18 Tempat Wisata di Rangkasbitung Lebak Banten Terpopuler

Posted on

Ketika membuat itinerary wisata selama di Kecamatan Rangkasbitung, Anda akan membutuhkan info berupa daftar tempat wisata di Rangkasbitung. Rangkasbitung adalah salah satu kecamatan di Lebak, Provinsi Banten yang punya banyak tempat wisata. Tak heran jika wisatawan dari luar Banten langsung menuju ke Rangkasbitung untuk berwisata. Entah itu wisata seharian supaya bisa datang ke banyak wisata sekaligus maupun untuk langsung menuju ke wisata tertentu.

Tempat Wisata Rangkasbitung Lebak Banten

Ada banyak jenis wisata yang bisa dijumpai di Rangkasbitung. Seperti diantaranya ada wisata pantai, air terjun, danau, perkampungan wisata, perkebunan, bukit, dan masih banyak lagi. Beberapa destinasi wisata Rangkasbitung yang cukup terkenal adalah Pantai Pasir putih Sawarna, Karang Bokor, Situ Palayang, Goa Seribu Candi, Goa Maria, dan lain sebagainya. Apa saja lain-lainnya bisa Anda ketahui dari daftar berikut.

Pantai Goa Langir Sawarna

Pantai Goa Langir Sawarna

Wisata di Rangkasbitung pertama yang bisa dikunjungi adalah pantai, tepatnya Pantai Goa Langir Sawarna. Seperti namanya, pantai ini memang jadi bonus dari wisatawan yang mengunjungi Goa Langir. Pantai Goa Langir Sawarna juga sering disebut sebagai Pantai Sawarna.

Hanya saja, Sawarna adalah sebuah kawasan yang di dalamnya ada banyak wisata-wisata lainnya. Supaya lebih spesifik dan jelas, pantai ini diberi nama Pantai Goa Langir Sawarna. Malahan, jika Anda menjadikan pantai ini sebagai destinasi yang pertama selama di Banten, Anda akan mendapatkan dua wisata sekaligus, yaitu goa dan pantai.

Sudah mengagendakan liburan panjang di Banten? Mampir ke Kecamatan Rangkasbitung bisa beri Anda banyak pilihan wisata yang akan disebutkan di poin selanjutnya.

Curug Kumpay

Curug Kumpay

Ada juga Curug Kumpay yang bisa dikunjungi selama berada di Rangkasbitung. Tempat wisata Rangkasbitung ini adalah air terjun yang dihias dengan banyak pohon bambu. Estetikanya semakin bertambah karena ada perpaduan antara warna batu, warna air, dan warna pepohonan yang ada di sana.

Sering digunakan sebagai lokasi aktivitas spiritual, Curug Kumpay ini tak sulit untuk ditemukan. Biasanya memang wisata seperti air terjun memiliki letak yang sulit diakses atau membuat wisatawan harus jalan kaki lama supaya bisa sampai.

Namun jika kamu mampir ke tempat wisata di Banten ini, kamu bisa mudah mencarinya dan tak akan jalan lama-lama.

Curug Cihear

Curug Cihear

Selain Curug Kumpay, Anda yang sudah mantap berwisata ke air terjun juga bisa menjadikan Curug Cihear sebagai opsi. Curug Cihear adalah wisata Rangkasbitung yang berupa air terjun setinggi 28 meter. Lebarnya sepanjang 6 meter dan memungkinkan untuk digunakan beraktivitas danau kecil yang ada di bawahnya. Sebab memang kedalamannya tidak terlalu tinggi.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Serpong

Harap berhati-hati saat beraktivitas di sana nanti. Karena sebagaimana air terjun pada umumnya, dikelilingi bebatuan yang licin baik karena air maupun karena tumbuhan.

Curug Cihear adalah air terjun yang berada di kawasan taman nasional Gunung Salak. Karenanya, jika Anda kesulitan mencari maka bisa menjadikan taman nasional ini sebagai patokan.

Menikmati Curug Cihear harus siap lelah. Pasalnya, dari tempat parkir Anda akan melakukan perjalanan kaki yang cukup lama atau cukup jauh. Namun pastinya, rasa lelah Anda nanti akan terbayarkan dengan pemandangan yang dimiliki wisata ini. suasananya asri dan airnya terasa dingin sehingga akan menyegarkan. Curug Cihear berada di Lebaksitu.

Curug Kanteh

Curug Kanteh

Curug Kanteh adalah air terjun yang lebih tinggi dari air terjun sebelumnya, ketinggian air terjun ini mencapai 80 meter. Cukup tinggi sehingga bisa maksimal hasilnya jika dijadikan spot foto. Selain lebih tinggi dari dua air terjun sebelumnya, Curug Kanteh adalah tempat wisata di Rangkasbitung yang agak sulit dijangkau.

Hanya alat transportasi tertentu saja yang bisa mengakses wisata ini supaya wisatawan tidak perlu jalan terlalu jauh. Katakanlah pakai kendaraan roda dua, nantinya wisatawan tetap harus jalan kaki dulu beberapa kilometer baru sampai ke air terjunnya.

Curug Kanteh masih punya pemandangan yang asri, karenanya apapun rasa lelahnya pasti akan seimbang dengan kemanjaan visual yang didapat. Karena masih cukup sepi dan masih sangat asri, Anda bisa mengandalkan wisata ini untuk bersantai di tengah alam dengan penuh ketenangan.

Bisa itu untuk menikmati kopi, membaca buku, atau sekedar duduk-duduk saja sambil menghirup udara super segar diantaranya. Suara percikan air juga akan menghias suasananya sehingga membuat Anda rindu kembali setelah lama tak kesana.

Curug Sata

Curug Sata

Pilihan wisata selanjutnya yang uga air terjun adalah Curug Sata. Jika memang Anda datang ke Rangkasbitung untuk berburu air terjun, bisa banget menambahkan Curug Sata sebagai salah satu destinasinya. Ada yang menjadikan Curug Sata direkomendasikan, sebab memang tampilannya cukup berbeda dengan air terjun lainnya. Apa perbedaannya bisa Anda ketahui besok saat datang.

Kebun Teh Cikuya

Kebun Teh Cikuya

Wisata Lebak Banten ini bisa dikatakan sebagai wisata alam namun juga bisa dikatakan sebagai wisata buatan. Sebab di sana tidak akan menjadi perkebunan teh tanpa campur tangan manusia. Namun sesaat sampai di sana nanti pun apa yang akan Ada nikmati adalah sepenuhnya alam.

Sepanjang mata memandang hanya akan tanaman teh yang akan Anda lihat. Wajar, perkebunan ini ada dengan luas sebesar 12 hektar. Sangat besar sehingga udara yang ada di sana benar-benar sejuk.

Tempat wisata di Rangkasbitung ini juga berada di dekat industri pengolahan teh. Judulnya memang industri, namun sama sekali tidak mengubah kealamian udara yang ada di sana beserta suasana perkebunan indah yang ada di sana. Malahan, sebagai wisatawan anda juga bisa mampir ke pabrik ini untuk menyaksikan langsung pengolahannya. Karena hal ini, wisata Rangkasbitung ini bisa dijadikan sebagai wisata alam sekaligus wisata edukatif.

Jika Anda mencari wisata ini di Google Maps namun tak kunjung menemukannya, maka coba ketikkan ‘Agrowisata Kebun Teh Cikuya’.

Situ Palayangan

Situ Palayangan

Juga terletak di Rangkasbitung, wisata ini berwujud sebuah danau dengan pemandangan alam yang bisa dinikmati. Cocok untuk Anda yang ingin berlibur santai dengan cara menghirup udara segar dan menikmati pemandangan alam dengan satu gelas kopi atau bersamaan dengan makan siang.

Situ Palayangan memang punya pemandangan yang masih alami dan memanjakan mata. Apalagi untuk Anda yang sudah lama tidak berwisata alam. Namun satu hal yang harus Anda tahu bahwa Anda akan membutuhkan jalan kaki untuk sampai di lokasinya.

Dari yang sudah-sudah, wisatawan harus berjalan kaki sepanjang 2 kilometer untuk sampai di danaunya. Sebab memang antara area parkir dengan danau berjarak sekian kilometer.

Wisata Lebak Banten ini juga terletak tak jauh dari wisata lainnya, yaitu wisata Kampung Baduy. Jadi, jika Anda menjadikan Situ Palayangan sebagai wisata pertama dalam itinerary perjalanan, Anda bisa menjadikan Kampung Baduy sebagai wisata selanjutnya.

Pantai Pasir Putih Sawarna

Pantai Pasir Putih Sawarna

Pantai Goa Langir sawarna dan Pantai Pasir Putih Sawarna adalah dua tempat di Banten yang berbeda. Pantai Goa Langir Sawarna terletak dekat dengan sebuah gua dan wisata-wisata lainnya di kawasan Sawarna. Namun Pantai Pasir Putih Sawarna adalah pantai yang berada di Jalan Raya Sawarna Bayah KM 12 Nomor 1, Sawarna, Bayah, Lebak, Banten.

Seperti namanya, pantai ini memang memiliki pasir putih yang siap menyambut kaki Anda setelah sampai di sana. Apa daya tarik dari salah satu pantai di daerah Sawarna ini? Daya tariknya adalah pantai dengan visual yang oke dan suasana yang tenang.

Anda tak akan bertemu dengan kebisingan jika berlibur di pantai ini. sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan liburan dalam rangka bersantai dari rutinitas yang sudah-sudah. Pemandangan visualnya pasti oke, malahan disarankan untuk menjaja airnya karena benar-benar bersih. Bukan menjajal untuk diminum tentunya, namun untuk bermain di sana.

Pinggiran pantai ini cukup luas, sehingga sangat mendukung untuk aktivitas pinggir pantai. Entah itu voli pantai, lari-lari, atau sekedar duduk-duduk saja.

Pantai Karang Bokor

Pantai Karang Bokor

Pantai Karang Bokor juga terletak di daerah sawarna. Tempat wisata di Rangkasbitung ini berbeda dengan pantai sebelumnya, Pantai Pasir Putih Sawarna. Meskipun keduanya sama-sama berada di Sawarna, pantai ini tidak diperuntukkan untuk aktivitas tepian pantai seperti voli atau lari-lari.

Alasannya adalah tepian pantai ini sempit dan memang tidak mendukung. Adapun hal yang bisa dilakukan selama di Pantai Karang Bokor adalah menikmati pemandangan air pantai yang biru bening dan pasti bersih.

Seperti namanya, di pinggir pantai ini memang ada karang yang berdiri kokoh. Karenanya, Anda bisa menikmati pemandangan pantai ini dari bawah saja atau memilih untuk menaiki karang supaya bisa melihat cakrawala.

Pantai Karang Malang

Pantai Karang Malang

Pantai Karang Malang bisa dijadikan bersantai jika Anda butuh pantai yang tenang. Airnya tenang, suasananya juga tenang jika memang Anda datang saat low season. Meski begitu, datang di saat masa liburan pun pantai ini akan  lebih seting sepi daripada ramai.

Wisata Air Panas Senang Hati

Wisata Air Panas Senang Hati

Tempat wisata di Rangkasbitung Banten selanjutnya adalah wisata mandi air panas. Tak harus mandi sebenarnya, karena Anda juga bisa sekedar merendam kaki untuk relaksasi. Untuk diketahui, wisata Lebak Banten ini cukup diminati banyak wisatawan yang berasal dari luar Banten.

Mereka datang ke Banten untuk berwisata dan mengakhiri agenda wisata dengan mampir ke Wisata Air Panas Senang Hati ini untuk melepas penat. Malahan, juga banyak yang sengaja datang ke Rangkasbitung untuk bisa rileks di sana.

Jika Anda juga penasaran, maka datang saja ke Jalan Raya Rangkasbitung-Bogor KM 37, kemudian masuk ke Jalan Nasional 1 RW 1, Kecamatan Cipanas, Lebak.

Goa Seribu Candi

Goa Seribu Candi

Goa Seribu Candi jadi destinasi wisata yang pas jika Anda bosan atau sudah mampir ke wisata-wisata sebelumnya seperti pantai atau air terjun. Di gua ini Anda bisa melakukan eksplorasi dan berjalan-jalan dengan tantangan yang tetap aman tentunya.

Meskipun aman-aman saja, Anda dan siapa saja yang bersama Anda tetap harus hati-hati karena memang goa ini memiliki atap-atap yang pendek. Ditambah lagi atap-atapnya dipenuhi dengan batuan yang meruncing ke bawah.

Situs Cibedug

Situs Cibedug

Situs Cibedug adalah wisata berupa peninggalan pada zaman megalitik atau prasejarah. Sering dikunjungi oleh mereka yang membutuhkan wisata edukatif atau bertema sejarah, Anda yang masih di Rangkasbitung dan sudah berwisata juga bisa mengandalkan wisata ini sebagai penutupnya. Maksudnya adalah, jangan ragu untuk tetap mampir ke Situs Cibedug meskipun sudah banyak wisata yang Anda kunjungi selama di Rangkasbitung.

Wisata Kampung Baduy

Wisata Kampung Baduy

Wisata Kampung Baduy sebaiknya dijadikan salah satu wisata wajib mampir. Sebab, rasanya memang wisata ke Banten akan kurang jika belum mampir ke Wisata Kampung Baduy.

Di wisata Kampung Badut Anda bisa melihat perkampungan zaman dahulu dengan arsitektur sederhana yang justru khas. Untuk diketahui, memang kampung ini duli benar-benar ditinggali meskipun sekarang sudah ditinggalkan. Adapun warga yang meninggali perkampungan ini dulu adalah orang-orang yang telah menjadi warga kerajaan namun sudah runtuh. Kemudian mereka mendirikan perkampungan supaya bisa bertahan hidup.

Gua Maria Bukit Kanada

Gua Maria Bukit Kanada

Ada juga Gua Maria Bukit kanada untuk dikunjungi selanjutnya atau jadi destinasi wisata pertama selama di Rangkasbitung. Wisata berupa gua ini dijadikan tempat ibadah oleh mereka yang beragama Katolik. Meski begitu, tetap saja destinasi ini juga dibuka untuk wisatawan.Di sana kamu bisa mendapat ketenangan maksimal namun tetap dengan nuansa alam.

Buka selama 24 jam, kamu bisa berada di sana sampai kapanpun yang Anda mau. Tidak menutup kemungkinan untuk menghabiskan waktu dari pagi sampai petang di sana karena telah disediakan banyak gazebo untuk bersantai.

Wisata Seni Batik Khas Lebak

Wisata Seni Batik Khas Lebak

Mungkin Anda sudah merasa cukup dengan wisata alam atua wisata berupa banguan buatan manusia. Anda juga bisa shopping dalam itinerary perjalanan liburan di Banten dengan mampir ke Wisata Seni Batik Khas Lebak yang berada di Rangkasbitung.

Tak sulit menemukannya karena sudah terdaftar di Google Maps.

Apa yang bisa dilakukan di sana tentu saja berbelanja beragam jenis batik dan pakaian batik yang khas dari Lebak, Banten. Malahan, datang ke wisata ini juga bisa beri Anda kesempatan untuk sekalian beli oleh-oleh.

Samaun’s Hill Park

Samaun’s Hill Park

Seperti namanya, tempat wisata di Lebak Banten ini berada di atas bukit dengan banyak atraksi buatan di atasnya. Jadi, baik Anda yang mencari wisata alam untuk menghirup udara segar maupun sedang cari destinasi wisata yang punya banyak spot foto bisa mampir ke Samaun Hill Park.

Di sana juga ada warung-warung yang buka sehingga Anda bisa berlama-lama dengan meminum minuman hangat yang ditawarkan, makan siang, atau melakukan aktivitas lainnya yang memungkinkan.

Alun Alun Rangkasbitung

Alun Alun Rangkasbitung

Setelah berwisata ke berbagai tempat wisata Rangkasbitung, Anda mungkin membutuhkan destinasi yang lebih santai, mudah dicari, dan bisa digunakan untuk melepas lelah. Kali ini, Anda bisa mampir ke Alun Alun Rangkasbitung yang terletak di pusat Rangkasbitung.

Seperti alun alun pada umumnya, dikelilingi oleh kuliner atau warung yang bisa diandalkan untuk mengusir lapar setelah pergi kemana-mana selama sehari lamanya. Namun juga tak menutup kemungkinan wisata ini langsung dikunjungi karena memang Anda sedang cari wisata yang sederhana dan mudah dicari saja.

Tempat Wisata di Rangkasbitung mana yang paling ingin Anda kunjungi? Atau, jika agenda liburan kali ini adalah agenda liburan panjang, wisata poin berapa saja yang akan Anda kunjungi nanti? Wisata mana saja semuanya worth to visit selama di Rangkasbitung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *