5 Tempat Wisata di Raja Ampat Paling Populer Sedunia!

Posted on

Traveler, kalau ngomongin soal tempat wisata di Papua Barat memang tak pernah ada habisnya. Apalagi yang bertemakan alam, mulai dari pegunungan hingga pesisir bisa kita temukan. Uniknya lagi popularitas beberapa tempat wisata tidak hanya terkenal dalam negeri namun juga sudah mendunia!.

Anda pasti tau dong Raja Ampat? Walaupun belum pernah berkunjung ke sana minimal pernah mendengarnya. Raja Ampat adalah salah satu daerah di Papua yang benar-benar populer karena keindahan alam bawah lautnya. Bak surga dunia yang memancarkan keajaiban ciptaan Tuhan. Perairan Raja Ampat memang bisa membuat siapapun takjub. Tak heran bila lokasi ini dijadikan spot favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan selama berada di Papua. 

Tempat Wisata di Raja Ampat

Bukan cuma wisatawan lokal saja yang ingin datang ke pulau di ujung timur Indonesia ini. Namun tiap tahunnya ada banyak wisatawan asing yang memang sengaja datang ke tempat wisata di Raja Ampat. Sekedar menghabiskan waktu liburan atau berbulan madu bersama pasangan. Biarpun akses menuju Raja Ampat masih terbilang cukup sulit tapi tak mengurangi antusias wisatawan datang ke sini.

Nah traveler, bila Anda sedang ingin sekali datang ke Raja Ampat dan masih mencari referensi tempat wisata di sana yang akan dikunjungi, berikut beberapa diantaranya. Simak yuk!

Pulau Misool

Pulau Misool

Wisata pertama adalah Pulau Miso, kepulauan yang terkenal akan keindahan alam pesisirnya. Nah, pulau ini terbagi jadi beberapa bagian yakni Misool Barat, Misool Utara, Misool Timur dan Misool Selatan. Julukan dari pulau ini adalah segitiga karang dunia.

Baca Juga: Wisata Pegunungan Arfak

Melihat dari julukannya saja sudah jelas bahwa di Misool Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam bawah laut yang sangat menakjubkan. Ada banyak biota laut yang bisa kita lihat dengan mata kita sendiri seperti paus, lumba-lumba dan juga pari manta salah satu binatang yang memang paling banyak dicari wisatawan. Sembari diving, kamu bisa menjelajahi lautan Misool yang masih berada di batas aman. Bermain bersama ikan-ikan cantik, bak ikan duyung dalam film kartun yang sedang bermain dengan kawannya. 

Ada satu spot tempat yang paling direkomendasikan untuk kamu kunjungi saat berada di Pulau Misool yakni Puncak Harfat atau biasa disebut sebagai puncak Love. Dari atas ketinggian Harfat Anda bisa melihat pemandangan laguna yang indah berbentuk hati. Benar-benar cantik!

Ada pula pemandangan dinding batu karang dengan cap tangan yang usianya sudah mencapai lebih dari 50 ribu tahun.

Pulau Wayag

Pulau Wayag

Next, masih bertemakan alam pesisir, objek wisata Raja Ampat Papua Barat selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah Pulau Wayag. Sesampainya di Kawasan perairan Wayag, wisatawan akan disambut dengan pulau yang membentuk gugusan berjajar rapi.

Bila dilihat dari ketinggian atau menggunakan drone, terlihat kalau pulau-pulau tersebut berwarna hijau kontras dengan warna air laut yang biru dan bersih. Di pulau ini Anda bisa melakukan aktivitas penyelaman juga lho seperti snorkeling atau diving. Pasalnya, Pulau Wayag ini merupakan spot penyelaman terbaik yang ada di Indonesia. Pemandangan alam bawa laut di Wayag sangatlah cantik, lengkap dengan gugusan karang dan biota laut di dalamnya.

Nah traveler untuk bisa sampai di Wayag, Anda harus memulai perjalanan menggunakan kendaraan udara sampai ke Sorong lalu lanjut ke daerah Wisai. Meski perjalanannya cukup panjang, namun rasa lelah perjalanan akan segera terbayarkan saat Anda melihat pemandangan yang cantik dan eksotis.

Dijamin wisatawan akan merasa betah untuk tinggal lebih lama di Pulau Wayag. Bila memutuskan untuk bermalam, Anda bisa menyewa penginapan dengan pilihan harga yang beragam.

Kepulauan Pianemo

Kepulauan Pianemo

Masih ada lagi wisata di Raja Ampat Papua yang bertemakan pesisir dan menyajikan keindahan alam yang eksotis yaitu Kepulauan Pianemo. Pulau ini disebut-sebut sebagai miniatur dari Pulau Wayag dan Letaknya di distrik Waigeo Barat.

Pulau Pianemo bisa dikunjungi mulai dari pukul 6 pagi waktu setempat. Untuk bisa menikmati keindahan yang disuguhkan oleh pulau ini, Anda harus naik kapal atau perahu terlebih dahulu.

Anda akan disambut dengan jejeran gugusan batu karang yang akan semakin terlihat jelas bila dilihat dari tempat yang lebih tinggi. Ada pulau gugusan pulau yang berwarna hijau dan hamparan laut yang jernih dan bersih. Pemandangan pesisir yang sungguh mempesona. Perjalanan Panjang menuju ke Pianemo benar-benar sangat terbayarkan.

Jangan lupa untuk membawa kamera ya agar kamu bisa mengabadikan setiap momen liburan selama di kepulauan Pianemo.

Pulau Kri

Pulau Kri

Masih belum puas dengan 3 pulau yang sudah disebutkan di atas? Oke kalau begitu, yuk melanjutkan penjelajahan wisata Raja Ampat ke Pulau Kri. Lagi-lagi di sini Anda akan disambut dengan pemandangan alam pesisir yang sangat indah dan mempesona.

Tak hanya di daratan, Anda juga bisa menikmati alam bawa laut di perairan Pulau Kri. Melakukan snorkeling atau diving laut berinteraksi langsung dengan beberapa hewan laut seperti hiu dan kurang-kura. Bahkan untuk bisa menemukan ikan-ikan tersebut wisatawan tak harus menyelam terlalu dalam. Kurang lebih ada 374 spesies ikan yang bisa ditemukan.

Selain itu Anda juga bisa mencoba untuk naik kayak yang di sewakan di Pulau Kri. Kapan lagi Anda bisa bermain kayak dengan seru ditemani ikan-ikan yang hilir mudik di lautan?

Kalau merasa tak puas berlibur 1 hari di sini, wisatawan bisa bermalam untuk liburan lebih lama. Ada resort yang cantik dan unik bisa menjadi fasilitas penginapan yang sangat nyaman.  Atau bila tak ingin bermalam, agar perjalanan menuju pulau tak terlalu lama, Anda bisa menyewa speedboat.

Pantai Pasir Timbul Mansuar

Pantai Pasir Timbul Mansuar

Wisata ke Raja Ampat belum lengkap jika tidak datang ke Pantai Pasir Timbul Mansuar. Di pantai ini Anda bisa melihat hamparan pasir putih halus yang dan luas. View sejauh mata memandang yang tak membosankan.

Pasir Timbul Mansuar ternyata memiliki keunikan tersendiri. Apakah keunikan tersebut? Jawabannya adalah pasir putih pantai yang hanya muncul di waktu tertentu yakni saat air laut sedang surut. Itulah mengapa pantai yang memiliki pasir putih ini disebut dengan Pantai Pasir Timbul.

Baca Juga: Wisata Manokwari Selatan

Di samping menikmati keindahan dan suasana pantai, kamu yang suka diving atau snorkeling pun bisa melakukannya di sini. Rugi sekali kalau tak menyempatkan untuk melihat alam bawah lautnya.

Nah traveler kalau mau ke Pantai Pasir Timur Mansuar, bisa berangkat dari Pelabuhan Waisai dengan speedboat selama kurang lebih 1 jam saja. Perjalanan tersebut akan terbayarkan dengan keindahan pemandangan yang akan Anda dapatkan nantinya.

Itulah 5 tempat wisata di Raja Ampat paling populer sedunia! Bagaimana, menarik untuk dikunjungi kan? Jadi, kapan dong Anda akan liburan dan menjelajahi pulau Papua?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *