10 Tempat Wisata di Subang Paling Keren Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat wisata di Jawa Barat yang bernuansa alam memang sudah tidak usah diragukan lagi. Tiap daerah di jawa Barat, ada saja tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikujungi. Termasuk daerah Subang, tempat wisata di Subang yang berada di dataran tinggi memberikan pesonannya tersendiri.

Tempat Wisata di Subang Jawa Barat

Bagi kamu yang sedang mengunjungi Subang, yuk sempatkan untuk berkunjung ke 10 tempat wisata di Subang berikut ini!

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Wisata alam Subang Gunung Tangkuban Perahu. Merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di wilayah Jawa Barat. Nama gunung ini berasal dari bahasa Sunda, yakni Tangkuban artinya Terbalik. Jadi kalau diartikan secara keseluruhan Tangkuban Perahu adalah Perahu Terbalik.

Jika kamu melihat gunung ini dari Kota Bandung tepatnya di Gedung Sate, memang gunung ini terlihat seperti perahu yang terbalik. Bentuk dari gunung ini selalu dikaitkan dengan cerita rakyat di masa lalu tentang Sangkuriang yang sangat marah karena tidak bisa menyelesaikan tantangan membuat perahu dalam waktu 1 malam. Sehingga Sangkuriang menendang perahu yang dia buat sendiri hingga terbalik dan berubah menjadi gunung.

Bila kamu dating saat cuaca sedang cerah maka kamu bisa melihat dengan jelas lekukan dinding pada kawah dan bahkan pemandangan menanjubkan yang berada pada dasar kawah gunung.

Untuk bisa sampai di Tangkuban Perahu, kalau kamu berangkat dari pusat kota maka waktu tempuhnya sekitar 50 menit. Sementara kalau kamu pergi dari kota Jakarta biasanya waktu perjalanan yang harus dihabiskan selama 3 jam melalui tol Sadang.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Purwakarta

Kamu juga harus menyiapkan biaya tiket masuk ke tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu, tiket pertama yang kamu bayar adalah tiket kendaraan bermotor sebesar 5 ribu sampai 25 ribu. Selanjutnya kamu harus membayar tiket masuk tempat wisata Rp. 13.000,- dan untuk turis asing sebesar Rp. 50.000,-. Namun sebelum kamu berangkat sebaiknya perhatikan kondisi kendaraan yang akan digunakan ya! Kondisi jalannya cukup curam dan menanjak sehingga membutuhkan kendaraan yang prima.

Desa Wisata Sari Bunihayu

Desa Wisata Sari Bunihayu

Tempat wisata selanjutnnya yang ada di Subang adalah Desa Wisata Sari Bunihayu. Tempat wisata ini terletak di ketinggian 500-1700 mdpl tepatnya di Jl. Cagak, Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat. Desa Wisata Sari Bunihayu ini mewarkan keindahan yang luar biasa, selain itu udara di tempat ini sangat sejuk dan masih asri. Suasana khas pedesaan yang nyaman dan jauh dari hiruk pikuk keramaian kota membuat Desa Wisata Sari Bunihayu menjadi salah satu destinasi favorit turis domestik maupun asing.

Untuk kamu yang ingin berwisata ke tempat ini wajib menyiapkan uang tiket masuk ke lokasi Desa Wisata Bunihayu sebesar Rp. 9000,- saja, dan tempat ini buka 24 jam. Fasilitas yang kamu dapatkan di Desa Wisata Sari Bunihayu adalah fasilitas parkir kendaraan yang cukup luas, mushola, kamar mandi umum yang cukup bersih dan ada warung yang menjual berbagai macam makanan.

Untuk kamu yang berasal dari luar kota dan berencana menginap di Subang tidak perlu khawatir dengan tempat penginapan seperti hotel atau yang lainnya. Di Desa Wisata ini juga terdapat penginapan seperti bungalow atau vila yang sangat nyaman untuk kamu dan keluarga.

Tidak hanya itu saja, di Desa Wisata ini juga menyediakan kolam ikan, kolam  renang, tempat bermain anak-anak, tempat Outbound dan bahkan gedung pertemuan serbaguna yang bisa disewa untuk acara pernikahan atau pertemuan lainnya. Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan ditempat ini juga banyak seperti hunting foto bersama keluarga, karena pemandangan di Desa Wisata Sari Bunihayu ini sangat indah.

Selain itu kamu juga bisa datang ke tempat wisata durian, disini kamu bisa memetik durian dan langsung memakannya. Tiket yang harus kamu bayar disini sebesar Rp. 35.000 sampai Rp. 100.000,- .

Untuk kamu yang berencana datang ke Desa Wisata Sari Bunihayu ini bisa menggunakan kendaraan bermotor roda dua ataupun roda empat, karena akses menuju lokasi wisata sudah cukup bagus.

Mata Air Cimincul

Mata Air Cimincul

Destinasi wisata yang selanjutnya adalah Mata Air Cimincul, mata air ini terletak di Desa Pesanggrahan, tepatnya di Kecamata Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Mata Air Cimincul ini berasal dari bahasa Sunda, Cai Mincul yang berarti air muncul atau air yang timbul. Mata air ini awalnya jarang didatangi pengunjung, namun semakin modern dan canggihnya teknologi membuat masyarakat sekitar dan pengunjung mulai mengekpose tempat wisata ini, sehingga mengundang banyak sekali orang yang ingin berwisata kesini.

Harga tiket masuk ke lokasi Mata Air Cimincul sebesar Rp. 10.000,- dan harga ini dapat berubah sewaktu-waktu pada hari besar ataupun hari libur tanpa ada pemberitahuan. Untuk kamu yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir, karena disini terdapat fasilitas parkir pengunjung yang cukup aman. Jam operasional lokasi wisata ini mulai jam 07.00 – 18.00 WIB.

Jalan menuju ke lokasi ini juga cukup curam dan berkelok, sehingga kamu harus memastikan apakah kondisi fisik mu sehat ketika hendak  pergi. Dan untuk kamu yang datang kesini untuk berenang, pastikan membawa baju ganti, sabun, shampo dan perlengkapan penting yang dibutuhkan. Jangan lupa juga untuk membawa kamera yang bisa digunakan didalam air, karena spot foto terbaik disini adalah ketika kamu mengambil foto dari dalam air.

Pastikan jika kamu menjadi pengunjung yang bijak, kamu wajib menjaga kebersihan lingkungan tempat wisata dengan membuang sampah pada tempatnya dan jangan meninggalkan jejak yang bisa merusak tempat yang indah ini, karena menjaga kebersihan dan keindahan tempat ini adalah tanggung jawab kita semua.

Bukit Pamoyanan

Bukit Pamoyanan

Destinasi wisata favorit yang hits akhir-akhir ini di Subang adalah Bukit Pamoyanan. Lokasi dari bukit ini berada di Desa Kawungluwuk, Tanjungsiapa. Bukit yang memiliki nama lain bukit Tanjungsiang ini memiliki pemandangan yang begitu menajubkan, kamu bisa melihat sunrise ataupun sunset.

Hal inilah yang membuat para wisatawan lebih memilih menginap dan membangun tenda demi menikmati gemerlap lampu dari atas bukit dan indahnya matahari di pagi hari. Desa yang sangat hijau ini mengundang banyak wisatawan setiap harinya, sehingga hal ini cukup mengangkat perekonomian masyarakat sekitar.

Bukit yang indah ini juga memiliki sejarah yang cukup menarik. Konon katanya pada zaman dahulu bukit ini adalah tempat favorit para macan berjemur. Hal inilah yang menjadikan bukit ini memiliki nama Pamoyan, karena “moyan” sendiri artinya berjemur. Untuk kamu yang hendak datang kesini sebaiknya menyiapkan biaya masuk sebesar Rp. 5.000,- saja, sedangkan untuk kamu yang berencana menginap diharuskan membayar Rp. 10.000,-.

Jika menginap di Bukit Pamoyanan kamu bisa menyewa tenda, harga yang dipatok untuk sewa tenda sebesar Rp. 10.000,- – Rp. 60.000,-. Kemudian untuk kendaraan bermotor juga bisa kamu parkir ditempat yang cukup aman, karena lokasi parkir disini aman dan dijaga langsung oleh masyarakat sekitar.

Fasilitas umum lainnya yang bisa kamu temukan disini adalah kamar mandi  umum, warung makanan 24 jam, dan pastinya pos penjagaan yang  siap siaga 24 jam. Jangan lupa juga membawa peralatan mandi, baju hangat, kaos kaki dan obat-obatan yang dibutuhkan. Kamu juga wajib membawa kamera untuk berfoto, karena pemandangan disini sangat indah dan rasanya sulit untuk tidak mengabadikan foto ditempat yang indah ini.

Curug Cijalu

Curug Cijalu

Wisata Subang yang bisa kamu datangi selanjutnya adalah Curug Cijalu. Lokasi  curug ini berada di Cagar Alam Gunung Burangrang yang termasuk dalam KPH Bandung Utara. Untuk kamu yang suka sekali berkemah, maka tempat ini sangat cocok untuk mu dan bahkan direkomendasikan. Udara disini sangat sejuk dan pemandangan alam disini begitu mempesona.

Kamu bisa datang kesini mulai jam 07.00 – 17.00 bersama keluarga, pasangan atau bersama dengan teman-teman. Disini kamu juga bisa menikmati wangi pohon pinus yang begitu khas dengan nyanyian burung diatas pohon. Untuk makanannya kamu tidak perlu khawatir, karena disini juga ada banyak sekali warung yang berjualan 24 jam, kemudian kamar mandi dan juga mushola.

Untuk harga tiket yang harus dibayar sekitar Rp. 17.500,- dan biasanya ada tambahan Rp. 3000,- untu kamu yang akan berkemah disini. Jangan lupa juga membawa pakaian hangat, peralatan mandi sampai obat-obatan yang penting.

Kamu juga wajib sekali menjaga kebersihan dan keasrian lokasi sekitar, terutama untuk kamu yang mendirikan tenda untuk bermalam. Membangun tenda dilokasi ini kamu bebas ingin membangunnya dimana, hanya saja tidak diperbolehkan membangun tenda dipinggiran  tebing demi kenyamanan dan keselamatan mu.

Curug Wangun

Curug Wangun

Wisata alam Subang yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Curug Wangun. Lokasi curug ini berada di Tanjungsiang, tepatnya di Jl. Desa Buniara, Buniara, Tanjungsiang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tempat wisata curug ini sebenarnya sudah dibuka sejak 2005 lalu, namun karena tidak terurus dengan baik maka curug ini menjadi jarang pengunjung.

Curug ini dibuka kembali pada bulan Mei 2018 dan diresmikan dengan penandatanganan prasasti dari pihak KPH Bandung Utara. Untuk menuju ke lokasi Curug Wangun, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi menuju ke Pasar Tanjungsiang, kemudian kamu bisa menuju ke Desa Buniara dan sesampainya di Citombe, Buniara kamu bisa memarkir kendaraan.

Pastikan jika kondisi fisik mu sehat sebelum berangkat, karena kamu harus berjalan jauh menuju curug, gunakan alas kaki yang tepat, karena akses menuju ke curug cukup terjal dan ada jalan yang rusak, kontur jalan menuju curug juga naik turun sehingga cukup berbahaya jika kamu datang kesana dalam kondisi yang kurang sehat.

Tiket masuk ke lokasi Curug Wangun ini sebesar Rp. 6.000,- dan bahkan tiket yang kamu bayar sudah termasuk asuransi kecelakaan jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Jam buka lokasi ini mulai pukul 06.00 sampai sore.

Jika kamu ingin datang kesini  jangan lupa membawa baju ganti, makanan dan obat-obatan. Pastikan jika kamu juga menjaga kebersihan lokasi sekitar, jangan membuang sampah sembarangan, karena menjaga kebersihan dan keasrian tempat ini adalah tanggung jawab kita semua.

Curug Cileat

Curug Cileat

Wisata alam di Subang Jawa Barat yang masih berhubungan dengan curug dan bisa kamu jadikan destinasi adalah Curug Cileat. Curug ini meruapakn curug tertinggi yang ada di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Jika kamu berencana mengunjungi curug ini, kamu bisa menuju ke Cibogo, Cupunagara, Gardusayang, Cisalak, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Selama perjalanan menuju ke Curug Cileat kamu akan melewati 4 curug yang berbeda yaitu, Curug Citorok, Curug Cimuncang, Curug Cimuncang Pasir, Curug Anak Cileat barulah kemudian Curug Cileat.

Untuk menuju ke curug ini, kamu harus jalan kaki dan sedikit mendaki ke kaki cukup jauh dengan medan yang cukup terjal, karena Curug ini masih barada dalam kawasan kaki Gunung Canggah.

Kamu bisa kesini kapan saja, karena tempat ini buka 24 jam dan tiket masuk ke Curug ini sebesar Rp. 7.000,- , disini juga ada warung milik warga sekitar serta kamar mandi umum milik warga. Namun jika kamu memutuskan untuk membawa persediaan makanan sendiri, sebaiknya  tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar curug ya!

Pantai Kelapa Patimban

Pantai Kelapa Patimban

Tempat wisata di daerah subang lainnya adalah Pantai Kelapa Patimban, pantai ini memiliki keindahan yang begitu mempesona. Pantai ini cukup landai sehingga bisa saja kamu bermain disini. Pantai ini berada di jalan Panturan Patimban, jika kamu melewati jalur pantura ini, maka berkunjunglah sesekali ke Pantai Kelapa Patimban. Fasilitas yang ada disini adalah kamar mandi umum, mushola, dan tempat parkir yang cukup memadai.

Pantai ini tidak menarik tiket masuk, dan itu artinya siapa saja bebas datang kesini. Disini juga ada persewaan perahu untuk berkeliling disekitar pantai, selain itu juga ada persewaan skyboat , kamu juga bisa memancing dan membawa pulang ikan tangkapan mu, melihat sunset bersama keluarga dan berfoto bersama.

Jika kamu berencana datang kesini sebaiknya persiapkan bekal jika ingin menghemat biaya makan, tapi tetap ingatlah untuk menjaga kebersihan pantai agar nantinya tidak meninggalkan sampah dan merusak tempat yang indah ini.

Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater

Wisata pemandian air panas ciater adalah salah satu destinasi wisata yang wajib kamu datangi ketika sedang berlibur ke Subang. Letak wisata pemandian air panas ciater ini berada di lereng Gunung Tangkuban Perahu, tepatnya di tepi Jalan Raya Subang atau Jl. Raya Ciater, Nagrak, Kec. Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Kesejukan udara gunung dan keindahan dari pemandangan lokasi disekitar membuat para pengunjung semakin betah berlama-lama di tempat wisata pemandian air panas ciater.

Tidak hanya pemandian air panas saja, lokasi wisata ini memiliki fasilitas menarik lainnya seperti taman bermain anak, fasilitas untuk berolahraga, tempat penginapan, bungalow dan villa yang dikelilingi banyak sekali pemandangan hijau yang menyehatkan mata kamu.

Harga tiket masuk ke pemandian ini adalah Rp. 20.000,- sampai Rp. 80.000,- dan tempat ini buka 24 jam. Jika kamu ingin datang ke pemandian ini jangan lupa membawa baju ganti, peralatan mandi dan obat-obatan ya! Jangan lupa juga membawa uang saku yang cukup, karena kamu juga bisa menikmati gurih nya sate dan gulai kelinci yang ada di warung-warung sekitar lokasi wisata.

Kebun Teh Ciater

Kebun Teh Ciater

Jika kamu ingin berwisata di Subang ke tempat yang menyejukkan dan hijau, maka kamu bisa datang kesini. Kebun Teh Ciater, kebun teh ini terletak di antara kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu menuju Pemandian Air Panas Ciater. Kamu bisa datang bersama keluarga besar atau teman-teman mu. Kebun teh ini sangat sejuk dan asri karena berada di ketinggian 1.100 Mdpl. Kebun ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, dan kebun teh ini sudah berkembang sejak 1915.

Kamu ingin melakukan aktifitas yang menyenangkan disini? maka kamu bisa menikmati wisata paralayang atau paramotor. Biaya yang harus kamu siapkan untuk kegiatan paralayang ini sebesar Rp. 400.000 per orang dan minimal membooking untuk 2 orang, sedangkan untuk paramotor biaya yang harus di persiapkan sebesar Rp. 600.000,- dan minimal membooking untuk 6 orang.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Majalengka

Jika kamu ingin menginap di Kebun Teh Ciater, kamu bisa menyewa tenda atau membawa tenda sendiri, kemudian untuk makanannya bisa membawa sendiri atau beli di warung sekitar kebun teh. Jangan lupa membawa pakaian ganti, obat-obatan hingga kamera untuk berfoto dan pastikan kamu tetap menjaga kebersihan lokasi Kebun Teh Ciater ya!

Nah, itulah tempat wisata di Subang yang bisa kamu datangi bersama keluarga atau teman-teman, mulai dari pegunungan hingga pantai. Hal penting lain yang wajib kamu perhatikan adalah bagaimana caranya berlibur ke tempat wisata tanpa harus merusak dan meninggalkan jejak disana. Jangan lupa juga untuk selalu mengabadikan momen bersama ketika datang ke tempat wisata. Jika kamu sudah pernah mengeksplor tempat-tempat di Subang, tidak ada salahnya juga berwisata ke daerah lain yang tidak kalah indah dan serunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *