Tempat Wisata di Sumbawa Barat

11 Tempat Wisata Di Sumbawa Barat ini Bisa Jadi Pilihanmu!

Posted on

Menjelajahi tempat wisata di Nusa Tenggara Barat memang tak akan ada habisnya. Wisatawan selalu saja dibuat takjub dengan kekayaan dan keindahan alam pulau ini. Apalagi di Sumbawa Barat, salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini secara langsung berbatasan dengan Laut Flores di sebelah utara, Samudra Hindia di sebelah selatan dan Selat Alas di sebelah barat. Oleh sebab itulah destinasi wisata di Sumbawa Barat ini termasuk yang cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Tempat Wisata di Sumbawa Barat

Nah traveller, kalau lagi butuh referensi tempat liburan, mendingan langsung simak aja yuk ulasan 11 tempat wisata di Sumbawa Barat berikut ini!

Pelabuhan Poto Tano

Pelabuhan Poto Tano

Saat Anda berkunjung ke wisata Sumbawa Barat Pelabuhan Poto Tano, mata akan dibuat takjub dengan pemandangan Pelabuhan yang indah karena dikelilingi oleh perbukitan dan pulau-pulau kecil. Sehingga biarpun hanya Pelabuhan, Poto Tano sangatlah eksis di sosial media. Banyak wisatawan yang sengaja menghabiskan waktunya sejenak di sini, sekedar istirahat atau menikmati pemandangan.

Baca Juga: Wisata Sumbawa

Poto Tano juga merupakan pintu masuk semua orang yang hendak pergi ke Sumbawa Barat. Bisa dibilang ini adalah gerbang utama untuk menjelajahi seluruh wilayahnya. So, destinasi wisata Sumbawa Barat manapun yang hendak dikunjungi sudah bisa dipastikan Anda akan datang ke sini dulu.

Pulau Kenawa

Pulau Kenawa

Obyek wisata Kabupaten Sumbawa Barat selanjutnya adalah Pulau Kenawa, atau sering dijuluki sebagai The Hidden Paradise nya Sumbawa. Suasana pulau yang sepi sangatlah menenangkan, cocok untuk Anda yang tak suka keramaian.

Hamparan pasir putih yang lembut dan laut lepas berwarna biru menjadi pemandangan sejauh mata memandang. Di sisi lain, Anda akan disuguhi dengan panorama padang Savana yang terbentang berwarna hijau bak permadani. Bagi yang suka selfie atau berfoto, spot ini cocok sekali untuk memanjakan kamera Anda.

Bila Anda tak mau berenang namun ingin sekali menikmati suasana tengah laut, cobalah berjalan di atas jembatan kayu yang mengarah ke laut lepas. Nah, dari sini Anda bisa sepuasnya menikmati suasana lautan tanpa harus berbasah-basahan.

Beberapa wisatawan biasanya menghabiskan waktu 2 malam atau bahkan berminggu-minggu di Kenawa. Liburan di sini dalam waktu lama memang tak akan membosankan.

Pulau Paserang

Pulau Paserang

Wisata di Sumbawa Barat Pulau Paserangan berlokasi tak jauh dari Pebuhan Poto Tano yang sebelumnya sudah diulas juga. Luas pulau mencapai 47 ha dan sebagian besarnya adalah pada rumput. Untuk bisa sampai di sini, wisatawan tentu harus menyebrang menggunakan perahu selama kurang lebih 20 menit.

Selain padang rumput, Paserangan memiliki wilayah perbukitan. Sehingga Anda bisa melihat pemandangan sekeliling dari atas ketinggian. Akses menuju puncak bukit pun sudah bagus, jalan setapak namun dilapisi semen.

Pada bagian sisi depan, Anda akan melihat pemandangan pantai landai dengan pasir putih lembut. Sementara di sisi lain ada bakau yang sengaja ditanam di tepi pulau, tujuannya tentu saja untuk pencegahan abrasi. Sekitar seperempat wilayah pantai pun memang ditutupi oleh bakau.

Saat berada di Paserangan, sebaiknya jangan lewatkan untuk melakukan snorkeling agar Anda bisa puas menikmati pemandangan alam bawah laut. Anda juga bisa berinteraksi dengan para penghuni laut, asalkan tidak mengganggu dan tidak melakukan hal yang dilarang ya.

Puncak Mantar

Puncak Mantar

Puncak Mantar merupakan tempat wisata di Sumbawa barat  yang menawarkan pesona keindahan alam dari atas ketinggian. Sebelum bisa sampai di atas puncak, Anda harus berkendara dan menikmati medan perjalanan yang cukup terjal. Biasanya ada mobil pick up yang secara khusus disewakan untuk para wisatawan, ongkosnya 20 ribu rupiah per orang. Tapi Anda harus benar-benar bersabar dengan goncangan selama dalam perjalanan ya.

Sesampainya di Puncak, Anda akan disambut dengan beberapa spot. Pertama area camping ground, bagi yang ingin bermalam dan mendirikan tenda maka disinilah tempatnya. Lalu ada area paralayang, para penikmat ketinggian yang ingin menguji adrenaline bisa sekali untuk mencobanya, jangan lupa siapkan biaya kisaran 200 ribu sampai 250 ribu ya.

Menjelang sore hari kita bisa menikmati lembayung, moment matahari terbenam dan menjelang pagi hari kita bisa menyambut matahari terbit yang akan menghangatkan tubuh. Mantar memang mengasyikan dijadikan sebagai tujuan liburan.

Pantai Tropical

Pantai Tropical

Tempat wisata Pantai Tropical berlokasi di Desa Sekongkang Bawah, Kecamatan Sekongkang, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Sebuah wisata pesisir yang akan menyambut wisatawan dengan berbagai keunikannya.

Di bagian tepi pantai, kondisi ombaknya terbilang cukup aman dan landai. Cocok sekali untuk wisatawan yang hanya ingin sekedar bermain air. Sementar menuju ke tengah, Anda akan menemukan ombak yang cukup besar. Cocok sekali untuk yang menyukai surfing. Beberapa wisatawan asing pun memang sangat bersemangat menaklukan ombak tersebut.

Namun, bagi Anda yang hanya ingin menikmati suasana pantai saja, tentu bisa sekali. Anda bisa berjalan-jalan di atas pasir putih menyusuri bibir pantai. Sesekali air laut akan menyapu kaki dan terlihat buih-buihnya. Menjelang sore hari, Anda akan semakin dibuat takjub dengan pemandangan matahari terbenam. Jangan lupa abadikan momen liburan saat berada di Pantai Tropical ya.

Pantai Muluk

Pantai Muluk

Tempat wisata di Sumbawa Barat selanjutnya masih bertemakan pantai, kali ini adalah Pantai Muluk. Spot surfing lain yang juga sangat populer di kalangan para peselancar lokal maupun asing. Lokasi Pantai Muluk sendiri ada di Desa Muluk, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat. Berbagai macam aktivitas pantai bisa Anda lakukan di sini. Mulai dari bermain pasir, bermain air, surfing, snorkeling hingga menikmati kuliner khas pesisir. Bagi yang ingin melakukan surfing sebaiknya bawa papan selancar sendiri, berjaga-jaga bila nantinya tak ada tempat penyawaan alat surfing.

Pantai Lawar

Pantai Lawar

Pantai Lawar, berlokasi di Sekongkang, Kabupaten Sumbawa. Sebuah pantai menawarkan pemandangan hamparan pasir putih, dibalut dengan cuaca yang tropis, dan lautan biru. Hal yang menjadikan Pantai Lawar menarik adalah lanskap kawasannya yang secara langsung diapit oleh 2 bukit batu dengan vegetasi alami. Apalagi menuju sore hari, wisatawan akan disuguhi dengan refleksi lembayung senja yang indah.

Tak heran bila banyak muda-mudi Sekongkang atau pun turis kerap datang ke Lawar saat sore hari. Ditambah lagi pantai ini memiliki cukup banyak ruang untuk menikmati suasana pantainya, baik Kawasan tanah berpasir atau pun tebing batu. Suara deburan ombak pun sangat memanjakan telinga.

Air Terjun Jereweh

Air Terjun Jereweh

Selain pantai, di Sumbawa Barat juga terdapat air terjun yang memiliki keunikan tersendiri yaitu Air Terjun Jereweh. Anda akan diajak menikmati suasana air terjun yang dikelilingi oleh tumbuhan hijau. Air terjun jatuh ke dalam kolam alami yang sebelumnya telah melewati tebing batu berundak dan berongga seperti gua.

Suasana menyegarkan semakin terasa bila kita turun langsung ke dalam kolam alami tersebut. Mata akan dimanjakan dengan pepohonan besar yang menjulang dan akarnya merambat di sekitar bebatuan.

Tak hanya wisatawan lokal saja, wisatawan asing pun sengaja datang ke sini hanya untuk menikmati keindahan Alam Jereweh. Nah, apakah Anda merasa tertarik juga untuk liburan ke sini? Yuk langsung saja datang ke Desa Beru, Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat. Bila dari Pelabuhan Toto, jaraknya tempuhnya kurang lebih 48 km.

Pantai Benete

Pantai Benete

Pantai Benete merupakan salah satu pantai lainnya yang ada di Sumbawa Barat. Lagi-lagi Anda akan dimanjakan dengan suasana pantai yang indah. Selain itu, bagi yang ingin menikmati kuliner khas pesisir, datang ke Benete merupakan pilihan paling tepat. Sebab di sepanjang jalan dan di sekitar pantai, Anda bisa menemukan banyak rumah makan yang siap menyajikan olahan makanan laut.

Di samping kulinernya, berbagai aktivitas pantai menyenangkan pun bisa Anda lakukan. Mulai dari bermain pasir, menyusuri pantai, bermain air, dan banyak lagi. Sumbawa Barat memang tak pernah mengecewakan ya kalau soal pantainya.

Pantai Rantung

Pantai Rantung

Masih ada lagi tempat wisata di Sumbawa Barat yang indah dan mempesona serta bisa mempresentasikan bagaimana kekayaan alam Sumbawa. Kali ini, Anda bisa berkunjung ke Pantai Rantung, sebuah destinasi wisata yang cocok dijadikan sebagai tempat honeymoon sebab suasananya sangatlah romantic.

Lokasi Pantai Rantung berada di kecamatan Sekongkang Bawah yang dikelilingi oleh perbukitan serta laut dengan ombak yang tenang. Menjelang sore hari lembayung semakin menambah keromantisan, bak lukisan siluet, lembayung yang indah akan menutup hari dengan sempurna. Bagi pasangan yang baru menikah, momen-momen seperti ini memang sangat dibutuhkan sekali.

Pantai Aik Kangkung

Pantai Aik Kangkung

Dan tempat wisata di Sumbawa Barat yang terakhir namun tak kalah mempesona dengan tempat-tempat sebelumnya adalah Pantai Aik Kangkung. Lokasinya tak terlalu jauh dari Pantai Rantung, jadi kalau ingin sekalian datang ke Aik Kangkung, tentu bisa sekali.  Pantai ini bisa dibilang merupakan pantai terpencil. Oleh sebab itulah kondisi pantai masih sangat alami dan belum banyak terjamah orang. Namun biarpun begitu, akses jalannya tak terlalu sulit kok.

Garis pantai Ai Kangkung ini terbilang luas. Air lautnya pun jernih apalagi hamparan pasir putihnya, sangatlah bersih. Semoga wisatawan yang datang tak mengotori pantai Ai Kangkung ya. Kadang-kadang ada saja wisatawan nakal yang iseng membuang sampah sembarangan dan mengotori laut.

Oke traveller, karena kebanyakan wisata di Sumbawa Barat bertemakan pantai maka Anda harus mempersiapkan berbagai kebutuhan liburan yang memang mantai banget alias cocok untuk digunakan di pantai. Seperti suncream untuk melindungi kulit dari paparan sinar uv, atau topi dan kacamata untuk melindungi kepala dan mata Anda. Pakaian yang mudah menyerap keringat pun bisa menjadi pilihan paling tepat. Jangan lupa membawa uang cash yang cukup ya, untuk berjaga-jaga barangkali destinasi wisata yang Anda kunjungi tak menyediakan mesin ATM.

Baca Juga: Wisata Lombok

Itulah 11 tempat wisata di Sumbawa Barat yang bisa menjadi referensi tempat liburan Anda. Untuk para pecinta pantai yang sedang butuh vitamin se, sebaiknya segera jadwalkan waktu liburan Anda ke Sumbawa Barat. Atau untuk pasangan yang sedang merencanakan honeymoon, yuk cari destinasi wisata di sini yang paling cocok untuk Anda dan pasangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *