Tempat Wisata di Sukoharjo

10 Tempat Wisata di Sukoharjo Yang Paling Direkomendasikan

Posted on

Sukoharjo merupakan salah satu Kota dan Kabupaten yang berada di Jawa Tengah. Bila kebetulan kamu sedang berlibur ke Jateng, sebaiknya sih tak melewatkan untuk berkunjung ke Sukoharjo. Sebab tak sedikit tempat wisata di Sukoharjo yang sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata belanja, wisata sejarah, dan lain-lain.

Tempat Wisata di Sukoharjo

Penasaran dengan tempat mana saja yang dapat kamu kunjungi saat berada di Kota Sukoharjo? Artikel ini akan memberikan informasi lengkap mengenai tempat wisata di Sukoharjo mulai dari alamat, fasilitas hingga biaya yang harus disiapkan untuk masuk ke wisata tersebut. Yuk langsung simak saja ulasan berikut ini.

Pandawa Water World

Pandawa Water World

Pandawa Water World berlokasi di Komplek Pandawa Jalan Cemara Raya Gedangan, Dusun 2, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Merupakan tempat wisata di Jawa Tengah dengan konsep taman wisata air dan erat dengan tema tokoh pewayangan yaitu Mahabarata.

Ada banyak wahana permainan yang bisa menjadi fasilitas seru baik untuk pejuang anak maupun dewasa. Nah, sebelum kamu masuk ke tempat wisatanya, tentu saja kamu harus menyiapkan dulu biaya tiket masuk yang harus dibayarkan ya. Harga tiket untuk hari biasa atau weekday yaitu 80 ribu rupiah per orang dengan jam operasional mulai dari pukul 12 siang sampai dengan pukul 6 sore. Sementara itu untuk akhir pekan atau weekend dan juga high season, biaya akan lebih mahal yaitu 100 ribu rupiah dengan jam buka mulai dari pukul 8 pagi sampai dengan 6 sore.

Dengan biaya yang dikeluarkan tentu kamu tak akan merasa rugi sebab ada banyak wahana yang bisa kamu mainkan. Kurang lebih 27 wahan siap menyambutmu.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Sragen

Seperti wave pool, sebuah kolam ombak yang akan mensimulasikan layaknya kamu sedang berada di laut. Ada sebuah ombak buatan layaknya kamu berada di pantai, badamu akan terombang-ambing. Namun tak perlu khawatir, wahana ini terbilang aman ya. Jadi tak perlu takut kamu akan terseret ombak.

Ada juga wahana Black Hole Side. Kamu akan merasakan bagaimana sensasi meluncur dari atas ketinggian, lalu melewati lintasan tube yang tertutup dan mendarat langsung di atas sebuah kolam. Sementara itu, untuk anak-anak, agar lebih aman bisa menikmati wahana Kunti Children dan Toodler Pool, sebuah kolam yang memang dibuat khusus untuk anak dan balita.

Bagaimana, cukup serukan untuk dijadikan sebagai destinasi liburan apalagi bersama keluarga? Yuk langsung saja rencanakan, kapan kamu akan berkunjung ke kesini.

The Heritage Palace

The Heritage Palace

Wisata Sukoharjo The Heritage Palace berlokasi di Jalan Permata Raya Dukuh Tegalmulyo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Bisa dibilang, The Heritage Palace termasuk dalam wisata terbaru yang ada di Sukoharjo. Sebab baru dibuka pada tahun 2018 tepatnya tanggal 09 Juni.

Tempat ini memiliki keunikan yang menjadikannya daya tarik para wisatawan untuk berkunjung. Dimana suasana yang akan kamu rasakan saat masuk Kawasan wisatanya seperti nuansa Eropa Klasik tempo dulu. Ada sebuah bangunan yang juga menarik perhatian yaitu bangunan dengan gaya romawi, berdiri dengan sangat megah.

Sebenarnya The Heritage sendiri adalah bangunan cagar budaya atau BCB bekas pabrik gula pada masa kolonial Belanda, sehingga tak heran bila tempat ini juga memiliki sejarah tersendiri. Dibangun sejak tahun 1892 dan memiliki luas lahan kurang lebih 2.2 hektar. Setidaknya ada 9 bangunan kuno yang masih berdiri di area bekas pabrik gula ini. Lengkap dengan cerobong asap dengan tinggi mencapai 20 meter. Namun untuk bangunan yang Sudah boleh dimasuki oleh umum baru 3 bangunan saja.

Bagian halaman atau luar banguannya dijadikan sebagai sebuah museum transportasi. Kamu dapat melihat berbagai macam mobil kuno. Seperti Mobil Dodge yang dibuat pada tahun 1948, dimana dulu Bapak Soekarno juga pernah menggunakan mobil ini. Ada pula mobil pemadam kebakaran yaitu Dodge Power yang dikeluarkan pada tahun 1963. Lalu Chevrolet Bel Air USA yang dikeluarkan tahun 1955 dan Jepp Willy USA tahun 1943. Bagi kamu pecinta mobil kuno tentu akan sangat dimanjakan dengan adanya museum ini.

Selain itu, karena bangunannya juga sangat kental dengan gaya eropa klasik sehingga membuat para pengunjung tak pernah terlewatkan untuk berfoto. Karena memang banyak sekali spot foto unik yang sangat instagramable. Tak jarang pula calon pengantin melakukan sesi preweddingnya di sini.

Ada pula sebuah museum 3D Trick Art, di sini kamu juga dapat berfoto dengan berbagai macam lukisan 3D yang seolah nyata, pastinya akan terlihat keren sekali.

Bila kamu tertarik datang ke sini kamu harus memperhatikan jam bukanya ya. Dari senin sampai dengan Kamis buka mulai dari pukul 10 pagi sampai dengan 6 sore. Sementara untuk Jumat sampai dengan Minggu, buka pukul 9 pagi sampai dengan 9 sore. Agar bisa masuk dan menikmati berbagai macam fasilitasnya, kamu perlu membayar tiket masuk 55 ribu rupiah saja per orang. Harga tersebut juga sudah termasuk tiket untuk menikmati 3D Trick Art ya. Cukup murah dan terjangkau kan? So, kamu tak perlu ragu lagi untuk menikmati waktu akhir pekan bersama keluarga di The Heritage Palace.

Gunung Sepikul

Gunung Sepikul

Tempat wisata alam di Sukoharjo Gunung Sepikul menjadi salah satu gunung yang difavoritkan oleh para pendaki, khususnya yang masih pemula. Bisa dibilang, Sepikul adalah miniature Gunung sebab untuk bisa sampai puncaknya kamu hanya perlu mendaki dalam waktu 10 sampai 15 menit saja. Jarak dari pusat kota menuju Sepikulnya sendiri tak terlalu jauh, hanya berjarak 15 km dan bisa ditempuh dalam waktu 30 menit berkendara.

Saat kamu sudah sampai puncak Gunung Sepikul, kamu akan disambut dengan pemandangan alam yang sangat indah. Hamparan sawah di sekitar Gunung Sepikul semakin menyempurnakan keindahan alam tersebut. Bila kamu melihat ke sisi selatan dan Tenggara kamu akan melihat pemandangan gunung Gajah Mungkur dengan cukup jelas.

Namun sayangnya, kamu tak dapat mendirikan tenda di sini ya. Sebab kalau sudah pukul 17.30 biasanya petugas yang masih warga setempat akan meminta pendaki untuk segera turun. Ini karena Gunung Sepikul belum dilengkapi dengan fasilitas memadai, semakin malam jalur pendakiannya pun akan sangat gelap sekali.

Untuk bisa masuk ke Kawasan wisata Gunung Sepikul, kamu harus membayar tarif atau biaya masuk terlebih dahulu. Hanya perlu membayar 5 ribu rupiah saja per orang, kamu sudah bisa menikmati bentang alam dari atas ketinggian.

Wisata Alam Batu Seribu

Wisata Alam Batu Seribu

Tempat wisata di Sukoharjo Jawa Tengah yang terbilang cukup unik yaitu wisata alam Batu Seribu. Sebuah wisata air dimana konsep kolam renang yang berada di tenga hutan dan sumber air kolamnya langsung dari mata air pegunungan. Sehingga tak heran bila kesegaran dan kesejukan suasana sekitar amat bisa dirasakan.

Bagi masyarakat Sukoharjo, wisata ini tentu sudah tak asing lagi. Sebab sudah ada sejak 30 tahun yang lalu, bahkan Batu Seribu juga kerap viral di tahun 90 an sampai dengan 2000-an.

Pengunjung dapat menikmati liburan di alam sambil berendam, menikmati sumber mata air pegunungan. Keindahan alam sekitar pun semakin menyempurnakan keberadaanmu yang sedang ada di alam.

Nah, kalau kamu tertarik untuk berkunjung Batu Seribu, catat ya alamatnya. Yaitu di Jalan Gentan, Bulu, Pacinan, Gentan, Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Atau agar tidak tersesat, kamu bisa dibantu oleh google maps.

Alun-Alun Satya Negara Sukoharjo

Alun-Alun Satya Negara Sukoharjo

Obyek wisata Sukoharjo satu ini biasanya memang selalu ada di setiap daerah. Sebuah alun-alun yang kerap dikunjungi untuk wisata keluarga, sekedar menikmati waktu akhir pekan dan suasana kota Sukoharjo. Lokasinya ada di Denokan, Jetis, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Saat hari Ramadhan, alun-alun akan dipenuhi oleh cukup banyak orang. Apalagi di sore hari, dalam rangka ngabuburit sambil menunggu buka puasa, orang-orang biasa menikmati waktu menjelang magrib di sini. Namun di samping itu, saat hari biasa pun kerap dipenuhi pengunjung kok.

Kalau kamu sedang melakukan perjalanan dan kebetulan berada tidak jauh dari Alun-Alun Sukoharjo, sebaiknya kamu sempatkan untuk datang ke sini yuk!

Tugu Kartasura

Tugu Kartasura

Tugu katsura sebenarnya merupakan icon dari Kota Sukoharjo. Letaknya berada di perempatan, sehingga dapat terlihat jelas dari segala arah. Untuk lokasi tepatnya berada di Jalan Diponegoro Barat, Nomor 19, Dusun I, Tugu, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Sebagai tanda bahwa kamu pernah ke Sukoharjo, sebaiknya kamu sempatkan untuk berfoto di Tugu ini ya. Sekalian memperkenalkan Kota Sukoharjo pada teman-temanmu di media sosial.

Telaga Claket

Telaga Claket

Tempat wisata alam di Sukoharjo selanjutnya adalah Telaga Claket yang berlokasi di Jalan Claket Jalan Ngawen, Keblokan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Lokasinya tidak jauh dari Kota Wonogiri. Bila ditempuh menggunakan kendaraan, biasanya akan menghabiskan waktu 15 sampai 30 menit, sesuai kondisi jalan. Sementara untuk jarak tempuhnya kurang lebih 10 km.

Suasana sekitar Kawasan wisatanya sangat indah apalagi dilengkapi dengan bunga warna-warni. Dimana bunga tersebut memang sengaja ditanam dan dirawat oleh pihak pengelola wisata.

Ada 2 jenis bunga yang akan semakin menarik perhatian pengunjung saat berada di Telaga Claket. Kedua bunga tersebut adalah Bunga Celosia dan Bunga Matahari yang warnanya kuning.

Bunga-bunga tersebut ditanam di sebelah kanan dan kiri jalan yang sudah dibangun oleh pihak pengelola wisata. Kamu dan pengunjung lainnya dapat berfoto dan bergaya di tengah bunga warna-warni tersebut, hasilnya tentu akan sangat instagramable. Sehingga jangan lupa untuk membagikannya di sosial media ya agar kamu bisa memperkenalkan Kawasan wisata ini ke orang banyak.

Ada pula beberapa spot foto yang sangat difavoritkan. Salah satunya adalah sebuah dek yang dihias dengan ornamen menarik lalu latar belakangnya adalah telaga dan bukit Widodaren. Tidak hanya spot foto saja, ada pula gazebo yang bisa kamu gunakan untuk istirahat serta menikmati pemandangan alam.

Uniknya lagi, warna-warni bunga yang sudah disampaikan sebelumnya akan terus bisa kamu nikmati sampai ke sisi selatan. Di saat kondisi permukaan telaganya tenang maka airnya bisa memantulkan warna-warni bunga, sehingga akan nampak makin memesona.

Royal Water Adventure

Royal Water Adventure

Royal Water Adventure merupakan Wisata di Sukoharjo yang akan menyediakan wisata air dan menghibur para pengunjung dengan berbagai macam wahana permainan yang ada di dalamnya. Lokasi wisata ini berada di Jalan Raya Telukan Km 08, Telukan, Dusun III, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Royal Water biasanya dijadikan sebagai alternatif tempat untuk berwisata dengan keluarga. Apalagi dengan konsep kolam renang warna-warni, tentu akan semakin menarik perhatian anak. Sebelum kamu masuk dan menikmati berbagai wahana yang ada, kamu harus membayar tiket masuk dulu ya. Kalau datang saat weekdays, tarifnya 20 ribu rupiah per orang sementara weekend dan high season lainnya 30 ribu rupiah per orang.

Bagi pengunjung yang membawa anak-anak, sebaiknya aja mereka untuk ke play ground. Sebuah area khusus yang dibuat untuk anak. Dimana di dalamnya terdapat sebuah kolam yang terbilang aman. Permainan air yang menjadi fasilitas di Royal Water pun bisa dinikmati oleh anak-anak. Di tengah area Playground, kamu akan melihat Menara yang di cat warna-warni. Nah, di dalam situlah akan ada banyak permainan.

Sementara itu, di bagian atasnya ada ember besar yang siap menumpahkan air dalam jangka waktu tertentu.

Sementara itu, untuk kamu pengujung dewasa pun tak perlu khawatir. Apalagi kalau kamu memang sangat hobi sekali berenang. Ada sebuah kolam semi Olympic yang menjadi fasilitas di Royal Water untuk para pengunjung. Kedalamannya mencapai 0.75 meter sampai dengan 1.5 meter.

Sahasra Adhi Pura

Sahasra Adhi Pura

Sahasra Adhi Pura sebenarnya adalah sebuah tempat meditasi yang biasa digunakan oleh umat Hindu. Lokasinya berada di RT04 RWXV Sonosewu, Sawah, Wirun, Kec. Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57554. Terbilang cukup strategi apalagi bila ditempuh dari pusat kota.

Tempat ini pertama kali dirintis oleh Hardjanta Pradjapangarsa yang sudah meninggal. Awalnya ia hanya membangun sebuah kuil di Baluwarti lalu membangun kembali di bagian timur. Setelah itu ia membeli tanah dan mulai membangun Sahasra Adhi Pura. Proses pendirian puranya sendiri sudah dilakukan sejak tahun 2000 sampai dengan 2010 yakni di atas tanah seluas 8000 meter persegi.

Rancangan bangunannya menggambarkan pusat energi yang ada pada tubuh manusia atau Chakra yang memang harus dibuka dan diperkuat. Khususnya dalam praktik Yoga Kundalini. Sementara itu, bila dilihat melalui udara, seluruh bangunan pura melambangkan tubuh seorang Dewi yang sedang berbaring terlentang. Ada beberapa bagian bangunan juga yang menggambarkan bagian kaki, kepala, ulu hati dan perut.

Wisata Alam Taruwongso

Wisata Alam Taruwongso

Wisata di Sukoharjo yang terakhir adalah Wisata Alam Taruwongso. Berlokasi di Tengklik, Tawangsari, Watubonang, Sukoharjo, Tiga, Watubonang, Kec. Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57562. Sebuah wisata alam dalam bentuk bukit dan akan menyuguhkan pemandangan alam serta udaranya yang sejuk.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Semarang

Spot rumah pohon menjadi salah satu yang difavoritkan oleh wisatawan. Selain bisa berfoto, tentu saja dapat menikmati suasana tempat wisata dengan lebih tenang.

Itulah 10 tempat wisata di Sukoharjo yang dapat kamu kunjungi. Sebenarnya masih banyak potensi wisata Sukoharjo yang bisa kamu eksplore. Namun sebagai permulaan, mungkin kamu bisa memilih salah satu tempat wisata yang sudah dijelaskan di atas. So, happy travelling!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *