Tempat Wisata Di Sidikalang Dairi Paling Populer

Tempat Wisata Di Sidikalang Dairi

Sidikalang merupakan ibu kota dari kabupaten Dairi provinsi Sumatera Utara. Ada banyak tempat wisata di Sidikalang Dairi yang selalu menjadi sasaran wisatawan kala liburan tiba, cocok dan layak jadi lokasi untuk berlibur bersama keluarga.

Tempat Wisata Di Sidikalang Dairi

Selain Danau Toba yang terkenal di Wisata Sumatra Utara, ada deretan tempat wisata di Sidikalang Dairi yang tak kalah indah dan tentunya rekomended untuk sobat kunjungi. Penasaran bukan, yuk simak ulasan beberapa rekomendasi destinasi wisata Sidikalang Dairi berikut ini.

Bacaan Lainnya

Rumah Adat Pakpak

Rumah Adat Pakpak

Tempat wisata di Sidikalang Dairi yang pertama adalah Rumah Adat Pakpak yang berlokasi di Desa Pakpak, Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara. Rumah Adat Pakpak ini cocok untuk kamu yang suka dengan wisata budaya.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Asahan

Rumah Adat Pakpak ini memiliki desain khas, bentuk dan arsitek bangunannya hampir sama dengan rumah adat Bolon suku Batak.

Banyak nilai budaya masa lalu yang bisa di pelajari disini.  Bangunan yang didominasi kayu dan ijuk menjadi warisan budaya Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan

Danau Sicike-Cike

Danau Sicike-Cike

Objek wisata Sidikalang ini merupakan kawasan hutan lindung berisi beragam flora dan fauna liar, serta mencakup tiga danau dan satu air terjun. Sangat cocok terutama bagi kalangan pencinta alam.

Danau yang berlokasi di Desa Lae Hole, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi ini juga menyuguhkan spot-spot kece dan instagramable banget.

Pemandian Lau Timah

Pemandian Lau Timah

Lau Timah merupakan kolam pemandian alam dengan background bebukitan hijau yang berada di perbatasan Karo dan Dairi, tepatnya berada di Ds. Lau Renun, Kec. Tanah Pinem, Sumatera Utara.

Tempat wisata Sidikalang ini juga pantas sobat kunjungi karena airnya dipercaya dapat menyembuhkan beragam jenis penyakit. Selain keunikan tersebut, keindahan di sekitar lokasi juga cukup eksotik sangat cocok untuk mengisi liburan sobat.

Tao Silalahi

Tao Silalahi

Berada di tepian Danau Toba, terdapat sebuah desa yang bernama Silalahi atau biasa disebut Tao Silalahi. Tempat wisata di Dairi ini berlokasi di Desa Silalahi, Kecamatan Silalahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Pesona Tao Silalahi memang amat mengesankan hati. Dimana, air nya yang sangat jernih dan pemandangan bukit barisan nan elok. Menariknya lagi, disini pula ada palung terdalam Danau Toba yang mencapai 900 meter. Sehingga, siapa pun disarankan untuk berhati-hati bila bermain-main disini.

Bukit Siadtaratas

Bukit Siadtaratas

Wisata Sidikalang Daili selanjutnya yang sangat banget sobat lewatkan adalah Bukit Siadtaratas atau lebih dikenal dengan nama Bukit Silalahi ini terletak di desa Paropo wilayah Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Bukit Siadtaratas menjadi salah satu spot terbaik dan terfavorit para wisatawan untuk menikmati keindahan Danau Toba. Di atas bukit, sobat akan disuguhkan dengan pemandangan danau biru yang sangat luas.

Mata para wisatawan juga akan dibuat segar dengan hamparan rerumputan hijau. Tempat ini cocok buat kamu yang ingin melihat matahari terbenam. Menariknya, di Bukit Siadtaratas ini kamu bisa bermalam dan mendirikan tenda lho!

Air Terjun Lae Pendaroh

Air Terjun Lae Pendaroh

Jika sobat sedang berada di Dairi jangan lupa mampir ke salah satu objek wisata yang cukup terkenal yakni wisata air terjun Lae Pandaroh.

Tepat di depan air terjun terdapat jembatan Lae Pendaroh, ada pula gapura yang digunakan sebagai titik foto agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Keunikan lain dari tempat wisata Dairi ini terdapat di namanya sendiri.

Dalam bahasa sumatera utara Pendaroh artinya adalah darah. Konon katanya saat terjadi hujan yang sangat lebat warna air ini akan berubah menjadi warna darah.

Air Terjun Lau Baski

Air Terjun Lau Baski

Selain Air Terjun Lae Pendaroh, ada satu lagi tempat wisata alam berupa air terjun di Kabupaten Dairi yang juga wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi yaitu Air Terjun Lau Baski.

Namun, untuk mencapai lokasi air terjun tersebut tidaklah mudah dan membutuhkan tenaga yang ekstra. Pasalnya, wisata Sidikalang Dairi ini berada di tengah-tengah hutan Bukit Barisan.

Keindahan Air Terjun Lau Baski yang memiliki ketinggian kurang lebih 13 meter ini diapit oleh hutan-hutan alami, akan membuat sobat terpukau dan merasa rileks.

Puncak Sidiangkat

Puncak Sidiangkat

Puncak Sidiangkat atau Puncak Nantampuk Mas adalah salah satu destinasi wisata Sidikalang yang instagramable patut masuk dalam daftar list sobat wisata.

Pemandangan indah, udara segar dan kenikmatan suguhan kopi Sidikalang akan membuat sobat bakal betah disini.

Tak hanya keindahan alamnya yang bisa dilihat di sini, objek wisata ini juga dilengkapi spot-spot foto cantik yang bisa sobat abadikan.

Taman Wisata Iman Sitinjo

Taman Wisata Iman Sitinjo

Taman Wisata Iman Sitinjo (TWI Sitinjo) merupakan salah satu destinasi wisata Sidikalang dan unggulan kabupaten Dairi. Lokasi ini disebut-sebut merupakan satu dari tujuh wisata paling unik dan langka di dunia. Destinasi ini menyajikan sebuah kawasan wisata yang menggabungkan konsep wisata religi dengan wisata alam.

Taman Wisata Iman terletak di sebuah perbukitan di Kecamatan Sitinjo, Sidikalang. Kawasan ini menyuguhkan sejumlah tempat peribadatan dari agama-agama yang diakui di Indonesia. Wisatawan juga dapat menyaksikan dan menikmati indahnya panorama alam yang dimiliki Kabupaten Dairi.

Sungai Lau Renun

Sungai Lau Renun

Tujuan wisata Dairi selanjutnya adalah Sungai Lau Renun. Sungai Lae Renun adalah objek wisata di Kabupaten Dairi yang sudah terkenal dan merupakan sungai terpanjang di Kabupaten Dairi.

Derasnya air Sungai Lae Renun, menjadikan sungai ini sebagai salah satu lokasi arung jeram yang menantang adrenalin para peminat olahraga arung jeram. Jika sobat ingin mencoba kegiatan ini, harus menggunakan pemandu untuk memastikan keselamatan saat menikmati arum jeram.

Parhonasan ‘Daihonas’ Lae Parira

Parhonasan ‘Daihonas’ Lae Parira

Wisata yang satu ini berlokasi di Desa Sempung Polling, Kecamatan Lae Parira, Kabupaten Dairi. Menawarkan wisata alam sambil menikmati segarnya buah Nanas.

Pengelola juga menyediakan beberapa spot foto yang instagramable khusus untuk menarik minat kaum milenial agar mengunjungi tempat ini. Pilihan wisata di Dairi ini sangat cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Pulau Paropo

Pulau Paropo

Paropo adalah salah satu desa yang memiliki keindahan alam yang berada di Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara. Wisata Dairi ini sangat terkenal, karena menyimpan pemandangan terbaik Danau Toba dari sudut yang lain.

Salah satu aktivitas favorit bagi wisatawan yang datang ke Paropo adalah camping. Suasana tepian Danau Toba yang menerupai pantai, ditambah dengan asrinya suasana di sekitarnya, membuat Paropo ini menjadi salah satu spot kemping yang populer di kawasan Danau Toba.

Pantai Silalahi

Pantai Silalahi

Tak banyak yang tahu tentang Pantai Silalahi di Kabupaten Dairi ini. Padahal ada keindahan yang istimewa di wisata Daili ini.

Julukan lainnya adalah ujung Danau Toba, karena perairannya cukup dangkal dan dapat diukur kedalamannya. Kondisinya juga jernih dan nampak begitu segar. Rerumputan yang ada di dasar danau pun terlihat jelas.

Bumi Perkemahan Silalahi

Bumi Perkemahan Silalahi

Bumi Perkemahan yang berada di tepian Danau Toba ini menyuguhkan pemandangan yang masih asri dan dijaga baik oleh penduduk sekitar.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Batu Bara

Banyak titik kemah yang dapat dinikmati saat berkunjung ke Paropo. Pemandangan Bukit  Siattaratas juga akan tampak dari bumi perkemahan Silalahi ini.

Tugu Silahi Sabungan

Tugu Silahi Sabungan

Wisata Sidikalang Dairi yang terakhir adalah Tugu dan Makam Raja Silahisabungan.  Makam ini terletak persis di jalan utama Paropo. Jika sobat dari Medan, membutuhkan waktu tempuh selama 4 jam.

Itulah daftar rekomendasi beberapa tempat wisata di Sidikalang Dairi yang bisa sobat sambangi saat musim liburan tiba.

Pos terkait