Tempat Wisata Di Purworejo

10 Tempat Wisata Di Purworejo Kota Kecil yang Damai & Ramah

Posted on

Purworejo merupakan sebuah Kota kecil yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Terkenal dengan kota yang ramah, damai dan jarang ada kemacetan. Sehingga tak heran bila beberapa tempat wisata di Purworejo sangat kental akan suasana alamnya.

Daftar Objek Wisata Di Purworejo

Traveller, biarpun Purworejo kota yang kecil. Namu potensi wisatanya tetap bisa kamu temukan. Dengan berbagai keunikan masing-masing. Nah, berikut ini adalah 10 Tempat Wisata di Purworejo yang bisa kamu eksplore lebih jauh. Simak yuk!

Alun-Alun Purworejo

Alun-Alun Purworejo

Alun-Alun biasanya dijadikan sebagai titik 0 km dari sebuah kota. Termasuk Alun-Alun Purworejo yang berlokasi di Jalan Proklamasi, Purworejo, Kecamatan Purworejo. Tempat wisata Jawa Tengah yang dekat dengan masyarakat sekitar dan sangat terbuka untuk umum. Untuk liburan sederhana di sin pun kamu tak akan dipungut biaya alias gratis.

Sebuah tulisan purworejo berukuran besar akan menyambutmu sesampainya di Alun-Alun. Kamu bisa berfoto untuk menandakan bahwa kamu pernah berkunjung ke kota damai ini. Ada pula sebuah gong berukuran besar yang diberi nama Gong Perdamaian Nusantara. Dimana pada bagian tengah gongnya terdapat simbol keagamaan yang ada di Indonesia. Ada pula patung beberapa buah-buahan berukuran besar seperti manggis dan durian. Di sisi lain berdiri sebuah patung robot yang bisa menjadi spot foto menarik lainnya.

Bagi anak-anak, datang ke sini tak akan membosankan. Sebab fasilitas taman bermain adalah hal yang akan sangat memanjakan anak. Ada perosotan, terowongan, dan lain-lain. Sebuah lapangan luas di Alun-Alun pun kerap digunakan sebagai tempat bermain sepak bola.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Purbalingga

Alun-Alun ini memang sangat dekat dengan masyarakat dan sudah menjadi bagian dari masyarakat. Keberadaanya membuat suasana kota kecil ini semakin ramai dan damai.

Nah, bila kebetulan kamu sedang berkunjung ke Purworejo, tidak ada salahnya bila kamu rehat sejenak di alun-alun Purworejo.

Museum Tosan Aji

Museum Tosan Aji

Wsiata Purworejo selanjutnya masuk dalam wisata sejarah yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Namanya adalah Museum Tosan Aji, berlokasi di Jalan Mayjen Sutoyo Nomor 10, Plaosan, Purworejo, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Banguannya diresmikan pada tanggal 13 April 1987. Awalnya lokasi museum Tosan Saji ada di Jalan Setiabudi Nomor 1, lalu dipindahkan di Gedung Pengadilan Negeri Kabupaten Purworejo yang lokasinya ada di Jalan Mayjend Sutoyo. Pembangunan museum dilakukan agar bisa terus menjaga koleksi tosan saji atau warisan budaya nenek moyang banga Indonesia.

Koleksi yang ada museum ini kebanyakan peninggalan dari masa kerajaan dan Majapahit. Beberapa barang bersejarah yang bisa kamu lihat di sini antara lain; Keris, Cundrik, Tombak, Pedang dan lain-lain. Selain itu, di sini juga terdapat benda cagar budaya yang berasal dari masa pra sejarah atau pun klasik seperti prasasti, yoni, patung, lingga, batu pipisan, lumping, guci, menhir, batu gong, dan lain-lain.

Kalau kamu sangat menyukai sejarah, berkunjung ke Museum Tosan Saji sangatlah direkomendasikan.

Tugu Gunungan Wayang Timur

Tugu Gunungan Wayang Timur

Tempat wisata di Purworejo satu ini merupakan sebuah icon dari Kota Purworejo sendiri. Lokasinya ada di Jalan Urip Sumoharjo Nomor 76, Purworejo, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54111. Berdasarkan filosofis tugu tersebut, konon arti dari tugu menggambarkan relief kehidupan di Kota Purworejo.

Saat kamu berkunjung ke kota kecil ini, dengan mudah kamu bisa menemukan tugunya sebab terletak diantara persimpangan jalan. Saat jalan agak lenggang, kamu bisa menyempatkan untuk berfoto sebagai tanda bahwa kamu pernah datang ke Purworejo.

Saat malam hari, ada lampu yang membuat tugunya menyala sehingga akan terlihat lebih indah. Beberapa wisatawan biasanya kerap menunggu momen malam hari agar bisa berfoto saat tugu menyala.

Desa Wisata Kaligono

Desa Wisata Kaligono

Desa Wisata Kaligono merupakan tempat wisata purworejo yang memiliki nama akronim Dewi Kano, adalah sebuah desa yang terletak di sisi barat daya Pegunungan Menoreh. Letak Desa Wisata Kaligono (Dewi Kano) strategis, berada di Ibukota kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Terlewati oleh jalur provinsi (jalur alternatif Purworejo-Yogyakarta).

Desa Wisata Kaligono (Dewi Kano) cukup mudah diakses, dengan waktu tempuh sekitar 25 menit menggunakan kendaraan pribadi. Untuk sampai di area wisata dapat ditempuh dengan berjalan kaki melalui medan yang relatif datar dan berhawa sejuk (±240 meter diatas permukaan laut).

Gunung Kunir

Gunung Kunir

Wisata di Purworejo yang akan menyuguhkan pesona sunset dalam andalannya adalah Gunung Kunir. Bagi kamu yang memang senang berburu keindahan matahari terbenam apalagi saat musim kemarau, sebaiknya kamu berkunjung ke tempat wisata ini. Di musim kemarau, langit akan cenderung lebih cerah maka sunset pun tak akan terhalang oleh awan. Tak heran bila cukup banyak orang yang memang tak sabar menantikan momen penutup hari tersebut.

Lokasi Gunung Kunir sendiri berada di Kawasan Pegunungan Menoreh yang  membentang mulai dari sebelah Timur Kabupaten Purworejo hingga ke selatan meliputi Kabupaten Kulon Progo, Purworejo sampai dengan Magelang. Di samping itu, pegunungan Menoreh sendiri memang memiliki banyak puncak tinggi diantaranya bukit yang terhampar luas.

Titik tertinggi lainnya adalah Gunung Kunir yang memiliki ketinggian sekitar 975 meter di atas permukaan laut (mdpl). Lokasi pegunungan tempat Gunung Kunir berada merupakan perbatasan Kabupaten Purworejo dan Magelang. Sebelah barat kawasan Gunung Kunir adalah bagian Kabupaten Purworejo, sementara lereng bukit sebelah timur yang curam sudah masuk kawasan Kabupaten Magelang.

Berada di ketinggian sekitar 975 mdpl menjadikan tidak ada penghalang untuk memandang ke arah barat. Matahari terbenam pun menjadi salah satu atraksi wisata yang tersaji di Gunung Kunir Purworejo. Matahari terbenam bukan hanya satu-satunya pemandangan yang bisa diabadikan melalui satu frame foto. Saat musim kemarau antara Juni-September ketika matahari ada di belahan bumi utara, gunung Sindoro-Sumbing juga akan turut terabadikan bersama dengan sunset.

Saat cuaca cerah, kedua gunung di sebelah barat laut Gunung Kunir itu tampak menjulang tinggi ke angkasa. Keberadaannya selain menghias foto lanskap matahari terbenam juga pas untuk dijadikan latar belakang.

Sore hari yang teduh ditemani hembusan angin sejuk Pegunungan Menoreh merupakan momen mendamaikan yang bisa didapatkan di puncak Gunung Kunir Purworejo. Suasana itu seolah menghilangkan rasa lelah dan penat seketika. Matahari akan terbenam sekitar pukul 17.20 WIB. Meski demikian, datang sejak pukul 16.00 WIB merupakan keputusan yang tepat agar lebih puas menikmati suasana mendamaikan di puncak Gunung Kunir.

Hutan Pinus Kalilo

Hutan Pinus Kalilo

Hutan Pinus Kalilo merupakan wisata alam purworejo yang berlokasi di Kalilo, Tlogoguwo, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54175. Masih berada di Kawasan Pegunungan Menoreh.

Hutan pinus Kalilo Purworejo menjadi destinasi wisata unggulan di Pegunungan Menoreh. Destinasi wisata tersebut terletak di Dusun Kalilo, Tlogoguwo, Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah. Hutan Pinus Kalilo berdiri di atas lahan Negara yang dikelola oleh Perum Perhutani, yang bekerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Rukun Lestari, sejak tahun 1971.

Sebelumnya kawasan wisata tersebut merupakan kawasan hutan jati yang dikelola oleh Jawatan Kehutanan. Dengan berbagai pertimbangan dan tingkat produktivitas, hutan jati diganti dengan hutan pinus.

Destinasi wisata di Hutan Pinus Kalilo mempunyai banyak keunikan. Mulai dari banyaknya bukit kecil hingga lembah yang membentang luas sekitar 72 hektar. Sebelum diperuntukkan menjadi kawasan wisata, hutan pinus Kalilo adalah hutan produktif penghasil getah pinus. Karena pertimbangan letak geografis yang strategis dan mempunyai banyak potensi di bidang kepariwisataan, kini kawasan wisata alam yang menarik.

Saat ini hutan pinus Kalilo dikelola oleh Karang Taruna yang bekerja sama dengan Perum Perhutani, melalui LMDH Rukun Lestari.

Lahirnya wisata hutan pinus Kalilo dilatar belakangi dari minimnya kegiatan yang dimiliki pemuda, agar mampu meningkatkan pendapatan kas Karang Taruna. Selain itu juga untuk menyalurkan beragam kemampuan dan kreatifitas para pemuda agar bisa berkontribusi positif terhadap lingkungan sekitar, dengan memanfaatkan potensi pariwisata hutan pinus di Kalilo.

Hutan pinus Kalilo pertama kali dikelola oleh Karang Taruna Makarti Mukti Tama pada November 2016. Waktu tersebut juga dijadikan sebagai tanda berdirinya wisata hutan pinus Kalilo, dengan pengelolaannya dipimpin langsung oleh Ketua Karang Taruna, Wahyunianto dan dibantu oleh para pemuda serta masyarakat desa setempat.

Dengan memberdayakan potensi, kemunculan destinasi wisata hutan pinus Kalilo cukup meningkatkan roda ekonomi masyarakat di sekitar kawasan wisata, membentuk lapangan kerja baru, mengangkat dan mengharumkan nama dusun Kalilo, serta meningkatkan taraf hidup masyarakat Kalilo.

Curug Kaliurip

Curug Kaliurip

Objek Wisata Purworejo Curug Kaliurip, berlokasi di Jl. Kemiri Pakis Arum No.Km 03 RT.01/RW.2, Krajan 1, Kaliurip, Kemiri, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54262. Wisata air yang akan memanjakanmu dengan kesegaran mata air yang tertampung di dalam Curug Kaliurip. Suasana alamnya pun masih sangat kental, sehingga tak heran bila udara di sekitar curug nya sangat menyejukkan. Bagi kamu yang memang ingin rehat sejenak dari hiruk pikuk suasana perkotaan, datang ke tempat ini tidak ada salahnya.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa menempuhnya hanya dengan waktu sekitar 35 menit dari Alun-alun Kota Purworejo. Memiliki ketinggian sekitar 40 meter, objek wisata alam ini menawarkan air terjun yang cantik.

Tidak hanya menikmati air terjun, pengunjung bisa belajar membatik, membuat wayang, olah raga panahan dan berfoto selfie sepuasnya di spot-spot cantik yang ada sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba. Camping ground, saung, aula, toilet, warung makan hingga musala juga tersedia di area ini. Kegiatan belajar membatik dan lain-lain sengaja disediakan oleh pengelola untuk menarik minat pengunjung terutama di bulan Ramadhan. Belajarnya pun tak perlu bayar alias gratis dan semua peralatan sudah disediakan.

Goa Seplawan

Goa Seplawan

Wisata alam hutan purworejo selanjutnya adalah Goa Seplawan. Berlokasi di Katerban, Donorejo, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54175. Berada di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, gua ini menyuguhkan suasana alam yang asri dan sejuk. Nggak jauh dari Goa Seplawan, kamu bakal menjumpai patung replika Dewa Siwa dan Dewi Parwati. Patung kedua dewa-dewi yang asli sudah disimpan di Museum Nasional Jakarta ketika ditemukan pada 1979. Sebagai gantinya, dibuatlah patung replika tersebut.

Nah, untuk masuk ke dalam gua, kamu perlu melewati tangga paving yang melingkar. Namun, jangan bayangkan keadaan di dalamnya gelap ya. Gua ini sudah dilengkapi penerangan kok. Sembari menuruni tangga tersebut, kamu mungkin bakal terkagum-kagum melihat gimana indahnya bebatuan di sana.

Meski pada beberapa bagian sudah terdapat penerangan, gua sepanjang 700 meter ini tetap punya beberapa bagian lainnya yang masih gelap. Untuk menjangkaunya, sebaiknya mintalah ditemani pemandu ya. Kamu yang mengaku berjiwa petualang sebaiknya nggak melewatkan gua ini sebagai tujuanmu. Biaya tiket masuknya murah kok, cuma Rp 3.000.

Selain menikmati segarnya udara serta keindahan di kawasan Goa Seplawan, kamu juga bisa menyaksikan keindahan Purworejo dari ketinggian. Asal ingat, selama di sana, tetap jaga tingkahmu serta buanglah sampah di tempatnya ya.

Curug Lumbung

Curug Lumbung

Masih ingin menikmati wisata air di Purworejo? Kamu bisa coba mengunjungi Curug Lumbung yang berlokasi di Jl. Krandon, Randon, Karang Sari, Kec. Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54183. Namun untuk bisa masuk ke area curugnya belum bisa diakses menggunakan mobil melainkan hanya bisa menggunakan motor.

Setibanya di Curug, kamu akan melihat pemandangan air mengalir di antara tebing bebatuan. Semakin memberikan kesan alami pada wisata curug ini. Udaranya pun terbilang masih sangat segar. Sehingga cocok sekali bila kamu sedang mencari tempat wisata yang bernuansa alam.

Berbagai macam aktivitas air bisa kamu lakukan di sini. Kalau kamu memang senang menguji adrenaline, kamu bisa coba meluncur dari atas tebing ke kolam yang menampung air terjunnya.

Air Terjun Kyai Kate

Air Terjun Kyai Kate

Setelah Curug Lumbung masih ada air terjun Kyai Kate. Merupakan sebuah air terjun dengan ketinggian mencapai 25 meter lebih. Air Terjun Kyai Kate berlokasi di pinggiran dusun pada ketinggian 300 meter di bawah permukaan laut. meski demikian di sekitarnya terdapat hutan yang masih alami. Air Terjun Kyai Kate berada di antara dua bukit yakni Bukit Watu Kuwuk dan Bukit Munggangsari.

Untuk menjangkau Air Terjun Kyai Kate ini perjalanan bisa di mulai dari Kota Kutoarjo pusat Kota Kabupaten Purworejo. Rute yang digunakan untuk menuju ke lokasi menggunakan rute jalan kabupaten yang menghubungkan Kutoarjo – Kemiri – Bruno – Cepedak. Sementara kendaraan yang digunakan bisa menggunakan angkutan desa atau menggunakan kendaraan pribadi. Dari pemukiman terdekat pengunjung harus melanjutkan dengan berjalan kaki selama sekitar 20 menit. Air Terjun Kyai Kate bukan tempat wisata sehingga tak ada fasilitas apapun di tempat ini.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Pemalang

Kamu yang memang sangat menyukai wisata alam dan ingin menghirup udara segar dan bersih, bisa coba berkunjung ke sini. Dijamin, kamu tak akan merasa rugi. Namun tentunya sebelum berwisata, segala macam perlengkapan harus kamu persiapkan dulu ya mulai dari biaya untuk tiket masuk, fisik, pakaian dan sepatu yang harus dikenakan, dan kalau perlu makanan serta minuman secukupnya.

Oke traveller, itulah 10 tempat wisata di purworejo yang bisa kamu kunjungi. Kota kecil ini menyimpan banyak tempat-tempat indah yang memang masih tersembunyi, sehingga kamu tak perlu lagi untuk menjelajahi wisata lainnya. Jangan lupa untuk selalu menjadi wisatawan yang baik dengan selalu menjaga kebersihan di tempat manapun yang kamu kunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *