14 Tempat Wisata Di Salatiga yang Wajib Kamu Kunjungi

Posted on

Salatiga merupakan salah satu Kota yang berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Letaknya berbatasan dengan Semarang, sehingga untuk akses ke kota Semarang bila dari Solo terbilang cukup mudah. Selain itu, Salatiga juga berada diantara persilangan 5 jurusan jalan raya, yaitu Bringin, Surakarta, Magelang, Ambarawa dan Semarang.

Tempat Wisata Di Salatiga

Bagi kamu yang sedang berkunjung ke Salatiga, sebaiknya kamu tidak melewatkan untuk mengeksplor tempat wisata di Salatiga. Berikut adalah beberapa diantaranya yang bisa menjadi pilihanmu.

Sepakung Lembah Telomoyo

Sepakung Lembah Telomoyo

Sepakung Lembah Telomoyo berlokasi di Sepakung Wetan, Sepakung, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah. Biarpun lokasinya berada di Semarang namun tidak terlalu jauh bila diakses dari Salatiga. Sehingga dengan mudah kamu bisa menemukan tempat wisata ini.

Sepakung Lembah Telomoyo sendiri merupakan sebuah Desa Wisata yang viral berkat bantuan sosial media. Saat kamu berkunjung kesini, kamu harus siap dengan jalan nya yang menanjak, bila berjalan kaki tentu saja akan sedikit menguras keringat. Namun tenang saja, rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan dan udara segar yang bisa kamu nikmati. Kalau mau, kamu juga bisa naik motor agar bisa sampai di Desa Wisatanya.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Wonosobo

Sesampainya di Kawasan desa wisata Sepakung Lembah Telomoyo, kamu bisa menikmati beberapa fasilitas atau wahana yang cukup memacu adrenaline. Salah satunya adalah sebuah jembatan gantung yang berada di pinggir tebing. Dari atas jembatan, kamu dapat melihat pemandangan alam sekitar dengan cukup jelas.

Pemandangan matahari terbit dan terbenam pun menjadi hal yang sebaiknya tidak kamu lewatkan. Saat pagi hari, kabut lembut semakin membuat suasana alamnya terasa. Agar bisa mengabadikan moment saat berada di sini, jangan lupa membawa kamera ya.

Ada juga area camping yang sudah difasilitasi pihak pengelola untuk wisatawan yang memang ingin bermalam di Kawasan desa wisata.

Alun-Alun Pancasila

Alun-Alun Pancasila

Alun-alun Pancasila berlokasi di Kalicacing, Sidomukti, Salatiga City, Jawa Tengah. Sama seperti alun-alun pada umumnya, tempat wisata ini dibuat untuk umum, siapapun bisa masuk dengan gratis.

Bagi masyarakat lokal, biasanya Alun-Alun Pancasila dijadikan tempat untuk wisata keluarga saat akhir pekan. Berbagai fasilitas umum pun akan semakin membuat nyaman wisatawan seperti toilet umum, mushola, jogging track, dan banyak lagi.

Guna menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur. 3 patung pahlawan pun dibuat di Kawasan alun-alun diantaranya Brigjen Sudiarto, Laksamana Madya Yosaphat dan Marsekal Muda Agustinus Adisucipto.

Sekedar bersepeda di sore atau pagi hari dan mengelilingi area alun-alun memang menjadi pilihan wisata paling menyehatkan. Saat malam hari, lampu-lampu menyala memberikan suasana yang lebih romantic. Apalagi dengan adanya air mancur yang lengkap dengan lampu warna-warni.

Saat kamu datang ke Salatiga, tak ada salahnya untuk mampir ke Alun-Alun Pancasila. Sekedar beristirahat dan menikmati suasana kota Salatiga.

TITD Hok Tek Bio

TITD Hok Tek Bio

TITD Hok Tek Bio berlokasi di Sukowati Nomor 12, Kalicacing, Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Merupakan sebuah klenteng atau tempat beribadah umat Budha, sehingga tempat wisata ini terbilang suci. Beberapa wisatawan kerap berdoa saat datang ke TITD Hok Tek Bio.

Dibangun layaknya klenteng pada umumnya. Didominasi warna merah yang memang memiliki arti tersendiri untuk umat Budha. Saat tahun baru Imlek, biasanya aka nada pertunjukan barongsai yang memang rutin diselenggarakan tiap tahun. Saat itu pun, seluruh umat Buddha akan berkumpul. Satu minggu kemudian setelah acara digelar maka akan dilanjut dengan acara sembahyang Keng Thi Kong.

Bagi wisatawan yang ingin datang ke sini, sebaiknya saat perayaan Cap Go Meh digelar. Namun bila sudah masuk ke dalam acara ibadah, sebaiknya kamu harus menjaga tata krama ya. Tidak boleh terlalu mengganggu dan harus menghormati orang-orang yang sedang beribadah.

Saloka Theme Park

Saloka Theme Park

Tempat wisata di Salatiga Saloka Them Park merupakan sebuah taman hiburan yang memiliki banyak wahana permainan. Berlokasi di Jalan Fatmawati Nomor 154, Gumuksari, Lopait, Kecamatan Tuntang, Semarang, Jawa Tengah. Saloka bisa dijadikan sebagai pilihan tempat wisata keluarga, sekedar mengisi hari libur dan bersenang-senang dengan keluarga.

Nama Saloka sendiri terinspirasi dari seorang tokoh cerita rakyat yaitu Ki Hajar Salokantara. Ia mempunyai anak yaitu Baru Klinthing. Ada pula mascot dari Saloka yang bernama Loka diwujudkan dengan bentuk naga hijau. Pembangunan Saloka Park dibuat dengan cukup modern dan sudah berlisensi internasional.

Terdapat kurang lebih 25 wahana permainan yang super seru dan terbagi dalam 5 zona; Zona Pesisir, Balalantar, Ararya, Kamayayi, dan Segara Prada. Zona pesisir sendiri berada di area depan. Dari mulai dekorasi, bentuk bangunan serta interiornya benar-benar dibuat dengan tema pantai. Wahana yang bisa dinikmati di zona pesisir antara lain Lumbung Ilmu Galileo, Taman Galileo dan juga Replika Kapal Jenju.

Lalu ada Zona Balalantar, tema yang diusung adalah hutan belantara. Wahana dan atraksi yang dapat dinikmati saat berada di zona ini tentu sangat disesuaikan dengan temannya. Sementara untuk anak-anak pasti akan menyukai wilayah Zona Kamayayi dimana konsepnya untuk bermain sambil belajar.

Zona Aryani dibuat untuk wisatawan yang suka dengan tantangan dan ingin memacu adrenaline. Disini juga terdapat area foodtruck, bagi kamu yang ingin beristirahat dan mengisi perut bisa datang ke Zona Aryani. Terakhir ada Zona Segara Prada yang bertemakan industri pertambangan. Berbagai wahana permainan seru bisa kamu nikmati di sini.

Adapula sebuah pertunjukan yang hanya ada satu-satunya di Indonesia dan itu ditampilkan di Saloka yaitu pertunjukan animasi laser Baru Klinting.

Rawa Pening

Rawa Pening

Rawa Pening merupakan wisata danau di Jawa Tengah, khususnya yang berlokasi di daerah Salatiga. Luasnya kurang lebih 2.670 hektar. Danau ini bisa kita lihat saat melakukan perjalanan Solo-Semarang begitupun sebaliknya.

Selain bisa menikmati keindahan pemandangan alam sekitar danau, kamu juga bisa berkunjung ke tempat wisata lain yang ada berada satu lokasi dengan Danau yaitu Bukit Cinta. Dari atas bukit tersebut, wisatawan bisa melihat hamparan pemandangan alam dengan sangat jelas. Bila kamu ingin berkeliling danau, kamu bisa menyewa perahu motor dengan membayar 80 ribu rupiah. Namun dengan jumlah maksimalnya 6 orang ya.

Goa Rong

Goa Rong

Tempat rekreasi di Salatiga Goa Rong berlokasi di Jalan Lerak, Lopait, Delik, Kecamatan Tuntang, Semarang, Jawa Tengah. Biarpun berada di Semarang namun jarak dari Salatiga tidak terlalu jauh.

Letak Goa Rong sendiri ada di puncak bukit, lebih tepatnya di bawah gardu pandang. Dimana gardu pandang tersebut menjadi salah satu spot yang paling difavoritkan oleh wisatawan agar bisa melihat pemandangan dari atas bukit.

Bila ingin melihat Goa Rong, kamu dapat mengikuti jalan setapak serta puluhan anak tangga yang sudah dibuat senyaman mungkin untuk dilalui. Saat semakin dekat dengan Goa, jalan nya akan menanjak serta berliku. Beberapa spot foto yang instagramable juga bisa kamu temukan. Sehingga kamu tak perlu pusing lagi menjadi spot foto yang keren. Bila ingin berwisata ke Goa Rong, sebaiknya gunakan sepatu yang nyaman ya. Bawa makanan dan minuman secukupnya serta uang untuk membayar tiket masuk.

Gumuk Reco

Gumuk Reco

Gumuk Reco berlokasi di Jalan Kenongo, Kepil, Sepakung, Banyubiru, Semarang. Sebuah objek wisata yang menawarkan pesona alam berupa tebing yang indah dengan berbagai fasilitas wahana yang bisa memacu adrenaline. Udara yang menyegarkan pun semakin menyempurnakan liburanmu saat berada di wisata alam Gumuk Reco.

Salah satu wahana yang wajib kamu coba adalah ayunan langit. Seperti namanya, kamu akan berayun di atas jurang sedalam 2000 meter. Tentu ini akan sangat menantang sekali. Kamu yang takut ketinggian sebenarnya tak perlu merasa khawatir sebab wahana ini sudah dilengkapi dengan tali pengaman.

Ada pula wahana flying fox. Tak tanggung-tanggung, pengunjung akan diuji adrenalinenya dengan cara meluncur sejauh 200 meter. Kamu dapat menikmati perjalanan meluncur sebab nantinya kamu dapat melihat pemandangan sekitar dengan sangat jelas.

Mata Air Senjoyo

Mata Air Senjoyo

Mata Air Senjoyo, berlokasi di Cebongan, Kecamatan Tengaran, Semarang, Jawa Tengah. Udaranya yang sejuk serta pemandangan alam di sekitar mata air bisa kamu nikmati. Daya tarik tarik dari tempat wisata ini tentu saja mata air alaminya. Adapun fasilitas wahana air yang sudah dibuat senyaman mungkin oleh pihak pengelola untuk wisatawan yang berkunjung. Beberapa pengunjung kerap datang dan menanti waktu sore untuk melihat pemandangan matahari terbenam.

Sebuah danau tempat penampung mata air senjoyo biasa dijadikan sebagai tempat berendam. Di dalamnya ada banyak ikan, saat mencelupkan kaki ke dalam kolam, ikan-ikan tersebut akan mendekat.

Saat musim liburan tempat ini kerap dipenuhi oleh pengunjung. Apalagi wisatawan local, sebab sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga. Sekedar rehat sejenak, menikmati suasana alam dan merilekskan tubuh dengan berendam bersama ikan.

Eling Bening

Eling Bening

Objek Wisata Salatiga Eling Bening merupakan sebuah resort yang berada di puncak bukit yang subur, dengan pemandangan alam yang indah. Udaranya pun sangat sejuk sekali. Cocok untuk kamu yang ingin sejenak rehat dari hiruk pikuk perkotaan. Lokasi tepatnya berada di Jalan Sarjono, Bawen, Jawa Tengah.

Eling Bening dibuat dengan konsep lebih modern tanpa menghilangkan suasana alamnya. Pemandangan Rawa Pening dan Gunung Merbabu bisa kamu lihat dengan jelas saat berada di Eling Bening. Kalau mau, kamu pun bisa menikmati wahana kolam renang serta fasilitas outbondnya. Beberapa orang kerap menjadikan Kawasan ini sebagai tempat untuk foto prewedding.

Saat malam hari, pemandangan kota akan terlihat indah dengan lampu-lampu yang menyala. Sehingga memberikan suasana yang lebih romantic. Tertarik untuk berkunjung ke sini? Yuk langsung saja rencanakan kapan kamu akan datang ke Eling Bening.

Dusun Semilir

Dusun Semilir

Dusun Semilir merupakan tempat wisata di Jawa Tengah yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta Nomor 49, Ngemplak, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah. Bangunan dengan arsitektur yang unik, menyerupai stupa Candi Borobodur menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Dusun Semilir.

Biarpun bentuk bangunannya unik namun biaya untuk masuk ke Kawasan wisata ini tak mahal loh, hanya 5 ribu rupiah saja per orang. Dengan harga murah tersebut kamu sudah bisa berfoto sepuasnya sebab banyak sekali spot foto instagramable yang sangat rugi bila tak kamu potret.

Di dalam Kawasan wisata juga terdapat sebuah restoran. Namun untuk bisa membeli makanan dan minumannya, kamu harus membayar menggunakan kartu yang sudah diisi oleh saldo deposit. Kamu bisa bertanya pada petugas yang ada di tempat wisata tersebut agar bisa mendapatkan kartu khusus.

Pohon Pengantin Salatiga

Pohon Pengantin Salatiga

Pohon Pengantin Salatiga, berlokasi di Pulutan Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Wisata Salatiga ini sangat terkenal karena keberadaan sebuah pohon yang dinamakan Pohon Pengantin

Pohon ini tumbuh dengan unik. Batang pohonnya berbentuk cukup besar dengan tumbuh meliuk seola membentuk seperti tempat duduk alami. Pengunjung yang datang tentu saja harus mengambil gambar pohon tersebut. Area persawahan juga mengelilingi pohon tersebut, membuat suasana alam semakin terasa.

Akses untuk bisa sampai ke lokasi Pohon Pengantin sebenarnya cukup mudah. Karena destinasi wisata Salatiga ini sudah terdeteksi oleh Google Maps, sehingga kamu tak perlu takut tersesat.

Air Terjun Kalipancur

Air Terjun Kalipancur

Air Terjun Kalipancur merupakan wisata di salatiga yang berlokasi di Gejayan, Nogosaren, Kecamatan Getasan, Semarang, Jawa Tengah. Merupakan sebuah Kawasan wisata alam air terjun yang  sangat indah dan memiliki udara yang sejuk.

Sebuah air terjun dikelilingi dengan rimbun pepohonan membuat kesan naturalnya semakin terasa. Agar bisa menikmati kesegaran air terjun kalipancur, kamu harus berjalan terlebih dahulu. Sehingga sangat dianjurkan untuk menggunakan sepatu agar perjalananmu semakin nyaman.

Karena di sekitar air terjun belum ada warung untuk mengisi perut disaat lapar. Sebaiknya kamu membawa makanan dan minuman sendiri, namun secukupnya saja ya.

Hutan Pinus Kayon

Hutan Pinus Kayon

Hutan pinus memang selalu menjadi pilihan tepat saat kita ingin berwisata dengan suasana alam. Kalau di Salatiga kamu dapat menemukan Kawasan hutan pinus yang bernama Hutan Pinus Kayon. Tempat wisata di salatiga ini banyak dikunjungi wisatawan untuk sekedar rehat dan menikmati kesegaran alamnya.

Tak jarang para pesepeda datang ke Hutan Pinus Kayon untuk sekedar mencurahkan hobi dengan bersepeda menelusuri hutan.

Gua Maria Pereng Salatiga termasuk dalam tempat wisata Salatiga yang terbilang suci, khususnya untuk umat kristiani. Lokasinya berada di Dusun Jampelan, Desa Getasan, Kecamatan Getasan. Di dalam goa, terdapat sebuah patung Bunda Maria yang biasa dijadikan tempat untuk berdoa. Letak goa yang berada di alam, membuat suasananya semakin menyejukkan. Wisata alam Salatiga ini bisa kamu kunjungi, namun saat sedang ada yang berdoa di depan Patung Bunda Maria sebaiknya kamu tak berisik ya.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Dieng

Itulah 14 tempat wisata di Salatiga yang bisa menjadi kamu kunjungi. Nuansa alam yang masih kental membuat perjalanan wisata akan semakin menyenangkan. Beberapa tempat wisata sudah terdeteksi di google maps sehingga kamu tak perlu takut tersesat saat hendak berkunjung ke salah satu tempat di atas. Yuk persiapkan liburanmu dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *