Tempat Wisata Di Supiori

5 Tempat Wisata Di Supiori Yang Keren Untuk Dikunjungi

Posted on

Supiori merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Papua, Indonesia. Titik pusat pemerintahannya berada di Sorendiweri. Kabupaten ini terpisah dari Pulau Biak karena ada dibatasi oleh selat Sorendiweri. Ada jembatan sepanjang 100 meter yang dibuat khusus untuk penghubung kedua pulau tersebut.

Tempat Wisata di Supiori

Bagi traveler yang ingin menjelajahi tempat wisata di Papua, berkunjung ke Kawasan Supior sangatlah direkomendasikan. Sebab, saat berada di sini kamu bisa mendapatkan pengalaman berbeda.

Untuk bisa sampai di Supior, traveler bisa menempuh perjalanan darat melalui 3 jalur. Pertama jalur yang lewat Biak Utara, jaraknya 90 km, bisa ditempuh dalam waktu 2 sampai 3 jam. Jalur kedua dan tiga sama-sama lewat Biak Barat dan terdapat dua jalur pilihan yaitu lewat Samber dengan jarak 80 km, dan lewat Moibaken jarak 78 km.

Lantas, tempat wisata di Supiori apa saja yang paling direkomendasikan untuk dijelajahi? Berikut beberapa diantaranya yang bisa jadi referensimu.

Pulau Rani

Pulau Rani

Wisata Supior pertama yang direkomendasikan untuk wisatawan adalah Pulau Rani. Sebuah kepulauan kecil yang berada di sebelah selatan Kabupaten Supiori. Saat berkunjung ke sini, wisatawan akan disambut dengan pemandangan pesisir yang sangat khas.

Hamparan pasir putih serta laut yang luas terlihat indah bak lukisan 3D. Menjelang sore hari teriknya cahaya matahari akan segera tergantikan oleh senja yang menawan, momen yang harus kamu nantikan.

Baca Juga: Wisata Sarmi

Berbagai macam aktivitas pantai menyenangkan pun bisa dilakukan selagi menghabiskan waktu di Pulau Rani. Diantaranya berjemur, menyusuri bibir pantai, hingga menyelam dengan melakukan diving atau snorkeling untuk melihat lebih jelas keindahan alam bawah laut.

Hal unik yang menjadikan pulau ini terkenal adalah karena pasir timbulnya atau yang biasa disebut Urbinasi oleh masyarakat setempat. Pasir timbul tersebut ternyata menghubungkan Pulau Rani dengan pulau lain yang bersebelahan yaitu Pulau Insumbabi. Saat air sedang naik mungkin kamu tak akan bisa melihat bagaimana pasir tersebut menghubungkan kedua pulau di Supiori, namun bila air sedang surut akan terlihat lebih jelas.

Kalau kamu memiliki cukup banyak waktu, mungkin kamu bisa berkunjung ke Pulau Insumbabi yang berada di sebelah Rani? Sayang sekali kan kalau hanya berkunjung ke satu pulau saja. Agar lebih aman, sebaiknya ditemani oleh tour guide atau masyarakat yang memang sudah mengenal kawasan pulau tersebut. Menjelajahi pulau-pulau di Papua dijamin tak akan membuatmu bosan, malah akan betah untuk liburan dalam waktu lama.

Pulau Bepondi

Pulau Bepondi

Tak cukup hanya berkunjung ke satu pulau saja? Tak perlu khawatir sebab Papua memiliki banyak pulau yang bisa kamu jelajahi. Setelah berkunjung ke Pulau Rani, selanjutnya kamu bisa berkunjung juga ke Pulau Bepondi.

Sebuah pulau terluar negara Indonesia yang letaknya berada di Samudera Pasifik Atau berbatasan langsung dengan negara Palau.

Keindahan Bepondi pun akan membuatmu takjub. Hamparan pasir putih yang lembut menjadi pemandangan sejauh mata memandang, laut luas berwarna kebiruan pun sangat jernih.  Di samping cuaca yang terik, ada pepohonan hijau tumbuh di sekitaran pantai. Membuat suasana sedikit lebih teduh.

Saat berkunjung ke Bepondi sebaiknya jangan lewatkan untuk menikmati alam bawah lautnya. Ada banyak spesies ikan serta terumbu karang yang bisa dilihat saat diving atau snorkeling.

Sedikit tips untuk wisatawan yang ingin menyelam di perairan Pulau Bepondi, sebaiknya membawa peralatan sendiri ya. Terlepas dari adanya tempat penyewaan atau tidak, dalam kondisi pandemic seperti ini menggunakan peralatan pribadi terbilang lebih aman dibanding harus meminjam. So, biarpun sedang liburan tapi kamu harus tetap menjaga protocol kesehatan.

Situs Wisata Religi Gereja Petrus Kafiar

Situs Wisata Religi Gereja Petrus Kafiar

Di samping menikmati wisata alam di Supiori, kamu juga bisa melakukan wisata religi dengan berkunjung ke Situs Wisata Religi Gereja Petrus Kafiar. Bagi wisatawan yang beragama Kristen datang ke sini tentu akan menjadi perjalanan spiritual tersendiri.

Di samping berkunjung ke tempat beribadah umat Kristen, kamu juga bisa menyempatkan untuk berjalan-jalan di sekitar gereja dan menikmati kesegaran alamnya. Ini karena letak Gereja Petrus Kafiar berada di Kawasan alam yang masih terjaga. Pepohonan tumbuh dengan rindang, membuat udara terasa lebih segar. Suasana pun terasa teduh sebab matahari terhalangi pohon yang rimbun.

Sungguh menangkan, mereka yang beribadah pun bisa merasakan relaksasi yang berbeda dan mungkin akan menambah kekhusuan.

Pantai Pariem

Pantai Pariem

Pantai Pariem merupakan wisata Supiori yang lagi-lagi menyuguhkan eksotisme pesisir Papua. Selain bisa menikmati suasana pantai dan melakukan berbagai aktivitas pantai yang menyenangkan, di sini kamu bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat sekitar. Khususnya yang memang tinggal di Kawasan pesisir dan bermata pencaharian sebagai nelayan.

Di bibir pantai pun terdapat beberapa perahu nelayan yang memang sengaja diparkirkan. Kalau mau, wisatawan yang ingin memancing di perairan Pariyem bisa menyewa perahu tersebut. Tak jarang ada anak-anak kecil yang bermain di sekitar pantai, kamu bisa coba berinteraksi langsung dengan mereka.

Sedikit tips saat berkunjung ke tempat wisata yang dekat dengan pemukiman sebaiknya kamu harus menjaga tata krama dan kesopanan ya. Bila ada adat dan kebudayaan yang memang sedang dilakukan sebaiknya kamu menghormati mereka.

Sebagai bentuk antisipasi bila dibutuhkan, bawalah uang cash barangkali nanti kamu membutuhkannya untuk bertransaksi dengan warga sekitar.

Wisata Alam Mun Wai

Wisata Alam Mun Wai

Tempat wisata yang terakhir adalah wisata alam Mun Wai, sebuah kawasan hutan bakau yang dijadikan tempat wisata umum. Saat memasuki tempat wisata ini, kamu akan disambut dengan tulisan ‘I Love Supiori’ berukuran besar. Sebelum menjelajah lebih dalam mungkin kamu bisa berfoto di depan tulisan tersebut.

Selanjutnya untuk memasuki hutan bakaunya, kamu bisa berjalan di atas jembatan kayu yang sudah dibuat. Biarpun hanya sekedar bakau namun ini bisa jadi spot foto instagramable, apalagi kalau sudah melewati sebuah terowongan alami. Dimana pada sisi kiri, kanan dan atas dipenuhi oleh tanaman bakau.

Wisata Alam Mun Wai biasanya dijadikan sebagai pilihan tempat wisata akhir pekan oleh masyarakat Papua. Khususnya pada musim liburan, tempat ini akan terbilang lebih ramai dibanding biasanya.

Nah, untuk cuaca sendiri bisa dipastikan akan sangat terik. Maklum, biasanya kalau di pesisir memang seperti ini. Oleh sebab itu guna melindungi dari sengatan sinar matahari atau sinar UV, kamu bisa menggunakan topi dan kacamata. Lindungi kulit juga menggunakan sunscreen atau sunblock.

Baca Juga: Wisata Nduga

Traveler, itulah 5 tempat wisata di Supiori yang paling direkomendasikan dan bisa menjadi referensi saat ingin berkunjung ke kabupaten di Papua ini. Bagaimana, apakah salah satu wisata yang sudah dipaparkan di atas ada yang menarik perhatianmu dan ingin segera dikunjungi? Kalau ada, yuk langsung saja buat itinerary perjalananmu sekarang! Buat rencana dulu tak ada salahnya bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *