Tempat Wisata Di Sarmi

5 Tempat Wisata Di Sarmi Terpopuler Wajib Kamu Kunjungi

Posted on

Traveler, kali ini kamu akan diajak untuk berjalan-jalan menjelajahi tempat wisata di Papua, khususnya yang berada di Sarmi. Sebuah kabupaten yang letaknya ada di bagian utara kepulauan Papua dengan jumlah penduduk kurang lebih 38.210 jiwa penduduk.

Daftar isi:

Tempat Wisata di Sarmi

Ada banyak sejak tempat wisata di Sarmi namun agar tak membuatmu bingung, Republik Wisata akan merekomendasikan beberapa tempat yang paling populer karena keunikanya. Langsung saja simak yuk ulasan berikut ini.

Pegunungan Foja

Pegunungan Foja

Wisata Sarmi Papua yang pertama adalah Pegunungan Foja, bagi para penikmat ketinggian sangat direkomendasikan sekali untuk berkunjung ke sini. Lokasi pegunungan ini berada ddi sebelah utara Sungai Mamberamo. Termasuk ke dalam bagian dari daerah aliran sungai Mamberamo yang menjadi sumber pasokan air bersih untuk seluruh masyarakat Papua Utara.

Baca Juga: Wisata Puncak Jaya

Titik tertinggi yang bisa kamu daki hingga 2.193 meter di atas permukaan laut. Di sini terdapat suaka margasatwa yang luasnya mencapai 1.442.500 hektar.

Pada bulan Desember tahun 2005 telah dilakukan sebuah penelitian dan hasilnya adalah ditemukan puluhan spesies baru. Diantaranya adalah Parotia Berlepschi serta jenis burung penghisap madu. Hasil penelitian tersebut telah diumumkan pada tanggal 7 Februari tahun 2006.

Bagi traveler yang sangat menyukai suasana alam dan berinteraksi dengan fauna dengan spesies terbaru, bisa menyempatkan berkunjung ke Pegunungan Foja saat berada di Papua.

Di samping melakukan pendakian, wisatawan juga bisa bertemu langsung dengan masyarakat asli Papua yang tinggal di Kawasan pegunungan.

Pantai Kelapa Satu

Pantai Kelapa Satu

Setelah puas menikmati pemandangan alam dari atas ketinggian, bagaimana kalau sekarang kamu berkunjung ke salah satu pantai yang ada di Sarmi Papua yaitu Pantai Kelapa Satu.

Lokasinya berada di Jalan Raya Klp. Satu, Pantai, Samudera, Pasifik Selatan, Kabupaten Sarmi. Titik lokasinya dengan mudah bisa kamu temukan menggunakan google maps.

Sarmi sendiri memang merupakan kota kecil namun di samping itu, keindahan pantai di sini sangat menakjubkan apalagi ombaknya yang sangat menantang. Tak heran bila julukan dari Sarmi adalah ‘Kota Ombak’. Tak sedikit peselancar yang menyempatkan untuk berkunjung ke Pantai Kelapa Satu hanya untuk menantang ombak dengan surfing.

Hamparan pasir putih serta pemandangan pantai yang begitu khas akan menemanimu selama menghabiskan waktu liburan di sini.

Ada juga pemandangan perahu nelayan yang memang diparkirkan di bibir pantai. Entah baru selesai berlayar atau sedang bersiap untuk berlayar mencari ikan. Kalau mau, kamu bisa coba menyewa salah satu perahu untuk menikmati suasana perairan Kelapa Satu.

Sementara itu kalau berbicara mengenai soal pengelolaan tempat wisata dan fasilitas, Pantai Kelapa Satu masih dikelola secara sederhana. Fasilitasnya pun belum begitu lengkap. Mudah-mudahan kedepannya pihak pemerintah setempat bisa membantu dalam pengelolaan tempat wisata ini ya.

Pantai Mararena

Pantai Mararena

Masih belum cukup dengan hanya berkunjung ke satu pantai saja? Tenang saja karena masih ada pantai lain di Sarmi yang bisa kamu kunjungi yaitu Pantai Mararena. Sama halnya dengan Kelapa Satu, ombak Mararena juga cukup menantang. So, bagi para peselancar bisa banget nih datang ke sini sekedar untuk memacu adrenaline.

Pantai Mararena sendiri terbilang cukup sepi karena belum banyak pengunjung yang datang ke sini. Ini dipengaruhi karena Mararena belum dikelola dengan cukup baik serta belum ada pemasaran secara khusus yang dilakukan oleh pihak pengelola mengenai tempat wisata di Sarmi satu ini.

Nah karena sepi, mungkin ini bisa dimanfaatkan oleh traveler yang lebih menyukai tempat wisata yang tak terlalu ramai, tak ada banyak orang yang lalu lalang. Dengan nyaman dan dengan tenang kamu bisa merasakan liburan di sebuah pantai bak milik pribadi.

Pulau Liki

Pulau Liki

Sarmi si Kota Ombak, memang julukan yang pas. Sebab ada banyak sekali wisata pesisir yang akan memanjakanmu dengan ombaknya yang khas. Setelah berkunjung ke Pantai Kelapa Satu da Mararena, selanjutnya kamu bisa berkunjung ke Pulau Liki untuk menikmati suasana pantai Papua yang sangat khas.

Pulau Liki sendiri merupakan pulau terluar di Indonesia yang letaknya berada di Samudera Pasifik dan berbatasan langsung dengan Papua Nugini. Karena letaknya yang berada di Pasifik itulah membuat Liki memiliki keindahan yang begitu menawan. Mampu menghipnotis dan membuat takjub siapapun yang melihatnya.

Cuaca yang terik sedikit dibuat teduh dengan adanya pepohonan kelapa serta tumbuhan lain yang tumbuh di sekitar Pulau Laki. Di samping itu, kamu pun akan disuguhkan dengan pemandangan perahu nelayan yang diparkirkan di bibir pantai. Bukan hanya untuk mencari ikan, namun bagi wisatawan yang ingin menikmati perairan Liki, mereka siap mengantarmu.

Bagi wisatawan yang ingin surfing sebaiknya membawa alat surfing sendiri ya. Sebab belum ada tempat penyewaan khusus. Begitupun dengan alat diving atau snorkeling, bila ingin menyelam sebaiknya persiapkan sesuatu yang dibutuhkan sebelum berangkat ke Liki.

Untuk suasana pantainya sendiri sama dengan pantai-pantai sebelumnya, Liki juga cenderung sepi dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini tentu memberikan keuntungan tersendiri untuk traveler yang ingin menikmati suasana pantai yang menenangkan.

Pulau Wakde

Pulau Wakde

Dan wisata di Sarmi terakhir yang direkomendasikan untukmu adalah Pulau Wakde. Sebuah kepulauan yang juga terkenal akan ombaknya yang menantang. Pemandangan pesisir Wakde pun sangat indah, bagi yang membutuhkan vitamin sea datang ke sini akan sangat pas sekali.

Pulaunya belum terlalu ramai sehingga kamu akan merasakan liburan yang nyaman serasa di pulau miliki sendiri.

Pulau Wakde juga memiliki ceritanya tersendiri di masa lalu, khususnya saat masa perang dunia ke-II. Dimana dulunya Wakde pernah dijadikan sebagai pangkalan militer Amerika yang ada di bawah pimpinan Jendral Douglas Mac Arthur.

Di Wakde juga terdapat sebuah landasan pesawat yang panjangnya mencapai 2 km dengan lebar kurang lebih 80 meter. Bahkan kamu bisa menemukan sisa besi kapal perang saat perang dunia ke-II. Dimana semuanya dibiarkan teronggok dan tak terurus. Saat masa itu ada banyak sekali nyawa yang gugur, entah dari warga lokal atau tentara Amerika pun Jepang.

Namun tenang saja, cerita kelam Pulau Wakde hanya tinggal kenangan. Sebab sekarang Indonesia sudah merdeka dan kita sebagai warga negara yang baik harus memiliki jiwa nasionalis yang tinggi agar bisa mempertahankan kemerdekaaan dalam berbagai hal.

Baca Juga: Wisata Yahukimo

Nah traveler itulah 5 tempat wisata di Sarmi yang paling populer dan paling direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Wisata alam yang ada di kabupaten ini memang masih terjaga keasliannya, untuk para pecinta alam akan sangat dimanjakan sekali bila menghabiskan waktu liburan di Sarmi.

Jadi, kapan dong kamu akan menjelajahi wisata alam di Papua? Jangan kelamaan ditunda, yuk langsung saja buat rencana traveling mu sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *