorville At Alam Sari Wates ini sebagai tujuan wisatanya.

Di tempat wisata Purwakarta ini anak-anak bisa mengikuti flying fox, bermain wahana-wahana sederhana yang ada, dan lainnya anda sebagai orang dewasa bisa bersantai di sana karena suasananya oke juga untuk dinikmati. The Colorville ini letaknya ada di dalam Desa Sawit, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Cikao Park

Cikao Park

Ingin mendapatkan destinasi wisata yang sifatnya edukatif karena ke Purwakarta dengan anak-anak? Kalau begitu mampir saja ke Cikao Park. Letaknya ada di Jalan Raya Sukatani, Desa Cisalada, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta.

Cikao Park diwujudkan sebagai perpaduan antara wisata alam dengan wisata buatan. Kombinasi ini menjadikan sebuah wisata edukatif yang tak membosankan juga menawarkan suasana alam yang menarik. Bisa sekalian makan siang dan juga bisa dipilih jika sisa waktu berlibur di Purwakarta tinggal sedikit.

Urban Farming Center

Urban Farming Center

Mungkin yang Anda cari adalah wisata yang bisa menyuguhkan spot foto dengan maksimal dan tampak nyata. Di Urban Farming Center Anda akan mendapatkan spot foto nuansa Eropa yang pasti akan bagus untuk update sosial media. Untuk sekedar abadikan momen pun oke-oke saja karena spotnya benar-benar bagus dan anti norak.

Pasti Urban Farming Center sudah membuat Anda penasaran, langsung saja datang ke lokasinya. Lokasinya ada di Desa Benteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Kuya Maranggi Waterpark

Kuya Maranggi Waterpark

Anda sudah puas berfoto-foto di Urban Farming Center, jika Anda Ingin beraktivitas lebih banyak maka datang saja ke Kuya Maranggi Waterpark. Luas wisata di purwakarta ini cukup besar untuk skala waterpark, jadi maklumi saja kalau nanti suasananya agak ramai setelah Anda sampai di sana.

Pilihan kolam renangnya lengkap baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Wahananya pun juga banyak sehingga tidak akan bosan. Cocok dikunjungi bersama keluarga maupun bersama para sahabat, lokasinya ada di Jalur Cikampek-Padalarang, Cibungur, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta.

Jatiluhur Waterworld

Jatiluhur Waterworld

Dari namanya, mungkin Anda bisa simpulkan bahwa lokasinya akan berada dekat dengan Waduk Jatiluhur. Perkiraan Anda ini sudah benar, Jatiluhur Waterwolrd sebagai wisata Purwakarta berisi wahana air tak jauh dari Waduk Jatiluhur.

Bisa dijadikan pilihan selanjutnya jika Anda sudah ke Kuya Maranggi Waterpark atau tidak memungkinkan untuk pergi kesana. Wahana air yang diberikan cukup lengkap, bisa memberikan kegembiraan setelah selesai bersenang-senang di sana. Adapun beberapa wahana air yang diberikan adalah bungee trampolin, flying fox, seluncuran air, air tumpah, dan lainnya.

Lokasi waterpark ini berada di Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kota Purwakarta, jawa Barat. Untuk sekarang ini Jatiluhur Waterpark hanya buka di hari Sabtu dan Minggu saja, kedepannya mungkin sudah dibuka setiap hari.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Pangandaran

Jangan sampai tidak tahu-menahu bahwa ada banyak pilihan tempat wisata di Purwakarta yang semuanya bagus. Kini Anda sudah tahu delapan belas tempat wisata di sana, wisata Jawa Barat mana saja yang membuat Anda penasaran dan ingin mengunjunginya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *