Tempat Wisata di Situbondo

19 Tempat Wisata di Situbondo Paling Direkomendasikan

Posted on

Anda harus tahu apa saja pilihan tempat wisata di Situbondo. Tak perlu lagi searching-searching Google saat sampai di sana nanti jika dari awal sudah tahu apa saja opsinya. Dengan tahu apa saja pilihannya juga, Anda bisa membuat itinerary berlibur di sana sesegera mungkin. Ayo ketahui apa saja wisata Situbondo yang bisa dipilih!

Tempat Wisata di Situbondo Jawa Timur

Situbondo Jawa Timur banyak memiliki wisata alam, sangat lah tidak sulit untuk menemukan destinasi wisata yang bisa mengembalikan otak segar dari kesibukkan yang ada. Mulai dari Pantai Bama yang sangat eksotis, Pantai Banongan Situbondo, Perkebunan Kopi Kayu Manis, Gunung Argopuro dan yang ada disekitarnya, Pelabuhan Panarukan, Pabrik Gula Olean, hingga Alun-Alun Situbondo, semuanya ada.

Masih banyak lagi pilihannya dan bisa Anda pilih dari daftar berikut.

Pantai Bama

Pantai Bama

Pantai Bama disetujui banyak orang menjadi pantai yang paling cantik dari semua wisata pantai Situbondo dalam daftar ini. apa yang ada di Pantai Bama ini hampir serupa dengan para pelukis yang menggambarkan pantai. Apa yang akan Anda lihat di sana adalah pantai dengan hamparan pasir berwarna coklat muda yang biasa disebut sebagai warna sand.

Persis seperti yang ada di beberapa pantai di luar negeri. Selain pasir pantai yang berwarna khas, pantainya juga dihias dengan bebatuan warna hitam pekat. Ombaknya sedikit tenang, namun terkadang kencang sehingga wisatawan harus hati-hati. Siapa saja akan tertarik untuk mengambil foto atau video selama di pantai ini, entah untuk mengabadikan momen saja atau update sosial media.

Jika Anda tertarik untuk buktikan sendiri tempat wisata di Jawa Timur ini, maka datang saja ke Taman Nasional Baluran, dari sana Anda akan mendapat petunjuk ke arah untuk menuju ke pantai ini. terpisah sekitar 15 kilometer dari Taman Nasional Baluran untuk menuju pantai ini.

Pantai Banongan Situbondo

Pantai Banongan Situbondo

Pantai Bama memang eksotis, namun belum cukup membuat Anda puas dengan tempat wisata di Situbondo yang bisa dipilih selagi berada di sana. Adapun pantai selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah Pantai Banongan Situbondo.

Wisata Situbondo ini berada di Wringinanom, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo. Jika Anda kesana menggunakan sepeda motor, maka Anda berkesempatan untuk memarkirkan kendaraan tepat di tepi ombaknya. Itu jika Anda tertarik, tetap bisa memarkirkan jauh dari bibir pantai jika Anda menginginkannya.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Tuban

Apa yang bisa dinikmati di Pantai Banongan Situbondo adalah pantai yang tenang dengan pasir yang sangat lembut di kaki. Anda bisa berjalan-jalan tanpa alas kaki untuk memaksimalkan nuansa pantai ketika berlibur.

Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih

Memang seperti namanya, pantai ini punya pasir berwarna putih. Namun akan lebih baik jika Anda selalu menggunakan alas kaki ketika berada di sana. Sebab di antara pasir pantai dengan perairannya, akan ada bebatuan kecil yang bisa saja melukai kaki.

Ombaknya tenang dan Anda akan mendapatkan pemandangan dermaga dari pantai ini. Wisata pantai Situbondo ini bisa jadi alternatif jika Anda sudah mengunjungi dua pantai sebelumnya atau tak sempat datang ke pantai yang sebelumnya. Untuk dicatat, lokasi Pantai Pasir Putih berada di Jalan Raya Pasir Putih Nomor 87, Selomukti, Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo.

Pantai Pathek Situbondo

Pantai Pathek Situbondo

Pilihan wisata pantai Situbondo yang terakhir adalah Pantai Pathek Situbondo. Karena tempat wisata di Situbondo ini berada di Jalan Pantai Pathek, Desa Gelung, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo, Anda yang sedang berada di Kecamatan Situbondo bisa jadikan wisata ini sebagai alternatif.

Ada yang berbeda dari Pantai Pathek Situbondo dengan pantai-pantai lain yang telah disebutkan. Bedanya adalah bibir pantainya. Beberapa wisata pantai Situbondo sebelumnya memiliki pasir saja atau pasir yang dihias dengan bebatuan. Kali ini, pasir akan dihias dengan tumbuh-tumbuhan seperti lumut pantai sehingga membuat pantainya terkesan lebih tropis. Di ujungnya akan ada banyak bongkahan batuan yang bisa dijadikan spot foto. Banyak spot foto yang bisa didapatkan wisatawan dengan datang ke pantai yang berada di pusat Situbondo ini.

Waduk Pitaloka

Waduk Pitaloka

Setelah deretan wisata pantai Situbondo, Anda juga punya pilihan objek wisata Situbondo berupa waduk. Memang sama-sama perairan, namun perairannya akan lebih tenang sehingga memungkinkan untuk dilakukan banyak pilihan aktivitas di sekitarnya.

Ketahui dulu lokasi waduk di Situbondo ini, Waduk Pitaloka berada di Desa Curah Cottok, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo. Sesaat setelah sampai di Situbondo wisata ini apa yang akan Anda lihat adalah hijau mayoritas. Di sekeliling waduk, banyak ditumbuhi pepohonan rimbun sehingga akan sangat memanjakan visual. Pasti tak dikecewakan dengan salah satu wisata di Situbondo ini. Malahan mungkin Anda akan betah berlama-lama di sana.

Waduk Pitaloka adalah pilihan yang tepat ketika Anda ingin memiliki waktu berkualitas sendirian. Bisa dengan berada di tepinya dan menikmati snack yang dibawa, atau dengan menaiki perahu yang telah disediakan. Masih sangat alami dan perbedaannya sangat terlihat dengan waduk-waduk lain di Jawa Timur. Untuk diketahui, Waduk Pitaloka juga disebut sebagai Waduk Curah Cottok Situbondo.

Air Terjun Talempong

Air Terjun Talempong

Ada juga pilihan wisata air terjun yang berada di Desa Talempong, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo. Namanya Air Terjun Talempong, nuansanya akan sedikit sama dengan Waduk Pitaloka. Sebab apa yang ada di tempat wisata Situbondo ini adalah terjunan air yang deras di antara pepohonan rimbun di tebingnya.

Airnya menyegarkan, memberi kesempatan siapa saja yang ingin merasakannya karena bisa diakses dengan aman. Sangat pas untuk menghabiskan waktu dengan cara bermain air. Apalagi untuk Anda dan sahabat yang biasanya bermain di air terjun, pasti akan suka dengan Air Terjun Talempong.

Padang Rumput Sikasur Situbondo

Padang Rumput Sikasur Situbondo

Tempat wisata di Situbondo ini boleh jadi hanyalah padang rumput, namun bukanlah sembarang padang rumput. Rumput di sana tumbuh dengan segar dan dikelilingi dengan pepohonan besar yang bisa dijadikan penyejuk ketika Anda ingin berliburan tema tamasya bersama keluarga.

Apalagi jika Anda kesana saat mendung, nuansa-nuansa alamnya akan semakin terasa dan dijamin memuat rindu setelah ditinggalkan. Kemungkinan besar Anda tertarik untuk datang dan membuktikannya, datang saja ke Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo.

Kawasan Bekol dan Semiang

Kawasan Bekol dan Semiang

Kawasan Bekol dan Semiang tidak kalah cantik dengan tempat wisata Situbondo sebelumnya. Keduanya merupakan wisata di Situbondo Jawa Timur yang berbeda. Di saat Padang Rumput Sikasur Situbondo Jawa Timur menyuguhkan visual yang hijau-hijauan, Kawasan Bekol dan Semiang justru menawarkan visual coklat-coklatan.

Apa yang dipandang wisatawan adalah pemandangan gunung dengan tumbuhan yang mengering pada masanya. Kawasan Beko dan Samiang cocok dijadikan spot foto alam yang tidak akan membosankan. Letaknya berada di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

Perkebunan Kopi Kayu Mas

Perkebunan Kopi Kayu Mas

Masih belum cukup dengan pilihan wisata berupa perkebunan atau padang rumput? Jadikan Perkebunan Kopi Kayu Mas sebagai opsi selanjutnya. Tentu apa yang ditemukan wisatawan di wisata Situbondo ini adalah sebuah perkebunan kopi.

Sebagaimana nuansa perkebunan kopi pada umumnya, Anda bisa mencium aroma kopi yang semerbak baunya dan mendapatkan hawa yang segar. Anda yang sudah pernah berlibur ke perkebunan kopi pasti tahu betul bagaimana nuansanya.

Namun bagi Anda yang sebelumnya tidak pernah ke perkebunan kopi, sangat disarankan untuk memilih Perkebunan Kopi Kayu Mas sebagai tempat wisata Situbondo pilihan. Wisata ini berada di Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo. Butuh perjalanan sejauh kurang lebih 47 kilometer untuk sampai di wisata ini.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Masih ada Taman Nasional Baluran yang bisa dijadikan alternatif atau opsi utama selanjutnya dari daftar wisata Situbondo kali ini. Banyak yang berpendapat, belum liburan ke Situbondo kalau belum mampir ke Taman Nasional Baluran. Sebab memang Taman Nasional Baluran menjadi wisata paling ikonik milik Situbondo.

Apa yang bisa dilakukan di sana adalah menjelajah atau tamasya, sebab wujudnya adalah sebuah kawasan hutan yang mudah diakses. Rimbunnya pepohonan bisa dijadikan berteduh, dan sangat cocok untuk Anda yang memang suka aktivitas outdoor. Taman Nasional Baluran berada di Sumberwaru, Banyuputih, Situbondo.

Air Terjun Setancak

Air Terjun Setancak

Wah, ternyata masih ada lagi wisata berupa air terjun. Pilihan selanjutnya adalah Air Terjun Setancak, tempat wisata di Jawa Timur ini berlokasi di Desa Mojosari, Kecamatan Asembagus, Situbondo. Sangat pas dikunjungi ketika Anda dan sahabat atau keluarga sedang berada di Asembagus.

Saking besarnya debit air yang jatuh, Anda justru akan melihat warna putih susu di air terjunnya. Tidak masalah, malahan menjadi keunikan yang ditawarkan wisata Situbondo ini.

Gunung Argopuro

Gunung Argopuro

Gunung Argopuro menjadi pilihan mereka yang datang ke Situbondo untuk mendaki. Namun Anda yang tak berencana demikian pun bisa datang dan menikmati suasana di kaki gunungnya. Hawanya jelas segar dan bisa perbaiki sistem pernapasan Anda yang selama ini terus berada di kesibukkan jalanan.

Jalur di gunung ini cukup panjang dan menantang, rata-rata durasi waktu yang dibutuhkan untuk sampai di puncaknya adalah berhari-hari lamanya. Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Probolinggo, Bondowoso, dan Situbondo.

Pelabuhan Jangkar Situbondo

Pelabuhan Jangkar Situbondo

Akan ada dua pilihan objek wisata Situbondo di daftar ini, yang pertama adalah Pelabuhan Jangkar Situbondo dan yang kedua adalah Pelabuhan Rakyat Panarukan. Pelabuhan Jangkar Situbondo terletak di Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo.

Apa yang bisa dilakukan di pelabuhan ini? misalnya saja dengan menikmati kuliner di sekitarnya atau sekedar melintas di atas pelabuhan untuk mendapatkan nuansa lautan dengan kapal-kapal yang ada. Pasti menyenangkan dan bisa jadi alternatif jika wisata-wisata di atas sudah dikunjungi.

Pelabuhan Rakyat Panarukan

Pelabuhan Rakyat Panarukan

Pelabuhan Rakyat Panarukan berada di Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo. Daya tarik dari objek wisata Situbondo ini adalah bahwa pelabuhan ini hanya akan dilewati perahu-perahu kecil saja. Sebab, mungkin saja Anda ingin ke pelabuhan yang suasananya lebih tenang. Jika demikian, jadikan Pelabuhan Rakyat Panarukan sebagai tempat wisata di Situbondo.

Kolam Renang Tirta Pandawa

Kolam Renang Tirta Pandawa

Mungkin saja Anda pergi ke Situbondo tidak dengan tujuan utama berwisata. Namun sayangnya, pergi ke tempat seharusnya terasa kurang. Jika dilema ini yang Anda rasakan, maka datang saja ke Kolam Renang Tirta Pandawa. Kolam renang ini sangat pas dipilih oleh siapa saja yang mencari wisata berupa bangunan buatan manusia.

Di atas memang sudah diberi pilihan objek wisata Situbondo yang berupa wisata alam dan memungkinkan untuk dilakukan bermain air. Namun mungkin itu membuat Anda kurang nyaman. Untung saja ada Kolam Renang Tirta Pandawa yang berada di Jalan Sudirman, Desa Karangasem, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo.

Di sana Anda dan keluarga bebas bermain air. Wahana air yang diberikan memang tak sebanyak yang ada di waterpark atau waterboom, sangat wajar karena wujud dari wisata ini adalah kolam renang saja.

Arung Jeram Samir Situbondo

Arung Jeram Samir Situbondo

Anda mungkin merasa kurang puas dengan olahraga renang. Jika demikian, coba saja untuk melakukan arung jeram atau rafting. Ternyata di Situbondo ada arena yang memungkinkan untuk rafting dan bisa dicoba oleh Anda yang memang suka melakukannya atau belum pernah sebelumnya.

Telah disewakan pada pengunjung peralatan arung jeram sehingga semua akan selamat selama melakukannya. Jadi Anda yang belum pernah arung jeram sebelumnya pasti akan aman-aman saja. Selain itu, Anda juga akan merasakan dinginnya hawa sungai yang ada di sana meskipun sudah berkeringat karena arung jeram itu sendiri.

Ada penjaga yang bisa jadi fasilitas jika Anda membutuhkannya. Sebab mungkin semua orang yang akan menaiki perahu karet yang Anda gunakan sama-sama belum berpengalaman, Anda membutuhkan guard untuk memastikan semuanya aman dan sampai ke ujung.

Monumen 1000 KM Anyer Panarukan

Monumen 1000 KM Anyer Panarukan

Setelah itu, Anda disuguhkan wisata Situbondo berupa monumen. Monumen 1000 KM Anyer Panarukan berada di Desa Wringinanom, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo.

Monumen ini mengingatkan masyarakat Indonesia pada kerja rodi yang dulu dijalankan selama masa kolonial Belanda. Tanpa adanya kerja rodi tersebut, monumen ini tidak akan ada dan hasil dari pembangunan jalan ini akan ada beberapa tahun kemudian.

Pabrik Gula Olean

Pabrik Gula Olean

Ada juga objek wisata Situbondo berupa pabrik gula. Jaraknya hanya sekitar 3 kilometer saja dari pusat Kota Situbondo, sangat dekat sehingga cocok untuk Anda yang tidak punya banyak waktu selama di Situbondo.

Pabrik Gula Olean berlokasi di Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo. Usia dari pabrik ini sudah 150an tahun dan masih beroperasi sampai sekarang. Pembangunannya dilakukan oleh kolonial Belanda, jadi wajar saja jika di dalamnya banyak menemukan atribut atau gaya bangunan Belanda. Anda pun juga bisa asyik mengabadikan momen di sana karena memang ada spot foto yang mendukung.

Alun-Alun Situbondo

Alun-Alun Situbondo

Baik setelah atau sebelum mengunjungi semua wisata di atas, bisa mampir ke Alun-Alun Situbondo. Memang serupa dengan alun-alun kota pada umumnya, namun tetap tidak jadi masalah jika Anda jadikan Alun-Alun Situbondo sebagai alternatif wisata di Situbondo.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Tulungagung

Alun-alun ini berada di Jalan Hasanudin, Desa Pakraman, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo. Apa yang bisa dilakukan adalah bersantai untuk melepas penat setelah seharian berwisata, jogging di pagi hari setelah Anda bangun dari penginapan, bersepeda, atau mencicipi jajanan khas Situbondo di sana.

Pantai di Situbondo boleh jadi menarik perhatian, namun jangan lupakan opsi tempat wisata di Situbondo lainnya yang bisa jadi pilihan selanjutnya. Tidak berlama-lama di Situbondo akan jadi keputusan kurang oke, karena selama di Situbondo sebaiknya banyak wisata sekaligus yang dipilih untuk dikunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *