Tempat Wisata Di Sidoarjo

8 Tempat Wisata Di Sidoarjo yang Sangat Populer

Posted on

Sidoarjo sebuah Kawasan yang masuk dalam area Jawa Timur. Memiliki potensi wisata populer yang tak kalah menarik seperti Kawasan lainnya. Nah, bagi traveler yang memang sedang ada di Sidoarjo sebaiknya jangan terburu-buru pulang ya, bagaimana kalau kamu eksplore dulu tempat wisata di Sidoarjo yang ada?

Tempat Wisata di Sidoarjo

Beberapa tempat wisata di Sidoarjo berikut ini mungkin bisa menjadi pilihanmu. Simak yuk.

Alun-Alun Sidoarjo

Alun-Alun Sidoarjo

Alun-Alun Sidoarjo merupakan tempat wisata di Jawa Timur yang difungsikan sebagai ruang public alias untuk umum dan bisa didatangi siapa saja. Pada umumnya, alun-alun merupakan pusat suatu kota yang tak pernah sepi pengunjung, begitu juga dengan yang ada di Sidoarjo. Area parkir yang luas pun semakin membuat nyaman untuk mereka yang membawa kendaraan pribadi.

Menuju bagian tengah alun-alun, kita bisa melihat ikon Monumen Kabupaten Sidoarjo yang menghadap ke sisi utara. Struktur yang megah dan dilapisi marmer, lalu dikeliling oleh taman yang melambangkan cita-cita Sidoarjo, yakni ingin terus maju dan berkembang.

Baca Juga: Wisata Madura

Lalu, bila berjalan ke sisi timur kamu akan melihat 1 monumen lainnya yaitu Monumen Jayandru yang menghadap langsng ke jalan utama. Makna dari bentuk monument tersebut adalah wahyu kejayaan yang juga melambangkan harapan untuk kabupaten Sidoarjo. Tingginya mencapai 25 meter, dikelilingi oleh 9 patung ikan dimana Sidoarjo sendiri memang daerah penghasil ikan.

Ada pula sebuah pendopo yang biasa digunakan untuk menggelar upacara besar atau dialog bersama warga. Sementara bagi orang tua yang mengajak anaknya ke sini tak perlu khawatir, sebab di sini ada area playground khusus tempat bermain anak. Lapangan sepak bola yang luas pun menjadi fasilitas umum yang bisa digunakan oleh siapa saja.

Uniknya lampu yang ada di alun-alun ini memanfaatkan listrik dari hasil tenaga surya. Dimana akan langsung menyala saat hari sudah gelap, wah keren ya?

Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular

Next, wisata Sidoarjo selanjutnya adalah Museum Mpu Tantular. Sebuah tempat yang menyimpan banyak jejak sejarah, lokasinya berada di Jalan Raya Buduran-Jembatan Layang, Bedrek, Siwalanpanji, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Tengah Timur 61252.

Sebenarnya museum ini merupakan lanjutan dari Stedelijk Historisch Museum Surabaya yang didirikan oleh Godfried Hariowald Von Faber seorang berkebangsaan Jerman pada 1933. Awalnya koleksi yang ada hanya dipamerkan dalam ruangan kecil di raadhuis Ketabang lalu kemudian dipindahkan ke bangunan yang lebih luas, berlokasi di jalan Tegalsari. Proses pemindahan pun dibantu oleh Ny. Han Tjiong King, seorang janda yang baik hati. Museum kemudian pindah lagi ke tempat yang memadai di Jalan Pemuda Nomor 3 Surabaya, lalu diresmikan pada tanggal 25 Juni 1937.

Untuk pengelolaan museumnya sendiri dilakukan oleh Yayasan Pendidikan umum, dibantu Departemen Pendidikan dan Kebudayaan setelah sepeninggal Von Faber pada tahun 1995. Hingga akhirnya diberi nama museum Jawa Timur, dibuka pada tanggal 23 Mei 1972.

Pada tanggal 1974, status museum pun berubah menjadi museum Negeri dan diresmikan pada tanggal 1 November tahun 1974 dengan nama Museum Mpu Tantular. Karena koleksi museum semakin bertambah dan tempat tidak mencukupi akhirnya museum kembali pindah ke Jalan Taman Mayangkara Nomor 6, Surabaya. Berpindah lagi ke Jalan Raya Buduran, Sidoarjo hingga sekarang.

Berbagai macam koleksi arca, batu, peninggalan prasejarah, hingga benda-benda klasik bisa kamu lihat di sini. Cocok sekali untuk kamu yang memang menyukai wisata sejarah.

Suncity Waterpark Sidoarjo

Suncity Waterpark Sidoarjo

Sedang mencari tempat wisata keluarga yang cocok untuk anak-anak? Nah, kamu bisa coba mengajaknya ke Suncity Waterpark yang berlokasi di Jalan Pahlawan Nomor 1, Rw 06, Sidokumpul, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Seperti penamaannya, wisata di Sidoarjo ini memang akan menyuguhkan berbagai macam wahana air yang mengasyikan. Cocok sekali nih mengisi waktu liburan di akhir pekan.

Apalagi dengan fasilitas umum yang cukup lengkap, pastinya akan semakin membuatmu nyaman. Seperti changing room, nursery, parking area, praying room, restaurant, toilet yang nyaman hingga free wifi.

Water park ini sudah dibangun sejak tahun 2004, jadi termasuk dalam tempat wisata lama yang ada di Kota Sidoarjo. Konsepnya entertaining and fun, mulai dari area masuk saja sudah sangat menarik perhatian. Ada lukisan ala Mesir Kuno yang dipajang pada dinding depan area masuk, ada juga patung kepala Raja Mesir kuno yang dipajang di bagian sisi kanan dan kiri.

Kolam-kolam yang dibuat pun ada berbagai jenis yakni untuk anak, balita dan dewasa. Untuk area anak sendiri terbilang luas dan sudah dilengkapi dengan berbagai wahana seperti gurita raksasa, perosotan meliuk, hingga ember tumpah. Lalu bagian kolam untuk balita pun sudah dibuat senyaman mungkin, dengan tinggi kolam yang hanya sampai semata kaki.

Sementara bagi kamu yang menyukai tantangan, wajib banget nih coba berseluncur di water slide yang ada di taman air. Kamu akan diajak meluncur dari ketinggian 15 meter, dengan bentuk perosotan spiral. Tepat di sebelah water slide, kamu akan melihat patung dinosaurus t-rex raksasa yang akan mengeluarkan air dari mulutnya dan mengarahkan langsung ke kolam.

Ada pula wahana kolam arus yang menjadi salah satu pilihan wahana untuk kamu yang ingin berkeliling di Kawasan water park. Pengunjung hanya tinggal duduk santai di atas ban nantinya arus buatan akan membawamu berkeliling di jalur kolam yang sudah dibuat.

Pokoknya Suncity Waterpark memang cocok banget deh untuk mengisi waktu liburan kamu!

Candi Sumur

Candi Sumur

Tempat wisata di Sidoarjo satu ini sangatlah bersejarah, sebuah candi peninggalan zaman klasik yaitu Candi Sumur. Lokasinya ada di Candi Pari Kulon, Candipari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Sama halnya dengan candi secara umum, Candi Sumur terbuat dari batu bata. Namun kondisinya memang sudah ada yang rusak, hanya tinggal dinding sebelah timur dan selatan, lalu lantai dan juga pondasi bangunan. Biarpun begitu secara keseluruhan arsitektur candi Sumur masih bisa terlihat, dimana bentuknya hampir sama dengan candi saat periode Jawa Timur dan secara filosofi ini sangat mendukung kepercayaan yang ada saat masa Majapahit bahwa hidup serta kehidupan berasal dari 3 unsur; Air, Tanah dan Api. Ini juga terlihat pada bahan baku banguna Candi, batu bata yang terbuat dari bahan dasar tanah lalu dicampur air dan dibakar.

Letak candinya tidak terlalu jauh dari Candi Pari, kurang lebih hanya berjarak 100 meter. Untuk ukurannya sendiri Candi Sumur lebih kecil. Pada bagian dindingnya ada sebuah ukiran atau disebut relief. Berdasarkan legenda, berdirinya candi ini dibangun untuk mengenang hilangnya seorang sahabat atau adik angkat dari salah satu putera Raja Pahit yang saat itu menolak tinggal di Majapahit.

Suasana sekitar candi pun terbilang cukup nyaman, sangat mendukung untuk para pengunjung bisa berkeliling di sekitar candi. Selain itu, karena lokasinya berada di tengah perkampungan sehingga kamu mungkin akan bertemu dengan warga yang tinggal di sekitar candi. Jadi sebaiknya kamu bersikap ramah tamah ya.

Delta Fishing

Delta Fishing

Delfat Fishing merupakan wisata alam Sidoarjo yang tak pernah sepi dari pengunjung dan sangat cocok dijadikan sebagai alternatif wisata keluarga. Suasana yang menyejukkan, pemandangan alam yang indah tentu sangat mendukung sekali.

Kalau melihat dari nama wisata ini, sudah bisa ditebak kalau Delta Fishing menawarkan area memancing dengan koleksi ikan yang cukup banyak. Bila kamu suka memancing datang saja ke tempat ini. Kamu pun bisa langsung menikmati ikan hasil tangkapan yang dibakar atau digoreng.

Tapi, nggak hanya kolam pemancingan saja ya. Delta Fishing juga mem fasilitas kolam renang untuk pengunjung yang ingin bermain air. Tenang saja, kolam renang nya berbeda dengan kolam ikan kok hehe.

Dan tak hanya sampai disitu saja, kalau kamu ingin menguji adrenaline dan mengajak keluargamu lebih dekat dengan alam kamu bisa bermain di area outbound yang sangat menyenangkan. Salah satu wahana yang akan menguji adrenaline adalah flying fox, kamu akan diajak meluncur di atas ketinggian lalu melewati danau dan pemandangan alam.  Untuk anak-anak yang ingin mencoba flying fox, sudah disediakan khusus flying fox anak yang sistem keamanannya sudah terjamin.

Kalau masih belum terlalu menguji adrenaline, kamu bisa berjalan kaki melewati jembatan tali yang membentang di atas danau. Saat jembatan bergoyang kamu akan merasakan sensasi yang menegangkan.

Candi Tawangalun

Candi Tawangalun

Candi Tawangalun berlokasi di Jalan Candi Tawangalun I, Dukuh Kampung Baru RT. 10 RW. 05 Desa Buncitan, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Tepatnya berada di belakang kompleks Akademi Perikanan Sidoarjo (APS). Kalau dari perempatan Gedangan – Sidoarjo. cukup lurus saja sampai menemukan Desa Buncitan.

Situs purbakala ini mempunyai beberapa cerita di baliknya. Menurut warga setempat, di wilayah ini dulunya pernah ada seorang raja yang berkuasa. Ia bernama Resi Tawangalun, yang konon dirinya merupakan bangsa jin sehingga memiliki kekuatan di luar nalar. Oleh karena itu juga, banyak orang yang tidak mengetahui keberadaannya.

Selain itu, dikabarkan juga kalau Resi Tawangalun mempunyai seorang anak perempuan. Konon katanya, anak gadisnya ini memendam rasa cinta kepada Raja Brawijaya yang merupakan penguasa Kerajaan Majapahit.

Tak seperti candi pada umumnya yang punya kaki, tubuh dan kepala. Candi Tawangalun bentuknya lebih sederhana, hanya berupa tumpukan batu bata. Candi berbentuk seperti ini karena bangunan sudah tinggal separuh bagian saja. Sementara itu, di halaman candi kamu akan menemukan tumpukan batu bata merah yang merupakan sisa rontokan bangunan candi yang tersusun melingkar. Belum ada yang tahu apakah struktur awalnya melingkar, atau hanya sekedar disusun melingkar agar terlihat rapi.

Tepat di bagian depan candi, ada sebuah cawan yang memiliki ukiran dan terbuat dari batuan andesit. Kalau diperhatikan lebih teliti, cawan tersebut mirip dengan umpak atau tatakan kayu sebagai penyangga bangunan. Dulu, cawan tersebut berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan dupa.

Agar tidak penasaran dengan semua spot yang ada di Candi Tawangalun, yuk langsung saja datang ke sini dan jelajahi semua sudutnya!

Citra Harmoni Waterpark

Citra Harmoni Waterpark

Panasnya Kota Sidoarjo menjadikan wisata air adalah pilihan yang tepat untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Salah satu water park bisa menjadi pilihan adalah Citra Harmoni Waterpark. Berlokasi di Jalan Raya Trosobo Km 20 memiliki total luas area 800 m2. Tempat wisata yang merupakan bagian dari perumahan Citra Harmoni dan dikembangkan oleh grup Ciputra.

Sebagaimana water park pada umumnya, ada banyak pilihan aktivitas yang bisa dilakukan di Water park ini. Dengan didukung oleh tim pengelola yang profesional dan ramah, waterpark ini cocok untuk dikunjungi wisatawan dalam kota maupun luar kota.

Ada tiga kolam utama di water park ini. Dua kolam diperuntukkan untuk anak-anak dengan berbagai wahana yang bisa dimainkan. Kolamnya sangat dangkal sehingga sangat aman bagi anak-anak. Untuk orang dewasa juga bisa menikmati wahana di water park ini. Di Citra Harmoni Waterpark, pengunjung bisa berenang di kolam renang dewasa. Selain menjadi ajang rekreasi, berenang di kolam renang juga akan meningkatkan kebugaran tubuh.

Bagi pengunjung yang ingin mencoba beradu cepat dengan pengunjung lain. Racer slide adalah perosotan yang tepat. Di waterpark ini, pengunjung akan menjumpai racer slide dengan dua jalur yang saling berdampingan dengan satu lekukan yang menukik tajam. Wahana ini dijamin akan semakin menambah keseruan bermain air sekaligus memompa adrenalin di Ciputra Harmoni waterpark.

Jika anak-anak sudah lelah bermain air namun masih belum puas. Anak-anak masih bisa bermain di taman bermain dengan permainan perosotan dan ayunan yang pastinya tidak kalah seru

Bermain seharian di waterpark akan membuat lapar, namun tidak perlu khawatir. Pengelola berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang baik dengan menyediakan fasilitas food-court. Selain untuk berlibur, pengelola juga menyediakan paket untuk acara-acara tertentu seperti pernikahan, lomba kreativitas anak dan lain-lain. Jangan ragu lagi menjadikan Citra Harmoni Waterpark sebagai salah satu pilihan berlibur bersama keluarga di Kota Sidoarjo.

Kampung Batik Jetis

Kampung Batik Jetis

Destinasi wisata di Sidoarjo selanjutnya adalah destinasi wisata belanja Kampung Batik Jetis. Tapi nggak hanya belanja saja sih, di sini kamu juga mempelajari bagaimana proses pembuatan batik. Lokasinya ada di Jalan P. Diponegoro, Lemah Putro, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Sejarah  munculnya  Kampung  Batik  Jetis  sendiri tidak  terlepas  dari  adanya bencana  lumpur  lapindo  pada tahun  2005  yang  mengakibatkan perekonomian  Sidoarjo mengalami penurunan sehingga berdampak  tersendatnya perekonomian  di Kabupaten  Sidoarjo.

Hal ini juga yang membuat Bupati Win Hendarso pada tahun 2008 meresmikan Kampung Jetis menjadi Kampung Batik Jetis untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, karena seperti yang telah diketahui bahwa Sidoarjo tengah  dilanda  musibah  yang  tidak  berujung  dan  tidak tahu kapan akan berakhir  yakni lumpur lapindo.

Lumpur lapindo mengakibatkan potensi Sidoarjo hampir menutup  potensinya,  yakni  Tanggulangin  yang  terkenal  dengan kerajinan tas dan sepatunya. Dengan alasan tersebut akhirnya  pemerintah  ingin  memunculkan  potensi-potensi Sidoarjo  yang  tersembunyi  dan  belum  banyak  diketahui oleh masyarakat luas.

Kampung  Batik  Jetis  Sidoarjo  mempunyai  sentra produksi di kampung batik Jetis, kampung ini merupakan kampung  tua  pengrajin  batik  yang  ada  sejak  tahun  1675 se tahun   setelah   masjid   Jami   dibangun.   Masjid   kini bernama Al- Abror, berada di Kauman (belakang toserba Matahari). Di kampung ini masih terdapat produksi batik tulis  tradisional.

Baca Juga: Wisata Sampang

Jadi, kalau kamu sedang berkunjung ke Sidoarjo, nggak ada salahnya sempatkan untuk ke Kampung Batik Jetis yuk.

Itulah 8 tempat wisata di Sidoarjo yang sangat populer dan bisa menjadi pilihan untuk kamu kunjungi saat berkunjung ke Sidoarjo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *