18 Tempat Wisata di Serang Banten, Destinasi Berlibur Seru

Posted on

Apa saja tempat wisata di Serang yang bisa dikunjungi dan direkomendasikan perlu diketahui siapa saja yang telah mantap datang ke Serang, Banten untuk berlibur. Baik itu agenda libur panjang maupun agenda liburan satu atau dua hari, pasti ada pilihannya.

Jika memang yang diinginkan adalah liburan panjang, maka harus ada itinerary berlibur yang bisa membantu agenda liburan lebih tersistematis.

Tempat Wisata di Serang Banten

Ada banyak pilihan jenis liburan di Serang, ada tempat wisata di Serang bertema alam, sejarah, hingga wisata bertema rekreasi. Beberapa pilihan wisata Serang Banten adalah Pantai Pasir Putih Florida, Pantai Marbella, Pantai Cibeureum, Situs Banten Girang, Bendungan Sindang Heula, Kerkhoff, dan masih banyak lagi. Lebih lengkapnya ada di daftar berikut.

Pantai Pasir Putih Florida

Pantai Pasir Putih Florida

Pantai boleh jadi wisata di Serang yang paling Anda inginkan. Jika demikian, maka pastilah Anda harus mampir ke Pantai Pasir Putih di Florida. Pasir yang ada di pantai ini super mulus sehingga Anda mungkin akan kagum. Tak hanya halus saja, saat berjalan di atasnya kaki Anda juga akan dimanjakan karena saking halusnya. Pasti tak menyesal dan membawa pengalaman berlibur yang menyenangkan jika mampir ke wisata Banten ini.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Rangkasbitung

Belum lagi, airnya masih sangat jernih sehingga Anda tetap bisa memandang kaki yang terendam di dalamnya dengan jelas. Di sisi-sisi pantai juga telah dihias dengan pohon-pohon kelapa yang menjulang, semakin mendukung pemasangan visual santai saja.

Aktivitas pantai apa saja bisa dilakukan di sana, alamat wisata di Serang Banten ini adalah di Jalan Raya Karang Bolong, Sindanglaya, Cinangka, Kota Serang, Banten.

Pantai Marina Anyer

Pantai Marina Anyer

Setelah ke Pantai Pasir Putih Florida, bisa juga sekalian mampir ke Pantai Marina Anyer untuk memaksimalkan liburan ala tropis ketika berada di Serang. Wisata di Serang ini berada di Desa Karang Suraga, Cinangka, Serang, Provinsi Banten.

Sangat cantik pantainya namun bibir pantai berupa pasirnya tidak melebar. Pantainya memang menajang, hanya saja tepiannya yang berupa pasir tidak begitu lebar. Setelah dihias dengan pasir, tepi pantai sudah ditumbuhi rumput yang subur. Justru ini menjadi daya tarik yang tak biasa dari sebuah pantai.

Foto-foto di tepi pantai ini mungkin akan membuat Anda semakin hits saja di sosial media dan dikira sedang berlibur ke luar Pulau Jawa.

Pantai Cibeureum

Pantai Cibeureum

Pantai Cibeureum menjadi tempat rekreasi di Serang selanjutnya yang masih berwujud pantai. Entah apa lagi yang harus dijelaskan pada poin ini. jika dibandingkan dengan dua pantai di atas, maka ketiganya sama-sama indah pemandangannya. Sama-sama masih alami dan tidak terlalu ramai. Sangat direkomendasikan untuk wisatawan dari luar Banten.

Meski direkomendasikan untuk wisatawan dari luar Banten, Anda yang berasal dari dalam Banten juga disarankan untuk setidaknya sekali saja coba mengunjungi pantai ini. sebab Pantai Cibeureum adalah destinasi yang dekat dengan Anda namun bisa diandalkan untuk pengalaman refreshing maksimal. Tidak perlu pergi jauh-jauh namun Anda pasti bisa balik dengan perasaan bahagia karena pemandangannya yang cantik.

Pantai Marbella

Pantai Marbella

Datang ke Pantai Marbella untuk pertama kalinya mungkin akan membuat anda merasa sedang di California. Sebab memang pemadangan di pantai ini  mirip engan pantai ala ala luar negeri.

Pasirnya putih mulus dan bersih, airnya jernih, bibir pantai dihias dengan pohon-pohon kelapa yang cukup ikonik. Di tepi pantai juga Anda sudah bisa melohat bangnan-bangunan, yang membuat pantai ini memiliki kesan sebagai pantai metropolis dengan akses mudah.

Pasti tak menyesal datang ke Pantai Marbella. Pantai ini juga jadi salah satu tempat wisata Serang yang direkomendasikan. Jadikan Pantai Marbella sebagai penutup itinerary perjalanan berlibur di sekitar Serang atau di keseluruhan Provinsi Banten. Datang ke Serang untuk datang ke Pantai Marbella saja juga akan cukup, sebab besar kemungkinannya Anda akan betah berlama-lama di sana sehingga merasa tak butuh lagi datang ke wisata lain. Pantai Marbella berada di Jalan Raya Anyer-Sirih, Bandulu, Anyer, Serang, Banten.

Pantai Sambolo

Pantai Sambolo

Pantai Sambolo juga berada di Jalan Raya Anyer, lebih tepatnya lagi masuk ke Kecamatan Bandulu, Serang, Banten. Namun pantai ini agak berbeda dengan empat pantai di atas. Semua pantai yang telah disebutkan di atas memiliki pasir berwarna putih bersih. Namun, pasir yang ada di Pantai Sambolo ini berwarna agak kecoklatan. Justru warnanya sangat alami, yaitu berupa coklat muda.

Pantai Sambolo bisa diandalkan untuk menghabiskan waktu bersama sahabat atau keluarga. Datang ke Serang untuk Pantai Sambolo saja mungkin akan cukup jika memang Anda merencanakan liburan pendek saja.

Berada di Pantai Sambolo lama-lama juga tidak masalah karena Anda bisa berteduh di pepohonan rimba yang ada di tepiannya.

Pantai Anyer

Pantai Anyer

Terakhir ada Pantai Anyer, merupakan wisata di Serang Banten yang cukup populer. Pantai Anyer berada dekat dengan Pantai Sambolo dan Pantai Marbella. Jika mengunjungi salah satu atau dua pantai di atas dirasa kurang, maka Anda juga bisa sekalian mampir ke Pantai Anyer karena memang tidak jauh.

Di Pantai Anyer, ombaknya cukup tenang sehingga anak-anak yang bersama Anda bisa bermain dengan leluasa. Entah untuk bermain pasir, bermain ombak, atau sekedar bermain ringan di air.

Pulau Lima

Pulau Lima

Ada juga Pulau Lima untuk Anda yang berencana ingin lama-lama di sekitaran pantai. Karena merupakan tempat wisata Serang berwujud pulau, tentu Anda harus mau melakukan transportasi lebih setelah sampai di bibir pantai. Akan ada banyak pilihan perahu yang ditawarkan untuk bisa menyeberangi lautan diantara Pulau Jawa dengan pulau ini.

Pulau Lima masuk ke Kecamatan Kasemen, di sana Anda dan keluarga atau sahabt bisa bersantai sambil menikmati suasana tropis yang erat.

Pulau Sangiang

Pulau Sangiang

Ada juga Pulau Sangiang jika Anda sudah ke Pulau Lima dan merasa belum cukup. Atau mungkin Anda kurang setuju menjadikan Pulau Lima sebagai satu-satunya destinasi wisata Serang Banten, bisa memilih Pulau Sangiang sebagai opsi selanjutnya.

Malahan, di Pulau Sangiang Anda akan lebih leluasa untuk melakukan aktivitas apa saja. bisa dengan mengelilingi pulau untuk berolahraga dengan pemandangan alam yang cantik, camping, bersantai, atau bermain di tepi pantainya karena juga worth to try.

Rawa Arum

Rawa Arum

Di Rawa Arum Anda bisa menikmati matahari tenggelam dengan sempurna. Selalu dikunjungi oleh mereka yang mencari wisata Serang Banten yang bernuansa romantis. Anda yang emang cari liburan seperti ini pun juga tak akan dikecewakan jika datang kesini.

Adapun lokasi Rawa Arum sebagai salah satu tempat wisata di Serang adalah berada di Jalan Kp. Tegal Wangi Nomor 62, Arum, Grogol, Banten. Ada dermaga kecil-kecilan dari kayu yang beri kesempatan pada wisatawan untuk bisa lebih dekat dengan tengah rawa. Bisa dijadikan spot foto yang menarik, pastikan Anda memilih angle yang tepat.

Curug Bumi

Curug Bumi

Setelah jalan-jalan ke pantai, lengkapi agenda liburan Anda selama di Serang, Banten dengan mengunjungi air terjun. Air terjun pertama yang jadi opsinya adalah Curug Bumi. Curug Bumi berada di Padarincang, Serang, Banten.

Tempat wisata di Serang Banten ini memberikan pemandangan air terjun yang tak biasa. Dipenuhi dengan tebing yang tak beraturan, wisatawan harap berhati-hati ketika melangkahkan kaki untuk sampai ke air terjunnya. Perhatikan setiap langkah supaya tidak terpeleset. Apalagi, seperti yang kita tahu bahwa tebing sekitar air terjun pastilah licin untuk dilalui.

Masjid Pecinan Tinggi

Masjid Pecinan Tinggi

Setelah sampai di masjid ini mungkin Anda tidak akan menyangka bahwa bangunan yang ada di depan Anda adalah sebuah masjid. Bentuknya memang tidak seperti masjid, namun benar-benar nyata bahwa bangunan ini dulunya digunakan untuk beribadah orang beragama Islam.

Lebih tepatnya lagi, masjid ini dulu dibangun untuk tempat beribadah para warga Cina. Bagaimana bisa ada warga Cina yang dahulu dibangunkan masjid untuk beribadah? Tentu bisa, sebab Masjid Pecinan Tinggi adalah salah satu peninggalan zaman Kerajaan Banten yang memang dikenal sebagai kerajaan dengan masyarakat yang memiliki toleransi tinggi.

Jika Anda penasaran dengan wujud wisata Banten ini, maka datang saja ke Jalan Vihara-Karangantu Nomor 57, Banten, Kasemen, Serang, Banten.

Bendungan Sindang Heula

Bendungan Sindang Heula

Bendungan Sindang Heula dulunya bukanlah tempat wisata di Banten. Bendungan ini jadi wisata Serang dadakan pada pertengahan tahun 2020. Memang masih cukup baru, namun memang layak untuk dikunjungi.

Adapun alasan yang menjadikan bendungan ini jadi wisata Banten dadakan adalah karena memungkinkan untuk digunakan berselancar oleh warga sekitar. Putuskan saja untuk mengunjunginya atau tidak, jika iya maka ketahui alamatnya. Bendungan Sindang Heula berada di Sindangheula, Pabuaran, Serang, Banten.

Kerkhoff

Kerkhoff

Kerkhoff memang diartikan sebagai kuburan. Wisata Serang Banten ini adalah salah satu peninggalan di zaman Kerajaan Banten yang merupakan salah satu kerajaan bercorak Islam di Banten. Ada cukup banyak peninggalan kerajaan ini, salah satunya adalah kawasan pemakaman Belanda yang disebut sebagai Kerkhoff.

Kerkhoff berada di kawasan wisata Banten Lama. Jadi, kalau Anda sedang berada di Banten lama bisa sekalian mengunjungi Kerkhoff. Memiliki nuansa gothic yang kental, Kerkhoff berada di Jalan Bio Banten, Kasemen, Serang, Banten.

Situs Banten Girang

Situs Banten Girang

Situs Banten Girang adalah wisata di Serang Banten yang terletak sekitar 10 kilometer dari Pelabuhan Banten. Untuk Anda yang memang cari wisata Serang bertema sejarah dan edukatif, boleh banget mampir ke wisata ini.

Situs Banten Girang juga menjadi salah satu situs peninggalan zaman purbakala. Selain itu, juga masuk menjadi salah satu cagar budaya di Serang, Banten. Wisata Banten ini berada di Jalan Raya Pandeglang, Blok Sempu Banten Girang, Cipare, Serang, Banten. Jika masih ragu untuk memilih wisata ini sebagai destinasi berlibur atau tidak, maka jawabannya tetaplah kesana saja sebab pasti tak akan mengecewakan dan siap menambah wawasan sejarah Anda.

Museum Negeri Banten

Museum Negeri Banten

Dari awal bangunan ini ada, bukan menjadi sebuah tempat wisata di Banten. Sebab bangunan yang terletak di Jalan Brigjen KH Syamsun Nomor 5, Kotabaru, Serang, Banten ini dulunya digunakan untuk kantor Residen Banten.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Pandeglang

Datang ke Museum Negeri Banten bisa dengan keluarga, terutama anak-anak. Sebab dengan demikian, Anda dan siapa saja yang datang bersaa Anda bisa berliburan sambil belajar atau menambah wawasan. Tempat wisata Serang Banten ini cukup disarankan untuk Anda yang cari wisata nuansa sejarah. Wawasan yang akan bertambah adalah pengetahuan tentang masa kolonial Belanda di Banten.

Gunung Pinang

Gunung Pinang

Terletak di perbukitan, Anda bisa menikmati udara sejuk jika mengunjungi dataran tinggi atau pegunungan tak memungkinkan. Gunung Pinang terletak cukup dekat dengan perkotaan, malahan ada bonus yang bisa dimanfaatkan untuk berwisata di sana.

Bonus yang akan Anda suka jika Anda cari spot foto dengan banyak pilihan. Salah satunya adalah spot foto bukit cinta. Akan sangat cocok untuk Anda yang mencari wisata dengan spot-spot kekinian ini. Wisata Gunung Pinang berada di Kecamatan Kramatwatu, Kota Serang, Banten.

Taman Rekreasi Wulandira

Taman Rekreasi Wulandira

Ada tempat rekreasi di Serang yang bisa dipilih untuk berlibur bersama keluarga. Pasti tak membosankan dan memang cocok untuk wisatawan dari luar Banten. Apa yang ada di Taman Rekreasi Wulandira adalah sebuah taman yang dipenuhi pepohonan sehingga akan tetap terasa sejuk meskipun datang kesana di siang hari.

Sudah disediakan area rekreasi berupa taman bermain dna tempat untuk istirahat. Tempat rekreasi di Serang ini berada di tepi danau sehingga Anda juga akan mendapatkan pemandangan perairan. Danau yang ada di tepinya in justru membuat suasana di sana semakin sejuk. Jika Anda tertarik, wisata ini berada di Desa Wanayasa, Kecamatan Kramatwatu, Kota Serang.

Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama

Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama

Ada lagi museum yang bisa dikunjungi di Serang dan direkomendasikan. Wisata di Serang ini berada di pusat Kota Serang sehingga tak akan sulit dicari. Berbekal Google Maps atau penunjuk arah di pinggir jalan saja sudah bisa menemukan wisata ini.

Banyak ilmu bisa diserap dengan cara mengunjungi Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama. Mayoritas benda bersejarah yang ada di sana dan ilmu yang bisa dipelajari adalah sisa-sisa dari Kerajaan Banten.

Keraton Surosowan

Keraton Surosowan

Keraton Surosowan adalah salah satu peninggalan Kesultanan Banten yang besar. Keraton ini dulu menjadi pusat kerajaan sehingga wajar saja bila apa yang akan Anda jumpai nanti adalah bangunan sisa-sisa yang sangat khas seperti sebuah kerajaan. Banyak cerita sejarah zaman Kerajaan Nusantara yang terjadi di keraton ini.

Jika Anda ingin menyaksikan langsung sisa-sisa kerajaan ini, maka datang saja ke Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten. Malahan, bisa dikatakan Keraton Surosowan menjadi tempat wisata di Banten yang diwajibkan untuk dikunjungi.

Di kalangan sejarawan, wisata ini cukup eksis sehingga banyak wisatawan yang sengaja datang kesana untuk mempelajari sejarah. Meski begitu, tak menutup kemungkinan Anda yang tidak berlatar belakang ilmu sejarah bisa menikmati pemandangan reruntuhan kerajaan yang ada di sana.

Bukan sembarang sisa-sisa bangunan. Malahan, bisa dikatakan masih cukup sempurna peninggalannya alias tidak terlalu parah reruntuhannya. Jangan lupa juga untuk berfoto-foto di sana.

Ternyata benar ada banyak tempat wisata di Serang Banten yang jadi opsinya ketika Anda berada di Serang. Banyaknya pilihan yang ada akan memberikan Ana keleluasaan ekstra. Bisa disesuaikan dengan siapa Anda berlibur. Apakah menjadi seorang solo traveller, bersama keluarga, pasangan, atau bersama pasangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *