15 Tempat Wisata di Sampang Madura Paling Populer

Posted on

Tempat Wisata di Sampang – Hayoo siapa yang udah jenuh dengan work from home dan belum sempat liburan? Nah, mumpung lagi masa transisi new normal, bagaimana kalau kamu coba buat planning holiday mu dari sekarang? Itung-itung menjaga kesehatan mental agar tidak stress karena hampir satu tahun tinggal di dalam rumah.

Nah guys ada salah satu tempat yang mungkin bisa jadi pilihanmu untuk liburan sejenak yaitu Sampang, Madura. Daerah ini menyimpan banyak sekali destinasi wisata alam yang indah. Mulai dari tema pantai, perbukitan hingga perhutanan. Cocok nih buat kamu yang butuh relaksasi pikiran dengan suasana alam yang masih terjaga.

Tempat Wisata di Sampang

Tempat wisata di Jawa Timur Sampang Madura kebanyakan masih sangat terjaga. Beragam wisata alam populer bisa menjadi pilihanmu. Nah, berikut ini 15 Tempat Wisata di Sampang diantaranya, simak yuk.

Tambak Garam

Tambak Garam

Mau liburan unik yang beda dari yang lain dan menjadikannya pengalaman tak terlupakan? Kamu bisa berkunjung ke Tambah Garam atau kolam garam, wisata sampang yang sangat hits. Berlokasi di Apaan, Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang. Daerah ini memang dikenal sebagai salah satu pemasok garam nasional terbesar sehingga daya tariknya tentu saja berhubungan dengan garam.

Gua Lebar

Gua Lebar

Next wisata Sampang Madura selanjutnya adalah Gua Lebar, lagi-lagi termasuk dalam salah satu objek wisata yang unik. Gu aini sudah terbentuk sejak ratusan tahun lalu karena adanya tanah yang amblas. Tempat ini pun sangat mudah diakses, tak heran banyak wisatawan berkunjung setiap harinya.

Baca Juga: Wisata Lumajang

Selain itu, bila kebanyakan objek wisata gua itu terkenal akan tempat yang sempit dan gelap maka berbeda dengan Gua Lebar. Dimana wisatawan bisa menikmati goa dengan kondisi cukup luas, mencapai 200 meter. Posisi guanya berada pada kedalaman kurang lebih 300 meter. Beberapa fasilitas pun semakin membuat nyaman liburanmu saat berada di Gua Lebar. Seperti gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai dan menikmati suasana sekitar gua.

Gua Macan

Gua Macan

Selain Gua Lebar, ada juga Gua Macan yang termasuk dalam wisata Madura Sampang yang menarik untuk dikunjungi. Objek wisata yang kerap dikunjungi oleh mereka yang sedang ingin menikmati pemkamungan alam serta suasana gua yang sepi. Saat memasuki gua, kamu akan bisa melihat stalaktit dan stalakmit menghiasi dinding gua. Kamu bisa melakukan susur gua bersama teman-temanmu dan menikmati liburan sederhana di Gua Macan.

Gua Kelelawar

Gua Kelelawar

Masih ada lagi gua di Sampang yang bisa jadi pilihan tempat untuk liburan unik, yaitu Gua Kelelawar. Di sini, kamu bisa melihat banyak kelelawar bergelantungan di dinding gua. Ini karena memang gua dijadikan sebagai tempat tinggal para kelelawar tersebut.

Di samping itu, lokasi guanya sendiri terbilang mudah diakses, kamu tidak harus menyeberangi pulau. Karena kelelawar adalah makhluk nocturnal, jadi saat siang hari mereka akan tertidur. Sebaiknya saat masuk gua jangan menyorot kelelawar dengan cahaya berlebihan ya, agar mereka tidak terganggu.

Pantai Nepa

Pantai Nepa

Next ada wisata pantai di Sampang yang sangat populer yaitu Pantai Nepa, berlokasi di Batioh, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang. Sebuah pantai yang memiliki pemkamungan sangat eksotis, lengkap dengan hamparan pasir putih serta ombak yang tak begitu tinggi sehingga terbilang aman untuk para pengunjung.

Pantai Nepa cukup terkenal dengan kondisi pantainya yang masih sangat bersih. Nah, saat berkunjung ke sini sebaiknya kamu juga menjaga kebersihan pantainya ya.

Pulau Mkamungin

Pulau Mkamungin

Masih ada lagi wisata di Sampang Madura yang memiliki pesona pantai yang indah, yaitu Pulau Mkamungin. Lokasinya berada di Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang. Mkamungi sendiri lokasinya terpisah dari Madura. Sehingga kalau kamu ingin menikmati suasana pulaunya kamu harus menyeberang menggunakan kapal nelayan yang disewakan.

Saat memasuki Kawasan pulau kamu akan melihat betapa bersihnya Pulau Mkamungin. Benar-benar terjaga dari sampah. Di sini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas pantai seperti bermain air, bersantai sambil berjemur, atau sekedar menikmati suasana sekitar ditemani angin sepoi. Di samping itu, bagi yang suka memancing, cocok sekali nih kalau kamu sempatkan untuk memancing ikan di Mkamungin.

Air Terjun Toroan

Air Terjun Toroan

Selain pantai, Kabupaten Sampang Madura juga mempunyai destinasi wisata air terjun yang sangat indah dan unik loh guys yaitu Air Terjun Toroan. Hal yang membuatnya unik adalah letak air terjun yang berada di tepi pantai.

Aliran airnya bermuara langsung ke pantai. Lautnya tak begitu tinggi, namun airnya sangat jernih. Beberapa pengunjung sengaja datang untuk sekedar menikmati suasana sekitar air terjun atau merasakan kesegaran airnya.

Kalau kamu datang ke sini jangan lupa membawa kamera yang sudah terisi daya penuh ya agar kamu bisa berfoto sepuasnya! Kalau bisa sih bagikan juga momen liburanmu, ini salah satu cara untuk membantu mempromosikan destinasi wisata di Sampang.

Pantai Camplong

Pantai Camplong

Masih ada lagi nih guys pantai di Sampang Madura yang populer dan tak kalah menariknya dengan pantai-pantai lain yaitu Pantai Camplong. Berlokasi di Jalan Raya Camplong Nomor 153, Sorogan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang.

Camplong termasuk dalam jenis pantai yang sangat luas. Dataran pasir pantai bisa wisatawan gunakan untuk melakukan berbagai kegiatan pantai. Seperti bermain voli, membangun istana pasir, menulis kata di pasir, dan lain-lain. Bahkan bisa juga loh mencari kerang yang berada di bawah pasir untuk sekedar dijadikan kenang-kenangan yang menarik.

Bagi yang punya nyali tinggi, kamu bisa menguji adrenaline dengan berenang di laut. Terbilang amat sih karena ombak yang dihasilkan tak terlalu besar atau membahayakan. Asalkan kamu tetap waspada dengan kondisi laut, kalau sekitarnya mendapat peringatan untuk tidak berenang, sebaiknya sih jangan. Jangan jauh-jauh dari bibir pantai juga ya agar tak terseret ombak.

Bila bosan bermain pasir dan kamu pun tak berani untuk berenang di pantai camplong, tak perlu khawatir sebab masih ada kegiatan menarik lain yang dapat kamu lakukan yaitu menyewa perahu. Dengan perahu tersebut kamu bisa menelusuri lautan sembari menikmati indahnya matahari tenggelam. Tentu selama berlayar kamu akan ditemani nelayan setempat yang sudah tau bagaimana kondisi lautan.

Sebab perahu yang bisa disewa juga termasuk perahu yang sehari-hari digunakan untuk menangkap ikan oleh para nelayan. Kurang lebih kamu akan diajak berkeliling selama 20 menitan. Tak jauh dari bibir pantai camplong ada sebuah dermaga kapal minyak. Nah, dermaga ini adalah tujuan perahu sebelum nantinya memutar kembali ke Pantai Camplong. Waktu 20 menit mungkin akan terasa singkat, namun setidaknya kamu sudah menikmati suasana laut.

Di samping itu, kamu juga bisa menyewa kuda miliki masyarakat untuk berkeliling di area pantai. Ya, ini bisa jadi pilihan kalau kamu tak mau berkeliling di laut.

Jangan lewatkan untuk menonton beberapa atraksi kebudayaan yang bisa kamu jumpai selagi berada di Pantai Camplong, salah satunya adalah Wisata Semalam di Pantai Camplong. Sebuah pertunjukan seni dan hiburan rakyat, karapan sapi, wisata budaya rokat tase atau upacara petik laut setiap satu tahun sekali pada bulan maulid, pertunjukan sapi sonok, serta pertunjukan hiburan rakyat pada hari tertentu, dan lain sebagainya.

Wisata Rimba Monyet Nepa

Wisata Rimba Monyet Nepa

Wisata di Sampang kali ini masih bertemakan alam lokasinya ada di Batioh Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang. Nama tempat wisatanya adalah Wisata Rimba Monyet Nepa. Nah, seperti penamaan tempat wisata tersebut di sini kamu bisa melihat satwa monyet yang dilindungi.

Untuk bisa datang ke hutan Nepa, kamu harus menyebrangi perairan menggunakan perahu nelayan yang disewakan. Kamu bisa berinteraksi dan melihat secara langsung bagaimana kehidupan monyet di hutan rimba. Mereka dibiarkan hidup bebas tanpa dikurung.

Di samping itu, masih berada dalam satu Kawasan, kalau kamu memiliki banyak waktu, sempatkan untuk menjelajahi hutan rimba hingga menemukan Kawasan hutan bakau.

Konon kabarnya hutan ini adalah tempat berpijaknya manusia yang pertama kali membabat pulau Madura yaitu Bindoro Gong pada abad ke XI – IX. Bindoro Gong adalah seorang pendatang yang mendirikan sebuah kerajaan pertama kali di pulau ini. Lalu beliau mewariskan kerajaan tersebut pada seorang puteranya yang bernama Raden Segoro. Ia dimakamkan di tengah hutan dengan nisan berupa kayu pohon.

Ada pulau cerita mitos atau sejarah mengenai hutan kera nepa yang sudah beredar dan melekat di telinga masyarakat Madura. Dimana daerah ini memang dihuni oleh ratusan monyet yang apabila siapapun datang untuk memburu mereka maka monyet tersebut dalam sekejap akan hilang. Namun bila siapapun yang datang dalam rangka kebaikan, monyet-monyet tersebut malah akan jinak seperti hewan peliharaan.

Waduk Klampis

Waduk Klampis

Objek wisata Sampang Waduk Klampis sangat terkenal karena udaranya yang menyejukkan. Tujuan awal pembangunan waduk Klampis awalnya adalah untuk pasokan air masyarakat, biasanya dipakai untuk irigasi lahan sawah. Namun karena tempatnya yang indah sehingga membuat waduk klampis sangat diminati oleh wisatawan local. Sekedar bersantai dan menikmati pemkamungan untuk menghilangkan kejenuhan.

Pemkamungan waduk yang besar serta area persawahan benar-benar bisa memanjakan mata. Ada pula pepohonan hijau yang rindang berjejer, semakin membuat sejuk suasana sekitar. Beruntungnya lagi untuk bisa masuk ke Kawasan bendungan, kamu tak akan dikenakan biaya sepeserpun alias gratis!

Namun karena gratis tersebutlah kamu tak bisa mengharapkan fasilitas lebih. Mudah-mudahan waduk klampis bisa segera dikelola dengan baik ya agar semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke sini. Sebab salah satu cara untuk memajukan perekonomian local salah satunya adalah dengan mendatangkan banyak wisatawan ke destinasi wisata suatu daerah.

Bukit Masegit

Bukit Masegit

Masih dengan pemkamungan alam yang indah, kali ini kamu akan ditawarkan untuk liburan dengan menikmati suasana ketinggian di atas bukit Masegit. Lokasinya berada di Piaan, Temoran, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang.

Sebuah bukit yang terbentuk karena batu alami dengan bentuk menjulang tinggi namun tak terjal, sehingga terbilang cukup aman untuk kamu daki. Bagi yang jarang olahraga, bisa nih nyoba untuk mendaki bukitnya. Biarpun lelah namun akan segera terbayar saat kamu sudah benar-benar sampai di puncak.

Bukit Masegit memang sangat diminati oleh banyak wisatawan local, khususnya mereka yang mengaku pecinta alam dan penikmat ketinggian. Bukit batu yang ditumbuhi tanaman hijau semakin membuat unik dan menjadikannya spot foto instagramable.

Sedikit tips saat kamu berwisata ke perbukitan atau alam, gunakanlah sepatu outdoor yang mendukung saat kamu beraktivitas di alam. Pakai pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Ajak juga teman-teman yang akan membuat pengalaman liburanmu semakin menyenangkan!

Reruntuhan Pababaran Trunojoyo

Reruntuhan Pababaran Trunojoyo

Tempat ini sangat cocok dikunjungi oleh wisatawan yang sangat menyukai wisata sejarah, sebab keberadaan tempat ini tak lain lahir karena sebuah sejarah. Dimana ini menjadi sebuah tempat kelahiran serta makam Raden Trunojoyo. Biasanya masyarakat sengaja datang ke sini untuk berziarah ke makam tokoh yang berpengaruh di Sampang tersebut.

Kamu bisa datang ke sini kapan saja dan tanpa dipungut biaya. Biarpun gratis, kamu harus tetap menjaga kebersihannya ya. Jangan membuang apapun kecuali kenangan yang diabadikan melalui lensa kamera.

Sumber Jokotole Omben

Sumber Jokotole Omben

Sumber Jokotole Omben merupakan salah satu objek wisata favorit yang biasa dikunjungi oleh masyarakat Sampang dan sekitar. Banyak pengunjung yang datang ke sini di akhir pekan, mereka membawa anak-anak untuk bermain atau berenang di kolam alami.

Air yang jernih serta udaranya pun menyejukan apalagi dengan adanya pepohonan rindang mengelilingi pemandian alami Jokotole Omben. Destinasi wisata ini dikelola secara sederhana oleh masyarakat setempat dan sudah dilengkapi dengan fasilitas sederhana seperti toilet untuk berganti pakaian dan beberapa warung makan untuk mengisi perut dikala lapar.

Liburan sejenak ke Jokotole Omben tak ada salahnya kan? Apalagi bagi kamu yang ingin rehat dan menenangkan pikiran. Khususnya bagi para orang tua, datang ke sini bisa jadi alternatif tempat liburan murah meriah. Mengajak anak ke alam pun bisa membantu untuk menumbuhkan jiwa kemandirian anak.

Waduk Nipah Banyuates

Waduk Nipah Banyuates

Sebuah bendungan Nipah Banyuates yang berlokasi di Banyuates juga tak kalah ramai dikunjungi oleh wisatawan. Sebuah bendungan buatan di kelilingi oleh batuan cadas serta pepohonan rindang. Pesona keindahan yang banyak menarik pengunjung, apalagi di kalangan anak muda atau masyarakat sampan.

Waduk yang sudah dijadikan sebagai destinasi wisata umum ini menjadi pilihan masyarakat karena harga tiket masuknya yang sangat murah meriah. Di sini kamu bisa bersantai, menikmati suasana waduk serta berfoto, bila kamu beruntung, kamu bisa melihat monyet bergelantungan di atas pohon yang berada di Waduk Nipah Banyuates.

Bukit Maddah

Objek wisata alam di Sampang yang terakhir adalah Bukit Maddah. Awalnya bukit ini adalah pertambangan mineral yang sudah tak aktif atau tak beroperasi, terlihat dari bekas pertambangan yang menyisakan lubang galian cukup besar. Bebatuan yang mengelilingi bukit menjadi dinding alami dan terlihat instagramable alias bisa jadi spot foto paling kece. Tak heran bila banyak pengunjung yang sengaja datang untuk sekedar berfoto saja.

Baca Juga: Wisata Probolinggo

Nah, guys bila kamu ingin mendapatkan foto yang epi, waktu paling disarankan untuk mencapai puncak bukitnya adalah saat sore hari. Dimana pada waktu tersebut kita bisa melihat pemkamungan langit senja yang sangat indah.

Itulah 15 tempat wisata di Sampang Madura yang bisa menjadi pilihan tempat liburanmu. Beberapa diantaranya ada yang gratis loh, jadi kamu nggak usah khawatir soal biaya. Ada pula yang berbayar namun biayanya tak terlalu mahal, masih ramah sekali di kantong. Jadi, kapan dong kamu punya waktu liburan? Jangan ditunda terus, yuk langsung saja rencanakan sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *