Tempat Wisata di Subulussalam

17 Tempat Wisata di Subulussalam Terpopuler

Posted on

Menjelajah Aceh itu tak ada habisnya. Masing-masing kabupaten kota miliki objek wisata yang begitu mempesona. Tak terkecuali berbicara tentang tempat wisata di Subulussalam dimana mereka menyimpan surga tersembunyi.

Kota Subulussalam sendiri bukanlah satu kota yang luas karena mereka hanya miliki 5 kecamatan. Namun jangan salah berbicara tentang alam dan keindahannya mereka adalah salah satu yang terbaik.

Tempat Wisata di Subulussalam

Satu kota yang terkenal dengan buah durian ini pun menjadi pilihan bagi mereka yang suka traveling. Terutama pada akhir tahun dimana mereka akan panen raya buah durian. Dan kamu pastinya bisa tuntasnya makan si raja buah yang sekaligus menjadi ikon Kota Subulussalam. Daftar wisata di Kota Subulussalam yang bisa kamu kunjungi:

Air Terjun SKPC (Penutungan)

Air Terjun SKPC

Satu objek wisata yang sangat terkenal di kota Subulussalam sudah pasti adalah air terjun SKPC. Dengan tinggi air terjun yang mencapai 20 meter membuat siapa saja takjub akan derasnya air yang tumpah.

Baca Juga: Wisata Meulaboh

Tak mudah untuk menikmati keindahan air terjun SKPC tapi ini justru menjadi kenikmatan tersendiri. Dimana untuk tiba dilokasi tenaga akan sedikit dikuras melalui anak tangga.

Dan begitu tiba dilokasi maka keindahan itu ada di depan mata. Air terjun ini ada di Lae Bersih, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam.

Wisata Alam Penuntungan

Wisata Alam Penuntungan

Masih di kecamatan yang sama terdapat Wisata Alam Panuntungan yang harus dikunjungi. Pohon-pohon besar dan aliran sungai yang begitu bening membuat keindahan di depan mata menjadikan tempat ini layak untuk dikunjungi.

Wisata alam ini bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Hanya saja bila melibatkan anak kecil harap lebih hati-hati.

Bisa jadi jalan licin dan berbatu akan menjadi sandungan. Namun demikian pastinya bisa menjadi satu cara lebih dekat dengan Tuhan melalui tadabur alam. Wisata alam ini ada di Jalan Raya Subulussalam Penanggalan, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam.

Arung Jeram Lae Kombih

Arung Jeram Lae Kombih

Tak lengkap rasanya berkunjung ke Aceh tanpa merasakan arung jeram. Maklum saja wilayah ini kaya dengan sungai yang memiliki arus kuat. Menantang rasa penasaran siapa saja untuk mencoba menahlukkan.

Untuk melakukan kegiatan ini pastinya menggunakan pemandu atau operatar dari warga setempat. Hal ini karena mereka lebih tahu kondisi sungai yang akan diarungi.

Kegiatan arung jeram di sungai Lae Kombih ini bisa dimulai dari Desa Sikelang, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam.

Area Wisata Sikelang

Sikelang bisa jadi adalah hiburan terbaik bagi warga Subulussalam bila mereka ingin main air. Hal ini karena secara geografis kota ini tidak miliki pantai.

Namun demikian area wisata Sikelang ini miliki kualitas air yang sangat baik. Wajar kemudian bila masyarakat sangat antusias untuk berwisata di tempat ini.

Selain ada kolam yang cukup luas area wisata Sikelang ini juga dilengkapi berbagai fasilitas menarik pastinya. Objek Wisata ini ada di Sikelang, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam.

Kolam Kasman

Kolam Kasman

Berenang bersama anggota keluarga tentu menjadi satu kegiatan yang mengasikkan. Dan saat ada di kota Subulussalam maka Kolam Kasman bisa menjadi rekomendasi selanjutnya.

Harga tiket yang merakyat menjadi salah satu alasan kenapa tempat ini selalu dikunjungi wisatawan. Selain itu pastinya ada ragam kuliner khas Subulussalam yang begitu menarik.

Puas bermain air dan isi perut maka baiknya jalan-jalan dam Kolam Kasman ini pun miliki taman yang indah. Alamat Kolam Kasman ada di Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam.

Pemandian Nantampuk Mas

Pemandian Nantampuk Mas

Tempat wisata di Kota Subulussalam yang terkenal dan murah meriah bisa dipastikan adalah pemandian Nantampuk Mas. Di sini selain menyegarkan mata juga akan menyegarkan badan.

Jangan lupa saat berkunjung ke destinasi ini untuk membawa baju ganti. Aliran sungai yang tenang dan jernih tak memberi kesempatan yang datang untuk berdiam diri.

Kondisi alam yang begitu asri dan mewakili ciri khas pedesaan ini ada di Desa Lae Bersih, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam.

Silangit Singgersing

Silangit Singgersing

Ingin menikmati satu objek wisata yang masih perawan maka inilah tempatnya. Tak banyak yang tahu dan mau berkunjung ke tempat ini karena dibutuhkan tenaga ekstra.

Namun demikan saat tiba di tempat ini mereka pastinya ingin datang kembali. Menikmati keindahan alam sebagai bentuk ciptaan yang maha kuasa.

Terlebih bagi mereka yang suka mandi di alam terbuka maka nikmati keseruan dan keasikkan tersebut. Silangit Singgersing ini ada di kampong Singgersing, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam.

Kampong Namo Buaya

Satu desa wisata yang sangat direkomendasikan bila berkunjung ke Kota Subulussalam sudah pasti adalah Kampung Namo Buaya. Pemandangan paling menarik saat di desa wisata ini adalah air terjun dan saluran irigasi yang begitu apik.

Saluran irigasi yang pada awalnya untuk mengairi area persawahan ini memiliki pemandangan yang sangat cantik. Selain itu masih ada satwa liar yang bisa ditemui semisal monyet dan aneka burung langka.

Dari pusat kota Subulussalam hanya butuh 30 menit untuk menjangkau Kampong Namo Buaya ini dan sarana transportasi yang ada pun telah memadai. Desa wisata ini ada di Namo Buaya, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam.

Air Terjun Batu Napal

Air Terjun Batu Napal

Air terjun yang ekslusive ada di Subulussalam sudah pasti adalah Air Terjun batu Napal. Dimana air terjun ini memiliki 5 tingkat sehingga hasilkan panorama tak biasa.

Namun demikian hanya mereka yang kuat saja yang bisa datang ke tempat ini. Baik itu kuat secara fisik maupun kuat secara keyakinan.

Maklum saja sebelum tiba di air terjun maka wisatawan diharuskan melalui dua aliran sungai yang airnya cukup deras. Mereka yang tidak hati-hati bisa saja terpeleset.

Penasaran bukan, silakan saja datang ke Kampung Lae Raso, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam.

Taman Kota Subulussalam

Taman Kota Subulussalam

Saat akhir pekan tiba dan mereka yang ingin jalan-jalan atau olahraga tipis-tipis pastinya Taman Kota Subulussalam. Sama seperti taman kota pada umumnya, tempat ini pun dipersiapkan Pemerintah Kota Subulussalam untuk bersantai.

Aneka kegiatan pun biasa digelar di tempat ini karena memang lokasinya ada di pusat kota. Kala sore tiba sebagian warga pun akan memilih tempat ini untuk bersantai.

Tak jauh dari lokasi ini juga ada tempat yang bisa menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu. Taman Kota Subulussalam ini ada di Jalan Teuku Umar, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam.

Lapangan Beringin

Lapangan atau alun-alun ini ada di pusat Kota Subulussalam dan sering digunakan sebagai ajang berkumpulnya warga. Aneka kegiatan sering dihelat di lapangan ini mulai dari pertunjukan musik hingga sosial.

Tak jarang aneka komunitas kumpul di lapangan ini. Semacam gathering kecil-kecilan dan kita sebagai pengunjung pun bisa nimbrung untuk melihat koleksi mereka.

Bila sedang tidak digunakan maka akan dipilih warga untuk bersantai. Menghabiskan waktu sembari jajan kuliner, menikmati aneka menu kaki lima dengan harga murah meriah. Lapangan Beringin ini ada di Teuku Umar, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam.

Makam Syekh Hamzah Al-Fansyuri

Makam Syekh Hamzah Al-Fansyuri

Sementara itu bagi mereka yang ingin wisata religi di Kota Subulussalam sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke makam Syekh Hamzah Al-Fansyuri. Syekh Hamzah sendiri bukan hanya dikenal sebagai ulama besar di Subulussalam, lebih dari itu ia adalah penyair handal.

Salah satu karya yang paling terkenal berupa puisi yang berkisah tentang filsafat wujud. Selain itu pastinya masih ada karya lain yang diakui dunia.

Mereka yang ziarah ke makam ini bukan hanya warga lokal saja melainkan hingga mancanegara. Makam Syekh Hamzah bisa dikunjungi di Desa Oboh, Kecamatan Rundeng, Kota Subulussalam.

Ekowisata Lae Soraya

Ekowisata Lae Soraya

Kekayaan alam Aceh atau lebih tepatnya Kota Subulussalam akan terpotret di Ekowisata Lae Soraya. Dimana mereka miliki koleksi flora dan fauna yang begitu melimpah.

Bagi yang suka adventure jangan lewatkan kegiatan untuk susur sungai. Pastikan untuk kegiatan ini dipandu oleh mereka yang memang mengenal aliran sungai.

Atau bila tidak ingin menguras tenaga maka memancing ikan bisa jadi kegiatan terbaik. Objek wisata ini ada di Lae Soraya, Kecamatan Rundeng, Kota Subulussalam.

Jembatan Dah Rundeng

Jembatan Dah Rundeng

Masih di tempat yang sama ada satu jembatan yang sangay ikonik. Memastikan siapa saja yang melintas untuk berhenti sesaat.

Mengambil spot foto dengan latar jembatan Dah Rundeng atau alam sekitar adalah pilihan terbaik. Jembatan terpanjang di kota Subulussalam ini memiliki panjang 150 meter dengan cat warna warni.

Saat sore tiba jangan kaget bila kemudian banyak anak muda berhenti di jembatan ini. Mereka tak ingin melewatkan kesempatan untuk berburu matahari terbenam dengan nuansa epik. Jembatan terpopuler ini ada di Lae Pamualan, Kecamatan Rundeng, Kota Subulussalam.

Air Terjun Kedabuhan

Air Terjun Kedabuhan

Air terjun ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang benar-benar punya nyali lebih. Kalau tidak cukup jangan coba-coba datang ke tempat ini.

Terlebih bila musim hujan tiba, bisa jadi debit tiba-tiba akan meningkat dengan drastis. Kalaupun dipaksakan jangan pernah coba-coba turun dan cukup ada dipinggir sungai saja.

Air Terjun Kedabuhan ini ada di Lae Ikan Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam.

Kebun Buah Naga Longkib

Kebun Buah Naga Longkib

Mungkin selama ini kita begitu familier dengan buah naga. Tapi bisa jadi kita tidak pernah tahu pohonnya seperti apa.

Nah, saat ada di kota Subulussalam jangan lupa untuk mampir ke Kebun Buah Naga Longkib. Di kebun seluas 10 hektare ini kita akan melihat secara langsung proses budidaya buah naga.

Dan pastinya kita bisa ikut panen secara langsung untuk disantap atau sebagai oleh-oleh. Kebun buah ini ada di Sikerabang, Kecamatan Longkib, Kota Subulussalam.

Kebun Buah Salak

Kebun Buah Salak

Di kota Subulussalam ternyata bukan hanya ada buah naga dan disana pun ada sentra pertanian yang fokus menggarap buah salak pondoh. Jaraknya hanya 2 kilometer dari pusat kota dan pastinya sayang untuk dilewatkan.

Di kebun ini pun pengunjung bisa belajar tentang budidaya tanaman salak sekaligus memetiknya. Menikmati buah segar langsung dari pohon pastinya adalah sebuah kemewahan tersendiri. Kebun ini ada di Desa Penuntungan, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam.

Baca Juga: Wisata Kota Jantho

Pengalaman tak terlupakan pastinya menjelajah dan menikmati berbagai keindahan tempat wisata di Kota Subulussalam. Terutama bagi kamu yang suka dengan kegiatan traveler berbau alam.

Pastinya siapkan fisik dan mental untuk menghadapi pengalaman tak terduga. Jangan lupa ajak teman terbaik yang bisa diajak menikmati “kegilaan” bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *