Tempat Wisata Di Sikka Maumere

12 Tempat Wisata Di Sikka Maumere Yang Bikin Betah!

Posted on

Maumere merupakan sebuah kota kecil yang ada di kepulauan Flores dan menjadi Ibu Kota untuk Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di sini, kamu bisa menjelajahi berbagai tempat wisata sikka Maumere yang sangat menarik. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata pesisir, dan lain-lain.

Tempat Wisata di Sikka Maumere

Nah guys, bila kamu berniat untuk menjelajahi tempat wisata Nusa Tenggara Timur sebaiknya jangan lupakan Sikka Maumere ya! Beberapa tempat wisata di Sikka Maumere berikut ini bisa kamu masukan ke dalam list destinasi wisata. Yuk simak!

Bukit Nilo

Bukit Nilo

Destinasi pertama adalah Bukit Nilo, wisata alam yang merangkap wisata religi untuk umat kristiani. Lokasinya berada di Kota Maumere dan bisa dikunjungi oleh siapapun. Alasan dimasukan dalam wisata religi karena terdapat sebuah patung ikonik yaitu Patung Bunda Maria dengan tinggi mencapai 25 meter dan sudah dibangun sejak tahun 2005.

Keberadaan patung tersebut tentu saja menyentuh nilai spiritual umat kristiani. Sehingga saat datang ke sini selalu menyempatkan untuk berdoa. Jadi saat datang ke sini dan melihat pengunjung yang sedang khusyu sebaiknya kamu tak terlalu berisik ya untuk menghormati perbedaan.

Baca Juga: Wisata Lembata

Di samping patung tersebut, Bukit Nilo juga menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan mempesona. Dari atas ketinggian kita bisa melihat Kota Sikka Maumere, angin sepoi kerap menyapu wajah membuat suasana lebih sejuk.

Teluk Maumere

Teluk Maumere

Tempat wisata selanjutnya memiliki nama yang mirip seperti nama daerahnya yaitu Teluk Maumere. Destinasi ini terkenal akan pesona alam bawah lautnya dan menjadi spot terbaik untuk snorkeling atau diving.

Pasalnya Kawasan teluk yang berlokasi di Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur ini memiliki taman laut yang cukup lengkap. Berbagai macam biota laut bisa kamu temui saat menyelam, lengkap dengan terumbu karangnya.

Tak hanya sampai disitu saja, pesona teluk semakin lengkap dengan adanya 19 pulau kecil di sekitar teluk Seperti Pulau Kojadoi, Pulau Sukun, Pulau Kambing, Pulau Babi, dan lain-lain. Beberapa wisatawan kerap menyempatkan diri untuk datang ke salah satu atau beberapa tersebut.

Bila kamu ingin menginap, kamu harus memastikan mengenai kondisi pulaunya ya. Jangan lupa untuk mengantongi izin juga agar liburanmu semakin aman dan nyaman.

Pulau Pangabatang

Pulau Pangabatang

Kalau berbicara mengenai tempat wisata di NTT sudah pasti yang ada disorot adalah pulau dan pesisirnya. Seperti Pulau Pangabatang, salah satu pulau kecil yang merupakan bagian dari 19 pulau di sekitar teluk Maumere. Pulau yang menawarkan pengalaman liburan menyenangkan.

Tak banyak wisatawan yang berkunjung ke sini, sehingga cenderung sepi dan lebih nyaman. Saat menikmati suasana pantai kamu tak akan terganggu dengan lalu-lalang orang. Seolah kamu sedang liburan di pulau miliki pribadi.

Lagi-lagi spot paling harus kamu coba adalah spot diving di perairan Pangatabatan. Kamu bisa menyelam, melihat bagaimana indahnya alam bawah laut. Bermain dengan ikan-ikan kecil, dan berfoto di dalam air.

Pantai Waiara

Pantai Waiara

Selain pulau tentu saja pantai di Maumere juga tak lepas dari sorotan, ada banyak pantai yang memperlihatkan keindahan alam Maumere seperti Pantai Waiara. Berlokasi di Desa Waiara, Kecamatan Kewapante, Kabupaten Sikka, NTT.  Bila dari pusat kota, kamu akan menempuh jarak perjalanan hingga 11 km. Tentu saja tak bisa dengan berjalan kaki, kamu harus naik kendaraan bermotor untuk menghemat waktu.

Keunikan Wai ara adalah dari terumbu karang warna-warni yang cantik. Ada pulau berbagai macam jenis biola laut yang bisa kita lihat jelas saat snorkeling atau diving.

Pantai Kajuwulu

Pantai Kajuwulu

Masih dengan pesona pantainya yaitu Pantai Kajuwulu, bila dari pusat kota Maumere jarak tempuhnya kurang lebih 24 km. Lokasi lebih tepatnya ada di Jalan Raya Magepanda, Desa Magepanda, Kecamatan Sikka, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Seperti pantai pada umumnya, kamu bisa menikmati pemandangan hamparan pasir putih serta air laut yang jernih lengkap dengan warnanya yang cantik, gradasi hijau tosca. Berbagai macam kegiatan pantai yang seru pun disa dilakukan seperti berenang, berjemur, menyusuri pantai, hingga snorkeling.

Saat berkunjung ke Kajuwulu kamu akan menemuk sebuah puncak bukit. Kalau mau, kamu bisa trekking ke atas bukit tersebut untuk mendapatkan pemandangan pantai secara keseluruhan. Dijamin, kamu akan takjub! Jangan lupa siapkan kamera ya untuk mengabadikan momen saat berada di puncak tersebut.

Pantai Koka

Pantai Koka

Alasan mengapa kamu disarankan untuk menyiapkan banyak waktu saat berada di Nusa Tenggara Timur karena ada banyak sekali destinasi wisata yang wajib dikunjungi, apalagi yang bertemakan pantai. Setelah beberapa sudah disebutkan di atas, ternyata masih ada lagi pesona pantai yang bisa kamu nikmati yakni di Pantai Koka. Lokasi lebih tepatnya berada di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, NTT.

Koka cukup tersembunyi sehingga masih jarang wisatawan yang berkunjung ke sini. Bahkan soal fasilitas pun belum terlalu memadai. Pantai ini masih sangat alami dan belum terjamah oleh tangan manusia.

Biarpun begitu, di tengah suasana pantai Koka yang sepi, kamu bisa semakin menikmati keindahan pantai berpasir putih tersebut. Hamparan laut biru dan perbukitan hijau pun semakin terlihat mengagumkan. Karena cenderung sepi dan jarang ada penjual makanan atau minuman, maka sebaiknya kamu membawa perbekalan sendiri. Ya secukupnya saja, asal kamu tidak kelaparan selama berada di Koka.

Pantai Wairterang

Pantai Wairterang

Masih belum puas dengan spot snorkeling yang sudah disebutkan sebelumnya? Oke kalau begitu, kamu bisa lanjutkan bersnorkeling di perairan Pantai Wairterang. Lokasinya berjarak 28 km bila dari pusat kota Maumere. Atau lebih tepatnya di Desa Waiterang, Kecamatan Waitege, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Saat melakukan snorkeling kamu akan melihat sebuah kapal yang sudah ada sejak masa penjajahan Jepang. Kapal tersebut memang bekas peninggalan perang dunia kedua.

Bila ingin snorkeling atau diving, sebaiknya kamu membawa alat-alatnya sendiri ya. Mengantisipasi bila ternyata saat dilokasi tak ada tempat penyewaan alat snorkeling atau diving.

Hutan Mangrove Magepanda

Hutan Mangrove Magepanda

Pesisir tak akan lepas dari hutan mangrove, begitu juga di kabupaten Sikka Maumere. Kamu bisa berkunjung ke salah satu hutan mangrove yang sudah dijadikan tempat wisata umum yaitu Magepanda.

Luas hutannya mencapai 70 hektar lebih, cukup luas kan? Kamu bisa puas berjalan-jalan dan menikmati pemandangan hutan tersebut. Tumbuhan hijau dan suasana laut yang tenang akan membuatmu nyaman. Biarpun cuacanya terik akan sedikit tersamarkan dengan semilir angin menyejukkan.

Bila ingin menjelajahi Hutan Mangrove Magepanda yang ada di Maumere ini, kamu bisa langsung saja berkendara ke Desa Reroroja, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Replika Kota Betlehem

Replika Kota Betlehem

Kamu pasti tau dong kota kelahiran Yesus? Khususnya untuk umat kristiani, pengetahuan ini adalah pengetahuan dasar, tahu kan dimana? Yap, betul sekali di Kota Betlehem, lokasinya ada di Palestina. Namun tahukah kamu ternyata di Indonesia terdapat replika dari kota tersebut. Jadi, tak harus jauh-jauh terbang ke sana, selagi liburan di NTT kamu bisa menyempatkan waktu sejenak untuk ke Replika Kota Betlehem. Lokasinya ada di Bukit Iligai, Desa Nelle Wutung, Kecamatan Nelle, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Desa Doka

Desa Doka

Masyarakat di Nusa Tenggara Timur rata-rata memang masih memegang teguh adat dan kebudayaan yang diwariskan oleh nenek moyang. Di tengah modernisasi mereka bisa bertahan tanpa terusik sedikitpun. Sehingga tak heran bila saat berkunjung ke NTT kamu akan menemukan cukup banyak kampung adat.

Seperti Desa Doka yang berada di kecamatan Bola, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Sebuah desa yang memperbolehkan wisatawan berkunjung karena terdapat banyak pengrajin kain tenun khas kepulauan Flores. Bagkan hampir semua penduduk desa tersebut memiliki keterampilan tersebut.

Di samping itu, penduduk yang tinggal di Desa Doka pun sangatlah ramah pada wisatawan yang datang. Bahkan tak jarang para pengunjung disambut dengan tarian tradisional khas setempat.

Datang ke kampung adat bisa membuatmu semakin sadar selain kekayaan alam, Indonesia juga kaya akan adat dan kebudayaannya.

Museum Bikon Blewut

Museum Bikon Blewut

Museum Bikon Blewut merupakan satu-satunya museum yang dapat kamu temukan saat berada di kota Maumere. Nah, karena hanya ada satu jadi kamu wajib banget nih menyempatkan datang ke sini. Lokasi tepatnya berada di Jalan Raya Maumere – Ende, Desa Nita, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Di sini, kamu bisa melihat berbagai macam hasil temuan yang ditemukan oleh seorang pria lulusan Belanda yaitu Pastor Theodor Verhoeven. Beberapa temuan tersebut seperti fosil manusia purba yang ada di kepulauan Flores lalu alat tenun yang digunakan sejak zaman dahulu, dan lain sebagainya.

Keberadaan museum ini sudah ada sejak tahun 1973 silam dan tak pernah sepi dari pengunjung. Bila tertarik untuk datang ke sini, kamu bisa datang kapanpun alias setiap hari. Namun untuk jam bukanya hanya dari pukul 08.00 pagi sampai dengan 13.30 siang.

Pantai Paga

Pantai Paga

Dan tempat wisata di Sikka Maumere yang terakhir adalah Pantai Paga. Berlokasi di Sikka, Nusa Tenggara Timur. Jaraknya terbilang cukup jauh bila kamu berangkat dari pusat kota Maumere, kurang lebih bisa mencapai 48 km. Bila diakumulasikan pada waktu mungkin kamu akan menghabiskan 4 jam perjalanan, tergantung bagaimana kondisi jalan.

Baca Juga: Wisata Sabu Raijua

Biarpun lokasinya terbilang cukup jauh namun datang kesini dijamin tak akan membuatmu kecewa dan merasa rugi. Keindahan Pantai Paga mampu membuatmu merasa nyaman dan betah berlama-lama. Selain melakukan berbagai macam aktivitas pantai seperti berjemur, berenang, hingga snorkeling, kamu juga bisa menikmati kuliner khas pesisir di Pantai Paga. So, jangan lupa siapkan uang cash yang banyak ya agar kamu bisa merasakan aneka kuliner sampai kenyang!

Oke traveller itulah 12 tempat wisata di Sikka Maumere yang bisa kamu masukkan ke dalam list destinasi wisata. Mau mengunjungi salah satunya atau semuanya pun bisa sekali! Yang penting sebelum berangkat ke Sikka, kamu sudah mempersiapkan itenarynya, sangat disarankan sih untuk mengikuti paket tour agar kamu tinggal menikmati perjalanan liburan saja, tak perlu mengurus penginapan atau sewa kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *