Tempat Wisata di Sumatera

45 Tempat Wisata di Sumatera Paling Recomended

Posted on

Berbicara tentang Sumatera tentu ada ribuan tempat wisata menarik. Bukan saja ada di kota-kota besar tapi tempat wisata di Sumatera juga tersebar di seluruh penjuru hingga pedalaman hutan belantara.

Dan kali ini Republik Wisata akan mengulas berbagai objek wisata di Indonesia khususnya Sumatera yang terbaik dan populer. Tujuannya sudah pasti untuk memberikan rekomendasi tempat terbaik di masing-masing kota kabupaten.

Tempat Wisata di Sumatera

Perjalanan pastinya akan dimulai dari Lampung dan di provinsi ini setidaknya ada banyak tempat wisata yang wajb dikunjungi antara lain:

Pulau Pahawang

Pulau Pahawang

Destinasi wisata yang sangat populer di Lampung salah satunya tentu saja Pulau Pahawang. Di pulau eksotis ini ada banyak kegiatan bisa dilakukan. Khususnya bagi mereka yang suka olahraga air.

Pulau ini ada di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran. Pulau seluas 1.084 hektare ini kaya akan hutan mangrove. Pasir putih dan laut biru menjadi pemandangan yang bisa ditemukan setiap saat bikin siapa saja kian betah.

Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu

Apabila pada umumnya pantai terkenal dengan keindahan pasir putih maka tidak demikian dengan Pantai Gigi Hiu. Pantai ini sangat khas karena miliki batu karang yang begitu indah dan mencipta efek instagramable.

Pantai Gigi Hiu berada di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus. Saat berada di pantai ini harap hati-hati karena bisa jadi tiba-tiba ombak menghantam.

Way Belerang

Way Belerang

Ingin mandi sehat setelah lelah beraktiftas maka saatnya berkunjung ke Way Belerang. Lokasinya ada di Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Air panas ini bersumber dari Gunung Rajabasa dan banyak dipilih untuk membuat tubuh kian rileks.

Selain itu pas buat mereka yang ada penyakit kulit atau gatal karena air panas dari belerang ini dipercaya mampu sembuhkan penyakit kulit. Di tempat ini juga terdapat berbagai wahana yang bisa dipilih hingga pas untuk liburan satu keluarga.

Pantai Teluk Kiluan

Pantai Teluk Kiluan

Tempat terbaik melihat lumba-lumba saat ada di Lampung hampir bisa dipastikan ada di Pantai Teluk Kiluan. Di tempat ini setidaknya ada 2 jenis lumba-lumba yang bisa ditemui yakni lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba sniper.

Selain melihat lumba-lumba dari jarak dekat ada berbagai kegiatan yang bisa dipilih. Mulai dari berkeliling dengan perahu, berenang, snorkeling, atau hanya duduk-duduk di pinggir pantai.
Teluk Kiluan sendiri berada berada di Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus.

Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia

Buat mereka yang suka selancar dan butuh pantai menantang maka sangat disarankan untuk berkunjung ke Pantai Tanjung Setia. Ombak yang ada di pantai ini sangat dinantikan karena cukup stabil dan bisa mencapai ketinggian 10 meter.

Namun bagi mereka yang tidak suka bermain air yang deras maka cukuplah bermain di bibir pantai atau bermain bola voli. Pantai Tanjung Setia berada di Jalan Lintas Barat Sumatera, Way Jambu, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Berbicara tentang destinasi wisata di Sumatera Selatan bukan hanya tentang Jembatan Ampera saja. Lebih dari itu ada banyak tempat wisata yang bisa dipilih. Namun demikian setidaknya 5 objek wisata ini sangat direkomendasikan.

Pulau Kemaro

Pulau Kemaro

Mungkin agak asing bagi sebagian orang tapi Pulau Kemaro menyimpan potensi yang luar biasa. Selain ada pagoda dengan sembilan lantai tempat ini juga menyimpan sejarah yang bisa ditelisik.

Jangan lupa berkunjung ke Klenteng Hok Tjing Rio yang selalu ramai saat Imlek dan Cap Go Meh. Pulau Kemaro sendiri berada di kawasan Sungai Musi dan bisa dicapai dengan speedboat dalam 15 menit perjalanan dari dermaga Benteng Kuto Besak.

Air Terjun Bedegung

Air Terjun Bedegung

Saat ada di Muara Enim jangan lupa untuk pastikan berkunjung ke Air Terjun Bedegung yang sangat tinggi. Di sekitar area air terjun terdapat pemandangan yang begitu asri dimana aneka pohon tumbuh dengan sangat baik.

Kawasan Wisata Gunung Dempo

Kawasan Wisata Gunung Dempo

Bagi yang suka hiking atau nuansa pegunungan maka sangat disarankan berkunjung ke kawasan wisata Gunung Dempo. Di tempat ini suasana masih sangat alami dan pas untuk me-refresh diri.

Tempat ini bisa di tempuh dari Kota Palembang dengan jalur darat selama 8 jam perjalanan. Selain ada perkebunan teh di tempat ini juga terdapat perkebunan kopi.

Danau Ranau

Danau Ranau

Bagi yang pernah ke Lampung Barat pastinya mereka pernah berkunjung ke Danau Ranau. Namun siapa sangka tempat terbaik melihat keindahan danau di atas bukit ini justru ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.

Danau luas 125 kilometer persegi ini menjadi salah satu objek wisata unggulan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Dengan ciri khas pemandangan indah dan nuansa sejuk maka tempat ini sangat sayang bila terlewatkan.

Bukit Serelo

Bukit Serelo

Bila berkunjung ke Lahat, persisnya di Desa Perangai, Kecamatan Merapi Selatan, Kabupaten Lahat maka datanglah ke Bukit Serelo. Bukit cantik ini menjadi objek wisata unggulan yang tak pernah sepi pengunjung.

Di tempat ini pengunjung tidak saja bisa memanjakan diri tapi mereka juga bisa membangun kemah dan beristirahat dari rutinitas. Pengunjung juga bisa melihat gajah yang tengah berlatih karena di tempat ini juga ada sekolah gajah.

Saat kamu berkunjung ke Bengkulu ada banyak destinasi yang bisa dituju dan menariknya hampir semua objek wisata tersebut ramah kantong. Artinya untuk berlibur ke kota yang terkenal dengan julukan Bumi Raflesia ini tidak butuh budget besar.

Berbagai destinasi apik tersebar diberbagai penjuru dan sangat sayang untuk tidak dituntaskan. Namun demikan ada 5 tempat wisata yang wajib dikunjungi saat ada disini:

Benteng Marlborough

Benteng Marlborough

Tempat pertama yang sangat ikonik sudah pasti adalah Benteng Marlborough yang tak lain ada adalah benteng peninggalan Inggris. Pada zaman dulu bangunan kokok ini digunakan untuk berbagai kegiatan mulai dari kegiatan kantor, barak hingga penjara.

Namun demikian pemerintah daerah dalam arti Depdikbud mengambil alih pada 1977. Setelah itu dilakukan pemugaran dan dibuka sebagai tujuan wisata sejarah. Benteng yang sangat terkenal ini ada di Jalan Benteng, Kelurahan Kebun Keling, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu.

Gunung Kaba

Gunung Kaba

Ingin dekat dengan alam sekaligus melihat keindahan secara langsung maka datanglah ke Gunung Kaba. Gunung yang tidak terlalu tinggi ini ada di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupuh Rejang, Kabupaten Rejang Lebong dan bisa didaki siapa saja karena tidak terlalu ekstrim.

Saat ada di puncak maka nikmati keindahan kawah yang sangat menawan. Rute pendakian pun setidaknya ada 2 jalur dan bisa disesuaikan dengan minat. Mereka yang beruntung akan menemukan bunga Rafflesia Arnoldi yang tersohor itu.

Pulau Tikus

Pulau Tikus

Satu pulau yang sangat terkenal bila ada di Bengkulu sudah pasti adalah Pulau Tikus. Di pulau ini banyak wisatawan melakukan kegiatan bawah laut untuk melihat keindahan yang ada di dalamnya.

Pulau Tikus berada di Kelurahan Sumur Melele, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu. Bisa ditempuh menggunakan perahu dari Pantai Malabero yang tak kalah cantik. Untuk tarifnya pun macam-macam tergantung dari fasilitas yang diberikan.

Pantai Panjang

Pantai Panjang

Bengkulu tak kalah dengan wilayah lain di tanah air dimana mereka miliki deretan pantai yang indah dan menawan. Salah satunya ada Pantai Panjang yang ada di Jalan Pariwisata, Kelurahan Lempuing, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu.

Destinasi ini sangat populer karena begitu mudah dijangkau wisatawan. Fasilitas yang ada pun sudah sangat baik sehingga mau apa juga bisa.

Danau Suro

Danau Suro

Bukan hanya ada gunung dan pantai, tapi di Bengkulu juga miliki danau yang multi fungsi. Bukan hanya sebatas menyimpan air untuk irigasi tapi danau ini sekaligus sebagai objek wisata dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Saat ada di danau selain bisa foto selfie dengan pemandangan cantik pengunjung bisa naik perahu dan berkeliling. Sembari menikmati indahnya pemandangan kota akan dibuat rileks. Danau ini ada di
Desa Suro Ilir, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang.

Saat berada di Jambi jangan lupa nikmati segala keindahan yang ada. Baik itu yang bersumber dari objek wisata alam maupun buatan. Dan bila dirangkum setidaknya ada 5 destinasi populer yang ada di Jambi dan harus dikunjungi.

Jambi Paradise

Jambi Paradise

Satu objek wisata yang sangat ikonik ketika berada di kota ini sudah pasti adalah Jambi Paradise. Seolah menjadi jawaban dimana mereka pun harus miliki destinasi wisata komplit yang mana semua berada dalam satu tempat.

Berbagai wahana hadir di Jambi Paradise dan sangat cocok untuk berlibur dengan seluruh anggota keluarga. Objek wisata ini berada di Simpang Acai, Kb. IX, Sungai Gelam, Kota Jambi. Sangat mudah dijangkau karena berada di pusat kota.

Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi

Pada zaman dulu Jambi pun ternyata telah memiliki peradapan yang baik. Hal ini ditandai dengan adanya Candi Muaro Jambi yang ada di Desa Muara Jambi, Maro Sebo, Muaro Jambi, Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi.

Bangunan yang masih berdiri megah hingga saat ini adalah candi bercorak Hindu Budha dan di bangun pada 11 Masehi. Menjadi menarik kemudian bila ternyata kompleks bangunan ini adalah yang paling luas dan konon lebih luas dari Candi Borobudur.

Pantai Pasir Putih Angsa Duo

Pantai Pasir Putih Angsa Duo

Jambi ternyata juga miliki pantai dengan pasir putih dan salah satunya adalah Pantai Pasir Putih Angsa Duo. Pantai yang terkenal sangat bersih dan menjadi favorit bagi warga untuk berlibur.

Pantai ini berada di Pasir Putih, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi. Menjadi salah satu favorit bagi mereka yang ingin tantangan dan suasana berbeda saat berlibur.

Lubuk Penyengat

Lubuk Penyengat

Ingin menepi sesaat ketika berada di Jambi maka datanglah ke Lubuk Penyengat. Objek wisata ini berada di Desa Baru, Kecamatan Muara Sebo,Kabupaten Muaro Jambi.

Pemandangan utama yang disuguhkan adalah aliran sungai yang begitu tenang. Selain itu ada beberapa spot foto yang disiapkan untuk hasilkan foto terbaik.

Gentala Arasy

Gentala Arasy

Menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di Jambi. Bukan saja suguhkan wisata budaya dan sejarah tapi lebih dari itu bikin siapa saja betah berlama-lama.

Museum ini menyimpan berbagai benda yang erat dengan masyarakat Jambi. Menjadi saksi bisu tentang budaya yang turun temurun dan berada di Arab Melayu, Pelayangan, Kota Jambi.

Wilayah ini sangat terkenal dengan budaya Melayu. Selain itu pastinya ada banyak objek wisata menarik yang bisa dituju dan sayang untuk dilewatkan. Berikut 5 objek wisata di Riau yang bisa dipilih saat berkunjung.

Candi Muara Takus

Candi Muara Takus

Siapa sangka di Riau atau tepatnya di Desa Muara Takus, Kecamatan Koto Kampar XIII, Kabupaten Kampar terdapat candi Budha. Candi Muara Takus ini telah ada sejak zaman dulu dan bisa menjadi pilihan pertama.

Candi ini telah dipugar dan mendapat perbaikan pada fasilitas, sarana dan prasarana. Memberi rasa nyaman bagi siapa saja yang tengah berkunjung.

Danau Raja

Danau Raja

Selain ada candi Budha di Riau juga terdapat Istana Indragiri dengan danaunya yang sangat indah. Danau yang sering digunakan untuk mandi keluarga para raja ini bernama Danau Raja.

Danau ini berada di Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu dan hingga saat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Saat berkunjung ke objek wisata ini pun berbagai kegiatan bisa dilakukan bersama seluruh anggota keluarga.

Pulau Jemur

Pulau Jemur

Satu objek wisata yang hits saat ada di Riau sudah pasti ada Pulau Jemur. Objek wisata ini sangat terkenal hingga mancanegara karena keindahannya.

Tak jauh dari Pulau Jemur masih ada pulau-pulau kecil lain yang menjadi daya tarik tersendiri. Pulau Jemur ini ada diperbatasan Indonesia dengan Malaysia dan tepatnya ada di Rokan Hilir.

Museum Sang Nila Utama

Museum Sang Nila Utama

Ingin melihat betapa kayanya budaya Melayu maka datanglah ke Museum Sang Nila Utama yang ada di Pekanbaru. Berbagai benda yang erat kaitan dengan budaya setempat bisa ditemukan di tempat ini.

Sebut saja rumah adat, aneka pakaian hingga alat musik asli bisa ditemukan di tempat ini. Satu tempat yang bukan hanya untuk berlibur tapi pastinya juga menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Istana Siak Sri Inderapura

Istana Siak Sri Inderapura

Salah satu peninggalan Kesultanan Siak Sri Inderapura yang masih kokoh berdiri hingga saat ini. Istana dibangun pada 1893 sebagai tempat tinggal resmi Sultan Siak.

Banyak hal juga bisa dipelajari saat berada di tempat ini. Persisnya saat kamu ada di Kabupaten Siak, Riau.

Sumatera Barat menjadi salah satu provinsi yang sangat terkenal karena kulinernya. Tak hanya itu saja tapi juga berbagai objek wisata yang ada. Berikut rekomendasi terbaik objek wisata di Sumatera Barat

Jam Gadang

Jam Gadang

Jam besar yang sangat ikonik pastinya dimana kurang afdol berkunjung ke Bukittinggi tanpa berselfie di Jam Gadang. Jam berukuran besar ini usianya sangat tua karena diduga di bangun pada 1926.

Dimana kala itu Ratu Belanda memberikan mesin jam kepada Sekretaris Kota Bukit Tinggi Dan tak waktu lama kemudian dibangunlah Jam Gadang ini. Dua orang yang sangat berjasa adanya jam besar ini tak lain adalah Yazin dan Sutan Gigi Ameh yang tak lain adalah para arsitek.

Istano Basa Pagaruyung

Istano Basa Pagaruyung

Saat berada di Tanah Datar maka berkunjunglah ke Istano Basa Pagaruyung. Istana ini tak lain adalah sisa kejayaan Kerajaan Pagaruyung.

Meski kini yang ada bukanlah bangunan asli tapi dari tempat ini tetap bisa belajar banyak hal menarik. Usut punya usut bangunan asli yang berada di Bukit Batu Patah habis terlalap api.

Pantai Air Manis

Pantai Air Manis

Sumbar atau tepatnya Padang identik dengan mitos Malin Kundang. Penasaran seperti apa batu yang menyerupai orang itu maka berkunjunglah ke Pantai Air Manis.

Tidak saja hanya ada mitos yang turun temurun saja tapi dipantai ini pengunjung juga bisa melihat indahnya pantai. Selain itu sangat sayang bila tidak mencicipi ikan hasil tangkapan nelayan setempat.

Lembah Harau

Lembah Harau

Satu destinasi alam yang sangat memukau ketika ada di Sumatera Barat sudah pasti Lembah Harau. Mereka yang ke sini bukan hanya wisatawan lokal tapi mereka yang berasal dari luar pun datang ke sini.

Keindahan alam dan kearifan lokal yang kuat menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Sementara itu bagi mereka yang suka wisata dengan nuansa adrenalin maka harus mencoba olahraga panjat dinding di lembah ini.

Danau Singkarak

Danau Singkarak

Danau ini adalah salah satu danau terluas di Sumatera Barat. Hal ini ditandai dengan keberadaanya pada dua kabupaten yakni Solok dan Tanah Datar.

Selain itu jangan lupa nikmati kelezatan ikan bilih yang tak lain ikan endemik Singkarak. Ikan yang tak bisa besar ini diolah dengan bumbu rempah dan hasilkan kuliner yang luar biasa lezat.

Berkunjung ke Sumatera Utara ada banyak objek wisata yang bisa dituju. Mayoritas berupa objek wisata berbasis alam yang terkenal akan panorama indahnya.

Danau Toba

Danau Toba

Objek wisata ini sangat terkenal hingga mancanegara dan keindahannya tak bisa diragukan lagi. Berkunjung ke Danau Toba bukan hanya melihat keindahan alam semata tapi ada banyak hal lain yang bisa dinikmati.

Kearifan lokal dan budaya setempat menjadi daya tarik tersendiri. Tak lupa nikmati ragam kuliner yang ada, dimana bisa jadi kamu akan kangen dan ingin kembali setelah menyantapnya.

Masjid Raya Al Mashun

Masjid Raya Al Mashun

Bagi umat muslim dan berkunjung ke Medan maka satu lokasi yang sangat disarankan sudah pasti ada Masjid Raya Al Mashun. Masjid ini merupakan peninggalan Sultan Deli yakni Sultan Ma’moen Al Rasyid Perkasa Alam.

Masjid ini memiliki bentuk khas berupa persegi delapan dengan empat serambi yang terletak di sisi depan, belakang serta samping kiri kanan. Selain itu di dalamnya terdapat 8 pilar dengan diameter 0,60 meter.

Tangkahan

Tangkahan

Saat berada di sini pengunjung akan disambut gajah-gajah yang bersahabat hingga yang masih liar. Dimana mereka bisa beraktifitas secara langsung.

Tak jarang ada yang menyebut Tangkahan dengan Hidden Paradise in Sumatera Utara. Tak salah memang karena belum banyak yang tahu potensi akan Tangkahan yang begitu luar biasa.

Pulau Kalimantung Tapanuli Tengah

Pulau Kalimantung Tapanuli Tengah

Saat ada di Sumatera Utara dan tepatnya ada di Tapanuli Tengah maka berkunjunglah ke Pulau Kalimantung. Pulau yang sangat terkenal dengan keindahan pasir putih menjadi wiasta andalan Sumatera Utara.

Pulau Kalimantung sendiri ternyata bukan hanya satu melainkan 3 yang mana ketiganya berdekatan. Pulau-pulau indah itu adalah Kalimantung, Kalimantung Godang dan Kalimantung Godang.

Pulau Salah Namo

Pulau Salah Namo

Selain Kalimantung masih ada Pulau Salah Namo yang bisa dijadikan tujuan berikutnya saat berkunjung ke Sumatera Utara. Kegiatan paling menantang ketika berada di pulau ini adalah eksplore dasar laut.

Air yang sangat jernih dengan banyak keindahan. Semakin digali semakin banyak ditemukan berbagai pemandangan menarik yang ada di bawah laut.

Provinsi ini terdiri dari dua pulau terpisah yang sama populernya. Terlebih pasca meledaknya Laskar Pelangi dimana objek wisata ini kemudian banyak dieksplore banyak orang.

Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang

Pantai ini sangat populer pasca digunakan syuting Laskar Pelangi. Di pantai ini terdapat puluhan batu granit yang sering digunakan untuk swafoto dan sangat ikonik.

Di pantai ini juga terdapat Batu Garuda yang sangat terkenal sekaligus ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus sejak 15 Maret 2016. Nama pantai terinspirasi dari Burung Kelayang yang begitu banyak ditemukan di Desa Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk, Belitung, Bangka Belitung.

Pantai Lengkuas

Pantai Lengkuas

Tak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang, atau persisnya ada di sisi utara terdapat Pulau Lengkuas. Pulau ini bisa ditempuh dalam waktu 20 menit saja menggunakan perahu.

Saat ada di pantai ini terdapat bangunan tua berupa Mercusuar yang dibangun pemerintah Kolonial Belanda pada 1882. Bangunan yang kokoh ini masih bisa didatangi para wisatawan untuk melihat kapal-kapal yang akan merapat.

Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk

Selanjutnya ada Pantai Penyusuk yang bisa dituju saat berada di Bangka Belitung. Lokasinya ada di Jalan Penyusuk, Belinyu, Bukit Ketok, Belinyu, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Pantai yang sangat indah akan panorama alamnya. Selain itu di pantai ini juga dengan mudah akan ditemukan batu granit khas Bangka Belitung.

Pantai Romodong

Pantai Romodong

Masih ada di Belinyu selain Pantai Penyusuk ada Pantai Romodong yang tak kalah cantik. Pantai ini ada di Bukit Ketok, Belinyu, Kabupaten Bangka. Keduanya sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat berada di Bangka Belitung.

Di tempat ini ada batu granit yang sangat tinggi karena memiliki ketinggian hingga 10 meter. Selain itu ada juga batu yang menyerupai kodok dan biasa disebut sebagai Batu Kodok.

Danau Open Pit

Danau Open Pit

Sejak zaman dulu Bangka Belitung terkenal dengan hasil bumi berupa timah dan salah satu objek wisata yang muncul kemudian adalah Danau Open Pit yang ada di Senyubuk, Klp. Kampit, Kabupaten Belitung Timur. Danau ini berasal dari bekas galian tambang dengan kedalaman puluhan meter di bawah bumi.

Meski air sangat tidak disarankan untuk didekati apalagi disentuh tapi dari kejauhan menjadi spot view yang begitu indah. Jangan coba-coba mendekat karena bisa jadi masih ada kandungan senyawa kimia yang tak baik untuk kesehatan.

Wilayah yang pernah terdampak tsunami ini miliki puluhan hingga ratusan destinasi wisata yang sangat menarik. Mayoritas berada di dalam hutan dan bisa jadi tidak semua orang bisa menjangkaunya. Namun janga salah, masih ada destinasi menarik lainnya yang mudah dituju.

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman

Bangunan yang masih berdiri kokoh pasca tsunami ini langsung mencuri perhatian. Bagaimana masjid yang ada di Jalan Moh. Jam No.1, Kp. Baru, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh ini nyaris tanpa kerusakan dan hampir seluruh wilayah terdampak parah.

Interior dan eksterior masjid ini sangat khas dimana gaya Kesultanan Turki Ustmani begitu nampak dihampir seluruh bangunan. Masjid yang dibangun pada pemerintahan Sultan Iskandar Muda antara tahun 1606-1636.

Museum Tsunami

Museum Tsunami

Melihat peristiwa Tsunami dari dekat kini bisa dilakukan siapa saja dengan berkunjung ke Museum Tsunami. Selain itu ada banyak hal terkait serba-serbi tsunami dan hal-hal menarik yang ada di Aceh.

Museum empat lantai dengan luas 2.500 meter persegi ini juga menjadi sarana edukasi. Bukan hanya agar bijak menghadapi bencana tapi lebih dari itu juga bisa melihat keindahan budaya Aceh. Bangunan megah ini berada di Jalan Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh

Sabang Pulau Weh

Sabang Pulau Weh

Pulau dengan keindahan alam ini berada di wilayah paling ujung di tanah air. Tempatnya masih sangat alami dan menjadi satu lokasi favorit bagi mereka yang suka dengan alam.

Untuk menuju pulau ini juga tidak sulit karena sudah ada perahu yang siap antarkan wisatawan. Penasaran bukan dan silakan berkunjung ke Pulau Weh dan nikmati keindahan alam yang sesungguhnya.

Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga

Pantai ini sangat terkenal di mancanegara karena sering adakan kompetisi selancar kelas dunia. Ombak yang menantang menjadi alasan para peselancar datang ke tempat ini.

Bagi yang tidak bisa main selancar pun jangan khawatir karena di sini pun bisa duduk dan menikmati keindahan pantai. Pantai ini juga sangat siap menyambut wisatawan karena sarana dan prasarana yang cukup baik.

Pulau Rubiah

Pulau Rubiah

Mereka yang suka wisata alam sangat disarankan untuk berkunjung ke Pulau Rubiah. Pulau yang tidak terlalu luas karena hanya memiliki luas sekitar 26 Hektare.

Namun begitu berbicara tentang keindahan maka jangan salah. Pulau Rubiah adalah salah satu yang terindah di Aceh dan mungkin saja di Indonesia.

Banyaknya tempat wisata di Sumatera diatas bisa menjadi list berikutnya bila ingin berkunjung. Jangan sampai lewatkan semua keindahan itu begitu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *