Tempat Wisata Di Sumba

6 Tempat Wisata Di Sumba Paling Terkenal & Mendunia

Posted on

Sumba, salah satu pulau di Nusa Tenggara Timur yang terkenal akan pesona pesisir, padang rumput dan perbukitannya. Beberapa desa adat pun kerap menjadi daya tarik tersendiri. Oleh sebab itulah, banyak wisatawan lokal dan asing menjadikan tempat wisata di Sumba sebagai tujuan untuk menikmati waktu liburan.

Tempat Wisata di Sumba

Nah traveller, apakah kamu sudah memiliki rencana untuk berkunjung ke Sumba? Kalau sudah, bagaimana dengan list destinasi wisatanya? Bila masih bingung menentukan mana yang akan dikunjungi, sebaiknya simak yuk ulasan mengenai tempat wisata di Sumba Nusa Tenggara Timur berikut ini!

Danau Weekuri

Danau Weekuri

Tempat Wisata di NTT Sumba, Danau Weekuri terbentuk secara alamiah yaitu percikan air laut yang menembus batu karang. Wah, proses yang unik ya? Dan nama Weekuri sendiri pun terinspirasi dari proses tersebut artinya air percikan.

Kedalam danau ini mulai berkisaran antara 30 cm sampai dengan 2.5 meter, namun kalau sedang pasang bisa mencapai 5 meter. Sehingga bagi wisatawan yang membawa anak-anak sebaiknya jangan luput dari pengawasan ya apalagi saat bermain di sekitar danaunya.

Air danaunya sendiri terasa asin, tentu saja karena sumber air berasal dari air laut. Selain itu, akibat akumulasi garam mengakibatkan kandungan garam danau ini lebih pekat dibandingkan dengan air laut. Hal tersebut pun membuat pengunjung mudah mengapung di air tanpa harus menggunakan pelampung.

Letak danau weekuri dikelilingi oleh bebatuan yang cantik. Ada pulau batuan yang membentuk gua dan di dalamnya pun terdapat stalakmit hingga stalagmite. Kalau punya waktu lebih kamu bisa sekali menyusuri gua tersebut. Ada pulau batuan karang yang ditumbuhi tumbuhan yang mirip seperti kaktus.

Baca Juga: Wisata Sikka Maumere

Hal unik lain yang bisa kamu lihat adalah dari warna danaunya. Dimana pada beberapa titik kamu bisa melihat gradasi warna yang cantik; biru, hijau, putih. Warna tersebut terjadi akibat pantulan dari dasar danau. Bahkan saat berenang pun, kamu bisa merasakan suhu air yang berbeda.

Bagaimana, dengan keunikan-keunikan tersebut semakin tertarik untuk berkunjung kan? Kalau ingin sekali datang ke sini, kamu bisa berkendara saja langsung ke Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Tiketnya? Gratiss! Tapi untuk jam buka hanya dari pukul 7 sampai 5 sore saja ya.

Pantai Walakiri

Pantai Walakiri

Bagi yang ingin menikmati vitamin sea datang ke Sumba pasti akan sangat dimanjakan sekali. Pasalnya ada banyak pantai yang menawarkan keindahan alam mempesona, seperti di Pantai Walakiri. Kamu akan disambut dengan hamparan pasir putih yang bersih dan ombaknya pun lebih tenang.

Kalau soal jarak, memang agak sedikit jauh. Bila berangkat dari Kota Waingapu, kamu harus menempuh jarak perjalanan sampai 24 km. Jarak perjalanan tentu tak boleh menghalangi niatmu datang ke sini ya! Sebab pesona Walakiri dijamin bisa membuatmu betah.

Ditambah lagi dengan adanya hutang mangrove alias bakau. Tanaman yang biasanya hanya ada di pesiri. Kalau biasanya kamu melihat pohon bakau yang menjulang tinggi maka berbeda dengan Pantai Walakiri, dimana ukurannya malah lebih kecil. Selain itu, lokasinya yang berjauhan pun justru bisa membuat pohon-pohon bakau tersebut semakin unik dan menarik. Suasana pun semakin terasa asri dan sejuk.

Keunikan pun tak hanya sampai disitu saja, kamu bisa melihat hamparan pasir yang berbeda jenis teksturnya. Pasir di tepi pantai teksturnya terasa seperti butiran berwarna putih gading, seperti pasir pantai pada umumnya. Lalu pasir di area bekas laut surut teksturnya lebih halus, seperti bedak basah, nantinya akan mengeras.

Menuju sore hari, Walakiri akan semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menyaksikan sunset.

Air Terjun Waimarang

Air Terjun Waimarang

Wisata pulau Sumba berikutnya adalah Air Terjun Waimarang, berlokasi di Ngaru Kanoru, Umalulu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Air terjun yang memiliki beberapa tingkatan. Untuk tingkatan pertama ukurannya paling kecil, tingkatan kedua paling lebar ukurannya bisa mencapai 7 meter sementara tingkatan terakhir hanya 3 meter saja.

Air terjun yang jatuh ke bawah adalah dari kolam alami yang berada di bagian atas dan keluar dari celah tebing. Sementara untuk sumbernya berasal dari sungai kecil yang ada di bagian atasnya lagi. Nah, yang membuat menarik adalah kolam alami tempat terjatuhnya air terjun Waimarang. Kolam dikelilingi oleh tebing batu yang berkarakter sehingga menambah kesan eksotis.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah pada pukul 9 pagi sampai dengan 10 pagi. Sebab saat itu matahari sedang terik-teriknya dan akan masuk melalui celah air terjun, sangat indah sekali. Hindari berkunjung menjelang sore hari karena kamu membutuhkan trekking terlebih dahulu dan itu akan memakan waktu lama. Bisa saja saat kembali ke lahan parkir hari sudah gelap. Terlebih tak ada penerangan yang memadai.

Bukit Wairinding

Bukit Wairinding

Ada cukup banyak bukit di kepulauan Sumba dan ini tentunya bisa sangat memanjakan para penikmat ketinggian, salah satunya adalah Bukit Warinding yang berlokasi di Desa Pambota Jara, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Destinasi wisata yang amat populer karena pemandangan alamnya yang indah dan bisa membuat siapapun terpikat. Karena berada di atas ketinggian, suhu udaranya pun terasa lebih sejuk. Cocok sekali untuk kamu yang sedang ingin menghilangkan penat dan membutuhkan udara segar. Selain pemandangan alam yang pasti bisa kamu nikmati, kamu juga bisa melihat anak-anak Sumba yang tengah bermain, atau ada juga yang menggembala hewan ternak seperti domba dan kuda.

Nah, ada 2 aktivitas yang direkomendasikan saat kamu berada di Bukit Wairinding, keduanya sama-sama berkaitan dengan matahari yakni moment sunrise dan sunset. Yap, lokasi ini memang oke banget untuk melihat dua moment tersebut. Saat pagi hari bayi matahari muncul perlahan dan membuat udara semakin hangat. Menjelang sore hari matahari akan tenggelam, lembayung senja membuat suasana terasa lebih romantic.

Dan periode terbaik yang dianjurkan untuk berkunjung ke Wairinding yaitu saat musim kering, antara bulan Juni hingga Oktober. Mengapa? Sebab saat musim tersebut matahari pemandangan sunrise atau sunset bisa kamu lihat dengan jelas.

Bagaimana, tertarik berkunjung ke sini? Bila kamu menyewa penginapan di sekitar Waingapu, kamu membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan untuk sampai di tempat wisata Bukit Wairinding. Selama perjalanan kamu akan ditemani oleh pemandangan alam yang indah.

Untuk tiket masuknya sendiri murah sekali hanya 5 ribu rupiah saja! Tentu bisa berubah tergantung kebijakan pihak pengelola wisata. Sementara untuk jam bukanya sendiri 24 jam. Artinya kamu bisa datang kapan saja, mau mendirikan tenda dan bermalam di bukit pun bisa sekali.

Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu merupakan wisata di Sumba yang namanya sesuai dengan nama desa tempat air terjun tersebut berada. Destinasi wisata satu ini semakin populer baik dikalangan masyarakat lokal maupun wisatawan.

Lokasi air terjun berada di antara tebing bebatuan sehingga bila tidak menggunakan sepatu yang tepat akan cukup licin. Kamu harus berhati-hati apalagi saat turun ke bibir sungai. Terdapat dua sumber air yang berbeda dan keduanya membuat warna air berbeda. Inilah yang menjadikan Tanggedu cukup unik.

Sebelum benar-benar sampai dan bisa menikmati kesegaran Air Terjun Tanggedu, kamu harus melalui perjalanan yang cukup panjang. Pertama, sudah jelas kamu harus berkendara dulu, waktunya akan bergantung pada titik keberangkatanmu. Selama perjalanan kamu akan disambut dengan pemandangan bukit Sumba yang khas, beberapa hewan ternak pun berkeliaran dengan bebas di padang rumput. Sungguh, pemandangan yang jarang bisa kita lihat saat berada di perkotaan.

Bila sudah sampai di desa tempat air terjun ini berasal, kamu harus memarkirkan kendaraan terlebih dahulu sebab tak bisa kalau mau membawa kendaraan sampai titik lokasi. Lalu, melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri ladang milik warga. Lelah? Sudah pasti, namun akan segera terlupakan dan terbayar lunas saat kamu sampai di titik lokasi keberadaan air terjun.

Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu

Dan tempat wisata di Sumba yang terakhir adalah Pantai Nihiwatu. Ada fakta unik mengenai air terjun ini, dimana Nihiwatu mendapat peringkat ke 17 dari 100 pantai terbaik di dunia. Wow, keren banget nggak sih?

Pantai Nihiwatu pun terkenal akan ombaknya yang ganas. Tak heran bila para peselancar sangat tergoda untuk menguji adrenaline dan menantang ombak tersebut dengan berselancar. Tak hanya peselancar local saja namun ada juga yang sengaja datang dari luar negeri hanya untuk menaklukan ombak Nihiwatu yang memiliki julukan God’s Left.

Ombak di sini memang salah satu yang terbaik di Indonesia, bahkan tercepat di dunia. Apalagi dengan fakta bahwa Nihiwatu berhasil mengalahkan Hawai dan Hanalei Bay.

Kalau soal suasana, di sini sih terbilang sepi sehingga lebih nyaman dan cocok sekali untuk menikmati pemandangan pantainya. Kok sepi? Karena dipengaruhi oleh lokasinya yang cukup jauh dari perkotaan.

Resort Pantai Nihiwatu

Namun biarpun begitu kalau soal penginapan kamu tak perlu khawatir. Sudah resort yang terdiri dari villa-villa dan menghadap langsung ke arah laut. Bahkan ada juga bungalow yang dibangun di atas bukit, lengkap dengan fasilitas kolam renang pribadi yang menghadap ke Samudra Hindia, cocok banget nih buat yang mau honeymoon!

Beberapa restoran pun sengaja dibangun dengan menghadap ke arah. Arsitektur dan ornamen bangunannya pun tak luput dari sorotan yakni gabungan dari tradisional dan modern, sungguh estetik sekali. Selain pemandangannya, kamu juga akan dikenalkan dengan berbagai macam kebudayaan yang ada di Pulau Sumba.

Baca Juga: Wisata Kupang

Dijamin, datang ke Nihiwatu tak akan mengecewakan. Malahan kamu akan merasa betah dan ingin lebih lama lagi berada di Pantai ini. Keindahan tiap sudut Nihiwatu mampu membuatmu terpukau dan tak sabar ingin mengabadikannya melalui kamera.

Itulah 6 tempat wisata di Sumba yang paling terkenal sedunia apalagi nomor 6! Jadi, bagaimana nih traveller, dari list destinasi di atas apakah ada yang menarik perhatian dan membuatmu ingin segera liburan? Kalau ada, yuk langsung saja tentukan waktu liburanmu sekarang! Ajak teman-temanmu juga ya agar semakin seru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *