Tempat Wisata Di Sumba Timur

14 Tempat Wisata Di Sumba Timur Terindah Sepanjang Masa

Posted on

Bila membicarakan soal tempat wisata di Nusa Tenggara Timur maka daerah Sumba menjadi sorotannya. Sebab Pulau Sumba menyimpan banyak keindahan alam yang menakjubkan. Biarpun iklim lokalnya cukup panas dan kering namun tak mengurangi nilai eksotisme nuansa alam di sana. Ada banyak padang savanna tumbuh luas bak permadani, pemandangan tersebut sungguh memanjakan mata.

Tempat Wisata di Sumba Timur

Sumba sendiri dibagi menjadi beberapa bagian salah satunya Sumba Timur yang akan kita bahas sekarang. Tempat wisata di Sumba Timur kebanyakan bertema alam yang sangat asri dan terjaga keasliannya.

Nah, apakah kamu penasaran dengan wisata yang paling direkomendasikan saat berkunjung ke Sumba Timur? Berikut beberapa diantaranya, yuk simak!

Bukit Wairinding

 

Bukit Wairinding

Kawasan ini dikenal dengan kondisi topografinya yang terdiri dari perbukitan. Saat memasuki musim penghujan, hamparan bukit savana wairinding akan menghijau, sangat indah dan menyegarkan. Sementara itu, memasuki musim kemarau, bukit savanna akan kering, warnanya pun berubah menjadi kuning keemasan bak di padang rumput di Afrika.

Baca Juga: Wisata Ngada

Kedua perubahan kondisi tersebut tentunya memberikan sensasi serta pengalaman yang sama-sama menarik.

Biasanya akan banyak penggembala kuda di bukit savana Sumba. Mereka merupakan anak-anak setempat yang sudah terbiasa dengan aktivitas tersebut. Bila kamu mau, kamu bisa sekali loh menunggangi kuda-kuda tersebut.

Dan tau nggak sih ternyata Bukit Wairiding sendiri memang merupakan salah satu tempat wisata di Sumba Timur yang sangat populer. Selain karena lanskap perbukitannya yang unik, akses jalannya pun terbilang lebih mudah.

Jangan lewatkan juga untuk mengambil gambar selagi menghabiskan waktu di Bukit Savana Wairinding ya! Dijamin kamu akan sangat puas dengan latar pemandangan dalam fotomu.

Bukit Tanarara

Bukit Tanarara

Next, wisata selanjutnya masih berkaitan dengan Kawasan perbukitan. Kali ini kamu bisa menjelajahi dan menikmati keindahan Bukit Tanarara. Bila dibandingkan dengan wariding, kelokan Tanara sebenarnya tak terlalu banyak. Namun biar begitu, saat berada di sini wisatawan bisa melihat garis halus yang tergambar di perbukitan Tanara.

Saat berkunjung ke Tanara, kamu juga bisa menemukan banyak spot foto instagramable. So, biar makin keren sebaiknya kamu gunakan outfit yang sesuai dengan tema perbukitan.

Bukit Persaudaraan di Mauliru

Bukit Persaudaraan di Mauliru

Hemm, masih belum puas dengan dua bukit yang sudah disebutkan di atas? Oke kalau begitu kita lanjut untuk menjelajahi bukit selanjutnya yakni Bukit Persaudaraan yang ada di Mauliru. Mata akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang benar-benar indah. Hamparan persawahan hijau menjadi suguhan alam paling sempurna. Biarpun memasuki musim penghujan, wisatawan tak akan kehilangan pemandangan yang hijau yang berada di area sawahnya.

Bukit Mondu

Bukit Mondu

Tempat wisata selanjutnya lagi-lagi bertemakan bukit. Jangan heran ya, ini karena memang dipengaruhi oleh kondisi topografi Sumba Timur. Kali ini kamu akan diajak untuk menjelajahi Bukit Mondu.

Perbukitan yang kerap dijadikan spot terfavorit untuk menikmati pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam. Bahkan dari puncak Bukit Mondu, wisatawan pun bisa melihat view jalan raya di Sumba yang berbentuk huruf S, benar-benar unik.

Tak jauh dari Kawasan wisata bukitnya, wisatawan bisa menemukan sebuah pedesaan yang ditinggali oleh masyarakat asli Sumba. So traveler, kalau punya cukup banyak waktu, tak ada salahnya untuk berkunjung ke desa tersebut. Sekedar menyapa masyarakat dan mengenal lebih dekat bagaimana adat dan kebudayaan nenek moyang yang masih diterapkan sampai sekarang.

Pantai Walakiri

Pantai Walakiri

Sama seperti Sumba Barat, di Kawasan Sumba Timur wisatawan juga bisa menemukan banyak pantai cantik yang eksotis. Bahkan bukan hanya soal hamparan pasir putih serta airnya yang jernih saja, pemandangan alam di sekitar pun tak kalah menakjubkan.

Seperti pantai Walakiri yang kerap dijadikan sebagai tujuan tempat wisata terfavorit oleh wisatawan. Di sini, wisatawan benar-benar bisa dimanjakan. Apalagi bagi para penikmat pantai, dijamin akan betah! Hamparan tanaman bakau tumbuh di area pantai yang mempunyai bentuk yang unik.

Ya, tanaman bakau tersebut memang menjadi salah satu daya tarik Pantai Walakiri. Ini karena bentuknya yang unik mirip seperti orang yang sedang menari. Menjelang senja, tanaman tersebut akan terlihat seperti siluet yang sempurna. Banyak wisatawan yang sengaja berfoto dengan latar belakang tanaman bakau karena bisa menghasilkan foto yang instagramable.

Pantai Tarimbang

Pantai Tarimbang

Wisata selanjutnya masih bertemakan pantai dengan pemandangan alam khas Sumbanya yakni Pantai Tarimbang. Di kalangan peselancar dunia, Tarimbang sudah sangat populer sekali. Tentu karena ombak di sini cukup besar dan memacu adrenaline. Tak heran bila hampir tiap tahun peselancar dari berbagai belahan dunia berkunjung ke sini. Biarpun memasuki musim pandemic terbilang lebih semi.

Di samping ombaknya, ada pemandangan unik yang bisa kamu lihat saat berada di sini yaitu perbukitan batu kapur yang megah. Bila memiliki cukup banyak waktu, kamu bisa coba naik ke atas puncak bukit tersebut untuk melihat pemandangan pantai secara keseluruhan.

Pantai dan Padang Savana Puru Kambera

Pantai dan Padang Savana Puru Kambera

Mau melihat sebuah pantai dengan pemandangan yang unik selanjutnya? Yuk datang ke Pantai Puru Kambera. Saat berada di sini, kamu akan disuguhkan pemandangan pantai yang dikelilingi oleh pepohonan cemara. Ombaknya tak terlalu besar jadi masih cukup tenang, cocok sekali untuk wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai lebih tenang.

Namun bukan Cuma pantainya saja yang menjadi daya tarik, melainkan ada hamparan padang savana bak padang rumput di Afrika. Saat musim penghujan, Kawasan savanna akan terlihat begitu hijau, ditumbuhi oleh bunga-bunga dan ilalang. Berfoto dengan latar belakang savanna tentu bisa menghasilkan foto yang keren dan instagramable.

Memasuki musim kemarau, savanna pun akan berubah warna menjadi kuning keemasan. Kondisi alami yang memang selalu dialami oleh savana Puru Kambera.

Pantai Watuparunu

Pantai Watuparunu

Masih belum puas menikmati vitamin sea di Sumba Timur? Oke kita lanjutkan penjelajahan pantai mu ke Watu Parunu. Sebuah pantai dengan keunikannya tersendiri. Di samping hamparan pasir putih yang lebih serta eloknya pemandangan lautan, kamu akan dibuat takjub oleh pemandangan batu berlubangnya.

Sebuah tebing dengan bentuk meliuk, benar-benar elok untuk dipandang. Mengabadikan dengan kamera adalah salah satu cara pengunjung untuk memperlihatkan keindahan tebing tersebut pada orang-orang.

Nah, agar bisa berjalan melewati lubang pada tebing Pantai Watuparunu tersebut, sebaiknya datang saat kondisi air sedang surut Kalau sedang pasang sebaiknya jangan dulu ya.

Selain bisa menikmati pemandangan selama berada di pantai ini, kamu juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas pantai menyenangkan. Seperti berenang, bermain pasir, menyusuri bibir pantai, berjemur, dan lain-lain.

Pantai Padadita

Pantai Padadita

Padadita merupakan pantai selanjutnya yang direkomendasikan bagi wisatawan yang ingin bersantai. Penting kamu ketahui juga, pantai ini merupakan bagian dari Padadita Beach Hotel yang ada di pinggiran Kota Waingapu.

Saat berada di Kawasan pantai, kamu akan melihat sebuah gazebo yang sengaja difasilitasi untuk para pengunjung. Kamu bisa duduk bersantai sembari menikmati sajian kuliner khas pesisir. Kapan lagi bisa menikmati suasana Sumba Timur sembari menikmati kuliner seafood di pinggir pantai.

The Twin Canyon, Air Terjun Tanggedu

The Twin Canyon, Air Terjun Tanggedu

Masih berhubungan dengan air namun kali ini bukan pantai melainkan Air Terjun yang disebut The Twin Canyon. Lokasinya berada di desa terpencil yakni Tanggedu (sama seperti nama air terjunnya). Bahkan wisatawan yang ingin menikmati kesegaran mata air alam di The Twin Canyon akan sedikit menguras keringat.

Dimana wisatawan harus melakukan trekking. Lelah? Sudah pasti. Namun akan segera terbayar lunas saat benar-benar sudah sampai di hadapan air terjun Tanggedu. Mengapa dijuluki sebagai The Twin Canyon karena ada batuan yang berlapis dan terlihat seperti Grand Canyon. Keren banget deh pokoknya!

Air Terjun Hirumanu

Air Terjun Hirumanu

Masih ada lagi nih traveler, air terjun yang pemandangannya sangat menakjubkan yakni Air Terjun Hirumanu. Ketinggiannya mencapai 70 meter dan masuk dalam jajaran air terjun termegah di Sumba Timur.

Lokasi air terjun ini berada di Desa Kananggar, pedesaan yang dihuni oleh masyarakat asli Sumba. Selain bisa menikmati suasana alam yang begitu asri dan kental, kamu juga bisa berfoto dari atas bukit air terjunnya. Bak seorang petualang, kamu akan terlihat keren.

Air Terjun Laiwi

Air Terjun Laiwi

Air Terjun Laiwi berlokasi di Desa Metawai Ama. Sebuah air terjun yang memiliki daya tarik karena tebing batunya yang begitu tinggi. Ada pulau pepohonan besar yang tumbuh dengan rimbun, mengeliling Laiwi. Oleh sebab itulah, udara di sini pun akan terasa lebih menyegarkan dan bersih.

Akses jalan untuk menuju ke Laiwi masih belum sepenuhnya beraspal sehingga wisatawan harus bersiap-siap dengan kondisi jalan yang licin. Bila membawa kendaraan bermotor, wisatawan tak bisa membawanya sampai titik lokasi. Melainkan harus diparkir di rumah miliki Umbu Rening dengan membayar kurang lebih 3 ribu rupiah per motor dan 10 ribu rupiah per mobil.

Air Terjun Kanabu Wai

Air Terjun Kanabu Wai

Bila melihat sepintas mungkin kita akan mengira bahwa air terjun ini seperti pancuran air yang keluar dari rimbunan dedaunan yang tumbuh dengan rimbun. Tak salah memang, namun bila ditelusuri lebih lanjut di bagian hulu ternyata ada sebuah sungai yang mengalir. Kalau mau, kamu bisa menyusurinya.

Untuk bisa menikmati kesegaran Air Terjun Kanabu Wai, wisatawan harus trekking terlebih dahulu kurang lebih selama 4 jam menyusuri hutan belantara. So, kamu harus mempersiapkan fisik yang prima serta perlengkapan outdoor yang dibutuhkan.

Air Terjun Wai Marang

Air Terjun Wai Marang

Dan wisata di Sumba yang terakhir adalah Air Terjun Wai Marang. Bila dibandingkan dengan air terjun sebelumnya, Wai Marang terbilang lebih kecil. Namun biarpun demikian air terjun ini memiliki daya tarik tersendiri yakni bentuk kolamnya adalah lagunan dengan warna hijau tosca, benar-benar indah dan cantik.

Baca Juga: Wisata Sumba Tengah

Oke traveler itulah 14 tempat wisata di Sumba Timur terindah sepanjang masa yang bisa kamu kunjungi. Banyak wisatawan yang bingung, bukan karena tak ada tempat wisata namun terlalu banyak yang sangat menarik sehingga ingin mendatangi semuanya. Kalau punya banyak waktu sih, kamu bisa menjelajahi 4 sampai 5 tempat wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *