18 Tempat Wisata di Sumenep Ini Layak Dikunjungi Traveler

Posted on

Jangan kaget bila yang banyak Anda temukan dalam daftar tempat wisata di Sumenep adalah pantai. Pantai dan pulau memang jadi wisata khas di daerah Sumenep, Jawa Timur. Banyaknya pilihan wisata pantai Sumenep justru berikan surga untuk para pecinta pantai sehingga tak perlu jauh-jauh ke luar negeri.

Tempat Wisata di Sumenep Madura Jawa Timur

Tentu saja bukan hanya pantai wisata Madura Sumenep yang ditawarkan sebagai pilihannya. Kebanyakan memang berupa pantai, seperti misalnya Pantai Ambunten, Pantai Lombang, Pantai Badur, Pantai Sembilan, Gili Genting, Gili Gabak, pantai di Pulau Mamburit, dan pantai-pantai lainnya. Namun, ada juga wisata lain seperti Bukit Kapur Kombang, Bukit Tinggi Daramista, hingga Masjid Agung Sumenep. Lebih lengkap tentang tempat wisata di Sumenep, ada dalam daftar berikut.

Pantai Ambunten

Pantai Ambunten

Pantai di Sumenep pertama yang akan dibahas adalah Pantai Ambunten. Sama seperti namanya, Pantai Ambunten ini terletak di Desa Ambunten, Kecamatan Sumenep, Kabupaten Sumenep. Bibir pantai ini cukup sempit, karena Anda harus berbagi dengan besarnya karang-karang yang ada di sana. Jadi, jika Anda ke Pantai Ambunten untuk tamasya, Anda hanya bisa memilih area yang jauh dari perairannya.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Surabaya

Ombak di pantai ini cukup tinggi, justru bisa digunakan untuk olahraga air tertentu. Tahukah apalagi daya tarik dari wisata di Sumenep ini? Pantai Ambunten belum banyak diketahui, sehingga besar kemungkinannya saat Anda berada di sana masih sepi pengunjung. Tentu Anda bisa memaksimalkan liburan di sana bukan?

Pantai Lombang

Pantai Lombang

Pantai Lombang berada di Kecamatan Batang, Kabupaten Sumenep. Pantai di Sumenep ini memiliki wilayah pasir yang cukup luas sehingga lebih banyak aktivitas tepi pantai yang bisa dilakukan di pantai ini daripada pantai sebelumnya.

Berbeda dengan pantai sebelumnya yang masih jarang diketahui, Pantai Lombang adalah pantai yang sudah difavoritkan sehingga wajar jika selalu ramai. Di sana Anda tak hanya melihat pasir berwarna coklat cerah dengan ombak yang berebut saja, pantai ini juga dihias dengan pohon-pohon cemara yang cukup rimbun.

Pantai Ropet

Pantai Ropet

Pantai Sumenep lainnya yang juga bisa dikunjungi adalah Pantai Ropet. Jangan kaget bila wisata berupa pantai di Sumenep ini tak memberikan Anda pemandangan hamparan pasir pantai, sebab memang bibir pantai ini telah diisi dengan tumbuh-tumbuhan dan sedikit bangunan. Ada juga perahu sederhana milik nelayan lokal.

Justru membuatnya cukup unik jika dibandingkan dengan pantai-pantai yang juga ada di daftar ini. Pantai Ropet berada di Desa Banraas, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep. Nikmati pemandangan pantai yang dihias dengan pedesaan di sana bersama keluarga tersayang Anda.

Pantai Badur

Pantai Badur

Hanya butuh perjalanan sekitar setengah jam saja dari pusat Kota Sumenep untuk sampai di tempat wisata di Jawa Timur ini. Di Pantai Badur, Anda yang bersama keluarga atau sahabat bisa rekreasi. Akan menyenangkan melakukan olahraga pantai di sana karena memang areanya mendukung.

Pasirnya berwarna putih, juga berada dekat dengan sebuah pedesaan atau pemukiman. Pantai Badur berada di Desa Batu Putih. Bisa jadi wisata Sumenep alternatif jika semua pantai di atas sudah dikunjungi.

Pantai Sembilan

Pantai Sembilan

Selanjutnya ada Pantai Sembilan yang berada Jalan Raya Bringsang, Desa Bringsang, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep. Lebih banyak aktivitas pantai bisa dilakukan di Pantai Sembilan, itulah yang menjadi salah satu daya tarik dari wisata Madura Sumenep ini. Pantai Sembilan juga biasa dipilih untuk menikmati matahari terbit, kapan lagi bisa menikmati pemandangan sang surya yang sering muncul di Jawa Timur?

Di tepi pantai memang ada beberapa pondok yang sediakan fasilitas untuk pengunjung. Dengan demikian, pengunjung bisa menikmati makan di tepi pantai, bermain ATV, mendapatkan spot foto, mendapatkan area camping, dan aktivitas seru lainnya yang diinginkan.

Nantinya Anda akan mengenal lebih banyak tempat wisata di Sumenep Madura yang berada di Giligenteng. Dengan demikian, selama Anda berada di Gili Genteng bisa mampir ke banyak wisata sekaligus yang ada di sana.

Pilihan terakhir wisata pantai di Sumenep adalah Pantai Slopeng. Dibanding lima pantai sebelumnya, pantai ini tentu punya keunikan sehingga masuk dalam daftar ini. bibir pantai ini luas, dihias dengan tebing dan pohon cemara. Wara pasirnya coklat cerah, mengilustrasikan pantai-pantai yang eksotis.

Pantai Slopeng berada di Jalan Raya Ambunten, Desa Sema’an, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep. Untuk bisa menikmati panorama pantai yang super eksotis ini, Anda hanya perlu membayar karcis parkir saja yang nominalnya tidak sampai 10 ribu rupiah. Apa yang didapat pasti tak mengecewakan, malahan mungkin Anda akan senang berfoto-foto di sana.

Gili Genting

Gili Genting

Perlu diketahui dulu bahwa ‘gili’ adalah sebuah kata yang mendefinisikan sebuah pulau berukuran kecil. Karena tempat wisata di Sumenep Madura ini berupa gili, maka artinya merupakan sebuah pulau. Bermain-main di Gili Genteng akan memberikan hiburan tak terlupakan, apalagi jika Anda sudah tahu aktivitas apa yang akan dilakukan di sebuah pulau dengan pantai di sekelilingnya.

Gili Genting ini tentu berada di Kecamatan Gili Genting. Airnya sangat jernih, pasir pantainya berwarna coklat cerah, dan banyak karang-karang di sana yang membuat pantai ini semakin bagus saja kesannya.

Gili Labak

Gili Labak

Gili Labak letaknya cukup jauh dari pulau utama, karenanya biaya untuk menaiki perahu supaya sampai di pulau mini ini cukup besar. Tercatat nominal terakhir yang dibutuhkan untuk satu perahu penyeberangan adalah 600 sampai 800 an ribu rupiah. Namun, di dalam satu perahu ini bisa diisi hingga 15 orang.

Apa yang akan didapat di tempat wisata di sumenep ini tentunya menyenangkan. Siapa saja akan merasa bahagia pernah mampir ke pulau kecil di Sumenep ini. seperti the hidden gem nya Sumenep, pantai di sana memiliki ombak yang tenang, malahan terkadang, terkesan tak ada ombaknya sama sekali.

Ombak yang ada di pantai cukup tenang, pantainya dihias dengan hamparan pasir berwarna putih. Cukup lembut sehingga Anda bisa melepas alas kaki untuk memaksimalkan pengalaman berlibur di Gili Labak ini.

Gili Iyang

Gili Iyang

Pilihan terakhir wisata Sumenep berupa pulau kecil adalah Gili Iyang. Fakta menarik yang dimiliki wisata Sumenep Madura ini adalah menjadi salah satu pulau kecil yang memiliki udara tersehat di seluruh dunia. Wah, ternyata dengan menyimak daftar tempat wisata di Jawa Timur ini Anda menemukan fakta bahwa Anda tak perlu ke luar negeri untuk bisa kunjungi tempat yang seperti ini.

Hal ini memang benar adanya, dan besar kemungkinannya Anda menambahkan Gili Iyang dalam itinerary berlibur di Sumenep nanti. Gili Iyang berada di Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep. Segera mampir kesana jika Anda sudah mengunjungi salah satu wisata di atas yang juga berlokasi di Kecamatan Dungkek.

Pulau Mamburit

Pulau Mamburit

Setelah dua pilihan tempat wisata di Sumenep Anda juga diberi pilihan wisata berupa pulau. Bisakah Anda membedakan keduanya? Karena gili adalah definisi untuk pulau yang mini, maka jika ada wisata berupa pulau, itu artinya ukurannya lebih besar daripada gili.

Pulau Mamburit adalah pilihan wisata pulau yang pertama. Letaknya berada di Desa Mamburit, Kecamatan Arjasa, Sumenep. Aktivitas yang paling difavoritkan di sana adalah menyelam atau snorkeling. Anda yang tertarik mencobanya bisa menikmati pemandangan habitat laut. Untuk diketahui, Pulau Mamburit hanya lah salah satu dari 120 dan pulau kecil di sekitarnya. Namun, 120 an pulau di sekitanya ini masih belum ada yang menghuni.

Pulau Sapeken

Pulau Sapeken

Selanjutnya ada Pulau Sapeken sebagai opsi tempat wisata Sumenep di Madura. Pulau Sapeken ini menjadi wisata yang sangat direkomendasikan untuk wisatawan dari luar Jawa Timur, terutama untuk wisatawan yang berasal dari kota besar yang biasanya super sibuk.

Berwisata akan semakin maksimal saja jika yang dikunjungi adalah Pulau Sapeken. Lokasinya berada di Kecamatan Sapeken, Kepulauan Kangean, Kabupaten Sapeken. Perlu diketahui juga bahwa Pulau Sapeken adalah pulau yang paling luar di Kelapa Madura. Biaya untuk bertransportasi menuju pulau ini bisa 100 an ribu lebih per orang saja. Namun, jelas yang didapat tak mengecewakan. Saking jernihnya air laut di sana, Anda bisa melihat dengan jelas apa yang ada di bawah air.

Kepulauan Masalembu

Kepulauan Masalembu

Satu lagi wisata di tepi-tepi pulau atau berada di tengah lautan di Sumenep sana, yaitu Kepulauan Masalembu. Kepulauan Masalembu berada di Kecamatan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Madura.

Di sana Anda tak hanya bisa berkung ke satu pulau saja, melainkan ada tiga pulau daam jajaran kepulauan ini. Tiga pulau yang dimaksud adalah Pulau Keramaian, Pulau Musakambing, dan Pulau Masalembu. Mau lihat langsung terubu karang? Ada di sana, tetapi ingat, kita sendiri lah yang harus menjaga supaya mereka tetap ada dalam waktu yang lama.

Air Terjun Durbugan

Air Terjun Durbugan

Ternyata tempat wisata di Sumenep tak hanya pula-pulau atau pantai saja, Anda juga bisa temukan wisata berupa air terjun. Namanya Air Terjun Durbugan, air terjun ini berada di Desa Aeng Merah, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep.

Pemandangannya asri, jika dirangkum hanya akan ada warna hijau dan putih saja yang akan dilihat. Sedikit diantaranya warna colat karena tentu ada sebuah tebing di air terjun. Air Terjun Durbugan juga jadi salah satu wisata di Sumenep yang direkomendasikan.

Padang Lamun

Padang Lamun

Padang Lamun bukan merupakan padang pasir, padang rumput, pegunungan, maupun air terjun. Adapun Padang Lamun merupakan wisata Sumenep yang wujudnya adalah spot. Sebuah spot untuk menyaksikan perpaduan wisata alam dan wisata buatan manusia. Padang Lamun ini berada di Pulau Sapudi.

Apa yang bisa dilihat dari spot yang bernama Padang Lamun inI. sebaiknya Anda buktikan sendiri keindahannya dan apa tepatnya dengan datang ke pulau tersebut.

Bukit Kapur Kombang

Bukit Kapur Kombang

Bosan dengan wisata perairan? Mungkin Bukit Kapur Kombang adalah pilihan tempat wisata di Jawa Timur yang tepat. Wujud dari tempat wisata ini adalah sebuah kawasan berumput dengan tebing-tebing. Tebingnya tidak tinggi, namun pendek-pendek dan sangat bagus untuk spot foto.

Pasalnya, apa yang ada di Bukit Kapur Kombang sebelumnya adalah sebuah pertambangan. Meskipun bekas pertambangan, saat sampai di sana nanti Anda tidak akan melihat suatu bangunan atau atribut pertambangan, sebab pertambangan ini sudah lama sekali ditinggalkan. Apa yang bisa dinikmati di sana adalah kawasan tebing-tebing pendek disertai dengan rumput-rumput tumbuh liar. Tetap saja bisa jadi alternatif destinasi wisata setelah wisata air-air.

Bukit Tinggi Daramista

Bukit Tinggi Daramista

Wujud dari wisata Sumenep Bukit Tinggi Daramista bukan sekedar perbukitan saja, lebih dari itu. Pengelola wisata bukit ini telah menambahkan gubuk-gubuk dan kolam buatan supaya wisatawan bisa lebih betah menghabiskan waktu di sana. Bisa untuk bertamasya, apalagi mereka yang membutuhkan wisata dengan udara menyegarkan, Bukit Tinggi Darmasinta sangat bisa diandalkan.

Untuk bisa masuk ke kawasan ini Anda hanya perlu siapkan 2 ribuan rupiah saja. Setelahnya Anda bisa bebas menikmati apa saja yang ada di sana dan selama apapun boleh-boleh saja. Segera saja agendakan mampir ke wisata yang berada di Billa Tompok, Desa Daramista, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep ini.

Museum Keraton Sumenep

Museum Keraton Sumenep

Wisata air sudah membuat Anda puas, wisata alam yang bukan air juga sudah membuat Anda puas? Jika demikian, pilih Museum Keraton Sumenep sebagai destinasi wisata Maduar Sumenep. Catat lokasinya supaya Anda bisa segera touch down sesaat setelah sampai di Sumenep. Wisata Sumenep Madura ini berada di Jalan Dr. Sutomo Nomor 06, Lingkungan Delama, Kecamatan Pajagalan, Kabupaten Sumenep.

Nilai historis yang ada di tempat wisata ini sangat kuat. Anda akan melihat langsung benda-benda bukti adanya kerajaan Nusantara di Indonesia dahulu. Bagaimana sistem pemerintahannya juga bisa dipelajari jika Anda berkunjung ke museum yang satu ini. semuanya indah dan sangat klasik, direkomendasikan untuk dikunjungi sesaat sampai di Sumenep.

Masjid Agung Sumenep

Masjid Agung Sumenep

Selagi masih di tengah kota, juga datang saja ke Masjid Agung Sumenep supaya semakin maksimal saja agenda berlibur ke Sumenep. Pastinya Anda sebagai wisatawan ingin kunjungi destinasi sebanyak-banyaknya bukan? Karenanya, jadikan Masjid Agung Sumenep sebagai destinasi setelah Museum Keraton Sumenep.

Apa yang dinikmati di Masjid Agung Sumenep adalah pemandangan tempat beribadah Umat Islam yang megah, persis seperti namanya yang menggunakan kata ‘agung’.

Tak hanya soal megah saja, arsitekturnya unik dan mungkin Anda akan mengira bangunan ini bukanlah sebuah masjid. Karena wisata Madura Sumenep ini berpa tempat beribadah, diharapkan semua wisatawan yang berkunjung bisa menjaga etika dan kesopanan.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Batu

Masjid Agung Sumenep berada di Jalan Trunojoyo Nomor 354, Bangselok, Malang, Dalem Anyar, Sumenep. Mayoritas warna catnya adalah kuning dan putih, jangan lupa ambil banyak foto saat di sana karena jarang-jarang ada masjid yang dibangun dengan arsitektur tersebut.

Mengetahui apa saja pilihan tempat wisata di Sumenep Madura bisa berikan Anda inspirasi saat berlibur di sana. Agenda liburan di Sumenep lebih tertata jika sebelumnya sudah ada itinerary liburan. Pilih beberapa wisata di Sumenep di atas untuk dikunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *