Tempat Wisata Di Purwokerto

9 Tempat Wisata Di Purwokerto yang Paling Banyak Dikunjungi

Posted on

Purwokerto merupakan ibu Kota dari Kabupaten Banyumas. Termasuk dalam kota di Jawa Tengah yang istimewa sebab memiliki cukup banyak julukan, mulai dari Kota Pangsit, kota Keripik, kota Pendidikan sampai kota pensiunan sebab banyak orang yang sudah pensiun memutuskan untuk tinggal di Purwokerto. Lantas, bagaimana dengan potensi tempat wisata di Purwokerto? Apakah bisa dibilang istimewa jua?

Tempat Wisata di Purwokerto

Ada banyak tempat wisata di jawa tengah dan tersebar di beberapa daerahnya, termasuk di Purwokerto. Biarpun tidak semua popular, namun beberapa diantaranya ada yang paling direkomendasikan karena cukup ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat. Langsung simak saja yuk ulasan berikut ini.

Alun-Alun Purwokerto

Alun-Alun Purwokerto

Oke traveller untuk wisata purwokerto yang pertama adalah alun-alun Purwokerto. Di suatu kota, alun-alun merupakan pusat kota sehingga kerap ramai dikunjungi oleh banyak orang. Entah untuk bersantai atau bertemu seseorang. Untuk alun-alun di kota pangsit ini, kurang lebih sama dengan di kota lain.

Dimana hampir setiap hari, apalagi saat musim liburan, alun-alun tak pernah sepi dari pengunjung. Ada banyak pedagang kaki lima yang menjajakan makanan, kalau ingin berwisata kuliner versi murah, kamu bisa beli saja di pedagang sekitar alun-alun. Sembari menikmati makanan ditemani suasana pusat kota.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Grobogan

Sebuah tulisan “Purwokerto” berukuran besar terdapat di pinggir jalan alun-alun. Menandakan bahwa kita sedang berada di Purwokerto. Yuk sempatkan foto untuk mengabadikan momen saat berada di sini. Sementara itu, saat malam hari kamu akan disuguhi pemandangan air mancur warna-warni yang menawan. Suasana malam jadi semakin romantic. Lampu-lampu menyala menjadi penerang jalan pengganti matahari.

Beberapa tempat duduk pun menjadi fasilitas sederhana namun bermanfaat. Kamu bisa duduk sembari menikmati suasana. Sangat sederhana namun akan menyenangkan apalagi kalau kamu datang bersama orang tersayang.

Taman Andhang Pangrenan Purwokerto

Taman Andhang Pangrenan Purwokerto

Keberadaan sebuah taman di suatu Kota memang bisa menarik perhatian siapa saja. Pahalanya orang Indonesia memang sangat suka dengan budaya silaturahmi atau bercengkrama, so tempat wisata di Purwokerto ini cocok sekali dengan budaya tersebut.

Kalau kamu sedang ingin bertemu teman dan menikmati suasana taman yang sejuk, datang saja ke Taman Andhang Pangrenan Purwokerto. Di sini selalu ramai, apalagi saat liburan, banyak keluarga yang sengaja berlibur secara sederhana ke taman ini. Pemerinta setempat selaku pengelola taman memang menjadikan ruang terbuka hijau di sisi selatan kota Purwokerto ini sebagai fasilitas umum yang lengkap.

DI bagian depan taman ada tulisan Andhang Pangrenan Purwokerto yang merupakan Bahasa Banyumas dengan ejaan lama. Lalu, dibagian bawah ada taman dan kolam air mancur, ini menandakan bahwa Purwokerto merupakan salah satu kota yang memiliki air melimpah.

Saat masuk ke area dalam taman, terutama pada bagian tengahnya ada lapangan yang cukup luas, ada pula sebuah Gedung 2 lantai berdiri yang menghadap ke panggung terbuka. Beberapa organisasi atau instansi biasanya mengadakan berbagai macam acara di sini.

Salah satu area yang pastinya akan disukai anak-anak adalah playground. Terdapat banyak permain sederhana seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, jembatan tali dan banyak lagi. So, nggak akan rugi deh kalau ngajak anak liburan ke sini. Sederhana tapi mengesankan.

Tapi, untuk masuk ke Taman Andhang tidaklah gratis. Ada biaya masuknya, 1.500 untuk anak dan 2.500 untuk dewasa, murah kan? Sementara untuk jam bukanya dari pukul 7 pagi sampai dengan 9 malam. Kalau kamu mau mengadakan acara besar, sebaiknya hubungi dulu pihak pengelola agar tau bagaimana prosedur peminjaman taman andhang.

The Village Purwokerto

The Village Purwokerto

The Village merupakan tempat wisata purwokerto berupa family city park yang berlokasi di Rempoah, Kecamatan Baturraden. Sebuah taman rekreasi besar dibuat dengan gaya unik klasik sekaligus elegan berkonsep eropa. Luas areanya mencapai 2.8 hektra, sangat luas kan? Tak heran ada banyak fasilitas wahana permainan yang bisa memanjakan seluruh pengunjung The Village.

Spot area Taman Tematik pun menjadi perhatian, sebab ada bangunan unik yang menjulang bak istana dongeng. Area taman ini memang didesain dengan bangunan ikonik dari berbagai belahan dunia. Seperti bangunan kincir angin dari Belanda. Ada pula jembatan danau bening dengan paddle boat seperti di Venesia.

Spot lain yang juga harus kamu kunjungi adalah Bird Domen. Sebuah kubah yang berisikan aneka ragam koleksi burung, di dalam kubah burung-burung akan bebas bergerak. Agar bisa masuk ke Bird Dome kamu harus membayar 10 ribu rupiah saja.

Berbagai macam spot foto instagramable pun akan sangat memanjakanmu. Pasalnya karena keunikan The Village, para pengunjung akan sangat puas berfoto. Latar belakang foto yang cantik menjadi objek utama.

Gimana, tertarik untuk berkunjung ke sini? Kalau iya, jangan lupa siapkan biaya untuk tiket masuknya, kisaran 15 ribu sampai 25 ribu per orang, akan ditentukan berdasarkan usia dewasa atau anak.

Taman Balai Kemambang

Taman Balai Kemambang

Sebuah tempat wisata di Purwokerto dalam bentuk taman, lokasinya berada di Kelurahan Karangkobar Purwokerto utara. Taman wisata murah dengan harga tiket masuk hanya 2.500 rupiah saja per orang. Di akhir pekan, biasanya dipenuhi oleh wisatawan lokal, entah untuk rekreasi atau sekedar bersantai.

Taman Balai Kemambang namanya, diresmikan oleh bupati Banyumas saat itu yakni A. Husein pada tanggal 24 Februari 2015. Tujuan dibuatnya taman ini adalah untuk menata kota, melindungi, melestarikan dan melakukan penghijauan di pusat kota. Biarpun sederhana, hanya ditanami pohon-pohon rindang ada pula rumput yang membentang, namun Taman Kemambang sangat bisa memanjakan para pengunjung karena suasana sekitar yang menyejukkan.

Sudah disediakan beberapa tempat duduk, khusus untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana taman. Ada pula kolam luas dan area bermain untuk penghilang penat. Bagi yang memiliki anak-anak, mengajaknya ke sini saat akhir pekan tentu sudah cukup untuk mengisi waktu liburan dengan keluarga. Biarpun sederhana yang penting momennya.

Museum Bank Rakyat Indonesia

Museum Bank Rakyat Indonesia

Museum Bank Rakyat Indonesia merupakan tempat wisata di jawa tengah purwokerto yang menyimpan banyak cerita sejarah. Lokasinya ada di Jalan Jendral Sudirman Nomor 57, Pesayangan, Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Berdasarkan sejarah, kota Purwokerto sendiri adalah cikal bakal berdirinya Bank BRI atau Bank Rakyat Indonesia. Bank terbesar yang dimiliki oleh pemerintah. Gedung lama dan paling pertama berada di Purwokerto dan sekarang dijadikan sebagai satu-satunya museum BRI.

Di museum ini kamu akan menemukan banyak sekali koleksi barang dan peralatan yang dulu dipakai untuk operasional Bank BRI. Seperti mesin pembukuan berbagai merek, ada juga pesawat telepon, peti besi, lemari besi, mesin penghitung uang, dan lain-lain. Ada pula koleksi uang kerta dan koin lama dari berbagai negara. Serta beberapa koleksi pakaian plus aksesoris milik RA Wiryaatmaja.

Sekilas mengenai sejarah berdirinya Bank BRI. Awalnya BRI didirikan oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja, pada tanggal 16 Desember 1895 dengan naman De Perwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden yang berarti Bank Bantuan dan Simpanan milik kaum Priyayi Purwokerto. Sehingga pada tanggal 16 Desember, sampai sekarang dijadikan sebagai hari kelahiran BRI.

Pada tahun 1948 sempat berhenti operasi karena saat itu sedang masa perang. Lalu beroperasi kembali pada tahun 1949 dengan nama BRI Serikat. Di tahun 1968 barulah namanya menjadi BRI dan diresmikan sebagai Perseroan Terbatas (PT).

Kalau kamu penasaran dengan perkembangan perbankan di Indonesia, khususnya mengenai jejak sejarah BRI, yuk sempatkan datang ke museum ini!

Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas

Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas

Salah satu julukan untuk Purwokerto yang terkenal adalah kota Pendidikan. Tak heran bila salah satu destinasi wisata purwokerto berkaitan juga dengan tema Pendidikan. Sebuah taman yang berlokasi di Purbayasa, Padamara ini menawarkan wisata edukasi dengan slogan  “Ayo berwisata sambil bermain”. Dan tahukah kamu, kalau taman ini juga menjadi salah satu pemenang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) pada tahun 2018 dari Kementerian Pariwisata.

Ada berbagai macam wahana permainan yang akan sangat memanjakan pengunjung. Misalnya saja River World, bagi kamu yang suka dengan ikan kamu bisa datang ke sini. Ada lebih dari 200 jenis ikan yang dikembang biakan. Area ini juga biasanya dijadikan sebagai sarana belajar serta potensi rise untuk pelajar atau mahasiswa. Beberapa jenis ikan yang ada diantaranya Arapaima Gigas, Piranha dan Aba-Aba dari Amazone, wah jauh juga ya.

Ada pula telaga fulus, di sini kamu bisa menikmati wahana permainan air seperti bermain sepeda air, perahu dayung, kano dan juga speed boat. Kalau kamu ingin berenang, kamu bisa mendatangi area water boom dan kolam renang. Masih belum puas juga? Yuk datangi area Istana Burung. Di sini kamu akan melihat binate unggas atau burung local hingga mancanegara. Ada lebih dari 75 jenis burung yang langka, mulai dari elang laut, merak, dan banyak lagi.

Bila kamu ingin menginap, di area wisatanya juga sudah ada fasilitas home stay. Tarifnya kurang lebih 325.000 per malam. Atau kalau ingin berkemah saja agar lebih dekat dengan alam juga bisa, cukup membayar 20 ribu per orang untuk bisa masuk ke area camping groundnya. Sudah ada tenda penyewaan berukuran besar lengkap dengan tempat tidur, welcome drink, tiket wisata hingga makan satu kali. Lengkap bangettt, pasti seru nih kalau kamu bisa berwisata ke Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas bareng keluarga atau teman-teman.

Caping Park

Caping Park

Caping Park merupakan purwokerto wisata yang mengusung konsep edutainment farming. Sehingga tak heran kalau disini ada banyak binatang ternak yang biasa dijadikan sebagai bahan edukasi untuk para pengunjung, khususnya untuk anak-anak. Lokasi Caping Park juga sangat nyaman karena berada di kaki Gunung Slamet. Kita bisa merasakan hawa yang sejuk dan menyegarkan. Pemandangan sekitar pun masih asri dan alami, banyak pepohonan tumbuh dengan rindang dan lebat.

Di sini kamu bisa melihat beberapa hewan ternak. Kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan tersebut. Sementara itu, kalau kamu ingin melihat pemandangan alam dengan sangat jelas, kamu bisa coba naik ke jembatan anjasmara yang merupakan ikon wisata di tempat ini. Jembatannya berwarna merah dan berada di tepi bukit.

Nah, kalau ingin naik jembatan yang lebih menguji adrenaline, kamu bisa naik The Edge Bridget. Wahana jembatan kaca pertama di Jawa Tengah. Dari atas jembatan, kamu bisa melihat suguhan pemandangan Gunung Slamet. Berdiri di atas jembatannya pun bisa membuat darah berdesir naik turun serta jantung berdebar.

Berbagai macam fasilitas umum pun sudah lengkap dan dikelola dengan baik agar para pengunjung yang datang bisa berwisata dengan nyaman. So, nggak usah ragu lagi untuk datang ke sini.

Lokawisata Baturaden

Lokawisata Baturaden

Baturraden adalah objek wisata di Purwokerto yang akan menyambut para wisatawan dengan pesona alam dan kesejukan udaranya. Tak lengkap rasanya kalau berkunjung ke Purwokerto namun tak menyempatkan berkunjung ke Baturaden. Berbagai macam wahana permainan, fasilitas umum hingga spot foto dikelola sebaik mungkin guna kenyamanan para pengunjung.

Ada pula sebuah kolam renang yang luas, lengkap dengan permainan airnya. Baik anak atau dewasa bisa menikmati berendam di kolam renang Baturaden. Wisata air lainnya yang berada di Kawasan wisata ini adalah Curug Gumawang. Setelah melewati pintu masuk loket kamu bisa melihat sebuah curug dengan ketinggian 20 meter.

Sementara itu, kalau kamu mencari spot selfie yang instagramable, kamu bisa coba naik sebuah ayunan yang menggantung di atas tanah namun dari ketinggian yang cukup menegangkan. Ada pula sebuah sepeda gantung dengan jalur yang hanya seutas tali. Tapi tenang saja, untuk keamanan sudah terjamin kok. Karena nantinya kamu akan menggunakan tali pengaman yang sudah teruji.

Bagi para orang tua yang ingin merilekskan otot tubuh mungkin bisa menyempatkan untuk berendam di pemandian air hangat blerangnya. Lokawisata ini memang sangat lengkap, cocok sekali untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata keluarga dengan tema alam.

Small World (Taman Miniatur Dunia)

Small World (Taman Miniatur Dunia)

Ingin melihat keajaiban dunia dalam versi mini? Kamu bisa datang ke wisata Purwokerto Banyumas Small World. Nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena di sini ada berbagai bangunan di dunia yang masuk dalam keajaiban dunia, namun tentunya duplikat dan dalam versi mini ya. Ada kincir angin dari Belanda, ada Patung Merlion, Twin Tower, Big Ben, Colosseum, Angkor Wat, Menara Eiffel, Taman Bunga Sakura, Opera House Sidnye dan banyak lagi. Ada pula beberapa bangunan rumah tradisional khas Indonesia.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Demak

Biarpun dalam versi mini namun tempat ini sangat cukup dan bisa menjadi wisata edukasi paling bermanfaat. Berbagai sudut di Small World juga bisa menjadi spot foto pilihan menarik. Yang ingin berfoto layaknya selebgram, langsung saja ambil gambar selfienya. Kamu bisa berkeliling dan menikmati pesona miniatur keajaiban dunia. Bila merasa lelah, langsung saja mengisi perut ke restoran yang ada di sekitar tempat wisata.

Untuk tiket masuknya sendiri terbilang murah, tidak sampai 30 ribu per orang. Tiket akan dibedakan berdasarkan usia anak dan dewasa.

Itulah 9 tempat wisata di Purwokerto yang paling banyak dikunjungi. Mulai dari alun-alun si pusat kota Purwokerto hingga tempat istimewa lain yang memiliki daya tariknya masing-masing. Beberapa tempat juga sangat cocok dijadikan sebagai alternatif wisata keluarga. Jadi, kapan kamu akan merencanakan liburan ke Purwokerto dan berkunjung ke salah satu tempat di atas? Rencanakan dari Sekarang yuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *