Tempat Wisata Di Sumbawa

9 Tempat Wisata Di Sumbawa Yg Bikin Wisatawan Susah Move On

Posted on

Apakah Anda pernah berkunjung ke Sumbawa? Pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini sudah sejak lama ramai diperbincangkan oleh wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Alasannya karena keindahan alam tempat wisata di Sumbawa bisa membuat siapapun susah move on bahkan tak kalah menarik dengan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

Tempat Wisata di Sumbawa

Mulai dari pantai yang eksotis, situs bersejarah, pegunungan, pulau yang indah, bisa menggambarkan betapa kayanya potensi wisata alam Sumbawa. Nah, untuk Anda yang sedang berencana liburan ke Sumbawa, berikut adalah rekomendasi tempat wisata di Sumbawa yang bisa Anda kunjungi.

Gunung Tambora

Gunung Tambora

Bila Anda berkunjung Pulau Sumbawa bagian timur, atau lebih tepatnya di Kabupaten Dompu, terdapat gunung Merapi yang memiliki ketinggian 2.851 Mdpl, Tambora namanya. Semula ketinggian gunung ini 4.200 Mdpl, lalu akibat letusan dahsyat yang terjadi pada tahun 1851 ketinggiannya terpangkas menjadi yang sekarang.

Baca Juga: Wisata Lombok Barat

Dari kejauhan, Tambora terlihat gagah, menjulang tinggi di wilayah Dompu utara. Seolah sedang menunggu para penikmat ketinggian untuk mendaki dan melihat keindahan alam Tambora.

Saat sampai di Tambora, Anda akan disambut oleh pemandangan kawah yang menganga dengan diameter 7 km, sementara untuk kedalamannya kurang lebih 1.2 km. Hal inilah yang membuat Tambora dinobatkan sebagai gunung dengan kawah terbesar di Indonesia. Di dalam kawah Tambora ada bentang alam lain yang seperti danau, sabana, serta gunung Api Toi.

Bila Anda tertarik untuk menaklukan tempat wisata nusa tenggara barat puncak Tambora, ada dua jalur resmi yang bisa Anda pilih untuk sampai puncak. Yaitu jalur Kawinda Toi dan jalur Pancasila, bagi pemula lebih aman menggunakan jalur Pancasila. Di sepanjang jalur pendakian, Anda akan disambut oleh hutan yang masih terjaga keasliannya.

Bagi yang sama sekali belum pernah mendaki gunung, tak ada salahnya memilih Tambora sebagai tujuan pendakian pertama dan perdana. Namun jangan datang sendirian ya, sebaiknya datang secara berkelompok.

Pulau Satonda

Pulau Satonda

Tempat wisata di Sumbawa selanjutnya adalah Satonda, pulau yang terbentuk akibat letusan gunung api Satonda. Konon gunung tersebut usianya lebih tua bila dibandingkan dengan Tambora yang berjarak 30 km dari pulau ini.

Nah, ada hal unik yang bisa Anda lihat di sini yaitu danau air asin. Letaknya di bagian tengah dan hampir memenuhi pulau. Oleh sebab itulah kalau dilihat dari atas, Pulau Satonda mirip seperti cincin berwarna hijau. Sebelumnya, air danau Pulau Satonda ini memiliki rasa tawar. Namun akibat letusan gunung Tambora yang mengakibatkan tsunami cukup dahsyat, akhirnya danau tersebut terisi air laut dalam jumlah besar, itulah mengapa rasa airnya asin.

Keindahan Satonda tak hanya di permukaan saja, namun alam bawah laut Satonda pun sangat mempesona hingga dijadikan sebagai Taman Wisata Alam Laut. Sementara untuk pulaunya sendiri ditetapkan sebagai Taman Nasional bersama Pulau Moyo yang letaknya tak jauh dari Satonda.

Agar bisa sampai di Satonda, Anda harus naik kapal terlebih dahulu kurang lebih selama 15 menit dari Labuan Kananga. Kalau berangkat dari Jakarta maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah terbang ke BIma via Lombok Mataram.

Pantai Lakey

Pantai Lakey

Pulau Sumbawa memang surganya bagi para peselancar, apalagi bila Anda mendatangi daerah Dompu yang merupakan bagian dari Sumbawa. Di Dompu terdapat pantai yang sangat terkenal dikalangan para peselancar lokal maupun asing, namanya adalah Pantai Lakey.

Kalau pada umumnya sapuan ombak pantai mengarah ke kanan maka berbeda dengan Lakey yang mengarah ke kiri. Apalagi dengan angin lautnya yang cukup kencang, sangat mendukung untuk melakukan surfing, windsurfing, hingga kite surfing. Keunikan ini semakin disempurnakan dengan panorama alam pantai yang indah.

Bagi para fotografer atau wisatawan yang ingin mengabadikan pemandangan pantai secara keseluruhan bisa memanfaatkan fasilitas Menara yang terletak di ujung pantai. Biasanya saat musim lomba, Menara digunakan sebagai tempat penilaian oleh juri.

Bulan April sampai Oktober adalah bulan terbaik untuk mengunjungi Lakey. Banyak sekali wisatawan asing yang menghabiskan waktu di Lakey selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Pantai Lawata Bima

Pantai Lawata Bima

Wisata Sumbawa selanjutnya masih menawarkan pesona pantai yang indah dan unik yaitu Pantai Lawata Bima. Sebuah pantai legendary di Bima sebab sudah menjadi tempat wisata umum sejak tahun 1961. Asal nama Lawata sendiri diambil dari kata “Lawang Ita” yakni percampuran Bahasa Jawa dan Bima.

Topografi dari pantai Lawata terbilang unik, memiliki Panjang sekitar 2 km dengan bentuk yang cembung. Dimana pada bagian tengahnya terdapat 2 bukit dengan goa, kurang lebih 30 m di bawahnya. Karena bentuknya yang cembung maka membuat Lawata BIma terlihat lebih menjorok ke Teluk Bima. Pantai ini biasanya akan dipenuhi oleh pengunjung saat akhir pekan atau hari libur nasional.

Pantai Lariti

Pantai Lariti

Wisata Sumbawa Besar Pantai Lariti sebuah pantai yang indah dengan panorama alam menawaran. Lokasi pantainya berada di selatan Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Atau lebih tepatnya di Desa Soro, Kecamatan Lambu Sape, Sumbawa dan tak jauh dari Pelabuhan Sape atau gerbang laut yang menjadi penghubung ujung Pulau Sumbawa dan Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Bila dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Pulau Sumbawa, Lariti terbilang lebih sepi. Akan nyaman sekali untuk wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai yang tak terlalu ramai. Hamparan pasir putih terbentang di sepanjang pantai dan laut yang berwarna biru menjadi pemandangan sejauh mata memandang. Ditambah lagi dengan banyaknya pulau kecil serta bukit yang berbaris rapi, liburan di Lariti benar-benar akan membuat siapapun betah.

Pulau Kenawa

Pulau Kenawa

Pulau Kenawa merupakan salah satu pulau unik yang berada di perairan Sumbawa dan memiliki julukan The Hidden Paradise. Wisata di Sumbawa ini sangat cocok untuk Anda yang sedang membutuhkan vitamin sea, memandang laut lepas sembari ditemani semilir angin dan nyiur melambai.

Akses untuk bisa sampai ke Pulau Kenawa pun terbilang mudah. Anda dapat naik kendaraan pribadi atau umum dengan cara naik bus tujuan Sumbawa. Kalau sudah sampai di Pelabuhan Kayangan, Anda tinggal menyebrang menggunakan kapal laut selama 1.5 jam.

Sesampainya di Kenawa Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan alam yang sangat indah. Perpaduan gradasi warna laut, pasir dan langit benar-benar sangat menyegarkan mata. Ada pula hamparan sabana dan beberapa bukit. Bagian tepi pantai dipenuhi gazebo yang bisa Anda gunakan untuk duduk dan menikmati suasana pulau ini. Ada pula beberapa warung yang menyuguhkan kuliner sederhana.

Pantai Lawar

Pantai Lawar

Masih ada lagi pantai Sumbawa yang menawarkan pemandangan alam yang indah yaitu Lawar. Berlokasi di Sekongkang, Kabupaten Sumbawa. Sebuah pantai menawan dengan hamparan pasir putih, dibalut dengan cuaca tropis, semilir angin pantai, serta lautan berwarna biru dan bening. Hal yang menjadi Pantai Lawar unik karena letaknya yang diapit oleh 2 bukit batu.

Lawar biasanya akan lebih ramai saat sore hari sebab saat itulah waktu terbaik untuk menikmati lembayung senja dengan suasana pantai yang super nyaman. Deburan ombaknya pun tak terlalu keras, cukup menjadi suara yang akan menemanimu selama berada di Lawar.

Bila Anda tertarik untuk datang ke sini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Kalau menggunakan umum bisa naik bus dari Mandalika sampai ke Sekongkang selama 5 jam. Lamanya perjalanan tentu akan membuat lelah, namun rasa lelah tersebut akan segera terbayarkan saat kamu sudah sampai di Pantai Lawar.

Pantai Jelenga

Pantai Jelenga

Pulau Sumbawa tepatnya di Kabupaten Sumbawa Barat memang dikelilingi oleh perairan mulai dari Laut Flore, Samudera Hindia hingga Selat Alas. Sehingga tak heran bila wisata pesisir menjadi andalan di sini.

Salah satu pantai yang menjadi andalan di Sumbawa Barat adalah Pantai Jelenga yang mempunyai hamparan pasir putih membentuk tapal kuda. Bila kita berjalan kaki di atas pasir putih tersebut sekilas akan terlihat seperti butiran merica. Ombak pun akan segera menghapus tapak kaki mu yang tertinggal.

Pemandangan Pantai Jelenga pun sangat menawan. Mulai dari gulungan ombak laut, perbukitan hingga bentang alam di kiri dan kanan pantai sangat bisa mendatangkan ketenangan untuk Anda.

Para peselancar pun kerap berdatangan hanya untuk menaklukan ombak di Jelenga. Ombak di sini memang dijuluki “Scar Reef”, sebab gelombangnya yang terlihat seperti pipa raksasa. Tingginya antara 2 sampai 3 meter, sangat menantang sekali untuk ditaklukan. Bagaimana, tertantang untuk datang ke Jelenga? Kalau iya, ayo jadwalkan waktu liburanmu!

Pantai Wane

Pantai Wane

Melihat mamalia lumba-lumba dari jarak dekat, bermain melompat dan berkejaran di laut pasti akan sangat menyenangkan. Nah, kalau Anda memang menginginkan hal tersebut, sebaiknya datang ke Pantai Wane.

Pantai ini memang spot paling cocok untuk berinteraksi dengan lumba-lumba. Namun tentunya untuk menikmati pemandangan tersebut, Anda harus menuju tengah laut. Kalau hanya di bibir pantai saja sih tak akan bisa melihatnya.

Anda juga harus booking kapal nelayan selama satu hari penuh sebelum jalan. Biasanya wisatawan akan berangkat dari pukul 9 pagi, waktu tempuh untuk bisa sampai di titik yang tepat kurang lebih 1 jam perjalanan saja. Suasana ombaknya pun terbilang aman. Nantinya aka nada tour guide yang akan memandu serta tim penyelamat untuk mengantisipasi bila terjadi sesuatu.

Namun bila Anda tak berkesempatan untuk melihat lumba-lumba, tak perlu bersedih. Anda bisa menikmati pemandangan pantainya saja. Sebab pesona pantai Wane memang sangat harus dinikmati, sebab kalau sudah sampai di Kota dan melakukan rutinitas harian kembali, mungkin akan sangat sulit mendapatkan pemandangan alam seperti di Wane.

Baca Juga: Wisata Lombok Utara

Nah traveller itulah 9 tempat wisata di Sumbawa. Rata-rata tempat wisatanya memang bertemakan pantai, jadi Anda harus menyiapkan kebutuhan peralatan dan perlengkapan yang mendukung aktivitas pantai. Seperti suncream untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, topi, kacamata, dan lain-lain. Gunakan juga pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat ya.

So, sudah menentukan kapan jadwal liburan mu belum? Jangan lupa ajak teman-temanmu ya agar liburan semakin menyenangkan. Happy holiday!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *