17 Tempat Wisata Di Simeulue Terbaik Untuk Di Kunjungi

Posted on

Berkunjung ke Aceh dan tepatnya di Simeulue akan ditemukan ragam wisata berbasis alam. Mulai dari wisata selancar, wisata pantai, wisata danau hingga wisata bahari. Semua tempat wisata di Simeulue ini tawarkan keindahan alam tiada duanya.

Kabupaten Simeulue memang tidak sepopuler kabupaten kota di Aceh layaknya Banda Aceh, Lhokseumawe, Sabang ataupun Bireun. Namun jangan salah keindahan alam yang ada patut dipertimbangkan.

Tempat Wisata di Simeulue

Terlebih berbicara tentang tempat wisata pantai, mereka miliki banyak spot untuk selancar kelas dunia. Pun demikian dengan pantai tenang yang pas buat sesaat menepi dari rutinitas. Berikut daftar rekomendasi tempat wisata di Simeuleue terbaik untuk dikunjungi.

Pantai Matanurung

Pantai Matanurung

Pantai yang satu ini tidak saja terkenal bagi peselancar dari dalam negeri saja. Tapi kedahsyatannya telah dirasakan para peselancar tingkat dunia.

Maklum saja karena Pantai Matanurung ini memiliki ombak kelas dunia yang dikenal dengan Long Tube Barrels. Dalam kondisi optimal ombak tercipta pun akan memiliki ketinggian hingga 5 meter.

Baca Juga: Wisata Banda Aceh

Wajar kemudian pantai yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia ini banyak didatangi warga asing. Penasaran bukan, saatnya berkunjung ke Pulau Simuelue atau tepatnya ada di Matanurung, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Aceh

Pantai Alus-Alus

Pantai Alus-Alus

Ingin bermain selancar tapi takut dengan karang maka pilihlah Pantai Alus-Alus. Dimana pantai ini dikenal minim dengan batu karang yang seringkali menjadi momok bagi para peselancar pemula.

Meski demikian untuk kualitas ombak tempat ini menjadi yang terbaik. Tak aneh rasanya bila kemudian aneka kejuaraan selancar sering digelar ditempat ini.

Pantai Alus-Alus ini ada di Teupah Selatan, Pulau Simeulue.

Pantai Nancala

Pantai Nancala

Selanjutnya surga bagi para pecinta Surfing saat ada di Simeulue tentu saja Pantai Nancala. Oleh sebagian orang pantai ini juga dijuluki dengan surga tersembunyi karena belum begitu banyak yang tahu lokasi ini.

Selain memiliki ombak yang baik untuk selancar, pantai ini juga miliki pasir putih yang begitu indah. Pantai yang masih bersih dari sampah membuat siapa saja betah berlama-lama di tempat ini.

Saat air laut surut maka akan terlihat karang yang begitu mempesona. Pantai Nancala sendiri ada Desa Nancala, Kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Simeulue.

Pantai Busung

Pantai Busung Aceh

Masih ingin berselancar di Simeulue maka datanglah ke Pantai Busung yang ada di Desa Busung Indah, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue. Pantai ini pun sama populernya dengan pantai Nancala dan pantai Matanurung.

Tidak hanya itu saja tapi bagi mereka yang suka eksplore alam bawah laut pun direkomendasikan untuk ke pantai yang satu ini. Fasilitas yang ada pun cukup baik sehingga wisatawan tidak harus membawa perlengkapan dari rumah.

Cukup siapkan waktu yang panjang karena sangat sayang pastinya bila ke pantai ini hanya sesaat. Jangan lupa untuk ajak teman dan pasangan untuk liburan lebih berkesan ke tempat wisata di Aceh.

Pulau Mincau

Pulau Mincau

Masih di kecamatan yang sama, di Teupah Barat terdapat pulau yang sangat direkomendasikan untuk menjadi pilihan selanjutnya. Di pantai ini banyak aktivitas pantai yang bisa dilakukan mulai dari snorkeling, diving atau berenang.

Pulau yang masih alami dan belum terjamah tangan jahil menjadi nilai lebih dari destinasi yang ada di Simeulue ini. Untuk menuju pantai ini wisatawan bisa menyewa boat atau perahu nelayan setempat.

Bagi yang suka kegiatan outdoor dan kegiatan berbau alam jangan ragu untuk camping di tempat ini. Pulau Mincau ini ada di Desa Pulau Teupah, Kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Simeulue.

Pantai Lantik

Pantai Lantik

Bagi warga setempat bisa jadi Pantai Lantik ini adalah primadona. Dimana tiap akhir pekan wisatawan lokal akan berkunjung ke pantai yang telah dikelola dengan baik ini.

Jaraknya lumayan dekat dari pusat kota karena bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 30 menit saja. Pantai ini oleh masyarakat sekitar juga dikenal dengan nama Pantai Alaik Sektare.

Dengan ciri khas pasir putih dan ombak tenang membuat siapapun lebih leluasa bermain di bibir pantai. Pantai Lantik ini ada di Desa Lantik, Kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Simeulue.

Pantai Thailand

Pantai Thailand Aceh

Meski bernama pantai Thailand jangan berpikir pantai ini ada di Thailand karena lokasinya ada di Desa Labuhan Bakti, Kecamatan Teupah Selatan, Kabupaten Simeulue. Dinamakan demikian karena keindahan pantai ini tak jauh beda dari keindahan pantai yang ada di Thailand.

Air laut yang begitu jernih dan terlihat berwarna tosca dan teluk melengkung menjadi penanda bahwa ini adalah Pantai Thailand.

Sangat sayang bukan kalau ke Aceh tidak menyempatkan ke pantai yang satu ini. Terutama lokasinya yang memang berdekatan satu sama lainnya.

Pantai Ganting

Pantai Ganting

Pernah terlintas Hawai yang begitu semilir dengan pohon kelapa dan pasir putih tapi minim budget. Saatnya datang ke pantai yang ada di Desa Ganting, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue sebagai gantinya.

Pantai indah ini siap menyambut wisatawan dengan segala pesonanya. Waktu terbaik untuk datang tentu saja pada sore hari dan nikmati keindahan matahari terbenam.

Dari pantai ini juga terlihat Pulau Siumat yang mempesona. Bila ada waktu sebaiknya dituntaskan pula yang satu ini.

Pantai Pasir Tinggi

Pantai Pasir Tinggi

Berbicara tentang pantai di Simeulue bisa jadi tidak akan ada kata habisnya. Hal ini karena memang secara fakta mereka menyimpan potensi keindahan pantai yang begitu melimpah.

Pantai Pasir Tinggi sendiri adalah salah satu objek wisata yang masih tergolong alami. Belum terlalu banyak sentuhan manusia dan pastinya tangan jahil.

Membuat siapa saja yang bisa tiba di pulau ini akan merasa sangat bersyukur. Pantai Pasir Tinggi sendiri ada di Desa Pasir Tinggi, Kecamatan Teupah Selatan, Kabupaten Simeulue.

Batu Siambong-Ambong Alafan

Batu Siambong-Ambong Alafan

Ingin melihat pantai dengan cara berbeda maka datanglah ke Batu Siambong Ambong Alafan yang ada di Desa Lubuk Baik, Kecamatan Alafan, Kabupaten Simeulue. Batu Siambong-Ambong ini menjadi ikon dan penanda bahwa mereka sedang ada di Simeulue.

Batu besar menjorok ke laut demikian bahasa sederhana untuk mengungkapkan keindahan ini. Setelah tiba di tempat ini jangan lupa ambil spot terbaik sebagai kenang-kenangan.

Pantai yang masih alami membuat tempat ini minim fasilitas. Namun demikian tidak mengurangi minat wisatawan untuk berkunjung.

Danau Air Tawar Teluk Dalam

Danau Air Tawar Teluk Dalam

Bukan hanya kaya akan lautan tapi kabupaten ini juga miliki danau air tawar. Danau Air Tawar Teluk Dalam demikian masyarakat menyebutnya dimana danau ini memiliki luas lebih kurang 800 meter kali 500 meter.

Untuk bisa ke danau ini pengunjung harus menempuh perjalanan lebih kurang 55 kilometer dari pusat kota Sinabung. Namun demikian lelah itu akan terbayar begitu tiba.

Dimana bukan hanya hamparan danau tapi ada juga perbukitan yang begitu indah menanti. Danau Air Tawar Teluk Dalam ini ada di Desa Kuala Bakti, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Simeulue.

Pulau Siumat

Pulau Siumat

Bila dari Pantai Ganting terlihat keindahan Pulau Siumat maka sangat disarankan untuk mengunjunginya. Tak jarang banyak pasangan muda yang berbulan madu di pulau ini.

Terlebih saat ini telah ada penginapan yang bisa disewa untuk berlibur. Menjadi waktu yang tepat untuk berlibur bersama pasangan.

Pulau ini tidak begitu luas tapi keindahan yang ada mampu membius siapa saja yang berkunjung. Siapkan waktu lebih panjang dan berkunjung ke Desa Pulau Siumat, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue.

Pulau Tepi

Nama yang unik pastinya tapi jangan salah dengan pesona ditawarkan Pulau Tepi. Di sini pengunjung bukan hanya bisa duduk dan melihat keindahan yang ada.

Lebih dari itu wisatawan bisa melihat keindahan bawah laut dengan berbagai cara. Baik itu snorkeling atau diving bisa dipilih untuk menuntaskan hasrat.

Bahkan tidak perlu menyelam bila memang kurang suka. Cukup sewa perahu dan berhenti sejenak untuk melihat aneka ikan warna-warni yang ada dibawahnya. Pulau Tepi ada di Lamerem, Kecamatan Alafan, Kabupaten Simeulue.

Pantai Labuhan Bakti

Pantai Labuhan Bakti

Tempat lain yang tak kalah romatis tentu saja ada Pantai Labuhan Bakti. Terlebih pada sore hari dimana matahari hendak terbenam, keindahan itu kian sempurna.

Sama seperti pantai-pantai lain yang ada di Aceh dengan ciri khas tenang dan jernih membuat siapa saja enggan melepas kesempatan untuk “nyemplung” lebih dalam. Mau dengan cara diving atau snorkeling sama apiknya.

Pantai Labuhan Bakti ini ada di Desa Labuhan Bakti, Kecamatan Teupah Selatan. Tak jauh dari pantai ini pun ada banyak pantai menarik lainnya yang bisa disambangi.

Air Terjun Putra Jaya

Air Terjun Putra Jaya

Bosan dengan suasana pantai dan ingin yang berbeda maka ini saatnya untuk berkunjung ke Air Terjun Putra Jaya. Lokasinya ada di Desa Putra Jaya, Kecamatan Simeuleu Tengah, Kabupaten Simeulue.

Air terjun ini miliki aliran sungai yang sangat jernih. Membuat siapa saja untuk tak segan bermain air di dalamnya.

Untuk menemukannya tidaklah mudah karena wisatawan harus berjalan cukup jauh ke dalam hutan. Sangat pas bagi mereka yang suka tantangan dan berbaur dengan alam.

Pantai Pasir Merah

Pantai Pasir Merah Aceh

Masih di desa yang sama di Desa Putra Jaya, Kecamatan Simeulue Tengah terdapat Pantai Pasir Merah yang ciamik. Dikatakan demikian karena pantai ini memiliki pasir merah atau agak kemerah-merahan.

Berbeda dengan pantai lainnya yang cenderung berwarna putih pastinya memberi kesan yang berbeda. Terlebih pada saat hujan, warna merahnya kian terlihat. Pasir yang ada pun cukup menarik dimana ada yang bertekstur halus dan kasar.

Khusus bagi mereka yang beruntung saat datang ke pantai ini akan melihat penyu yang ke pantai untuk bertelur di bibir pantai. Lihat boleh tapi mengganggu jangan lho ya.

Pulau Taman Raja Rayo

Pulau Taman Raja Rayo

Salah satu pulau yang cukup menarik di Simeulue tentu saja Pulau Taman Raja Rayo. Konon pulau ini sempat hilang dan muncul kembali pasca tsunami 2004 lalu.

Pulau unik ini pastinya harus masuk dalam daftar kunjungan saat berkunjung ke Simeulue. Atau persisnya ada di Kecamatan Teupah Tengah.

Baca Juga: Wisata Karang Baru

Fasilitas yang ada di pulau ini pun cukup baik. Dengan demikian tidak perlu membawa perbekalan yang melimpah karena telah disediakan warga sekitar.

Sangat menarik bukan berbagai destinasi wisata Simeulue diatas. Sangat sayang bila tidak dijadikan rujukan saat berkunjung ke Aceh.

Terlebih satu dengan yang lain jaraknya tidak begitu jauh. Artinya biaya atau budget disiapkan bisa ditekan selama perencanaan itu matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *