16 Tempat Wisata di Sabang Paling Hits dan Harus Dikunjungi

Posted on

Tempat wisata di Aceh itu begitu melimpah. Khususnya saat berada di kabupaten paling ujung maka kita akan temukan berbagai tempat wisata di Sabang yang begitu mempesona.

Beruntung beberapa tempat wisata yang ada terpusat dalam beberapa kecamatan sehingga memudahkan siapa saja dalam menentukan agenda akan kemana saja. Namun demikian tanpa persiapan matang bisa jadi akan ada banyak destinasi yang terlewatkan.

Bahkan karena saking populernya ada saja traveler yang nekat berkunjung dalam keterbatasan. Agar tidak ada penyesalan maka berikut Republik Wisata siapkan list wajib ke mana saja saat mengeksplore berbagai tempat wisata Sabang.

Tempat Wisata di Sabang

Penasaran di mana saja maka berikut daftar tempat wisata di Sabang paling hits dan wajib dikunjungi:

Pulau Rubiah

Pulau Rubiah

Mereka yang ngaku traveler pastinya sudah tahu tempat yang satu ini. Dimana wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan alam baik yang nampak maupun yang ada di bawah laut.

Baca Juga: Wisata Subulussalam

Usut punya usut ternyata pulau seluas 2.600 hektare ini milik Cut Nyak Rubiah. Dan wajar saja kemudian bila disematkan nama Pulau Rubiah.

Pulau tak berpenghuni ini adalah favorit wisatawan karena banyak kegiatan bisa dilakukan di pulau ini. Terutama mereka yang hobi menyelam maka seyogyanya berkunjung ke Pulau Rubiah yang ada di Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang.

Pantai Iboih / Teupin Layeu

Pantai Iboih

Tak jauh dari Pulau Rubiah masih ada pantai yang begitu indah. Pantai Iboih atau Pantai Teupin Layeu demikian masyarakat menyebutnya.

Dan pantai ini merupakan ikon dari Kota Sabang itu sendiri karena mewakili keindahan dan kekayaan alam hayati. Pantai ini persisinya ada di dekat Pulau Rubiah dan Pulau Weh, satu destinasi yang tak kalah ciamik untuk berlibur pastinya.

Pantai ini memiliki ciri khas pasir putih dan air jernih yang tenang sehingga sangat pas untuk berbagai kegiatan di pantai semisal snorkeling ataupun diving. Penasaran bukan, pastikan pantai yang ada di Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang ini masuk dalam agenda wajib kunjungi.

Gua Sarang

Gua Sarang

Masih di kecamatan yang sama terdapat gua yang keindahannya tak jauh beda dengan Raja Ampat Papua. Banyak diantara wisatawan yang mengatakan Gua Sarang sebagai Raja Ampat dari Sabang.

Hal ini tak berlebihan memang, bila melihat keindahan dan suasana yang ditawarkan benar-benar mempesona. Menjadi menarik tentunya karena tempat ini menjadi sarang burung walet yang khasiatnya begitu luar biasa.

Saat berada di tempat ini banyak kegiatan juga bisa dilakukan. Paling penting tetap hati-hati karena berada di tebing yang terjal. Gua Sarang ini berada di Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang.

Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer

Nampaknya Tugu Nol Kilometer di kota manapun tetap menjadi landmark. Pun demikian saat berada di Sabang ini dimana tugu ini pun banyak digunakan wisatawan sebagai ajang selfie.

Tugu yang ada di Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang ini bisa ditempuh dalam waktu lebih kurang 1 jam dari pusat Kota Sabang. Jangan kaget pula bila sepanjang perjalanan menuju ke kawasan hutan ini akan menemukan monyet-monyet yang siap menyapa.

Tugu dengan tinggi 43.6 meter diatas permukaan laut ini sangat mudah dikenali. Patung Garuda yang mencengkram perisai dalam bentuk nol menjadi penanda yang sangat jelas bagi siapa saja bahwa pengukuran jarak bermula dari tempat ini.

Pantai Kasih

Pantai Kasih

Salah satu pantai yang lokasinya sangat dekat dengan pusat Kota Sabang sudah pasti ada Pantai Kasih. Dimana jaraknya hanya 5 menit saja bila menggunakan kendaraan.

Pantai yang ada di Kuta Ateueh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang ini akan selalu ramai dikala sore. Dimana banyak anak muda menghabiskan waktu disini.

Sambil menikmati kopi asli Aceh pastinya waktu akan berlalu begitu cepat. Dimana waktu akan berlalu dengan cepat tanpa terasa.

Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih Sabang

Pantai yang satu ini terkenal hingga manca negara karena miliki pemandangan yang sangat luar biasa. Dimana ada langit biru, air yang jernih dan pasir putih yang jauh dari sampah.

Membuat siapa saja yang berkunjung ke tempat ini niscaya mereka akan balik kembali dan merasakan keindahan pantai yang ada. Jangan luap saat berkunjung ke objek wisata ini ajak keluarga atau rekan dan sahabat untuk quality time.

Teriknya matahari saat siang tak akan terasa karena sepanjang bibir pantai masih ada pepohonan untuk berteduh. Dan waktu paling tepat ke Pantai Pasir Putih yang ada di Paya, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang ini tentu saja pada sore hari.

Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam

Mungkin kita akan beranggapan pantai yang indah itu hanya mereka yang berpasir putih. Namun ternyata tidak demikian karena di Sabang ini ada pantai berpasir hitam tapi memiliki keindahan diatas rata-rata.

Pantai ini persisnya ada di Pulau Weh atau di Anoe Itam, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. Dan berdasar penelitian pasir dari pantai ini hitam karena kaya akan kandungan nikel.

Wajar kemudian saat berjalan atau melintas diatasnya ada pengalaman yang berbeda. Hal ini karena pasir ini memiliki berat hingga 3 kali daripada pasir pada umumnya.

Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga

Kalau berkunjung ke Ambon ada pantai yang sangat terkenal dan bernama Pulau Tiga. Maka saat ada di Sabang ada pantai yang tak kalah cantik bernama Pantai Sumur Tiga.

Objek wisata ini sama-sama menawarkan keindahan, air yang jernih, lokasi bersih dan pastinya keramahan warga sekitar. Selain itu pastinya lokasi yang pas untuk snorkeling atau berburu kuliner laut yang begitu lezat.

Pantai Sumur Tiga ini berada di Iem Meulee, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. Dan saat berada ditempat ini akan ditemukan sumur yang jumlahnya 3

Mercusuar Ie Meulee

Mercusuar Ie Meulee

Tempat ini menjadi salah satu yang digandrungi pada beberapa waktu terakhir. Hal ini karena bentuknya sangat unik dan warnanya begitu khas dan mencolok.

Siapapun yang berfoto di depan Mercusuar le Meulee pasti akan langsung dikenali. Sangat sayang pastinya bila ke tempat ini tanpa membuat jejak digital.

Jangan lupa gunakan properti yang ada di sekitar mercusuar yang ada di Jalan Pesisir Pantai Panjang, Tj. Jaya, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang untuk hasilkan foto terbaik. Perlu diketahui juga bahwa Mercusuar Le Meulee adalah salah satu ikon wisata Kota Sabang.

Air Terjun Pria Laot

Air Terjun Pria Laot

Kota Sabang hampir sama seperti wilayah lain di Aceh dimana mereka kaya akan objek wisata. Tak terkecuali dengan hadirnya Air Terjun Pria Laot ini.

Bukan hanya pemandangan nan indah tapi suasana segar begitu terasa. Membuat siapa saja betah untuk lebih lama di tempat ini.

Suara air yang menentramkan menjadi cara paling mudah untuk membuat hati dan pikiran lebih rileks. Saat ada di sini pun kamu bisa terjun dan berenang, hanya saja pastikan untuk tidak tenggelam.

Air terjun Pria Laot ini ada di Batee Shoek, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang.

Sirui Hidrothermal

Sirui Hidrothermal

Satu objek wisata yang unik dan bisa jadi tidak banyak ditemukan saat ada di Kota Sabang tentu saja Sirui Hidrothermal. Tak mudah untuk melihat keindahan dan keelokkannya tapi siapa sangka banyak orang yang berkunjung ke tempat ini.

Gelembung-gelembung udara di bawah laut menjadi pemandangan yang tak biasa pastinya. Dimana siapapun yang ingin melihat maka ia akan diajak untuk menyelam ke dasar lautan.

Objek wisata ini pun tidak hanya terkenal di dalam negeri tapi juga hingga manca negara. Lokasi persisnya ada di Desa Pria Laot, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang.

Danau Aneuk Laot

Danau Aneuk Laot

Danau yang satu ini tidak begitu luas tapi siapa sangka bila keindahannya mampu menarik sejumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Danau dengan luas 37.5 hektare ini ada di Kelurahan Aneuk Laot, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang.

Danau ini memiliki air yang bening, membuat siapa saja ingin berenang dan bermain air bersama seluruh anggota keluarga. Terutama pada sore hari dimana matahari tidak terlalu panas.

Pantai Jaboi

Pantai Jaboi

Satu pantai yang khas di Sabang tentu saja ada Pantai Jaboi dimana pantai ini memiliki mata air atau sumber air panas. Biasanya lokasi ini banyak digunakan oleh mereka yang ingin lebih rileks dengan cara berendam air panas.

Pantai dengan nuansa tenang dan damai ini pun pastinya menjadi surga bagi mereka yang suka dengan olahraga air. Snorkeling adalah olahraga yang paling populer di destinasi ini.

Atau bila tidak cukup ada di bibir pantai dan melihat mereka yang tengah mengagumi nuansa bawah laut. Pantai ini ada di Jaboi, Kecamatan. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

Pemandian Air Panas Keuneukai

Pemandian Air Panas Keuneukai

Nampaknya sumber air panas bukan hanya di satu tempat saja. Di sisi selatan Pulau Weh terdapat pemandian air panas Keuneukai yang bisa menjadi tujuan berikutnya.

Mata air dari pemandian ini ada di Keuneukai, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang dan berasal dari Gunung Jaboi. Meski tidak tinggi gunung ini pun bisa menjadi tujuan wisata bagi mereka yang suka dengan tantangan.

Tugu I Love Sabang

Tugu I Love Sabang

Beberapa tugu ikonik di Sabang pun bisa ditemukan dan salah satunya sudah pasti Tugu I Love Sabang. Tugu ini hadir dengan pemandangan yang instagramable dan membuat siapa saja yang datang merasa ada sesuatu yang harus diabadikan.

Di kawasan ini juga terdapat taman rekreasi yang biasanya dimanfaatkan oleh keluarga untuk bermain bersama keluarga. Khususnya bersama dengan putra dan putri mereka.

Tugu I Love Sabang berada di Cot Ba’u, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. Satu tempat yang mudah dituju pastinya dan sangat sayang bila terlewatkan.

Sabang Hill

Sabang Hill

Satu tempat untuk melihat indahnya Kota Sabang sudah pasti di Sabang Hill yang ada di Jalan Cut Ali, Kuta Barat, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Di tempat ini juga terdapat hotel yang siap manjakan tamu kala malam tiba dimana keindahan lampu kota akan terpancar.

Baca Juga: Wisata Lhokseumawe

Meski di area puncak pegunungan tapi tidak begitu sulit untuk sampai lokasi ini. Selain akses jalan yang baik pastinya lokasi ini begitu populer di masyarakat sekitar.

Sangat banyak bukan, padahal kalau mau ditelusuri masih ada banyak tempat lain yang bisa dituju. Namun dengan menuntaskan belasan tempat wisata di Sabang diatas pastinya sudah lebih dari cukup.

Apalagi mayoritas letaknya tidak begitu jauh dari pusat Kota Sabang. Pastinya cara ini bisa lebih hemat ongkos dan waktu bisa dioptimalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *