Tempat Wisata Di Sumba Tengah

7 Tempat Wisata Di Sumba Tengah Terpopuler!

Posted on

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang mendapatkan sorotan dari sektor pariwisatanya. Karena memang di negara kita tercinta ini ada banyak sekali tempat wisata yang menarik. Bahkan ketertarikan tersebut bukan hanya dirasakan oleh wisatawan lokal saja, melainkan juga wisatawan asing.

Hampir tiap tahun Indonesia selalu banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagai belahan dunia. Mereka biasanya mencari tempat-tempat yang indah dan unik. Namun sayangnya saat musim pandemi jumlah wisatawan semakin menurun, kondisi tersebut mengharuskan orang-orang untuk tetap tinggal di dalam rumah. Kalaupun mau beraktivitas harus menjaga protocol kesehatan semaksimal mungkin. Mari doakan agar pandemic cepat usai ya!

Nah traveller, sembari menantikan pandemic bagaimana bila kita membuat perencanaan liburan? Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, kamu bisa liburan di Indonesia saja! Mengunjungi tempat wisata di Sumba Tengah adalah pilihan paling tepat. Setelah sekian lama berdiam diri dalam rumah, kamu harus menghilangkan penat dengan menikmati pemandangan alam.

Tempat Wisata di Sumba Tengah

Oke langsung saja, berikut ini adalah 7 tempat wisata di Sumba Tengah yang wajib dikunjungi!

Hutan Tandaru

Hutan Tandaru

Tinggal di dalam rumah membuatmu stress? Tentu saja apalagi dalam waktu lama. Nah, untuk menghilang beban stress tersebut kamu harus banget nih menikmati suasana yang menyejukkan lengkap dengan pemandangan alamnya yang indah.

Hutan Tandaru bisa jadi tujuan wisata saat berada di Sumba Tengah. Suasana alam serta berbagai spot foto yang kece abis akan memanjakanmu. Lokasi hutannya sudah pasti dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun, sehingga oksigen pun terasa lebih bersih dan lebih teduh.

Baca Juga: Wisata Sumba Barat

Lokasi hutannya sendiri berada di Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dengan luas lahan mencapai 87.984.09 hektar. Dan tempat wisata ini adalah perwakilan dari hutan musim semi peluruh dataran rendah yang tersisa di kepulauan Sumba. Di sini juga terdapat beberapa tipe vegetasi diantaranya hutan primer, hutan sekunder yang secara umum adalah jenis hutan musim, lalu padang alang-alang dan semak atau padang rumput serta lahan bekas pertanian masyarakat yang sudah tak digunakan dan ditinggalkan.

Hutan Tandaru pun menyimpan berbagai macam jenis tumbuhan diantaranya tanaman Suren (Toona Sureni), tanaman taduk (Sterculia Foetida), tanaman Kesambi (scheliechera Oleosa), tanaman pulai (Alastonia Scholaris), tanaman asam (Tamarindus Indica), tanaman keimir (Aleurites Moluccana), tanaman cemara gunung, tanaman lantan dan juga beberapa tanaman jambu hutan.

Selain tanaman, terdapat kurang lebih 87 jenis burung dimana 7 jenis diantranya adalah endemic dari Pulau Sumba seperti Burung kakak tua Cempaka, Burung Julang Sumbang, Burung Punai Sumba, Burung Sikatan Sumba, Kepodang Sungu Sumba, hingga Madu Sumba. Masih tak berhenti sampai di situ saja. Kamu juga bisa menjumpai kurang lebih 57 jenis kupu-kupu yang beberapa diantaranya merupakan endemic dari kepualaun Sumba.

Air Terjun Matayangu

Air Terjun Matayangu

Tempat wisata di Sumba Tengah selanjutnya adalah Air Terjun Matayangu. Kamu akan diajak untuk menikmati kesegaran sumber mata air alami serta pemandangan alam yang memanjakan mata.

Kawasan air terjunnya cukup jauh dari perkotaan sehingga kita bisa menikmati udara yang lebih bersih, terjauh dari polusi udara. Saat merasa stress mendatangi tempat-tempat seperti ini memang sangat disarankan sebab bisa memberikan efek relaksasi tersendiri.

Kamu pun akan dibuat takjub dengan ketinggian air terjun yang mencapai 50 meter. Bila saat musim kemarau air hanya akan keluar dari goa saja namun saat memasuki musim hujan bukan hanya dari goa, air pun akan keluar dari sungai yang terletak di bagian atasnya.

Sedikit tips saat kamu berkunjung ke destinasi wisata yang bertemakan air terjun, jangan lupa membawa pakaian ganti. Karena kemungkinan pakaianmu akan basah entah terciprat dari air terjun yang turun menuju kolam alami atau karena sengaja bermain air.

Tugu Ornamen

Tugu Ornamen

Kamu merupakan penikmat sejarah? Artinya kalau liburan ke tempat-tempat yang memiliki histori tersendiri pasti akan sangat menyenangkan, iya tidak? Kalau begitu, saat ke Sumba Tengah kamu bisa datang saja ke Tugu Ornamen. Sebuah tempat wisata yang memiliki nilai historical untuk masyarakat setempat.

Keberadaan tugu ini ternyata melambangkan bagaimana masyarakat Sumba Tengah serta memiliki filosofi luhur yang selalu dijunjung.

Menjelang malam hari Tugu Ornamen akan semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan serta anak muda. Suasana malam di sekitar Tugu akan memberikan kesan tersendiri. Tak sedikit wisatawan yang sengaja menyempatkan untuk datang ke sini, entah karena ingin tahu bagaimana nilai sejarah dari tempat tersebut. Atau ada juga wisatawan yang hanya sekedar ingin berfoto untuk menandakan bahwa ia sedang berlibur di Sumba Tengah.

Air Terjun Harunda

Air Terjun Harunda

Ada banyak sekali wisata Sumba Tengah yang bertemakan alam. Jadi, kamu tak perlu khawatir kehabisan. Salah satunya adalah Air Terjun Harunda, keberadaan air terjun di tengah cuaca Sumba yang terik ini bak oase di padang pasir. Lokasi air terjun ini lebih tepatnya ada di Soru, Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur.

Ketinggian air terjun Harunda tak terlalu curam hanya 10 sampai 15 meter saja. Uniknya lagi air terjun ini dikelilingi oleh tebing bebatuan alami yang berwarna putih sedikit kecoklatan. Kolam-kolam air alami tempat mengalirnya sungai dan menampung air terjunnya pun terlihat eksotis dan indah.

Sayangnya, kamu jangan terlalu berharap kalau di sekitar air terjun terdapat tempat makan semacam café atau restoran ya. Sebab kamu tak akan menemukannya. Jadi, sebaiknya kamu membawa makanan dan minuman sendiri. Namun yang harus diingat, jangan membuang sampah makanan atau minuman di sekitar tempat wisata apalagi ke dalam air terjunnya. Jadilah wisatawan yang baik dan selalu menjaga lingkungan.

Pantai Maloba

Pantai Maloba

Bila berkunjung ke Sumba Tengah sudah jelas kita akan dibuat bingung dengan banyaknya wisata pesisir yang ada. Agar tak bingung, bagaimana kalau pantai permata yang kamu kunjungi adalah Pantai Maloba yang berlokasi di Konda Maloba, Katikutana Set, Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur.

Bila dibandingkan dengan Labuan Bajo, Pantai Maloba terbilang cukup sepi karena belum terlalu banyak yang tahu dimana lokasinya berada. Cocok sekali untuk kamu yang lebih senang dengan suasana pantai menenangkan, tak banyak lalu-lalang orang lewat. Serasa sedang liburan di pantai miliki pribadi. Selain pemandangan hamparan pasir putih dan lautan lepas, kamu juga akan melihat aktivitas nelayan di bibir pantai yang membuat pantai Maloba semakin terasa hidup.

Saat di sini, jangan lewatkan untuk melakukan berbagai macam aktivitas menyenangkan ya. Seperti berjemur, menyusuri bibir pantai, berenang dan tentunya berfoto karena banyak sekali spot foto yang keren.

Bukit Mamboro

Bukit Mamboro

Apakah kamu merupakan penikmat ketinggian? Kalau begitu, saat di Sumba Tengah bagaimana kalau kamu berkunjung ke Bukit Mamboro? Dijamin saat sudah sampai di puncak bukit kamu akan merasa takjub dengan pemandangan alamnya!

Savana yang terbentang luas bisa kamu lihat sejauh mata memandang, benar-benar sangat memanjakan mata. Tumbuhan hijau pun sangat rimbun membuat suasana di atas bukit semakin asri dan menyegarkan. Adanya tanaman di tengah teriknya cuaca Sumba memang sangatlah tepat.

Biarpun berbentuk bukit, namun kamu tak akan kesulitan untuk menuju puncaknya. Bahkan kamu bisa menggunakan kendaraan bermotor kalau tak ingin trekking. Uniknya lagi, warga setempat kerap menyambut wisatawan yang datang dengan tari daerah khas setempat. Jadi, selain menikmati pemandangan kita juga bisa menikmati bagaimana tarian adat masyarakat Sumba. Jangan sungkan untuk menyapa, mereka sangat ramah dan akan membuat nyaman wisatawan yang sedang berlibur.

Nah, bila kamu naik ke puncak bukit saat siang hari, selain pemandangan kamu juga akan melihat aktivitas anak-anak Sumba yang produktif. Disamping bermain, mereka juga kerap menjaga kuda yang dijadikan hewan peliharaan. Anak-anak Sumba memang sangat akrab dengan hewan tersebut, karena sedari kecil sudah terbiasa berinteraksi.

Pantai Mbawana

Pantai Mbawana

Dan tempat wisata di Sumba Tengah yang terakhir bisa kamu kunjungi untuk menikmati waktu liburan adalah Pantai Mbawana. Berlokasi di Panenggo Ede, Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Selain hamparan pasir putih yang sangat bersih, wisatawan yang berkunjung ke sini juga akan menemukan sebuah keajaiban alam yakni berupa lubang besar. Lubang tersebut ada pada batu karang yang berdiri kokoh, seakan tak peduli dengan hempasan ombak yang selalu menerjang dinding karang tersebut.

Pesona pantai pun semakin sempurna menjelang sore hari. Dimana wisatawan bisa melihat pemandangan matahari terbenam yang sangat romantic. Lembayung senja memberikan nuansa berbeda apalagi dengan langit jingganya. Saat momen tersebut muncul, jangan lewatkan untuk mengambil gambar siluet ya.

Tapi tak hanya cukup sampai disitu saja loh traveller. Ombak di Mbawana juga sangat menarik perhatian para peselancar, deburan ombaknya cukup tinggi, sangat menguji adrenaline.

Ada satu spot yang pas untuk menikmati pemandangan pantai secara keseluruhan yaitu di atas bukit yang ada di dekat pantai. Kamu bisa naik ke atas bukit tersebut, bila tak mau trekking, kamu bisa naik ojek. Sesampainya di bukti, ada sebuah bamboo kecil yang akan menyambutmu, bamboo tersebut sengaja dibuat agar wisatawan bisa semakin nyaman menikmati pemandangan pantai.

Pantai Mbawana 2

Nah, kalau soal fasilitas tempat wisatanya sendiri bisa dibilang masih minim. Oleh sebab itulah bila kamu memutuskan untuk bermalam atau menanti hingga moment matahari terbenam selesai sangat disarankan membawa senter karena tak ada penerangan. Begitupun dengan warung-warung kecil, kamu mungkin akan sulit untuk menemukannya atau bahkan belum ada sama sekali. Jadi, sangat disarankan untuk membawa perbekalan makanan dan minuman sendiri ya.

Baca Juga: Wisata Flores

Yang perlu diingat adalah jangan membuang sisa sampah makanan dan minuman di Kawasan pantai. Bila ada sampah sebaiknya bawa pulang saja, kalau sudah menemukan tempat sampah barulah bisa kamu buang. Semakin terjaga alam Indonesia, tentu akan semakin berdampak baik juga untuk keseimbangan hidup makhluk hidup.

Itulah 7 tempat wisata di Sumba Tengah terpopuler yang wajib kamu kunjungi setelah pandemic ini berakhir. Agar liburan semakin seru, ajak teman-temanmu juga ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *