Tempat Wisata di Sukabumi

11 Tempat Wisata di Sukabumi yang Bernuansa Alam

Posted on

Tempat wisata di Jawa Barat memang tidak pernah ada habisanya. Apalagi yang bertemakan alam. Tiap daerahnya selalu saja menyimpan banyak wisata tersembunyi. Seperti daerah Sukabumi misalnya. Ada banyak tempat wisata di Sukabumi yang bernuansa alam dan wajib sekali dikunjungi bila datang ke kota ini. Nah, berikut ini adalah beberapa diantaranya. Simak yuk!

Daftar Tempat Wisata di Sukabumi

Jembatan Situ Gunung

Jembatan Situ Gunung

Untuk kamu yang hendak berwisata ke Sukabumi, Jawa Barat, tidak ada salahnya datang ke Jembatan Situ Gunung. Tempat wisata di Sukabumi ini berada di Jl. Kadudampit, Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat. Disini kamu bisa menikmati jembatan gantung yang menghubungkan dua perbukitan. Sehingga membuat pemandangan terlihat jauh lebih indah di tambah udaranya yang menyejukkan.

Jika kamu berencana datang ke tempat ini bisa datang mulai pukul 07.00 sampai 16.00 WIB ya. Jangan lupa siapkan juga uang tiket sebesar Rp. 16.500,- untuk anak-anak dan Rp. 18.500,- untuk dewasa. Agar lebih hemat, kamu bisa membawa bekal makanan dan minuman secukupnya dari rumah. Tapi kalau mau mencari warung makan di sekitar lokasi wisata juga bisa.

Tak jauh dari lokasi Jembata Situ Gunung, ada sebuah curug yang bernama Curug Sawer. Di curug ini kamu bisa merasakan segarnya percikan air dari curug yang begitu dingin. Jarak dari Jembatan Situ Gunung menuju ke curug sekitar 10 menit, jangan lupa juga untuk membawa baju ganti agar kamu tidak masuk angin setelah pulang dari curug.

Karang Aji Beach Villa

Karang Aji Beach Villa

Tempat wisata di Sukabumi yang kedua adalah Karang Aji Beach Villa, tepatnya di Jl. Raya Cisolok KM 20-22, 10310 Cisolok, Sukabumi. Dan jika kamu adalah orang yang suka sekali dengan pemandangan laut, maka tempat yang buka 24 jam ini paling cocok untuk mu.

Disini juga tersedia penginapan yang harganya masih terjangkau. Harga penginapan per malam disini mulai dari Rp. 250.000,- dan kamu juga sudah bisa mendapatkan paket sarapan untuk 2 orang.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Pangandaran

Villa yang di sewakan juga menawarkan desain interior yang menarik, didalamnya terdapat desain unik yang berwarna-warni. Selain itu juga ada berbagai lukisan yang bernuansa oriental sebagai pemanis ruangan.

Jika kamu menginap disini, kamu akan merasakan betapa tenangnya alam dimalam hari dengan suara serangga yang akan mengiringi tidur malam mu. Pastikan jika pakaian, obat-obatan juga dibawa ketika menginap di Karang Aji Beach Villa.

Danau Bacan

Danau Bacan

Destinasi wisata Sukabumi lainnya adalah Danau Bacan, danau ini terletak di Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Danau Bacan ini memiliki pesona yang begitu luar biasa, sehingga tidak akan ada wisatawan yang bosan di tempat ini. Jika kamu ingin datang ke Danau Bacan, maka jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen yang seru disini.

Danau ini memang tidak terlalu besar, namun warna hijau dari danau inilah yang membuatnya lebih menarik dan indah terutama untuk spot foto. Danau ini tidak terbentuk secara alami, karena sebenarnya Danau Bacan ini merupakan bekas galian tambang yang kemudian terisi air hujan.

Danau Bacan ini juga merupakan kawasan wisata yang cukup digemari banyak orang, pertama karena tiket masuknya yang murah sebesar Rp. 5.000,- di tambah biaya parkir sebesar Rp. 2.000,- untuk motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil.

Jika kamu datang kesini bersama teman atau keluarga sebaiknya tetap berhati-hati ya, karena bagaimanapun keselamatan nomor satu dimanapun kita berada. Dan apabila kamu pergi bersama anak kecil, akan lebih baik jika kamu memberikan perhatian kepada mereka dan tidak lalai agar tetap aman dan nyaman saat berwisata.

Bukit Karang Para

Bukit Karang Para

Bukit Karang Para merupakan salah satu destinasi wisata yang indah, dan bahkan kini bukit ini menjadi salah satu spot terbaik untuk pengambilan foto. Jika kamu datang kesini pastikan untuk membawa kamera dan menggunakan baju yang bagus ya! Karena disini kamu bisa berfoto dengan berbagai macam spot, dan salah satu spot yang paling digemari adalah batuan karang yang berpadu pemandangan hijaunya alam bebas. Lokasi dari Bukit Karang Para ini berada di Desa Kebun Manggu, Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Tiket masuk ke lokasi bukit ini sangat murah sekali, hanya dengan Rp. 2.000,- kamu bisa menikmati indahnya Bukit Karang Para. Untuk biaya parkir kendaraan dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 5.000,-. Jika kamu datang kesini bersama teman-teman, pasti tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bersama. Jangan lupa juga membawa bekal makanan dari rumah, tapi untuk kalian yang enggan membawa bekal sendiri bisa membeli makanan yang ada di warung sekitar tempat wisata.

Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar

Tempat wisata di Sukabumi juga ada yang unik, yaitu Kampung Ciptagelar. Kampung ini menyuguhkan suasana yang kembali ke masa lalu, sehingga kampung ini  juga disebut sebagai  kampung adat. Kampung yang terletak di Kampung Sukamulya Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Disini kamu bisa melihat rumah masyarakat yang seolah-olah tidak terpengaruh oleh zaman yang begitu modern. Tradisi yang ada di kampung ini juga masih sama seperti jaman dahulu, hanya saja sudah ada listrik di kampung ini.

Untuk masuk ke kampung ini kamu harus membayar Rp. 5.000,- dan nantinya uang tersebut digunakan untuk operasional kampung tersebut. Kampung Ciptagelar ini juga sangat sejuk dan nyaman, dan bahkan masyarakat yang ada di kampung ini sangat ramah sekali. Jika kamu datang kesini jangan lupa membawa kamera dan mengabadikan keunikan kampung ini.

Untuk kamu yang tidak ingin membawa bekal makanan dari rumah jangan khawatir, karena disini juga tersedia warung milik masyarakat, bahkan  tidak jarang masyarakat mendatangi mu untuk menawarkan makanannya. Pastikan juga kondisi fisik mu sehat ya, bawalah obat-obatan penting dan bawalah persediaan BBM, karena kampung ini cukup terpencil dan jauh dari pusat kota.

Gua Buniayu

Gua Buniayu

Tahukah kamu, jika di Sukabumi ada gua terbaik se Asia Tenggara? Gua Buniayu adalah gua yang sangat terkenal di Sukabumi. Gua ini sudah dibuka sejak tahun 1992, dan bahkan gua ini sudah dilengkapi dengan peralatan keselamatan yang bertaraf internasional.

Jika kamu datang kesini tidak perlu khawatir salah arah, karena disini sudah disediakan pemandu yang sudah terlatih. Lokasi Gua Buniayu ini juga tidak terlalu jauh dari pusat Kota Sukabumi tepatnya di Cipinang, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Hanya dengan 45 menit saja kamu bisa mengunjungi tempat ini. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, jika gua iniadalah gua terbaik se Asia Tenggara sehingga ada banyak sekali wisatawan lokal maupun asing yang datang, bahkan mereka datang dengan tujuan penelitian.

Tiket masuk ke lokasi Gua Buniayu sebesar Rp. 5.000,- dan untuk kamu yang ingin menjelajah bagian dalamnya wajib membayar Rp. 20.000,-. Di dalam gua ini terdapat ornamen geologi yang menajubkan dan bahkan ornamen tersebut terbentuk alami sejak ratusan tahun yang lalu. Keunikan dari gua ini adalah suasananya yang sangat gelap, tidak setitikpun cahaya matahari bisa masuk ke dalam gua. Hal inilah yang membuat Gua Buniayu disebut sebagai gua dengan “kegelapan yang abadi”.

Untuk kamu yang membawa kendaraan pribadi bisa memarkir kendaraan di parkiran dekat gua, dan kamu yang menggunakan kendaraan umum juga bisa datang kesini. Jika kamu datang dengan kendaraan umum, pastikan jika kamu naik kendaraan umum yang tepat dari terminal Jubleg ke Sagaranten. Jangan lupa juga membawa bekar makanan dari rumah ya, namun jika kamu enggan membawa bekal juga tidak perlu khawatir, karena di sekitaran gua juga banyak pedagang makanan.

Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan

Sukabumi wisatanya tidak melulu tempat yang sejuk, namun di Sukabumi juga ada pantai yang sangat indah. Pangumbahan, pantai ini merupakan salah satu pantai yang cukup ramai dengan pengunjung. Pantai ini barada di Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pantai Pangumbahan juga menawarkan keindahan pasirnya yang sangat putih dan halus, serta penangkaran penyu yang begitu menarik.

Di pantai ini kamu bisa melakukan banyak aktifitas dengan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- saja, salah satu kegiatan disini adalah melepaskan anak-anak penyu yang sangat lucu, penyu-penyu kecil tersebut akan dilepaskan ke arah Samudera Hindia, dan umumnya kegiatan tersebut dilaksanakan pada sore hari sekitar pukul 16.00 sampai 17.00 sore.

 Jika kamu ingin melihat penyu-penyu bertelur, maka datanglah di malam hari, tapi kamu tidak diperkenankan menggunakan senter atau Hp untuk menerangi lokasi, karena di khawatirkan penyu-penyu akan takut bahkan enggan untuk bertelur di pantai ini. Untuk kamu yang ingin bermalam disini bisa menginap di resort dekat pantai, dan harga untuk  per malamnya mulai dari Rp. 200.000,- . Jangan lupa juga untuk tetap menjaga kebersihan pantai, jangan pernah membuang sampah sembarangan di pantai ini dan bahkan dimanapun kamu berkunjung ya!

Gunung Halimun

Gunung Halimun

Mutiara yang menghiasi Pulau Jawa, julukan ini selalu melekat pada Gunung Halimun yang terletak di Kp. Ciwalen, Malasari, Nanggung Halimun, Sukabumi, Jawa Barat. Gunung ini memiliki banyak sekali pohon yang subur, besar dan rindang. Untuk kamu yang ingin menjelahai gunung ini bisa dengan menggunakan mobil Jeep, di gunung ini terdapat Jeep Tour yang di patok dengan harga sekitar Rp. 100.000,- an.

Kamu juga bisa menikmati hamparan kebun teh yang sangat luas, sehingga kamu juga bisa menikmati segarnya udara perkebunan teh yang indah bak permadani alami. Untuk kamu yang ingin bermalam disini juga bisa membangun tenda,  disini juga terdapat homestay yang cukup nyaman dan bahkan ada juga agen travel yang menjual berbagai paket menarik untuk berkegiatan di Gunung Halimun, misalnya saja berjalan menuju ke Curug Macan yang begitu indah. Jangan lupa membawa pakaian hangat, topi, sepatu dan kaos kaki ya, karena udara malam hari di Gunung Halimun sangat dingin namun tetap menyenangkan.

Kawah Ratu

Kawah Ratu

Lokasi wisata selanjutnya adalah Kawah Ratu yang terletak di lereng Gunung Salak tepatnya di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Sukabumi. Kawah ini sudah sering sekali didatangi banyak pengunjung, terutama mereka para penggemar trekking. Jalur menuju ke kawah ini ada 3, pertama melalui Curug Seribu yang terletak di Gunung Bunder dengan jarak tempuh sekitar 5 km, kedua melalui Pasir Rengit dengan jarak tempuh sekitar 3.5 km. Jalur yang terakhir menuju ke Kawah Ratu bisa melalui Bumi Perkemahan Cidahu dengan jarak tempuh sekitar 4.5 km.

Tiket masuk ke Kawah Ratu sebesar Rp. 7.500,-  dan kamu juga bisa membawa pulang belerang yang banyak di yakini orang-orang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Kamu juga sebaiknya memastikan kondisi fisik mu, pastikan jika sehat dan benar-benar mampu menempuh perjalanan jauh. Selain itu jangan lupa membawa bekal makanan dari rumah, karena dikhawatirkan tidak ada penjual makanan disini. Pastikan kamu juga menjaga diri serta menjaga kebersihan lingkungan disekitar kawah.

Bukit Karangnumpang

Bukit Karangnumpang

Tempat wisata di Sukabumi yang cukup terkenal adalah Bukit Karangnumpah, lokasi dari bukit ini berada di Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Bukit Karangnumpang ini menawarkan banyak spot foto yang banyak sekali, dan bahkan tidak jarang orang rela datang kemari demi mendapatkan spot foto yang bagus untuk konten mereka. Bukit yang indah ini semakin terkenal berkat film 5 cm yang pernah tayang di bioskop. Selain itu Bukit Karangnumpang ini juga cukup dekat dengan pusat Kota Sukabumi, sehingga tidak membutuhkan waktu lama menuju kesini.

Lokasi Bukit Karangnumpang ini buka 24 jam, tiket masuk ke Bukit Karangnumpang sebesar Rp. 5.000 saja untuk parkir dan kebersihan. Jika kamu datang kesini sebaiknya membawa kamera , karena spot foto di bukit ini begitu mempesona dan bahkan bisa menghipnotis kamu hingga larut malam khususnya untuk kamu yang menginap dengan tenda di bukit ini. Pastikan juga jika kamu membawa bekal makanan jika ingin hemat, namun jika kamu malas menyiapkan bekal maka kamu bisa membeli makanan disini.

Gunung Sunda

Gunung Sunda

Tidak jauh dari pusat Kota Sukabumi juga terdapat tempat liburan yang menarik, yaitu Gunung Sunda. Gunung ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan menyegarkan pikiran. Gunung Sunda bisa menjadi salah satu destinasi wisata jika waktu liburan mu hanya sebentar saja. Gunung ini memiliki cerita yang diyakini masyarakat sekitar, yaitu tentang datangnya Prabu Siliwangi kesini. Hal inilah yang membuat jalan menuju ke Gunung Sunda dinamai dengan Jalan Siliwangi.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Kuningan

Lokasi dari Gunung Sunda ini berada di Kampung Jambelaer, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.  Tiket masuk ke lokasi Gunung Sunda ini sebesar Rp. 5.000,-  dan tiket parkir seikhlasnya. Jika kamu datang bersama keluarga, pastikan untuk membawa perbekalan yang cukup serta alas untuk duduk bersantai, karena disini kamu bisa piknik bersama mereka dengan biaya yang murah meriah.

Namun tetap ingatlah untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar gunung, jangan pernah meninggalkan sampah dimanapun kamu berwisata. Pastikan jika kamu mampu menjaga diri dan kawasan wisata yang hendak kamu kunjungi, karena menjaga kebersihan wajib kita lakukan dimanapun kita berada.

Nah, itulah 11 Tempat wisata di Sukabumi yang bisa kamu kunjung. Yuk, langsung rencanakan saja perjalanan wisatamu dan tetapkan lokasi wisata mana yang akan dikunjungi! Happy Holiday Guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *