15 Tempat Wisata di Sragen Mulai dari Alam Hingga Sejarah

Posted on

Sragen, salah satu Kota atau Kabupaten yang ada di Jawa Timur. Sebuah daerah yang unik dan memiliki ciri khasnya sendiri. Baik dari segi kebudayaan maupun dari letak geografisnya sehingga berpengaruh pada tempat wisata di Sragen yang ada di sana.

Tempat Wisata di Sragen Jawa Tengah

Tempat wisata di Sragen pun amat beragam, mulai dari pantai, hutan hingga air terjun. Ada pula wisata alam buatan yang memang sudah dikelola dengan baik. Nah, bila kebetulan kamu sedang berlibur ke Sragen, sebaiknya kunjungi beberapa tempat wisata berikut ini yuk!

Ganesha Technopark

Ganesha Technopark

Ganesha Technopark berlokasi di Jalan Dr Sutomo Nomor 5, Sine, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Sebuah tempat wisata yang sengaja dibuat sebagai fasilitas untuk memudahkan akses dari Lembaga penelitian, profesor atau pun siswa yang sudah lulur. Khususnya bagian R&D serta proyek lain dengan tujuan profit sharing.

Oleh sebab itulah, pihak pengelola sangat berharap kalau kedepannya Ganesha Technopark bisa bermanfaat untuk masyarakat secara luas.

Museum Prasejarah Sangiran

Museum Prasejarah Sangiran

Museum Sangiran berlokasi di Kebayan II, Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Tempat wisata Jawa Tengah ini adalah wisata edukasi yang sangat cocok untuk mengisis liburan para pelajar. Sebab di sini wisatawan dapat belajar sambil bermain. Ada banyak sekali informasi yang dapat digali. Khususnya soal fosil Meganthropus Palaeojavanicus. Dimana kurang lebih sudah ada 13.685 koleksi fosil.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Purworejo

Di museum ini juga ada banyak penemuan fosil yang ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh WHO. Tak jarang di hari kerja ada banyak pelajar yang datang ke museum prasejarah Sangiran. Biasanya memang berkunjung ke sini adalah salah satu tugas mata pelajaran sejarah.

Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo berlokasi di Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen dan Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Merupakan wisata sragen yang akan menawarkan pemandangan danau buatan. Keberadaan danau ini juga sangat membantu masyarakat sekitar sebab danau dijadikan sebagai pembangkit listrik yang biasa digunakan masyarakat.

Selain itu juga, beberapa lahan pertanian dan perkebunan dialiri air irigasi dari Waduk Kedung Ombo. Bahkan sampai ke wilayah Blora, Demak, Kudus dan yang lainnya. Bagi wisatawan yang berkunjung ke sini, kamu bisa menikmati suasana di sekitar waduk. Atau kalau mau, bisa menyewa perahu motor dan berkeliling di area perairannya menggunakan perahu tersebut.

Gunung Kemukus

Gunung Kemukus

Gunung Kemukus adalah tempat wisata di Sragen yang bernuansa alam. Lokasinya ada di Soko, Kebayan II, Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Bagi kamu yang senang mendaki gunung, wisata alam ini sangat cocok untuk mu.

Konon Gunung Kemukus sendiri merupakan peristirahatan terakhir dari Pangeran Samudro sehingga memiliki nilai spiritualnya tersendiri. Beberapa wisatawan pun kerap datang ke Kemukus sekedar untuk berziarah sambil memohon untuk diberikan rezeki yang berlimpah. Namun sayangnya karena aktivitas tersebut semakin lama malah semakin menjadi hal yang tak bermoral maka pemerintah mulai berusaha mengurangi aktivitas ziarah dengan melakukan sosialisasi dan Razia.

Pemandian Air Panas Bayanan

Pemandian Air Panas Bayanan

Pemandian Air Panas Bayanan merupakan objek wisata di Sragen yang berlokasi di Gamping Jambeyan, Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Sebuah pemandian yang dikenal juga dengan sebutan Hyang Tirto Nirmolo ini hampir tak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan.

Ada kepercayaan tersendiri untuk orang yang mandi atau berendam di pemandian ini. Konon airnya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Seperti penyakit kulit, rematik, menjaga kesegaran sendiri, menjaga kelenturan otot hingga menurunkan kolesterol.

Ya, biarpun belum diketahui kebenarannya, paling tidak dengan berendam di Pemandian Air Panas Bayanan kamu bisa merilekskan otot-otot mu. Rehat sejenak sambil berendam. Kalau kamu tak suka keramaian saat sedang berendam, kamu bisa datang di hari kerja atau senin sampai jumat. Sebab kalau weekend sudah dipastikan akan sangat dipadati oleh banyak pengunjung.

Hal yang perlu kamu ketahui juga, karena lokasinya berada tepat di kaki Gunung Lawu maka sudah bisa dipastikan udara di sekitar pemandian ini sangatlah segar. Sehingga bisa memanjakan paru-paru mu.

Taman Dayu Alam Asri

Taman Dayu Alam Asri

Taman Dayu Alam Asri, Tempat wisata di Sragen Jawa Tengah yang berlokasi di Gembong, Desa Dayu, Kecamatan Sragen, Jawa Tengah. Sebuah tangan yang dibangun dengan konsep wisata edukasi. Sehingga sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai alternatif liburan bersama keluarga, khususnya anak-anak. Sehingga di sini anak-anak bisa bermain sambil belajar.

Lokasinya juga sangatlah menarik sebab ada sebuah mini zoo atau kebun binatang mini dengan berbagai koleksi satwa yang terbilang lengkap. Ada elang, ular, rusa, kangguru, hingga burung merak. Sementara itu, tepat di samping mini zoo, kita dapat melihat sebuah taman lalu lintas. Dimana di taman ini anak-anak bisa belajar mengenai tata tertib lalu lintas yang seharusnya.

Ada pula fasilitas kolam renang. Cocok untuk kamu yang ingin berwisata keluarga sembari menikmati wisata air. Sementara bagi anak-anak yang ingin belajar lebih mandiri bisa mencoba fasilitas outbound yang memang sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata.

Bagaimana, terbilang cukup lengkap kan tempat wisatanya? Kalau kamu bingung mencari tempat liburan keluarga, kamu bisa coba pilih Taman Dayu Alam Asri saja!

Sentral Batik Dewi Arum

Sentral Batik Dewi Arum

Potensi pariwisata di daerah Sragen memang beragam. Tak hanya wisata alamnya saja yang bisa disoroti, namun sebuah desa yang menawarkan pengetahuan tentang batik dan menjual aneka ragam batik khas setempat juga patut disorot dan kamu kunjungi. Tempat tersebut adalah Sentra Batik Dewi Arum yang berlokasi di Kliwonan, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Sebenarnya wisata daerah Sragen ini sudah cukup terkenal. Namun memang untuk wisatawan luar kota kalau belum tahu, bisa dimaklumi. Desa ini adalah sentra kerajinan batik. Kamu bisa melihat berbagai aktivitas produksi batik di sini. Bahkan, kalau kamu mau, kamu bisa menyewa homestay untuk menginap. Biasanya sih wisatawan luar kota kerap memilih menginap agar merasa puas berwisata di Desa Batik ini.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Mulai dari memancing, menjelajahi desa, membantu hingga memanjakan lensa kamera kamu.

Kolam Renang Kartika

Kolam Renang Kartika

Kolam Renang Kartika berlokasi di Kroyo, Karangmalang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Merupakan sebuah tempat wisata air di Sragen yang bisa dikunjungi oleh masyarakat sekitar sebagai tempat liburan bersama keluarga. Fasilitas di kolam renang ini juga terbilang lengkap. Ada toilet, mushola, berbagai macam wahana permainan air, dan banyak lagi. Ada pula sebuah kolam pemancingan. Sehingga kalau kamu tak ingin berenang, kamu bisa memilih untuk memancing saja.

Wisata Alam Betisrejo

Wisata Alam Betisrejo

Wisata Alam Betisrejo merupakan wisata Sragen yang akan menyuguhkan panorama alam yang indah dan menyegarkan. Lokasinya ada di Desa Jambeyan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Kondisi alam di tempat wisata ini benar-benar sangat sejuk dan masih terjaga sehingga cocok sekali untuk kamu yang ingin merilekskan pikiran.

Hamparan sawah dan perbukitan menjadi pemandangan yang sangat memanjakan mata. Selain itu, wisata ala mini juga ditetapkan sebagai wisata organic. Dimana di sini ada sebuah tempat yang khusus disediakan untuk wisatawan yang ingin belajar mengolah pertanian secara organic alias tanpa ada campuran bahan kimia.

Beberapa wisatawan biasanya merasa kurang bila hanya menghabiskan waktu liburan di sini selama sehari saja. Sehingga banyak yang memutuskan untuk menyewa penginapan atau pun homestay yang ada di sekitar lokasi.

Makam Joko Tingkir

Makam Joko Tingkir

Makam Joko Tingkir merupakan wisata religi dan sejarah yang biasa dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melakukan kilas balik perjalanan Joko Tingkir. Lokasinya ada di Butuh, Gedongan, Plupuh, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Makan ini menyimpan sejarah yang sangat Panjang. Dimana Joko Tingkir sendiri dikebumikan dengan kurang lebih 20 pusara yang dikelilingi tembok. Lalu 9 diantaranta berada di dalam cukupnya. Sementara itu untuk pusara dari Joko Tingkir sendiri berada di Bagan tengah.  Wisatawan juga kerap berziarah dan berdoa di depan makam Joko Tingkir.

Di samping itu, keindahan alam di sekitar makam nya pun tak luput menarik perhatian. Selagi masih berada di makam Joko Tingkir, kamu bisa menikmati pesona alam dan udaranya yang menyegarkan.

Waduk Blimbing

Waduk Blimbing

Waduk Blimbing merupakan wisata daerah sragen yang berlokasi di Desa Belimbing, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Sebuah waduk atau danau buatan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, sekedar liburan bersama keluarga dan menikmati suasana di sekitar waduk.

Keberadaan Waduk Blimbing juga ternyata sangat bermanfaat untuk masyarakat setempat. Selain bisa membantu dalam perekonomian daerah, air yang ada di waduk juga kerap dijadikan irigasi untuk area persawahan masyarakat. Hingga sekarang waduk masih aktif dimanfaatkan dan dikunjungi oleh wisatawan.

Wisata Kedung Grujug

Wisata Kedung Grujug

Wisata Kedung Grujug sebuah wisata alam yang berlokasi di Dukuh Pungkruk, Bulu, Doyong, Miri, Kabupaten Sragen Jawa Tengah. Kalau kamu sedang berkunjung ke Sragen dan mencari wisata alam yang akan memanjakanmu dengan pesona alamnya, kamu bisa coba datang ke Kedung Grujug.

Dimana di area  wisata ini terdapat sebuah curug menyegarkan. Dikelilingi oleh bebatuan dan tanaman hijau sehingga semakin menambah kesan alaminya. Kalau diamati, curug ini ternyata mirip dengan air terjun Niagara yang ada di Benua Amerika. Jadi, untuk versi Indonesianya kamu bisa datang saja ke Kedung Curug.

Untuk bisa sampai tepat di Kawasan Curugnya, kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu. Sehingga sangat disarankan untuk menggunakan sepatu atau alas kaki yang nyaman. Jangan lupa juga untuk membawa pakaian ganti, barangkali nanti pakaianmu basah setelah bermain di curug.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Wisata Kedung Grujug? Bila kamu berangkat dari Kota Solo jarak yang harus ditempuh kurang lebih 25 km, sementara kalau dari Sragen kurang lebih 35 km. Akses jalannya terbilang sudah bagus, sehingga mudah dilalui oleh kendaraan.

Wisata Ndayu Park

Wisata Ndayu Park

Wisata di Sragen selanjutnya adalah Wisata Ndayu Park yang berlokasi di Gembong, Saradan, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Sebuah tempat wisata yang tak pernah sepi dari pengunjung ini memang kerap dijadikan sebagai alternatif untuk berwisata keluarga. Khususnya oleh masyarakat Sragen sendiri. Tarif untuk masuk ke Kawasan wisatanya terbilang murah, sehingga kamu tak perlu ragu untuk datang ke Ndayu Park.

Ada berbagai macam fasilitas wisata yang akan memanjakanmu. Seperti wahana air, sebuah kolam renang lengkap dengan permainan-permainannya. Kamu bisa berenang di kolam renang tersebut. Atau kalau tak mau berenang, masih ada fasilitas lain yang bisa kamu nikmati. Misalnya saja peragu goes air, lalu ada peternakan, dan perkebunan.

Wisata Gunung Banyak

Wisata Gunung Banyak

Wisata Gunung Banyak berlokasi di Desa Sesrawungan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Merupakan sebuah tempat wisata yang sangat difavoritkan oleh para pendaki. Karena memang di puncak Gunung Banyak kita bisa menikmati pemandangan alam dengan sangat jelas dan udaranya juga semakin menyejukkan.

Namun tentunya untuk bisa sampai puncak, kamu harus menguras keringat dulu dengan berjalan kaki. Biarpun begitu, bagi para pendaki, proses berjalan kaki bukanlah hal yang merugikan. Sebab selama perjalananmu akan disambut oleh suasana alam yang jarang ditemui di wilayah perkotaan.

Nah, bagi kamu yang mengaku pendaki, sebaiknya kunjungi gunung yang ada di Sragen ini yuk! Sebelum melakukan pendakian, jangan lupa siapkan fisik dan perbekalan yang dibutuhkan. Apalagi kalau kamu berniat untuk mendirikan tenda dan berkemah. Bawa makanan dan minuman secukupnya, bawa jaket agar tidak kedinginan, dan yang paling penting bawa teman alias jangan sendirian.

Air Terjun Dung Jengglong

Air Terjun Dung Jengglong

Ingin menikmati kesegaran air terjun saat berlibur di Sragen? Nah kamu bisa berkunjung ke Air Terjun Dung Jengglong. Lokasinya berada di Dukuh Mojolegi, Desa Bagor, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Bagi warga sekitar khususnya para anak muda, air terjun Dung Jengglong ini menjadi salah satu destinasi andalan. Suguhan nuansa alam dan kesegaran air terjunnya benar-benar- bisa kita rasakan.

Sementara itu untuk ketinggian air terjunnya sendiri mencapai 4 meter dan untuk lebarnya 7 meteran. Airnya berwarna kehijauan sebab di dalam kolam air terjun ditumbuhi oleh tanaman gangga. Spot-spot foto dengan tema alam pun sangatlah instagramable sehingga rugi sekali bila kamu tak mengabadikan momen liburanmu saat berada di sini.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Semarang

Bila tertarik berkunjung ke Air Terjun Dung jengglong, sebaiknya kamu menyiapkan fisik juga ya. Sebab untuk bisa sampai tepat di depan air terjunnya kamu harus sedikit berjalan kaki terlebih dahulu. Gunakan juga alas kaki atau sepatu yang nyaman untuk digunakan selama kamu berlibur di sini. Sebaiknya bawa pakaian ganti, berjaga-jaga kalau nantinya pakaianmu basah selepas bermain di bawah air terjun Dung Jengglong.

Oke traveller, itulah 15 tempat wisata di Sragen mulai dari wisata alam hingga sejarah. Bagaimana, adakah tempat yang menarik perhatianmu? Atau setelah membaca semua tempat wisatanya kamu sudah memutuskan akan berkunjung kemana?

Khususnya untuk wisata alam, kamu tak perlu ragu lagi untuk kamu datangi ya sebab keindahan alam Sragen benar-benar patut kamu nikmati. Persiapkan juga barang yang kamu perlukan selama liburan di Sragen. Kalau kamu berangkat dari luar kota dan hendak menginap, sebaiknya jangan dipersiapkan secara mendadak ya. Namun akan lebih baik, sebelum berangkat ke Sragen semuanya sudah disiapkan. Terakhir, jangan lupa membawa kamera ya agar kamu dapat mendokumentasikan momen liburanmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *