18 Tempat Wisata di Sumedang Terhits Paling Wajib Dikunjungi

Posted on

Berkunjung ke Sumedang belum lengkap kalau Anda sendiri belum tahu apa saja yang ada di dalam daftar tempat wisata di Sumedang. Mungkin sebelumnya, tak terbayangkan bagi Anda bahwa Anda akan mendapatkan banyak opsi objek wisata di Sumedang.

Rekomendasi Tempat Wisata di Sumedang

Kebanyakkan berupa mata air dan Sumedang wisata yang ada di dataran tinggi, namun tetap ada banyak opsi lainnya. Mulai dari Mata Air Cipelang, Mata Air Cikandung, Situ Cilembang, Waduk Jatigede, Puncak Damar Jatos Jatigede, Curug Cigorobog, Curug Cipongkor, Curug Ciputrawangi, Pemandian Air Panas Cileungsing, Wisata Air Panas Cipulus, Wisata Air Gajah Depa, dan masih banyak lainnya. Langsung saja simak apa pilihan lainnya itu.

Mata Air Sirah Cipelang

Mata Air Sirah Cipelang

Pilihan yang pertama adalah Mata Air Sirah Cipelang. Pemandangannya cantik dan mungkin membuat Anda yang lelah-lelah perjalanan ke Sumedang menjadi segar kembali. Wujudnya memang berupa mata air, namun sebagai wisatawan dari kota dengan aktivitas padat Anda akan merasakan kesegaran udara di sana.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Sukabumi

Pikiran bisa segar kembali setelah menghabiskan waktu di sana. Mata airnya cukup besar, malahan akan menjadi yang paling besar daripada wisata Sumedang lan yang wujudnya sama-sama mata air. Airnya pun terasa dingin namun menyegarkan ketika disentuh. Coba saja jadikan Mata Air Sirah Cipelang sebagai wisata di Sumedang pertama yang dikunjungi.

Mata Air Cikandung

Mata Air Cikandung

Mata air selanjutnya yang juga dihadirkan sebagai pilihan tempat wisata Sumedang adalah Mata Air Cikandung. Aliran air di sana sangat tenang, namun bisa bertahan dengan kebersihannya. Saking bersihnya, airnya pun pasti jernih sehingga Anda bisa dengan jelas melihat dasarnya. Airnya akan terkesan berwarna biru muda karena saking jernihnya.

Bisa mengunjungi Mata Air Sirah Cipelang dan Mata Air Cikandung sekaligus, atau pilih salah satunya saja jika Anda tak punya banyak waktu. Apa yang akan dilihat di Mata Air Cikandung adalah sebuah mata air yang memiliki tepi bebatuan berwarna gelap. Letaknya berada di Desa Nyalindung, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Situ Cilembang

Situ Cilembang

Satu lagi wisata yang wujudnya perairan alami, namanya Situ Cilembang dan bisa jadi merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Barat terbaik. apa yang ada di Situ Cilembang memang tak mengejutkan, namun perlu diketahui setiap wisatawan bahwa yang namanya wisata danau atau disebut sebagai ‘situ’ tak semuanya memiliki air yang bening.

Situ Cilembang ini merupakan sebuah danau dengan ukuran tidak besar juga tidak kecil namun memiliki air yang sangat bening, sebening kristal. Bisa dikatakan sama beningnya dengan yang ada di Mata Air Cikandung, dan Anda bisa datang ke keduanya jika punya sisa waktu selama di Sumedang.

Objek wisata di Sumedang ini tak hanya menawarkan visual saja, melainkan juga rasa-rasa berwisata yang menguntungkan. Ya, dengan cuma-cuma wisatawan bisa berlibur lebih sehat karena udara yang di sana masih sangat segar dan bersih. Cocok digunakan sebagai destinasi wisata untuk wisatawan yang datang dari perkotaan.

Waduk Jatigede

Waduk Jatigede

Setelah danau, Anda juga diberi pilihan tempat wisata di Jawa Timur yang wujudnya danau buatan. Waduk Jatigede apa yang ditawarkan Waduk Jatigede pada para pengunjung adalah pemandangan perwadukan yang luas. Sepanjang mata memandang, hanya akan waduk saja yang dijumpai karena saking besarnya.

Sebagaimana wisata waduk pada umumnya, bisa dijadikan alternatif jika yang dicari adalah wisata perairan tanpa harus menikmatinya langsung. Ukurannya memang besar, namun jika Anda ingin menikmati Waduk Jatigede sebagai wisatawan datang saja ke Desa Cijeungjing, Kecamatan Jatigede, Sumedang.

Informasi terakhir yang didapat saat daftar tempat wisata Sumedang ini dibuat, wisatawan tidak dibebankan biaya untuk masuk. Jadi Anda bisa menikmati pemandangan dengan menaiki kendaraan Anda atau duduk di atasnya.

Puncak Damar Baros Jatigede

Puncak Damar Baros Jatigede

Setelah Waduk Jatigede, ada juga Puncak Damar Baros Jatigede. Meskipun sama-sama memiliki unsur kata ‘Jatigede’, namun lokasinya tak berdekatan dengan spot di mana anda bisa menikmati pemandangan Waduk Jatigede. Baik dari wisata Sumedang di atas maupun dari Puncak Damar Baros Jatigede, yang bisa dinikmati adalah pemandangan Waduk Jatigede. Namun jika Anda ingin lebih maksimal mendapatkan pemandangan ini, maka pilih saja Puncak Damar Baros Jatigede.

Wisata di Sumedang yang fungsinya untuk menikmati pemandangan Waduk Jatigede ini lokasinya berada di Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Fasilitasnya sudah lengkap, Anda juga tidak akan kesulitan menemukan penginapan di sekitar sana. Karena mungkin saja Anda ingin mencoba staycation di Sumedang, salah satu pilihan destinasinya adalah di sekitar Waduk Jatigede.

Curug Cigorobog

Curug Cigorobog

Bisa dikatakan sebagai air terjun paling cantik di Sumedang, tempat wisata Sumedang ini menawarkan wisata berupa air terjun yang dihias dengan pemandangan tak biasa. Sangat bisa dijadikan spot foto andalan dalam rangka berwisata di Sumedang, karena pemandangannya memang terkesan seperti bukan alami.

Bebatuan hitam di sana membuat air yang terjun lebih tertata, apalagi airnya sangat jernih sehingga membuat siapa saja ingin bermain di areal kolam di bawahnya. Ya, jangan ragu untuk bermain di bawahnya karena memang memungkinkan. Memungkinkan soal kebersihannya dan ketinggiannya.

Jika Anda mulai dibuat penasaran dengan Curug Cigorobog ini, maka datang saja ke Desa Citengah, Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Curug Cipongkor

Curug Cipongkor

Masih dua lagi pilihan objek wisata di Sumedang yang wujudnya air terjun, salah satunya adalah Curug Cipongkor. Air terjun ini cukup tinggi, kurang lebih 10 meter. Letaknya berada di Desa Ciherang, di Sumedang Selatan, Sumedang, Jawa Barat. Akses menuju kesana cukup sulit dan mengharuskan Anda harus berjalan terlebih dahulu.

Tidak masalah, Anda memang harus berjalan agak jauh dari tempat Anda memarkirkan kendaraan, namun apa yang akan didapat tidak akan mengecewakan. Tentu yang didapat adalah pemandangan alam dengan visual yang bagus. Udaranya sejuk karena rimbunnya pepohonan yang ada di sana, disertai dengan derasnya air yang mengalir. Pasti tidak akan kecewa, malahan Sumedang wisata ini bisa dijadikan alternatif untuk rekreasi.

Curug Ciputrawangi

Curug Ciputrawangi

Berbeda dengan dua air terjun sebagai tempat wisata di Sumedang sebelumnya, air terjun di wisata ini ukurannya lebih kecil. Bisa dikatakan akan lebih aman jika digunakan untuk bermain di sekitarnya, terlebih jika memang Anda darang dengan anak-anak. Ajak mereka bermain di perairan alam dengan cara memilih air terjun sebagai destinasi wisata.

Curug Ciputrawangi yang tingginya sekitar dua kali tinggi orang dewasa ini berada di Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang. Karena masih berada di dalam Kecamatan Conggeang, Ada juga bisa sekali mampir ke wisata-wisata lain di daftar ini yang juga berada dalam satu kecamatan.

Untuk menikmati segarnya air dan udara di sana, Anda tidak dibebani tiket masuk. Satu-satunya biaya yang harus dikeluarkan oleh wisatawan adalah untuk parkir

Agrowisata Kampung Nangorak

Agrowisata Kampung Nangorak

Cukup banyak orang datang ke Sumedang untuk mencari wisata yang wujudnya perkampungan. Perkampungan dengan nuansa yang permai dan asri, ditambah lagi udara yang masih bersih sehingga bisa memperbaiki sistem pernapasan. Salah satu pilihan untuk wisatawan yang mencarinya adalah Agrowisata Kampung Nangorak. Sangat boleh dicoba, karena dengan datang ke Sumedang seharusnya sudah merasakan bagaimana sejuknya udara di sana.

Dengan memilih Agrowisata Kampung Nangorak sebagai tujuan berwisata, artinya Anda harus siap berhadapan dengan perjalanan yang tak biasa. Tak biasanya perjalanan yang dimaksud adalah anda akan melewati jalan yang kecil, menanjak, tidak semulus aspal, dan rintangan lainnya.

Namun tenang saja, semua akan terbayar lunas jika sudah sampai di tempatnya. Pepohonan rimbun dan hijaunya tanaman-tanaman di sana akan menghias dan menggoda. Sangat bisa diandalkan untuk beristirahat, namun juga bisa dipilih sebagai wisata pertama yang dikunjungi di Sumedang. Agrowisata Kampung Nangorak bisa dicari melalui Google Maps, namun tepatnya berada di Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

Kampung Wisata Toga

Kampung Wisata Toga

Masih dengan perkampungan wisata, alternatif objek wisata di Sumedang setelah Kampung Nangorak adalah Kampung Wisata Toga. Apa yang ditawarkan Kampung Wisata Toga memang perkampungan asri di mana Anda juga bisa staycation di sana. Namun lebihnya, di kampung wisata ini Anda bisa juga bermain air.

Ada wisata air buatan yang akan membuat anak-anak puas setelah bermain di sana. Karenanya, jika benar Anda berlibur di Sumedang bersama anak-anak, jangan sampai tidak menjadikan Kampung Wisata Toga sebagai pilihan wisata Sumedang.

Lokasinya ada di Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Sumedang. Adanya gubuk-gubuk yang telah disediakan memudahkan wisatawan beristirahat karena telah melalui perjalanan yang cukup jauh.

Wisata Alam Pangjugjugan

Wisata Alam Pangjugjugan

Persawahan dan udara yang pasti segar akan didapat wisatawan jika datang ke Wisata Alam Pangjugjugan. Ada kelebihan yang dimiliki perkampungan wisata ini namun tak dimiliki dua kampung wisata sebelumnya.

Wisata Alam Pangjugjugan telah dilengkapi dengan fasilitas yang lebih lengkap. Karena hal ini, siapa saja yang datang bisa bermain flying fox, terapi ikan, becak mini, berenang, memancing, dan masih banyak lagi.

Ada juga beberapa peternakan yang akan membuat anak-anak senang dan betah. Lokasi Wisata Alam Pangjugjugan ini berada di Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang.

Wisata Paralayang Gunung Lingga

Wisata Paralayang Gunung Lingga

Ada wisata paralayang sebagai kesempatan untuk mencoba bagaimana rasanya melakukan olahraga ini. Anda yang sebelumnya sudah pernah mencoba paralayang, bisa menambah pengaman dengan juga mencoba di Gunung Lingga. Namun untuk Anda yang belum pernah sebelumnya, bisa manfaatkan momen di Sumedang ini sebagai pengalaman baru. Alamatnya berada di Desa Cimarga, Kecamatan Cisitu, Sumedang.

Arung Jeram Pancalikan

Arung Jeram Pancalikan

Selain paralayang, di Sumedang Anda juga bisa mencoba arung jeram. Arung jeram akan dilakukan di daerah Pangcalikan jika memang Anda berminat. Lokasi tepatnya adalah di Desa Citepok, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Pasti mengasyikan dan wajib dicoba Anda yang belum pernah arung jeram sebelumnya.

Pemandian Air Panas Cileungsing

Pemandian Air Panas Cileungsing

Selanjutnya ada pilihan Sumedang wisata Pemandian Air Panas Cileungsing. Jika Anda dan siapa saja yang bersama Anda belum terbiasa dengan hawa dingin di Sumedang, maka wisata di Sumedang ini akan sangat pas untuk dikunjungi. Ada dua pilihan wisata yang wujudnya pemandian air panas pada daftar ini, salah satunya adalah Pemandian Air Panas Cileungsing.

Badan bisa kembali rileks dan tenang, mungkin Anda bisa beristirahat lebih nyaman di malam hari setelahnya. Fasilitas di sana juga tentu sudah lengkap, jadi tak perlu ada yang dikhawatirkan. Adapun alamatnya berada di Desa Cilangkap, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Wisata Air Panas Cipulus

Wisata Air Panas Cipulus

Pada penjelasan tempat wisata di Sumedang sebelumnya telah disebutkan bahwa ada dua pilihan wisata dengan wujud pemandian air panas. Kini Anda akan menemukan satunya lagi. Satunya lagi adalah Wisata Air Panas Cipulus.

Wisata Air Panas Cipulus ini letaknya berada di Dusun Conggeang, Desa Conggeang Wetan, Kecamatan Conggeang, Sumedang, Jawa Barat. Jika Anda masih ingat, ada wisata-wisata yang telah disebutkan sebelumnya yang lokasinya juga berada di Kecamatan Conggeang.

Karenanya, bisa sekalian mampir atau mungkin untuk mempermudah urusan membuat itinerary sebelum berlibur ke Sumedang. Hadir sebagai wisata air panas biasa yang bisa diandalkan untuk membuat badan lebih rileks. Suasananya menyejukkan dan asri, bisa diandalkan untuk alternatif rekreasi me time.

Wisata Air Gajah Depa

Wisata Air Gajah Depa

Untungnya ada pilihan tempat wisata di Sumedang berwujud waterpark yang letaknya di pusat kota. Datang lah ke Wisata Air Gajah Depa untuk dapatkan momen seru bersama teman-teman atau keluarga yang pastinya juga tak terlupakan. Salah satu wahana yang difavoritkan adalah Family Slide, wahana yang bisa dinikmati bersama 10 orang banyaknya.

Wisata Air Gajah Depa menawarkan waterpark lengkap dengan wahana yang super seru. Bisa dikunjungi bersama keluarga maupun teman, dan bisa jadi alternatif ketika Anda sampai di Sumedang namun tidak ingin mengunjungi wisata alam. Lokasi wisata Sumedang ini berada di Jalan Raya Serang Nomor 90, Desa Galudra, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang.

Masih ada satu lagi wisata yang dihadirkan sebagai wisata air buatan, simak terus sampai Anda tahu wisata Sumedang apa itu dan di mana lokasinya.

Kolam Renang Ranca Goyang

Kolam Renang Ranca Goyang

Terletak di bagian utara Kabupaten Sumedang, Kolam Renang Ranca Goyang bisa dijadikan alternatif. Alternatif untuk siapa? Alternatif untuk wisatawan yang datang bersama anak-anak dan tidak ingin mengadakan perjalanan jauh untuk berwisata. Tidak menutup kemungkinan untuk dikunjungi segelintir orang dewasa karena ada kolam khusus orang dewasa di sana.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Subang

Kolam Renang Ranca Goyang ini alamatnya di Desa Rancamulya, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Sumedang. Bisa menyegarkan badan karena diberi kesempatan untuk olahraga air, juga bisa untuk bersenang-senang karena ada wahananya.

Tahura Gunung Kunci

Tahura Gunung Kunci

Hadir sebagai kawasan hutan yang dijadikan tempat wisata, Anda juga bisa mampir kesini. Tentunya sebagai alternatif tujuan wisata, apa yang didapat tak kalah menarik dengan nama-nama wisata di atas. Selain wisata alam, di sana juga ada bangunan bekas kolonial Belanda yang menjadi daya tarik.

Tempat wisata di Sumedang memang cukup banyak pilihan, meskipun tidak ada pilihan wisata dengan wujud pantai. Namun siapa yang sengaja datang ke Sumedang untuk mencari wisata itu? Hampir semua wisatawan yang datang ke Sumedang mencari liburan ala pegunungan atau perkampungan wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *