Tempat Wisata Di Sorong Selatan

7 Tempat Wisata Di Sorong Selatan Paling Wajib Dikunjungi

Posted on

Kalau mendengar nama kepulauan Papua Barat apa sih yang terlintas di benakmu? Pasti sebagian diantara pembaca ada yang langsung mengingat Raja Ampat? Tak salah, karena tempat tersebut memang sangat populer di kalangan wisatawan lokal hingga mancanegara. Namun tau nggak sih selain Raja Ampat ternyata masih banyak tempat wisata di Papua Barat yang indah dan wajib kamu kunjungi. Beberapa diantaranya bisa ditemui di Sorong Selatan.

Tempat Wisata di Sorong Selatan

Kalau memiliki cukup banyak waktu untuk berlibur di Papua Barat, sangat dianjurkan agar kamu menyempatkan berkunjung ke Sorong Selatan. Nah, agar tak kebingungan soal tempat wisata di Sorong Selatan yang akan dikunjungi, berikut adalah beberapa yang paling direkomendasikan. Yuk langsung saja disimak.

Sungai Panta Kapal

Sungai Panta Kapal

Wisata Sorong Selatan pertama yaitu Sungai Panta Kapal. Lokasinya ada di Distrik Sawiat, Kabupaten Sorong Selatan. Ada alasan mengapa dinamakan Panta Kapal, ternyata bila dilihat dari atas, sungai ini nampak seperti pantat atau bagian belakang sebuah kapal.

Baca Juga: Wisata Sorong

Bila dibandingkan dengan Kawasan perkotaan, suasana di sekitar Sungai Panta Kapal terasa lebih sejuk. Ini karena ada banyak pepohonan yang tumbuh dengan rindang. Cocok sekali untuk wisatawan yang ingin merelaksasikan pikiran dan menikmati suasana alam yang masih terjaga.

Sungai Sembra

Sungai Sembra

Sungai Sembra merupakan tempat wisata di Sorong selanjutnya yang bisa dikunjungi. Lokasi tepatnya berada di Kampung Srer, Distrik Seremuk. Kondisi air sungai sangat bersih dan jernih. Bahkan bagi yang mau bermain air di dalam sungai pun diperbolehkan.

Namun untuk bisa menikmati itu semua, wisatawan harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Murah kok hanya 5 ribu rupiah saja. Uang tersebut nantinya akan digunakan untuk dana pengelolaan lokasi wisata Sungai Sembra.

Bagi yang membawa anak kecil, sebaiknya jangan lepas dari pantauan ya. Apalagi saat bermain di dalam sungai.

Air Terjun Sasnek

Air Terjun Sasnek

Next, masih berkaitan dengan air, kali ini kamu bisa menikmati kesegaran Air Terjun Sasnek atau disebut juga Air Terjun Sofrok. Pesona air terjun yang jatuh dari atas ketinggian 20 meter akan membuatmu takjub.

Di dalam kolam alami terdapat ikan-ikan kecil. Saking jernih dan bersih, kamu bisa melihat ikan-ikan tersebut. Udara sekitar pun terasa lebih dingin sebab ada banyak tumbuhan hijau.

Spot foto bertemakan alam yang instagramable pun tak luput dari perhatian. So, jangan lupa membawa kamera dan mengambil gambar sebanyak-banyaknya ya!

Sungai Kais

Sungai Kais

Sorong Selatan memang tak pernah mengecewakan kalau soal wisata alam perairannya. Selain ada banyak pantai, wisatawan juga bisa menjumpai banyak sungai yang bersumber dari mata air pegunungan. Tak heran bila kesegaran air dan kesejukan udara bisa sangat memanjakanmu selama berwisata di Sorong.

Selain beberapa sungai yang sudah disebutkan di atas, ternyata masih ada lagi yang wajib dikunjungi yakni Sungai Kais. Lokasinya berada di Distrik Kais. Lagi-lagi wisatawan akan disambut dengan nuansa alam yang masih terjaga keasliannya. Deretan pepohonan tumbuh dengan rimbun di sisi kiri dan kanan sungai serasa sedang berada di Amazon. Udara yang bersih pun sangat menyejukkan.

Bagi yang ingin berenang di Sungai Kais harus berhati-hati ya, sebab di sini masih terdapat salah satu binatang buas yakni buaya.

Sungai Kohoin

Sungai Kohoin

Sungai Kohoin Atau Air Terjun Kohoin Sorong selatan bisa dibilang merupakan pusat wisata Sungai yang ada di Sorong. Bukan hanya didatangi oleh wisatawan, namun masyarakat sekitar pun masih menjadikan Kohoin sebagai sumber kehidupan mereka. Sehingga keberadaan Kohoin benar-benar sangat penting.

Jadi, bagi kamu yang ingin datang ke sini sebaiknya menjaga kebersihan ya. Jangan membuang sampah sembarangan ke dalam sungai. Selain itu, bila ingin berenang jangan sampai ke tengah sungai sebab arus air cukup deras dan terlalu membahayakan.

Kali Sembra

Kali Sembra

Kali Sembra merupakan wisata yang cukup terkenal di Sorong Selatan atau lebih tepatnya di Kota Teminabuan. Air di dalam kali sangatlah dingin dan jernih, udara sekitar pun terasa lebih menyejukkan. Beberapa wisatawan ada yang dengan sengaja datang ke sini untuk liburan, ada pula yang tak sengaja singgah.

Penamaan Kali Sembra sendiri berasal dari masyarakat sekitar yang artinya Kali Biru. Ya, memang air di dalam kali terlihat biru dan sangat jernih sekali. Pengelolaan tempat wisatanya pun terbilang sudah cukup baik.

Bagi traveler yang ingin masuk ke Kawasan wisata ini harus membayar tarik masuk. Harga yang dikenakan terbilang murah kok hanya 2 ribu rupiah untuk anak dan 4 ribu rupiah untuk dewasa. Beberapa fasilitas pendukung pun sudah tersedia seperti lahan parkir, pondok, tempat untuk beribadah, ruang Ganti, panggung konser dan beberapa fasilitas lainnya.

Kali Doros

Kali Doros

Bila wisata air Kali Sembra sudah banyak diketahui orang dan cukup populer maka berbeda dengan Kali Doros yang justru masih sepi pengunjung karena belum banyak orang yang tau. Biarpun begitu, kesegaran udara dan suasana alam yang indah masih bisa kamu nikmati selama di sini.

Asal mula nama Kali Doros sendiri karena melihat dari kondisi air yang terbilang cukup deras. Oleh sebab itulah masyarakat Papua menyebutnya Kali Doros. Lokasi kali dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun, sehingga terasa lebih teduh dan menyejukkan.

Untuk bisa sampai di Kali Doros, kamu bisa memilih mau melalui jalur mana. Pertama, kamu bisa menggunakan jalur udara sehingga sudah jelas kamu akan menggunakan pesawat Susi Air. Berangkat dari Bandara Deo.

Kedua, bisa menggunakan jalur laut yang sudah pasti akan menggunakan Kapal dan berangkat dari Pelabuhan Rakyat. Dan terakhir, kamu bisa melalui jalur darat menggunakan mobil atau motor, yang disarankan sih naik mobil. Biasanya waktu yang dihabiskan 4-5 jam. Selama dalam perjalanan, wisatawan akan disambut dengan suasana hutan yang masih terjaga keasliannya.

Baca Juga: Wisata Fakfak

Sedikit tips saat berwisata ke Sorong Selatan, karena kebanyakan tempat wisata bertemakan alam dan perairan maka sebaiknya outfit yang digunakan memang outdoor friendly. Gunakan sepatu yang nyaman, topi untuk melindungi dari sengatan matahari. Kalau dibutuhkan, kamu bisa membawa makanan dan minuman secukupnya.

Dan jangan lupa membawa uang cash, jangan pernah mengandalkan pembayaran secara digital atau mesin ATM. Sebelum berwisata ke alam, selagi masih di Kawasan kota akan lebih baik kamu sudah menyiapkan keuangan yang cukup.

Oke traveler itulah 7 tempat wisata di Sorong Selatan paling wajib dikunjungi. Dijamin, saat datang ke Sorong kamu akan dimanjakan sekali dengan nuansa alamnya. Bahkan akan betah untuk tinggal berlama-lama. Itulah kenapa kalau liburan ke Papua sangat dianjurkan untuk tinggal dalam waktu yang cukup lama agar bisa menjelajahi tempat-tempat yang sudah direkomendasikan! So, happy traveling ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *