Tempat Wisata Di Sorong

6 Tempat Wisata Di Sorong Bertemakan Alam Pantai yang Indah

Posted on

Hayoo siapa yang sudah tak sabar ingin liburan setelah pandemic berakhir? Daripada stress menunggu kapan pandemic hilang bagaimana kalau kamu merencanakan lokasi liburannya terlebih dahulu? Nah, karena selama satu tahun penuh kamu dituntut untuk stay at home, sangat dianjurkan sih saat liburan nanti kamu berkunjung ke tempat-tempat yang bernuansa alam. Dimana suguhan pemandangan dan udara yang bersih bisa mengurangi beban stress selama pandemic.

Tempat Wisata di Sorong, Papua

Untuk mencari lokasi wisata alam yang masih terjaga keasliannya, tak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Sebab di Indonesia pun ada loh satu kepulauan yang diincar oleh wisatawan seluruh dunia yakni Papua. Traveler pasti sudah tau dong kepulauan di ujung timur Indonesia satu ini. Sebuah daerah yang terkenal akan pesona alamnya yang indah serta sebagian masyarakatnya yang masih memegang teguh adat kebudayaan warisan nenek moyang.

Ada banyak tempat wisata di Papua barat yang direkomendasikan untuk dikunjungi, sebagian diantaranya terletak di Kota Sorong. Tak lengkap rasanya bila ke Papua namun belum datang ke kota satu ini.

Lantas, tempat wisata di Sorong mana saja yang paling direkomendasikan? Penasaran? Yuk langsung simak saja ulasan berikut ini!

Pulau Doom

Pulau Doom

Wisata Kota Sorong pertama berlokasi di Doom Kecamatan Kepulauan, Kota Sorong yakni Pulau Doom. Letaknya berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik, sehingga kalau soal keindahan, tak usah diragukan lagi. Hamparan pasir putih yang luas serta jajaran batu karang terlihat begitu menyempurnakan pemandangan.

Baca Juga: Wisata Raja Ampat

Di samping keindahan tersebut, ternyata Pulau Doom menyimpan jejak sejarah yang kuat. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa bangunan lawas seperti lapangan sepak bola, penjara Doom, serta beberapa bangunan lain yang merupakan peninggalan saat penjajahan Belanda.

Danau Ayamaru

Danau Ayamaru

Next, masih bertemakan alam dan berkaitan dengan air, namun kali ini bukan pulau melainkan sebuah danau bernama Ayamaru. Lokasinya ada di Framu, Kecamatan Ayamaru, Kabupaten Maybrat.

Nah traveler, untuk bisa sampai Ayamaru ternyata harus menempuh perjalanan yang cukup lama yakni 7 jam perjalanan bila berangkat dari Kota Sorong. Rasa lelah sudah pasti akan terasa, tapi akan segera terbayar saat sampai di lokasi wisatanya.

Mata akan dibuat takjub dengan perairan danau Ayamaru yang dikelilingi oleh bukit serta pepohonan yang rindang. Udara bersih sangat terasa menyejukkan, inilah yang kita butuhkan setelah pandemic berakhir.

Pulau Buaya

Pulau Buaya

Tempat wisata di Sorong selanjutnya memiliki nama yang unik yaitu Pulau Buaya. Lokasinya ada di Kecamatan Sorong, Kota Sorong. Bila melihat dari namanya, mungkin kita akan sedikit ragu untuk berkunjung atau tidak. Sebab buaya sendiri merupakan binatang pemangsa yang terbilang buas.

Namun tenang saja, nama buaya bukan berarti di sini banyak binatang buaya ya. Melainkan karena pulaunya berbentuk seperti binatang tersebut.

Perairan di Kawasan pulaunya sangat bersih dan jernih. Jadi, untuk yang ingin diving atau snorkeling tentu tak usah merasa ragu lagi. Sangat disarankan untuk membawa peralatannya sendiri ya meminimalisir penyebaran covid-19 karena penggunaan alat yang sama bila menyewa.

Pantai Tanjung Kasuari

Pantai Tanjung Kasuari

Tempat wisata di Sorong memang bak surga dunia, apalagi wilayah pesisirnya. Bagi para penikmat pantai yang butuh vitamin sea, dijamin akan sangat dimanjakan sekali. Sebab ada banyak pantai yang bisa dikunjungi, salah satunya Tanjung Kasuari. Berlokasi di Kecamatan Sorong Barat, Kota Sorong.

Sebuah destinasi wisata pesisir yang sudah sangat populer bukan hanya di kalangan wisatawan lokal namun juga wisatawan asing. So, belum lengkap rasanya saat berkunjung ke Sorong namun tak menyempatkan ke Tanjung Kasuari.

Kamu akan disambut dengan suasana pantai yang mirip seperti suasana pantai-pantai di kepulauan dewata Bali. Hamparan pasir putih yang bersih dan terasa lembut saat dipegang memberikan pengalaman liburan yang berbeda. Pepohonan rindang di sekitar pantai pun membuat udara lebih sejuk.

Nah, untuk yang hobi camping bersama teman-teman, bisa sekali nih melakukannya di pantai ini. Kamu bisa menyiapkan tenda serta perlengkapan dan peralatan lain yang dibutuhkan. Bawa makanan dan minuman secukupnya  juga ya. Dan yang perlu diingat jangan meninggalkan sampah di sekitar pantai.

Taman Wisata Alam Sorong

Taman Wisata Alam Sorong

Taman Wisata Alam Sorong berlokasi di Klasaman, Kecamatan Sorong Timur, Kota Sorong. Sebuah hutan lindung yang menjadi habitat berbagai jenis flora dan fauna. Tempat wisata satu ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi pilihan untuk dikunjungi setelah pandemic berakhir. Kamu bisa menghirup udara segar yang bersih dan menikmati suasana hutan yang sangat terjaga.

Berbagai aktivitas di alam pun bisa dilakukan selama liburan di sini. Seperti berkemah, melakukan outbound, trekking dan lain-lain. Khusus bagi yang ingin berkemah, kamu harus membawa perlengkapannya sendiri ya sebab tak ada jasa penyewaan.

Aktivitas yang paling jangan terlewatkan tentu saja trekking, berkeliling hutan untuk memanggil kembali otot-otot tubuh yang sudah lama tertidur. Jangan lewatkan juga untuk menikmati kesegaran air terjun yang bersih di Kawasan Taman Wisata Alam Sorong ya.

Pulau Um

Pulau Um

Dan wisata Sorong terakhir adalah Pulau Um, berlokasi di Jalan Sorong, Tambrauw, Malaumkarta, Kecamatan Makbon, Kabupaten Sorong. Sebuah pulau lain yang berada di Papua dan menyuguhkan pemandangan pesisir yang indah dan khas.

Letak pulaunya sendiri berada di desa pedalaman yang tak terlalu jauh dari pusat kota. Sehingga walaupun tak menemukan petunjuk arah, kamu bisa mengandalkan informasi dari masyarakat setempat mengenai arah tempat wisatanya.

Pulau Um dikenal sebagai tempat tinggal beberapa binatang seperti burung camar dan kelelawar. Inilah salah satu hal yang menjadi daya tarik dari Um.

Berbagai aktivitas pantai bisa dilakukan selagi kamu liburan di sini. Seperti berjemur ditemani suasana pantai, berjalan menyusuri bibir pantai, bermain pasir, berenang, snorkeling, diving bahkan kamu juga bisa coba menangkap lobster sendiri. Kalau tak mau repot sih, bisa membelinya langsung pada para nelayan di sekitar pantai tersebut.

Baca Juga: Wisata Manokwari

Sedikit tips saat akan berwisata ke Sorong. Pertama, tentukan destinasi wisata mana yang akan dituju agar bisa menentukan dimana akan menginap dan kendaraan yang akan digunakan. Kedua, bila khawatir tersesat kamu bisa coba menyewa tour guide. Ketiga, bawalah uang cash secukupnya untuk bertraksi selama berada di Sorong. Keempat, jadilah wisatawan yang ramah, pelajari kata sapaan khas masyarakat setempat agar kamu bisa lebih dekat dengan mereka.

Oke traveler, itulah 6 tempat wisata di Sorong yang bernuansa alam paling indah. Bagaimana, sangat mengagumkan dan membuatmu tak sabar ingin segera liburan kan? Sabar dulu ya, kalau sudah mendapatkan lampu hijau boleh berwisata barulah kita bisa melakukannya.

Mudah-mudahan pandemic segera berakhir agar kita bisa berwisata dengan nyaman dan aman tanpa dihantui rasa takut akan penyebaran virus tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *