Tempat Wisata Di Sumatera Utara Terbaru & Terhits

Tempat Wisata Di Sumatera Utara

Sumut terkenal akan wisata alamnya yang beragam. Dengan berbagai tempat wisata di Sumatera Utara menarik dan unik lainnya pun juga mudah untuk ditemui. Sumatra Utara merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar keempat di Indonesia, setelah provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah, dan terbanyak di pulau Sumatra.

Daftar Tempat Wisata Di Sumatera Utara

Saat ini, banyak lokasi wisata di Sumut yang menawarkan pemandangan cantik serta spot-spot foto unik. Jika sobat Wisata ada rencana ingin berlibur ke Sumut, maka wajib simak beberapa rekomendasi tempat wisata di Sumatera Utara yang lagi hits di bawah.

Danau Toba

Danau Toba

Wisata Indonesia mempunyai satu danau kaldera terbesar yaitu Danau Toba. Kaldera adalah kawah vulkanik yang tercipta karena letusan gunung berapi. Danau Toba menjadi tempat wisata yang sempurna untuk bersantai, karena udaranya sangat sejuk dan suasananya pun amat tenang. Sebab letak wisata Sumatera Utara ini di 900 meter di atas permukaan laut.

Selain panorama danau yang memukau, Sobat Wisata juga akan disuguhkan keindahan pemandangan deretan pegunungan dan pepohonan hijau yang menyegarkan mata. Oleh karena itu, tidak heran jika Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata andalan pulau Sumatera.

Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso-Piso

Tempat wisata di Sumatera Utara yang ikonik lainnya adalah Air Terjun Sipiso-piso. Terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Air Terjun Sipiso Piso merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter, dikelilingi hutan pinus dan terlihat begitu menawan, putih serta tajam di tengah-tengah tebing yang hijau.

Baca Juga: Wisata Pulau Jawa

Destinasi wisata air terjun Sumut ini masuk dalam air terjun tipe Plunge. Lokasi air terjun ini berada di bibir kaldera raksasa Danau Toba serta terbentuk pada aliran Sungai Pajanabolon yang merupakan salah satu sungai untuk menyuplai air ke Danau Toba.

Saat berlibur kemari, sobat akan melihat bagaimana megahnya air terjun ini. Airnya jatuh dengan derasnya membentuk garis vertikal sempurna.

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser

Tempat wisata di Sumatera Utara selanjutnya adalah Taman Nasional Gunung Leuser. TNGL adalah salah satu Kawasan Pelestarian Alam di Indonesia seluas 1.094.692 hektare yang secara administrasi pemerintahan terletak di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Provinsi Sumatera Utara yang terdeliniasi TNGL meliputi Kabupaten Dairi, Karo, dan Langkat.

Taman nasional ini meliputi ekosistem asli dari pantai sampai pegunungan tinggi yang diliputi oleh hutan lebat khas hujan tropis, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Pulau Samosir

Pulau Samosir

Di tengah Danau Toba terdapat Pulau Samosir dengan ketinggian 1.000 mdpl. Di pulau ini juga terdapat berbagai obyek wisata seperti makam yang terbuat dari batu yang telah berusia sekitar 500 tahun dan desa-desa dengan rumah adat tradisional serta kebudayaan Batak Toba yang unik dan kuno.

Meskipun telah menjadi tempat tujuan wisata Sumatra Utara sejak lama, Samosir merupakan keindahan alam yang belum terjamah.

Di tengah Pulau Samosir ini masih ada lagi dua danau indah yang diberi nama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Di Pulau Samosir sobat juga dapat menemukan pegunungan berkabut, air terjun yang jernih untuk berenang, dan masyarakat peladang.

Wonders Water World

Wonders Water World

Tempat wisata di Sumatera Utara berikutnya adalah Wonders Water World merupakan salah satu wisata air yang terbesar di kota Medan. Dengan Luas total area kolam renang mencapai 5,3 ha. Kolam ini tidak hanya menyediakan wisata berenang saja tetapi juga berbagai wahana permainan air.

Sobat beserta keluarga dapat menikmati permainan air yang terbilang cukup lengkap. Lokasi dari Wonders Water World ini berada di Jalan Padang Golf CBD Polonia, Suka Damai, Medan, Sumatra Utara. Aksesnya juga cukup mudah karena berada di pusat kota Medan.

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery merupakan objek wisata di sumatera utara yang unik di Medan dengan koleksi jenis-jenis binatang yang diawetkan.

Ribuan koleksi hewan yang diawetkan di musium ini terlihat hidup dan nyata seperti di habitat aslinya. Museum ini didirikan sejak 14 Mei 1991. Menjadi yang pertama dan satu-satunya di dunia, sobat dapat melihat berbagai hewan dari penjuru dunia.

Pantai Sorake

Pantai Sorake

Pantai Sorake berada di Pulau Nias berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia. Makanya tempat wisata di Sumatra Utara ini memiliki karakter ombak yang bagus, bahkan tingginya bisa mencapai 15 meter di bulan-bulan tertentu, misalnya bulan April hingga September. Lebih menantang lagi saat bulan purnama tiba.

Ombaknya bisa bergulung utuh hingga ke bibir pantai, dan punya 11 kali gelombang sebelum pecah. Ombaknya juga punya lima tingkatan berbeda, sehingga peselancar bisa beraksi dengan berbagai gaya. Selain itu, ombak di Pantai Sorake selalu muncul tanpa ada jeda waktu, sehingga sangat menyenangkan bagi para surfer.

Pantai Lagundri

Pantai Lagundri

Pantai Lagundri adalah objek wisata laut di Sumatra Utara dan tempat selancar yang berada di sebelah Pantai Sorake. Tepatnya di Desa Botohilitano, Kec. Teluk Dalam, Kab. Nias Selatan. Destinasi wisata bahari di Sumut ini termasuk salah satu pantai terbaik di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia yang sudah mendunia.

Pantai tersebut terkenal sebagai lokasi favorit para peselancar yang datang dari berbagai belahan negara. Menawarkan ombak dengan tingkat arus menantang di area lepas pantai pasir putih membuat objek wisata Sumatera Utara ini dijuluki spot surfing terbaik di Kepulauan Nias.

Pantai Pandan

Pantai Pandan

Pantai cantik dengan hamparan pasir putih yang maha luas ini,  lokasinya berada di Desa Pandan, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Sibolga), Sumatera Utara.

Berbeda dengan pantai lainnya, air di pantai ini cukup jernih. Pasir putihnya yang membentang dari timur ke barat sangat lembut. Di sekitar pantai juga sangat bersih.

Ombak di Pantai Pandan tidak terlalu besar, sehingga aman untuk bermain bersama dengan anak-anak. Sobat bisa bebas berenang sejauh beberapa meter dari bibir pantai dengan aman karena airnya tenang, bahkan tanpa ombak.

Ketika berada di pantai ini, sobat akan dimanjakan dengan hamparan laut luas, yang di sebelah kanannya terdapat sebuah bukit yang cukup tinggi yang merupakan daratan wilayah Sibolga.

Di sepanjang bibir pantai pula, sobat dapat melakukan banyak aktivitas liburan seru yang bermanfaat seperti, bermain volley pantai, berkeliling dengan menggunakan speed boat atau perahu motor atau hanya berjemur menikmati hangatnya mentari.

Cagar Alam Sibolangit

Cagar Alam Sibolangit

Menjelajahi tempat wisata alam Sumatra Utara memang seru, seperti di obyek wisata Cagar Alam Sibolangit yang lokasi tepatnya berada di Desa Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Tempat yang sudah ada semenjak 103 tahun yang lalu ini sampai sekarang tidak kehilangan pesonanya dan juga tetap kerap dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah bahkan luar pulau Sumatera.

Obyek wisata Sumatera Utara ini memiliki luas sekitar 85 hektar di ketinggian 500 mdpl menawarkan keindahan view alam yang tidak kalah dari tempat lain.

Pepohonan di sana tumbuh sangat subur dan juga tinggi-tinggi membuat udara yang tercipta terasa sejuk, segar, berbeda dengan udara perkotaan yang penuh polusi.

Selain dijadikan tempat pariwisata, Cagar Alam Sibolangit juga difungsikan sebagai kawasan konservasi untuk perlindungan sistem penyangga kehidupan, mengatur tata air, iklim makro dan menjaga keseimbangan lingkungan.

Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar merupakan salah satu danau di Sumatera Utara yang patut dikunjungi. Danau ini berada di ketinggian 2.451 mdpl. Lokasi wisata danau di Sumatera Utara ini tepat berada di bawah kaki Gunung Sinabung, membuat Danau Lau Kawar memiliki air yang sangat jernih dan udara yang sejuk. Hanya butuh waktu 3 jam berkendara dari pusat kota medan kita sudah dapat menikmati keindahan Danau Lau Kawar.

View yang indah dari air danau yang jernih dan tenang seakan membawa pikiran jauh dari hal yang berbau stress, hijaunya pepohonan di sekitar juga menambah adem dan tenang. Tidak hanya itu, dari tempat wisata di Sumatra Utara ini sobat bisa melihat panorama elok dari Gunung Sinabung.

Siapa yang tidak suka dengan keadaan alam yang indah dan juga asri, sangat cocok bagi siapapun yang ingin merasakan ketenangan dan jauh dari hiruk-pikuk kota yang ramai.

Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna

Air terjun memang selalu menjadi primadona bagi para wisatawan. Selain pemandangan air terjun yang menakjubkan, wisatawan juga dapat cuci mata dengan pemandangan alam di area sekitar air terjun.

Air terjun dua warna di Sibolangit adalah salah satu air terjun dengan pemandangan yang eksotis. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan indah sepanjang perjalanan menuju ke lokasi air terjun.

Air Terjun Dua Warna merupakan salah satu objek wisata di Sumatera Utara yang terletak di Kabupaten Deli Serdang. Keunikan air terjun yang memiliki 2 warna menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Air terjun yang terbentuk akibat letusan Gunung Sibayak ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki 2 warna, yaitu biru muda dan putih abu-abu.

Selain keunikan air terjun, pemandangan di sekitar air terjun juga cukup indah. Tak heran banyak wisatawan yang tertarik untuk datang kesini.

The Le Hu Garden

The Le Hu Garden

The Le Hu Garden merupakan salah satu destinasi wisata di Sumatra Utara yang banyak diminati oleh wisatawan. Objek wisata yang mengusung konsep wisata keluarga ini memiliki luas sekitar 3 hektar.

Objek wisata di Sumatera Utara ini terbagi menjadi 3 dataran. Di dataran bawah terdapat danau dan tambak ikan. Pengunjung bisa menikmati wahana air seperti perahu dan sepeda air. Selain itu, pengunjung juga dapat memancing dan memberi makan ikan di tambak.

Baca Juga: Wisata NTT

Dataran kedua dan ketiga berupa bukit yang ditanami berbagai tanaman bunga. Berbagai warna bunga yang ada membuat taman ini semakin cantik. Dataran tinggi ini biasanya menjadi tempat favorit wisatawan yang datang.

Tempat wisata Sumut ini merupakan halaman rumah yang diubah menjadi tempat wisata oleh pemiliknya. Pembangunan danau dan berbagai fasilitas lainnya membuat taman ini menjadi salah satu destinasi wisata incaran wisatawan.

Lokasinya yang berada di pedesaan juga membuat suasana taman begitu asri dan nyaman.

Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan yang dikenal dengan Masjid Raya Al-Mashun adalah salah satu bangunan tertua yang ada di Kota Medan. Selain itu, masjid ini sejak dulu juga dikenal sebagai landmark utama dari ibukota Provinsi Sumatera Utara. Masjid ini memang punya arsitektur megah dan unik. Hingga saat ini, masjid tersebut masih digunakan untuk beribadah dan berdoa bagi umat Muslim pada setiap harinya.

Peninggalan Sultan Deli di Sumatera Utara yang yakni Sultan Ma’moen Al Rasyid Perkasa Alam ini memiliki nilai sejarah yang tinggi serta sangat monumental. Luas Bangunan masjid tersebut mencapai 5000 meter persegi, serta dibangun di atas lahan dengan luas 18000 meter persegi.

Pembangunan masjid raya tersebut telah menghabiskan waktu 3 tahun lamanya, yakni mulai dari 21 agustus 1906 hingga 19 september 1909. Masjid raya tersebut telah berusia lebih dari 1 abad.

Wisata religi Sumatera Utara ini berbentuk persegi delapan serta empat serambil yang paling utama di bagian depan, belakang, dan di samping kiri dan kanan. Ke empat serambi tersebut dapat menjadi pintu masuk masjid tersebut.

Pada bagian dalamnya ada delapan pilar yang menyokong kubah utama di bagian tengah. Empat kubah lain terdapat di atas empat serambi tersebut. Dua menara juga ada di samping kanan dan kiri pada sisi belakang masjid.

Sipinsur

Sipinsur

Wisata Sipinsur adalah Geopark di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1.213 mdpl. Kawasan wisata di Sumatera Utara ini menjadi tempat terbaik untuk melihat keindahan Danau Toba dari sisi yang berbeda. Tempat ini menyajikan udara yang sangat sejuk dan kawasannya penuh pepohonan pinus.

Luas area tamannya sekitar 2 hektar. Letaknya di Desa Paerung, Humbang Hasundutan. Aksesnya tidaklah sulit dengan jarak tempuh sekitar 30 menit dari Bandara Silangit.

Biasanya, wisatawan mengabadikan pemandangan Danau Toba dari ketinggian bukit. Kemudian melanjutkannya dengan mencari tempat foto lain yang juga berlatar alam. Berbagai aktivitas wisata di sini terutama berkaitan dengan konsep alamnya.

Vihara Gunung Timur

Vihara Gunung Timur

Vihara Gunung Timur adalah kelenteng Tionghoa yang terbesar di Kota Medan dan mungkin juga di pulau Sumatra.

Kelenteng ini dibangun pada tahun 1930-an. Vihara Gunung Timur ini terletak di Jl. Hang Tuah No.16, Madras Hulu, Medan Polonia, Medan, sekitar 500 meter dari Kuil Shri Mariamman dan berada di sisi Sungai Deli.

Kendati ditetapkan sebagai tujuan wisata sejarah di Sumatra Utara, vihara ini tidak menyediakan jasa pemandu wisata. Kegiatan paling seru di Vihara Gunung Timur yaitu mengabadikan setiap keindahan yang terpatri di sini baik lewat gambar maupun video.

Vihara ini memang dibuka setiap hari mulai pukul 09:00 sampai sore yaitu pukul 17:00, namun dianjurkan untuk melakukan kegiatan kunjungan di hari week day yaitu Senin s/d Jumat karena tidak terlalu banyak wisatawan yang berada di sana.

Hillpark Sibolangit

Hillpark Sibolangit

Hillpark Sibolangit Sumatera Utara merupakan Outdoor Theme Park terbesar yang ada di Sumatera hingga saat ini. Didukung dengan letak geografis Sibolangit yang berada di dataran tinggi.

Menawarkan udara sejuk serta memiliki pemandangan perbukitan yang cantik. HillPark Sibolangit nampak seperti sebuah taman hiburan yang dikelilingi hijaunya alam tropis.

Terbagi menjadi 3 tema utama yaitu Lost City yang bernuansa kuno purbakala dengan wahana seperti Roler Coaster, Bianglala, Ulang Alik dan Kereta HillPark.

Kedua bertema Toon Town yang bernuansa kartun untuk anak-anak dengan wahana seperti Puting Beliung, Bombom car, Baling-Baling, Batery Car, dan Kincir Mini.

Sedangkan tema ketiga yaitu Heritage yang bernuansa kastil megah dengan wahana seperti komedi putar, ombang ambil, bumper boar, dan sinema 4D.

Kebun Binatang Simalingkar Medan

Kebun Binatang Simalingkar Medan

Kebun Binatang Medan atau disebut juga populer dengan Taman Margasatwa ini merupakan sebuah objek wisata keluarga di Sumut yang memiliki luas mencapai 30 hektar.

Lokasinya yang berada dipinggir jalan serta banyaknya pepohonan rindang di dalam area Taman Margasatwa menjadikannya salah satu lokasi wisata favorit warga Medan yang sudah berkeluarga sekalian membawa serta buah hatinya.

Kebun Binatang Simalingkar berada di Jalan Bunga Rampe IV, Kelurahan SImalingkar B, Medan Tuntungan, sekitar 10 kilo meter dari pusat kota ke arah Berastagi. Sebelumnya Kebun Binatang Medan berada di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Kampung Baru, Medan Maimun.

Kandang dan pernak perniknya juga masih memakai dari kebun binatang yang lama. Pihak pengelola dari Kebun Binatang Simalingkar ini sepenuhnya dipegang oleh Pemerintah Kota Medan karena pihak pemkotlah yang membangun Kebun Binatang Siamlingkar ini.

Penangkaran Buaya Asam Kumbang Medan

Penangkaran Buaya Asam Kumbang Medan

Wisata edukasi Sumatra Utara, tak lepas dari beberapa destinasi wisata yang mengusung konsep unik namun edukatif seperti wisata Penangkaran buaya yang menjadi salah satu wisata edukasi tertua sekaligus terbesar di  dunia.

Sobat akan dibuat lebih memahami siklus hidup, makanan dan riset edukasi terhadap hewan dengan nama latin Crocodylidae.

Baca Juga: Wisata Bali

Wisata yang telah berdiri sudah hampir 60 tahun silam ini masih terlihat sederhana dari segi desain lokasi wisata. Namun dibalik desain klasik lokasi, wisatawan bisa banyak belajar tentang siklus hidup dan mendalami reptil buaya.

Wisata penangkaran buaya di Medan di dirikan oleh bapak Lo Tham Muk, hingga sekarang masih banyak pengunjung datang berwisata dari berbagai daerah, lebih-lebih ketika akhir pekan dan musim libur datang.

Istana Maimun

Istana Maimun

Istana Maimun merupakan istana peninggalan kerajaan Deli yang dipimpin Sultan Al Rasyid Perkasa Alamsyah pada tahun 1973. Istana Maimun sempat ditempati oleh 4 Sultan Melayu yang memerintah saat itu.

Istana ini dibangun pada tahun 1988 yang diarsiteki oleh TH Van Erp yang bekerja juga sebagai Konijnlijk Nederlands-Indische Leger (KNIL), atau tentara Kerajaan Hindia-Belanda. Desain bangunannya adalah perpaduan antara Indonesia, Persia, dan Eropa.

Istana Maimun memiliki luas sebesar 2.772 m2 dan 30 ruangan. Istana Maimun menjadi tujuan wisata di Sumatra Utara bukan hanya karena usianya yang tua, namun juga desain interiornya yang unik, memadukan unsur-unsur warisan kebudayaan Melayu, dengan gaya Islam, Spanyol, India dan Italia.

Danau Linting

Danau Linting

Danau Linting adalah sebuah danau yang terbentuk akibat retakan vulkanik bukit yang mengeluarkan air panas. Danau yang memiliki luas 1 hektar ini terkenal akan pesona magisnya.

Pemandangan hijau khas pohon beringin akan menyambut kehadiran para wisatawan yang datang. Kawasan danau yang begitu asri membuat wisatawan betah disini. Danau ini juga memiliki keunikan tersendiri. Konon, tidak ada yang tau berapa kedalaman danau ini.

Nuansa asri akan langsung terasa begitu memasuki kawasan tempat wisata di Sumatra Utara ini. Perpaduan danau dengan pepohonan disekitarnya menawarkan keindahan yang begitu mempesona. Tak heran banyak wisatawan yang tertarik untuk datang kesini.

Upside Down World

Upside Down World Medan

Tempat wisata Instagramable memang selalu menjadi incaran para penggemar foto. Trend ini tengah menhadirkan berbagai tempat wisata di Sumatra Utara dengan konsep unik dan menarik untuk berswafoto. Salah satunya adalah Upside Down World Medan.

Seperti namanya, Upside Down World Medan mengusung konsep bangunan terbalik untuk berswafoto. Konsep bangunan terbalik memang tergolong unik. Selain unik, tempat wisata Sumut ini juga dapat dikunjungi oleh berbagai usia. Keunikan yang ditawarkan tentu saja dapat memberikanmu inspirasi dan menghilangkan kepenatan. Bagi sobat yang menyukai foto lucu, tempat ini akan membantu mewujudkan keinginanmu untuk mempercantik feeds Instagram.

Gunung Sibayak

Gunung Sibayak

Gunung Sibayak di wilayah Kabupaten Karo, Sumatera Utara termasuk salah satu gunung yang asyik didaki. Sebabnya, tanpa harus berhari-hari mendaki, sobat sudah bisa menikmati indahnya pemandangan dari puncak gunung.

Gunung Sibayak adalah salah satu gunung berapi di Dataran Tinggi Karo, dengan ketinggian 2.094 mdpl. Puncak tertinggi Gunung Sibayak biasa disebut Takal Kuda. Ini merupakan bahasa Karo yang artinya Kepala Kuda.

Selain nama yang disandang Sibayak cukup terkenal, gunung yang dimilikinya-pun tidak kalah megah dari pengunungan api lainya. Panorama yang tersebar tiada henti disepanjang pendakian menuju puncak turut mengingatkan kita akan kebesaran sang pencipta.

Pulau Nias

Pulau Nias

Pulau Nias adalah sebuah gugusan pulau yang berada di provinsi Sumatera Utara. Pulau ini memiliki luas wilayah 5.625 kilometer persegi dan memiliki penduduk hampir 1.000.000 jiwa. Secara administrasi terbagi atas satu kota madya dan empat kabupaten.

Pulau Nias mungkin tidak lebih populer dibanding pulau Bali atau Lombok. Tapi jangan salah, Pulau Nias memiliki banyak keindahan alam dan budaya yang sudah mendunia dan cocok dijadikan destinasi wisata di Sumatera Utara.

Air Terjun Sigura-Gura

Air Terjun Sigura-Gura

Wisata Di Sumatera Utara Berikutnya ada Air Terjun Sigura-gura, yang menjadi air terjun tertinggi di Indonesia.

Memiliki nama Sigura-gura, karena air terjun ini terletak di Dusun Sigura-gura, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Atau tepatnya, air terjun ini berada di aliran sungai Asahan, dengan ketinggian yang mencapai 820 kaki.

Air Terjun Sigura-gura pun diatur atau dikontrol oleh pintu waduk Sigura-gura yang sangat ideal. Dan menariknya, air terjun ini memiliki sumber air yang berasal dari Danau Toba.

Berkunjung air terjun sigura gura tidak hanya sebatas menikmati keindahan air terjunnya saja dari gardu pandang yang disediakan. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Dengan suasana yang masih sejuk dan asri, berendam di sekitar area air terjun manjadi kegiatan wajib yang dilakukan.

Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Kawah Putih Tinggi Raja terletak di cagar alam seluas 176 hektare dan memliki lahan kawah dengan luas 4 hektare ini bagai mutiara. Tidak dapat dipercaya di tengah-tengah lebatnya hutan dan sobat harus melewati jalan yang tidak begitu mulus untuk menuju kawah.

Sobat akan menemukan keindahan yang mengagumkan, pengunjung pun akan dibuat terpesona dan terkesima dengan keindahan bukit putih kapur dan aliran air panas yang mempesona dan sangat eksotis.

Sumber air panas disini suhunya mencapai sekitar 90 derajat celcius, Kawah Putih Tinggi Raja ini berasal dari bukit – bukit kecil yang ada di daerah tersebut. Air panas di sini bisa untuk merebus telur hingga matang.

Aliran air panas mengalir diantara batu – batu kapur yang berundak – undak, peristiwa ini menjadikan batuan tersebut menjadi putih bersih seperti salju. Kebanyakan orang menyebutnya dengan Sumber Salju Panas.

Tangkahan The Hidden Paradise

Tangkahan The Hidden Paradise

Tangkahan, The Hidden Paradise From North Sumatra, berarti surga yang tersembunyi dari Sumatra Utara, sungguh ungkapan yang tak berlebihan karena memang begitu adanya. Berada di Desa Namu Sialang, Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Tangkahan juga berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Leuser.

Wisata alam Sumatera Utara yang memukau di tengah hutan hujan tropis khas iklim Indonesia, keindahan asri yang masih dilindungi masyarakat setempat ini sungguh membuat hati berdesir, bagaimana tidak tak hanya pemandangan alam hutan yang lebat dan sejuk,  hewan-hewan yang berhabitat asli Tangkahan juga masih hidup selayaknya alam liar, seperti Orangutan, gajah dan burung-burung.

Wisata Tangkahan yang kita kenal, tak hanya Trekking saja menyusuri hutan, tapi ada banyak spot wisata lainnya seperti Penangkaran Gajah Conservation Respons Unit, Pemandian Air Panas, Air Terjun di Tangkahan Langkat.

Bukit Lawang

Bukit Lawang

Bukit Lawang (pintu ke bukit) adalah sebuah desa kecil yang berlokasi di Selatan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).Desa ini merupakan pintu gerbang masuk ke hutan Sumatera yang legendaris di mana terdapat Gunung Leuser (3.404 meter).

Bukit Lawang berada di Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Bukit Lawang dapat ditempuh sekitar 90 km atau selama 2 jam dari pusat kota Medan.

Di Bukit Lawang terdapat sebuah pusat rehabilitasi orangutan Sumatera yang berdiri sejak tahun 1973. Orangutan merupakan daya tarik utama Bukit Lawang di mana bisa disaksikan primata anggun yang langka ini berayun-ayun di atas pepohonan hutan tropis yang lebat sebagai habitat aslinya.

Bukit Gundaling

Bukit Gundaling

Bukit Gundaling Berastagi merupakan bukit yang ditumbuhi oleh beragam pepohonan dan bunga. Sejak jaman Belanda, bukit ini telah dikenal sebagai tempat rekreasi bagi remaja, keluarga, hingga wisatawan mancanegara.

Saat berkunjung ke Bukit Gundaling, pengunjung dapat merasakan suasana alam yang sejuk sembari melihat panorama Kota Berastagi secara keseluruhan. Tidak ketinggalan pemandangan Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Bukit ini ditumbuhi oleh beragam jenis pepohonan yang memberikan sensasi sejuk nan rindang.

Keindahan kawasan pariwisata Sumatera Utara ini tak hanya terletak pada pepohonan yang rindang semata. Namun ragam tumbuhan bunga yang indah, lahan sawah yang hijau. Serta hewan-hewan seperti burung-burung, monyet, rusa hingga babi hutan turut menambah keunikan tempat wisata Sumatera Utara ini.

Taman Mora Indah

Taman Mora Indah

Cobalah untuk mengunjungi Taman Mora yang indah jika sobat ingin bersantai di salah satu tempat wisata di Sumatera Utara. Tempat wisata ini menawarkan wahana air untuk segala usia.

Wahana air juga ditawarkan sebagai bagian dari ide waterpark. Sobat dapat menikmati air tawar dengan berenang, mengapung di sungai malas, atau menguji nyali sobat di seluncuran water boom yang berkelok-kelok.

Anak-anak juga dapat bersenang-senang dengan bermain air sambil menaiki wahana seru dari ember tumpah atau istana air.

Danau Siombak

Danau Siombak

Danau Siombak menjadi satu tempat favorit warga Kota Medan untuk liburan di akhir pekan, biasanya pengunjung menghabiskan waktu di tempat ini dengan memancing ikan dan bersantai melihat pemandangan.

Keunikan Danau Siombak, mungkin  karena terletak di antara dua buah sungai yakni, Sungai Terjun dan Sungai Deli inilah yang disebut muara. Meski airnya payau dan agak asin tidak ada nampak tumbuh batang bakau mangrove seperti laiknya sebuah muara atau tambak di dekat laut.

Beberapa fasilitas tambahan siap melayani sobat seperti pondok-pondok, kolam renang anak, komedi putar, dan permainan outbond. Selain itu wahana permainan air juga bisa sobat nikmati seperti perahu motor, perahu dayung, bumper boat, paddle boat, speed boat, dan sepeda air.

Funland Mikie Holiday

Funland Mikie Holiday

Funland Mikie Holiday Brastagi salah satu tempat rekreasi keluarga yang tidak jauh dari kota Medan. Berlokasi di area Berastagi yang masih sejuk dengan keindahan lanskap area pegunungan.

Beragam aktivitas dan atraksi menarik bisa dimainkan di Funland Mikie Holiday, tidak kurang dari 35 wahana siap menghibur setiap pengunjung yang berwisata ke tempat wisata di Sumatera Utara ini. Dengan total luas areal kurang lebih 13 Ha, menjadi pioner wisata outdoor di Sumatera Utara.

Sebagai pioner untuk tempat wisata outdoor buatan di Medan – Berastagi. Taman rekreasi keluarga ini menawarkan beragam aktivitas seru dan menarik. Lebih dari 35 atraksi dan wahana bisa dimainkan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Hairos Water Park

Hairos Water Park

Hairos Waterpark Medan merupakan salah satu wisata kolam renang yang terbesar di Kota Medan. Berbagai wahana yang menarik tersedia untuk memuaskan pengunjung dengan berbagai usia.

Waterpark yang menawarkan nuansa cat warna warni pada wahana permainan serta kolam menambah keceriaan anak-anak. Tanaman serta pohon kelapa menghiasi berbagai sudut kolam untuk menambah keasrian suasana.

Arung Jeram Sungai Bingei

Arung Jeram Sungai Bingei

Mungkin sudah biasa menghabiskan liburan dengan beristirahat di pantai atau mengagumi pemandangan alam yang indah di lokasi pegunungan. Tidak ada salahnya memaksakan diri jika sobat sesama traveler yang sedang mencari sesuatu yang baru. Cobalah beberapa pengalaman aneh, seperti arung jeram di Sungai Bingei.

Sungai Bingei merupakan destinasi arung jeram yang terkenal di Kabupaten Langkat. Treknya cukup sulit, namun beragam, dan dapat dicoba oleh hampir semua kelompok umur. Ini adalah tempat untuk dikunjungi jika sobat mengaku kecanduan tugas yang memompa adrenalin.

Sungai Bingei terkenal dengan airnya yang deras, namun tidak terlalu berbahaya. Tak disangka, lokasi ini menjadi tujuan wisata arung jeram di Sumatera Utara yang digemari banyak orang, terutama para pemula.

Merci Barn

Merci Barn

Theme Park Wisata Merci atau yang sering disebut dengan Merci Barn. Tempat wisata ini diresmikan pada bulan April 2018, konsep yang diusung dari merci barn ini pun sangat menarik karena memiliki desai dan arsitektur seperti di negeri Belanda.

Baca Juga: Wisata Jogja

Bisa dibilang medan rasa belanda, itulah yang kalian rasakan pertama kali jika mengunjungi tempat wisata di Sumatera Utara ini. Jadi jika kalian ingin menikmati suasana rumah di belanda tak perlu jauh-jauh untuk bisa menikmatinya.

Nah itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Sumatera Utara. Jika sobat pergi berlibur ke tempat-tempat wisata di atas jangan lupa untuk abadikan moment bersama keluarga, teman dan kerabat.

Selain tempatnya yang sangat Instagrammable, sobat juga bisa menceritakan pengalaman wisata melalui foto-foto yang sobat ambil pada saat di tempat wisata Sumatera Utara tersebut.

Tanggapan

0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Pos terkait