9 Tempat Wisata di Rembang Jawa Tengah yang Bernuansa Alam

Posted on

Rembang merupakan salah satu Kabupaten yang termasuk dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah. Sangat terkenal dengan makanan khasnya yaitu Lontong Tuyuhan. Dimana lontong tersebut berbentuk segitiga, melambangkan makna tersirat yaitu cinta kepada Tuhan. Disamping kulinernya, tempat wisata di Rembang yang bernuansa alam pun kerap ramai dikunjungi wisatawan.

Tempat Wisata di Rembang

Nah, traveller kalau kamu kebetulan sedang ada di Rembang atau berencana untuk liburan ke Rembang, sebaiknya simak dulu yuk 9 tempat wisata di Rembang berikut ini!

Watu Congol

Watu Congol

Tempat wisata di Jawa Tengah Rembang yang pertama adalah Wisata Watu Congol. Lokasinya ad di Lasem Rembang, termasuk dalam Kawasan wisata yang ada di Desa Selopuro, Kabupaten Rembang. Tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung. Entah itu saat hari biasa atau pun hari libur.

Pesona keindahan di Watu Congol memang sangat menarik perhatian wisatawan. Sehingga sangat rugi sekali bila kamu ada di Rembang namun tak menyempatkan untuk menikmati pesona tempat wisatanya.

Nama Watu Congol memiliki arti yaitu batu keluar. Ini terlihat dari bentuk Watu Congol yang memang seperti menyembul bila dilihat dari balik bukit yang ada di bibir jurang. Sebab tingkat kemiringan jalannya sangatlah curam. Untuk bisa sampai di Watu Congol, kamu harus menguras keringat terlebih dahulu. Kurang lebih berjalan selama 30 menit. Namun tenang saja, rasa lelah akan terbayarkan dengan keindahan alam yang akan menyambutmu.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Purworejo

Dari atas bukit, sangat jelas pemandangan hamparan sawah bisa kita lihat. Ada pula pesisir pantai utara Jawa dan Kota Rembang, menjadi pemandangan yang jarang kamu lihat.

Bila sudah merasa puas menjelajahi wisata Watu Congol, sekarang saatnya kamu untuk mengisi tenaga alias makan. Bagi penggemar durian, kamu bisa menikmati legitnya durian khas pegunungan lasem. Dimana buah ini banyak dijajakan oleh warga setempat, kamu dapat menemukan penjual durian di pinggir jalan.

Pulau Gede Rembang

Pulau Gede Rembang

Pulau Gede Rembang, wisata di Rembag yang berlokasi di perairan laut Jawa Utara, Desa Tasikharjo. Bila kamu memang sedang di Rembang sebaiknya kamu sempatkan untuk menyebrang ke Pulau Gede. Biarpun namanya Gede namun ternyata pulau ini memiliki ukuran kecil loh.

Air pantai yang ada di Pulau Gede sendiri terbilang jernih, hamparan pasir putih semakin menyempurnakan suasana pantai. Ada pula hutan bakau dan pepohonan yang tumbuh di sekitar tempat wisata ini. Perlu kamu tahu juga, kalau pulau ini tak berpenghuni dan lokasinya ada di sebelah timur Pulau Marongan. Lebih tepatnya di Desa Wates, Kecamatan Kaliori, Rembang. Bila dari bibir pantai Kota Rembang, jaraknya kurang lebih 5 km dan bisa ditempuh dalam kurun waktu 30-40 menitan. Untuk bisa sampai di Pulau Gede, kamu dapat menyewa perahu nelayan dengan mengeluarkan biaya kurang lebih 250 ribu rupiah per perahu.

Nah, selain menikmati suasana pantai, masih banyak kegiatan yang bisa kamu nikmati di sini. Mulai dari snorkeling, camping sampai menikmati suasana senja yang indah. Atau bila kamu tak puas hanya menikmati liburan di pantai selama satu hari saja, kamu bisa bermalam di sini dan mendirikan tenda.

Namun kalau kamu memang ingin menginap, jangan lupa untuk menyiapkan segala kebutuhan ya. Mulai dari tenda untuk tidur, sleeping bag, hingga makanan dan minuman sebab di Pulau Gede tak ada satupun warung yang berjualan makanan.

Pantai Dampo Awang

Pantai Dampo Awang

Wisata Rembang Jawa Tengah Pantai Dampo Awang atau dahulu lebih dikenal dengan nama Taman Rekreasi Pantai Kartini. Merupakan sebuah wisata berupa taman sekaligus pantai yang berlokasi di Rembang, lebih tepatnya di sisi utara jalur Pantura.

Tahukah kamu kalau ternyata, Pantai Dampo juga sudah dikenal sejak zaman dahulu, lebih tepatnya saat masa kolonial Belanda. Selain digunakan sebagai tempat rekreasi, taman yang ada di samping pantai juga dijadikan sebagai tempat untuk mengawasi lalu linta laut yang ada di perairan Rembang. Di sini juga terdapat sebuah bangunan kuno. Konon dulunya kerap dijadikan sebagai tempat pertemuan dan pesta oleh orang Belanda.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Dinas Pariwisata Rembang, di bagian atap bangunannya pernah ditemukan sebuah tulisan angka atau tahun Gedung itu dibuat, yaitu tahun 1811. Kalau tulisan tersebut memang benar adanya maka kemungkinan pembangunan dilakukan saat masa pemerintahan Jendral HW Daendels pada tahun 1808 sampai dengan 1811.

Berbagai macam fasilitas sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata diantaranya taman bermain anak, kolam renang, pantai pasir putih, jangkar dampo awang, anjungan, panggung hiburan, perahu wisata, kolam buaya, berbagai wahana permainan air hingga kios atau warung yang menjajakan cinderamata.

Pantai Karang Jahe

Pantai Karang Jahe

Tempat wisata Rembang selanjutnya masih bertema wisata pantai, yaitu Pantai Karang Jahe yang berlokasi di Punjulharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Lokasinya tepat berada di jalan Utama Pantura. Pantai ini juga termasuk dalam salah satu pantai di Rembang yang sangat mudah diakses dari jalan raya.

Bahkan untuk masuk ke Kawasan pantai nya pun kamu tak akan ditagih biaya masuk. Hanya biaya parkir saja, untuk kendaraan roda dua 2 ribu rupiah dan untuk mobil 10 ribu rupiah. Di bibir pantai, kita dapat melihat para penjual makanan dan minuman berjajar menjajakan jualannya. Sehingga saat kamu lapar, kamu akan lebih mudah untuk mengisi perut.

Ada beberapa fasilitas wahana air yang bisa kamu manfaatkan. Diantaranya menyewa perahu karet dengan membayar 25 ribu rupiah saja kamu sudah bisa menggunakan sepuasnya. Ada pula penyewaan motor trail mini seharga 50 ribu rupiah, lalu ATV 60 ribu rupiah untuk per 30 menit. Bila kamu ingin jalan-jalan atau berkeliling di sekitar perairan menggunakan kapal nelayan mini dan odong-odong hias, kamu hanya perlu membayar 10 ribu rupiah saja.

Pantai Caruban

Pantai Caruban

Lagi-lagi tempat wisata di Rembang yang bertemakan wisata pantai dan sangat wajib kamu kunjungi adalah Pantai Caruban. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Lasem dan ada petunjuk jalan untuk masuk ke wilayah pantai nya, sehingga kamu tak akan kesulitan.

Pantainya terbilang cukup bersih dan lengkap. Terbukti bahwa pengelolaan tempatnya cukup baik. Hanya saja untuk akses jalan masuk nya terbatas, hanya muat satu mobil saja. Sehingga kalau ada yang berlawanan arah akan cukup kesulitan. Disamping itu, pemandangan pantainya tak mengecewakan. Apalagi saat sore hari, kita bisa melihat banyak ubur-ubur dan pemandangan matahari terbenam.

Berbagai macam peralatan dan perlengkapan untuk bermain di air bisa kamu sewa secara langsung saat berada di pantai. Ada pula fasilitas sewa atv, bagi kamu yang ingin berjalan-jalan mengelilingi pantai. Bahkan kalau kamu lapar, dengan mudah kamu bisa menemukan warung makan dengan harga yang lumayan murah.

Hutan Mangrove Jembatan Merah

Hutan Mangrove Jembatan Merah

Tempat wisata di Rembang Jawa Tengah selanjutnya adalah Hutan Mangrove Jembatan Merah. Lokasinya ada di Desa Pasar Banggi, Kecamatan Rembang, Jawa Tengah. Berada tepat di muara sebuah sungai. Ya bisa dibilang hutan mangrove jembatan merah ini adalah landmarknya dari Kabupaten Rembang. Sebab untuk jembatannya di cat berbeda dengan jembatan di hutan mangrove lainnya.

Kawasan Hutan Mangrove atau hutan bakau yang ada di sini cukup luas. Terlihat tanaman bakau yang tumbuh hingga arah barat. Ini karena penanaman rutin dilakukan baik oleh pihak pengelola tempat wisata maupun masyarakat yang tinggal di sekitar tempat wisata. Adanya hutan bakau tersebut tentu bisa memberikan manfaat yaitu mencegah terjadinya abrasi air laut. Selain itu, adanya pohon mangrove juga bisa dijadikan sebagai tempat bertelurnya ikan serta tempat berlindung ikan-ikan kecil dan binatang laut lainnya.

Nah, untuk rute jalan agar bisa sampai ke Hutan Mangrove Jembatan Merah ini sebenarnya terbilang mudah. Kamu bisa mengaksesnya, baik dari arah Rembang atau pun arah Lasem sebab gang masuknya sendiri berada tepat di pinggir jalan Pantura – Rembang-Lasem. Petunjuk jalannya pun tertera sangatlah jelas.

Tak hanya menggunakan kendaraan pribadi. Kamu juga bisa loh menyewa kendaraan online seperti gojek atau grab. Atau kalau ingin menggunakan ojek pangkalan dan bus umum juga bisa sekali.

Bila kamu membawa kendaraan, nantinya kamu akan dikenakan biaya parkir. Sebesar 5 ribu rupiah untuk motor dan 10 ribu rupiah untuk mobil. Itu pun sudah termasuk tiket masuk ke Kawasan wisatanya.

Bagi yang ingin berburu foto instagramable, di sini kamu akan dimanjakan sekali. Sebab ada banyak spot foto yang instagramable. Misalnya saja jembatan kayu yang di kanan kirinya dipenuhi oleh ranti-ranting pohon. Ada pula spot jembatan kayu yang dikelilingi oleh perairan. Kesan alami dalam foto yang kamu ambil akan sangat terasa sekali.

Kalau kamu memang tertarik untuk berkunjung ke sini. Sangat disarankan menggunakan sunblock atau pelindung kulit agar tak terkena paparan sinar matahari secara langsung ya. Sebab cuaca di hutan mangrovenya bisa dibilang cukup terik.

Pantai Pasir Putih Wates Rembang

Pantai Pasir Putih Wates Rembang

Objek wisata Rembang yang bertemakan pantai memang tak pernah mengecewakan. Ada banyak pantai yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Pasir Putih Wates Rembang. Pemandangan pantai, pasir putih hingga laut yang kebiruan akan membuat suasana liburanmu semakin berbeda. Untuk lokasi tempat wisatanya ada di Desa Tasikharjo, Wates, Kabupaten Rembang. Agar tak tersesat, kamu bisa coba diarahkan menggunakan google maps.

Nah, bagi kamu yang ingin mencari spot-spot foto instagramable maka disinilah tempatnya. Beberapa spot foto alami dan ada pula yang sengaja dibuat oleh pihak pengelola wisata akan memanjakan lensa kamera kamu. Misalnya saja spot foto tulisan Love Wates yang berada di tengah pantai, ada pula sebuah rumah pohon yang sengaja dibuat. Kamu bisa berfoto sekaligus menikmati keindahan pemandangan pantai dari atas rumah pohon tersebut.

Lalu jembatan kayu yang mengarah ke tengah pantai pun kerap menjadi tempat yang difavoritkan oleh wisatawan untuk berfoto. Sebab pemandangan dari jembatan tersebut mengarah ke laut lepas yang indah.

Sebuah tulisan pasir putih beach yang ditaruh di tengah pantai dan di antara dua batang pohon pun tak luput dari perhatian wisatawan. Menjelang sore hari, senja akan membuat suasana lebih romantis. Kalau kamu memiliki waktu cukup banyak untuk liburan di sini, kamu bisa sempatkan untuk menikmati pemandangan senjanya.

Sementara itu, agar liburan di Pantai Pasir Putih semakin nyaman. Beberapa fasilitas umum pun sudah dibuat dengan cukup nyaman. Seperti toilet hingga beberapa tempat makan yang ada di sekitar pantai. So, kamu tak perlu ragu lagi untuk datang ke pantai ini ya. Ajak keluargamu juga agar liburan semakin seru dan menyenangkan!

Wisata Alam Karang Sari Park

Wisata Alam Karang Sari Park

Wisata Alam Karang Sari Park merupakan wisata rembang yang bertemakan alam dan berkonsep bumi perkemahan. Lokasinya ada di Desa Karangsari, Rembang. Termasuk dalam bumi perkemahan terbesar yang ada di Rembang. Sehingga tak heran bila banyak wisatawan yang berkunjung ke sini untuk sekedar berlibur atau menikmati suasana alam di Karangsari Park.

Berbagai macam fasilitas telah disediakan oleh pihak pengelola wisata. Sehingga siapapun yang datang kesini bisa berlibur dengan nyaman. Diantaranya area camping ground yang sangat luas dan mampu menampung banyak tenda. Kamu tak perlu berdesakan dengan wisatawan lain yang berkemah. Ada pula aula, perpustakaan umum, ruang pameran, hingga café.

Sementara itu, bagi kamu yang ingin menguji adrenaline tentu saja fasilitas outbound jangan dilewatkan. Lalu, kalau kamu mengadakan acara besar di sini kamu juga bisa mengambil paket catering. Sehingga tak perlu repot lagi menyiapkan konsumsinya. Biarpun bumi perkemahan yang bertema alam namun fasilitasnya sangat lengkap sekali kan? Kamu tak akan kesulitan bila membutuhkan makanan atau minuman.

Namun tentunya agar kegiatan camping semakin menyatu dengan alam, akan lebih baik sih membawa makanan dan minuman sendiri. Lalu dimasak menggunakan peralatan dan perlengkapan camping yang telah kamu bawa.

So, kamu ingin berkemah di akhir pekan? Yuk langsung saja kunjungi wisata alam karang sari Park.

Waduk Panohan

Waduk Panohan

Obyek wisata rembang yang bertemakan wisata air dan harus kamu kunjungi adalah waduk panohan. Lokasinya ada di Panohan, Gunem, Sawah dan Ladang, Panohan, Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Keindahan alam sekitar di waduk ini bisa memberikan suasana yang berbeda. Kamu yang ingin rehat sejenak dari hiruk pikuk perkotaan, bisa melakukannya di sini. Fasilitas umumnya pun sudah terbilang lengkap sehingga akan membuatmu semakin nyaman selagi berlibur di Panohan. Misalnya saja fasilitas kamar mandi, fasilitas mushola dan juga area parkir. Ada pula gazebo sederhana yang dibangun untuk wisatawan yang ingin duduk bersantai sembari menikmati keindahan alamnya.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Sragen

Namun sedikit kekurangannya adalah belum ada fasilitas wahana air yang mendukung dengan wisata air Waduk Panohan. Biarpun begitu, saat kamu berkunjung kesini kamu masih bisa berfoto layaknya selebgram. Jangan lupa untuk membagikan hasil fotomu ke sosial media. Dengan begitu, potensi wisata Panohan bisa semakin terangkat dan pengelolaan tempat wisatanya pun akan semakin maju.

Oke traveller, itulah 9 tempat wisata di Rembang yang bernuansa alam dan harus sekali kamu kunjung. 80% diantaranya adalah wisata pantai, sehingga kamu harus mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang akan mendukung liburanmu di Kawasan pantai Rembang. So, traveller sudah merencanakan kapan akan liburan ke Kota ini? Kalau sudah, langsung saja pilih lokasi yang akan kamu kunjungi dan jelajahi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *