Tempat Wisata di Semarang

10 Tempat Wisata di Semarang Paling Keren Banyak Dikunjungi

Posted on

Tahukah kamu kalau Kota Semarang merupakan Ibu Kota dari Provinsi Jawa Tengah dan termasuk dalam peringkat atas daerah yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Ini karena tempat wisata di Semarang memiliki daya tariknya tersendiri. Mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah memang kerap dilirik.

Tempat Wisata di Semarang

Nah traveller, kalau kamu sedang berencana untuk liburan ke Semarang namun masih bingung tempat mana yang akan dikunjungi. Berikut direkomendasikan 10 tempat wisata di Semarang paling banyak dikunjungi wisatawan. Mungkin bisa menjadi referensi kamu. Simak yuk!

Lawang Sewu

Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan tempat wisata di jawa tengah yang sangat viral, tidak hanya dikalangan wisatawan lokal saja. Namun banyak wisatawan asing yang kerap berkunjung ke sini. Lokasinya berada di Jalan Pemuda, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Lawang Sewu sendiri adalah landmark dari Kota Semarang, sehingga tak heran bila siapapun yang ke Semarang akan sangat mengusahakan untuk datang ke sini. Dulunya Lawang Sewu dibangun sebagai kantor pusat dari Perusahaan Kereta Api Hindia Belanda. Kawasan wisata sejarah ini juga terkenal dengan keangkerannya. Namun tentunya hal tersebut tak menghalangi niat para wisatawan untuk menjelajahi setiap sudut Lawang Sewu. Bahkan beberapa pasangan pun kerap melakukan pre wedding di sini.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Rembang

Sebenarnya keangkeran yang terasa berasal dari sejarah yang melekat hingga sekarang. Tentunya sejarah tersebut tak akan pernah hilang. Dimana dulu Lawang Sewu pernah dijadikan sebagai penjara paling kejam saat masa penjajahan Jepang.

Saat masuk ke halaman Gedung, kamu akan melihat sebuah sumur tua. Konon dari sumur tersebut kerap terdengar suara seperti sedang kesakitan, teriakan dan ketakutan. Padahal sumur tersebut selalu terkunci rapat dan memang tak perna dibuka.

Ada pula sebuah penjara dan bunker yang mempunyai Lorong. Wisatawan biasa menyebutnya sebagai Lorong hantu. Menurut masyarakat setempat, kalau kamu diam lalu jongkok di bunker tersebut, kamu akan melihat sebuah bayangan dengan bentuk manusia, namun bermata hijau menyala sambil merangkak. Sementara itu, di ruang penjaranya pun kerap tercium aroma yang tak sedap. Katanya sih seperti bau darah segar dan anyir.

Keangkeran-keangkeran tersebut memang sangat terasa. Namun semakin menarik perhatian wisatawan untuk datang dan merasakan bagaimana angkernya Gedung tua dan bersejarah ini.

Lembah Kalipancur

Lembah Kalipancur

Lembah Kalipancur merupakan wisata Semarang yang berlokasi di Jalan Raya Kalipancur Manyaran, Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Merupakan sebuah tempat wisata yang akan menawarkan pengalaman liburan berbeda untuk wisatawan. Sebab di sini kamu akan disuguhi dengan pemandangan pertanian yang dikelilingi oleh bukit dan danau buatan.

Luas Kalipancur sendiri mencapai 11 hektar. Terdapat objek wisata yang bisa kamu nikmati. Awalnya untuk objek utama dari Lembah Kalipancur sendiri adalah sebuah restoran memiliki seorang dokter hewan yaitu Bapak Nugroho. Namun harena kian popular maka tempat wisata tersebut semakin dikembangkan sehingga wisatawan bisa berlibur dengan puas.

Uniknya fasilitas wisata di Lembah Kalipancur sudah tersusun pada jalur One Way. Jadi bisa dipastikan kalau wisatawan tak akan melewati satupun tempat wisata tersebut. Mulai dari kolam renang, lalu ada sepeda air, selanjutnya kendang ursa, aeroplane, café, kandang sapi dan kambing, hutan jati, Japanese village, Texas village, Balinese village, dan yang paling terakhir adalah sebuah warung makan dan pemancingan.

Nah, apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke Kalipancur? Untuk akses menuju Desa wisata ini tak terlalu sulit. Kamu hanya perlu mengambil jalan yang mengarah ke Gunungpati, lalu melaju terus melewati Greenwood. Atau kalau dari Sam Poo Kong, kamu dapat mengikuti petunjuk arah yang menuju ke Goa Kreo. Lembah Kalipancur ini berada di sebelah kiri, tepatnya setelah turunan. Atau agar lebih memudahkan, cobalah untuk meminta bantuan pada google maps.

Hutan Penggaron

Hutan Penggaron

Tempat wisata di Semarang selanjutnya adalah Hutan Penggaron. Merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Desa Susukan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tenga. Tempat wisata ini sangat jarang sepi dari pengunjung alias selalu saja ramai. Sebab saat wisatawan datang ke sini mereka akan sangat betah dengan suasana alamnya.

Kawasan hutan wisata ini kerap dikunjungi oleh wisatawan untuk rehat sejenak dari aktivitas sehari-hari. Bahkan tak hanya sehari, ada saja wisatawan yang memutuskan untuk bermalam dan mendirikan tenda. Atau bagi para pesepeda, mereka juga kerap melakukan susur hutan dengan sepeda. Ya, memang kegiatan menyatu dengan alam adalah hal paling menyenangkan. Apalagi dengan udara yang segar dan suasana yang masih sangat alami.

Untuk fasilitas umum seperti toilet mungkin kamu akan sedikit kesulitan untuk mencarinya. Ya, itu bisa dimaklumi sebab kamu sedang berwisata di hutan. Nah, bagi kamu yang hendak berkemah, sebaiknya bawa perbekalan makanan dan minuman secukupnya ya. Pastikan juga jangan membuang sampah sembarangan. Bawa perlengkapan berkemah seperti tenda, senter, sleeping bag, dan lain-lain.

Wisata Kampung Krisan

Wisata Kampung Krisan

Wisata di Semarang memang tak pernah mengecewakan, tiap tempat wisatanya kerap menawarkan keunikan tersendiri. Seperti Kampung Krisan, di sini kamu akan menemukan keindahan kebun bunga. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Ungaran membuat udara di sekitar tempat wisata juga sangat menyejukkan. Lebih tepatnya beralamat di Jalan Kendalisodo Bandungan, Candi, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Bahkan tahukah kamu kalau tiket masuk nya pun sangatlah murah hanya 10 ribu rupiah per orang. Dengan harga murah tersebut, kamu bisa menikmati keindahan hamparan bunga krisan plus suasana pedesaan yang asri. Bila membawa motor pun kamu tak akan dikenakan biaya tambahan. Artinya 10 ribu sudah all in.

Objek wisata Semarang ini sebetulnya adalah sebuah lahan pertanian yang khusus ditanami oleh Bunga Krisan. Kurang lebih ada 20 jenis bunga yang ditanam di 180 green house sederhana yang terbuat dar konstruksi bamboo lalu beratapkan plastic bening.

Saat berada di Kampung Krisan kamu jangan lewatkan juga untuk naik ke gardu pandangnya ya. Di Atas gardu pandang setinggi 6 meter ini, kamu akan disuguhi dengan pemandangan alam diantaranya pemandangan gunung Ungaran, Merbabu, dan Telomoyo.

Dengan semakin banyak wisatawan yang datang, tentu akan semakin menumbuhkan perekonomian para petani yang ada di kampung wisata ini. Sehingga sangat dianjurkan kalau datang ke sini, jangan lupa untuk mendokumentasikan dan membagikannya di sosial media ya.

SAM POO KONG

SAM POO KONG

Sebuah kompleks klenteng bersejarah dengan sentuhan arsitektur khas penduduk Tionghoa plus Jawa Tradisional, menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Sam Poo Kong yang berlokasi di Jalan Simongan Nomor 129, Bongsari, Kecamatan Semarang Bar, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Tempat wisata Semarang ini mempunyai 4 kelenteng yang wajib kamu kunjungi. Diantaranya adalah Kelenteng Dewa Bumi, Klenteng Juru Mudi, Klenteng Sam Poo Tay Djien dan yang terakhir adalah Klenteng Kyai Jangkar. Untuk Kelenteng Dewa Bumi diperuntukan bagi mereka yang menganut Taoisme dan Kong Hu cu. Biasanya umat yang beribadah di Kelenteng ini akan berucap syukur pada Dewa Bumi yang sudah menganugerahi tanah yang subur, panen yang berlimpah serta kekayaan alam yang beraneka ragam.

Sementara itu, untuk kelenteng yang paling besar di Sam Poo Kong adalah Kelenteng Sam Poo Tay DJien. Hal unik yang bisa kamu temui dari kelenteng ini adalah adanya sumur dengan sumber air yang tak pernah habis. Lalu di sebelah bawahnya ada Gua Sam Poo. Hal yang perlu diperhatikan oleh wisatawan adalah, mereka hanya boleh berfoto di luar kelenteng saja. Tujuannya agar tak mengganggu orang-orang yang sedang berdoa dalam kelenteng.

Bila kamu memiliki rencana untuk berkunjung ke Sam Poo Kong, jangan lupa untuk membawa kamera agar kamu bisa mengambil gambar-gambar yang menarik selama di sini. Karena pasalnya Sam Poo Kong memang terlihat seperti bangunan China jadi terlihat sangatlah unik.

Brown Canyon

Brown Canyon

Brown Canyon merupakan Semarang wisata unik yang harus kamu kunjungi selanjutnya. Berlokasi di Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Brown Canyon sendiri adalah sebuah tempat wisata yang sebelumnya merupakan pertambangan tanah. Wisatanya kerap dimiripkan dengan Grand Canyon yang ada di Amerika. Terlihat dari bukit yang berubah menjadi tebing curam.

Sebuah tebing bekas pertambangan menjadikan Brown Canyon sangat instagramable. Sehingga kamu jangan melewatkan untuk berfoto dengan latar belakang pemandangan tebingnya. Sayangnya, untuk akses jalan menuju Brown canyon belum terlalu bagus sebab wilayah tersebut memang cukup sering dijadikan lalu Lalang truk besar. Oleh sebab itulah, beberapa bus kecil terkadang ada saja yang kesulitan untuk melewati jalur yang ada.

Namun biarpun demikian, untuk kamu yang ingin berburu foto menarik dan menikmati liburan berbeda. Kamu bisa datang saja ke Brown Canyon Semarang.

Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang

Pemandangan kota tua bekas peninggalan Belanda tak hanya dapat kamu temukan di Jakarta dan Bandung saja. Namun di Semarang juga ada, atau lebih dikenal dengan nama Kota Lama. Dimana pada abad ke 19, tempat ini adalah pusat perdagangan dan juga pemerintahan.

Sampai sekarang ini kurang lebih tersisa 50 bangunan dengan gaya eropa tahun 1700 san dengan beberapa ciri khasnya yaitu besar, tinggi dan juga lebar. Ciri tersebut dapat kita lihat dari ukuran pintu serta jendela yang ada pada tiap bangunan.

Sementara itu, bangunan bersejarah yang hingga sekarang masih berfungsi dan sangat populer di kalangan turis diantaranya adalah Gereja Blenduk, Stasiun Tawang, dan juga Pabrik Rokok Praoe Layar.

Pembangunan Gereja Blenduk sendiri sudah dilakukan sejak tahun 1753. Termasuk dalam gereja tertua yang ada di Jawa Tengah. Mengapa dinamakan Gereja Blenduk, ini karena gereja pernah direnovasi pada tahun 1894. Dimana bentuk gereja diubah menjadi cembung, yang kalau diartikan dalam Bahasa Jawa adalah blenduk.

Dari puluhan bangunan bersejarah yang tersisa di Kota Lama Semarang, yang masih berfungsi dan populer di kalangan turis ialah Gereja Blenduk, Stasiun Tawang, dan Pabrik Rokok Praoe Layar.

Selain bangunan-bangunan bersejarah yang sangat menarik perhatian. Di Destinasi wisata Semarang ini, kamu juga bisa menemukan wahana atau fasilitas wisata lainnya. Seperti Taman Srigunting, Semarang Contemporary Art Gallery, Pasar Klitikan, Dan juga Old City 3D Art Museum Semarang.

Nah, untuk kamu yang sangat menyukai barang-barang antic, kamu sangat wajib sekali berkunjung ke Pasar Klitikan. Sebab komoditi yang dijual di pasar ini memang barang antic seperti perangko, mata uang hingga aksesoris jaman dulu.

Bila kamu sudah puas berkeliling dengan menikmati berbagai macam fasilitas wisata Kota Lama, kamu bisa melanjutkan wisatamu dengan mengisi perut. Ada banyak restoran yang berada di sekitar tempat wisata, seperti Sate dan Gule Kambing 29, Gulai Bustaman, Ikan Bakar Cianjur, Spiegel Bar dan Bistro, Library Café dan banyak lagi.

Obyek Wisata Goa Kreo

Obyek Wisata Goa Kreo

Wisata Kota Semarang Goa Kreo tak pernah sepi dari pengunjung. Ini karena daya tarik dari Goa Kreonya sendiri dimana goa ini terbentuk oleh alam dan berada di tengah Waduk Jatibarang. Sebuah bendungan membendung air dari Kali Kreo. Lokasi Goa Kreo berada di Jalan Raya Goa Kreo, Kandari, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Berdasarkan cerita yang beredar di kalangan masyarakat, gua ini dulunya adalah sebuah petilasan Sunan Kalijaga. Alkisah, Sunan tersebut sedang melakukan perjalanan dan membawa kayu jati dari Jatira Barang menuju ke Demak. Namun karena beliau merasa kesulitan, akhir memutuskan untuk membawa lewat jalur darat.

Akhirnya, Sang Sunan melakukan tafakur atau bertapa di gua yang sekarang ini dinamakan Goa Kreo. Lalu saat sedang bertapa, datanglah segerombolan monyet ekor Panjang. Namun diantara monyet tersebut ada 4 monyet yang memiliki warna ekor berbeda. Tak lama, monyet-monyet tersebut akhirnya membangun Sang Sunan untuk memindahkan kayu yang nantinya akan digunakan untuk membuat tiang masjid Demak.

Terlepas dari cerita tersebut. Kawasan wisata ini memang sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Agar bisa masuk dan menikmati suasana di sekitar wisata, kamu pun tak perlu membayar mahal. Kalau datang saat weekday hanya perlu membayar 6500 rupiah per orang sementara saat weekend 8000 rupiah per orang.

Puri Maerokoco

Puri Maerokoco

Obyek Wisata Semarang Puri Maerokoco atau kerap disebut sebagai Taman Mini Jawa Tengah Indah. Berlokasi di Jalan Yos Sudarso Semarang. Bila kamu menempuh perjalanan dari Tugu Muda, jaraknya hanya 5 km saja. Puri Maerokoco juga adalah perwujudan dari miniature Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Purbalingga

Di sini kamu akan melihat pemandangan danau, lengkap dengan perahu berjejer yang memang disewakan untuk wisatawan. Kamu dapat berkeliling di sekitar danau menggunakan perahu tersebut. Sebuah bangunan puri dengan arsitektur yang khas pun menjadi salah satu objek yang harus kamu lihat dan kalau bisa diabadikan alias difoto.

Pantai Maron

Pantai Maron

Destinasi wisata di Semarang yang terakhir adalah Pantai Maron. Bila kamu sedang ingin menikmati suasana pantai dan melihat pemandangan matahari terbenam, Pantai Maron bisa menjadi pilihan paling tepat apalagi kalau kamu sedang berada di Semarang. Sama halnya dengan pantai-pantai lain, di sini kamu bisa menikmati aktivitas berjemur hingga menikmati kuliner khas laut atau seafood.

Nah, traveller itulah 10 tempat wisata di Semarang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sebenarnya masih banyak tempat wisata lain yang bisa kamu jelajahi. Jadi, kalau kamu memiliki waktu banyak mungkin kamu bisa mengeksplore lebih lanjut tempat wisata yang ada di Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *