Tempat Wisata di Surabaya

18 Tempat Wisata di Surabaya Yang Terkenal Asik Untuk Liburan

Posted on

Kata siapa pilihan tempat wisata di Surabaya hanyalah pusat perbelanjaan saja? ada banyak pilihan wisata yang ada di Surabaya. Warga asli Surabaya patsi paham betul akan hal ini, sayangnya tidak untuk mereka yang datang dari luar Surabaya.

Tempat Wisata di Surabaya

Maka dari itu, semakin cepat Anda tahu apa saja pilihan wisata di Surabaya, maka akan lebih baik pula. Ada opsi wisata berupa Taman Bungkul, Taman Persahabatan, Surabaya North Quay, Balai Kota Surabaya, Museum 10 November, Klenteng Sanggar Agung, Air Mancur Menari, House Of Sampoerna, Hutan Bambu Keputih, dan lainnya. Simak apa saja yang bisa didatangi saat Anda liburan ke Surabaya.

Taman Bungkul

Taman Bungkul

Rekomendasi tempat wisata di Surabaya akan diawali dengan deretan nama-nama taman kota. Bisa dijadikan alternatif setelah jalan-jalan di berbagai pusat perbelanjaan di sana atau sedang memiliki kesibukkan di Surabaya. Sebab, dua taman yang akan disebutkan pada daftar ini terletak di pusat kota. Perjalanan menuju kesana tidak akan jauh dan tidak memakan waktu.

Salah satunya adalah Taan Bungkul. Lokasinya berada di Jalan Taman Bungkul, Desa Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur. Bisa dipilih untuk sekedar menyegarkan pikiran kembali dan sistem pernapasan setelah bersibuk ria di Surabaya. Taman ini tentu dipenuhi dengan pepohonan rimbun sehingga bisa berikan apa yang dibutuhkan pengunjungnya. Ada panggung hiburan, fasilitas WiFi, area khusus untuk jogging pun ada.

Taman Persahabatan

Taman Persahabatan

Saat sampai di rekreasi Surabaya ini mungkin akan ada beberapa pertanyaan yang butuh jawabannya di benak Anda. sebab yang akan Anda lihat nanti bukan sekedar taman biasa, melainkan ada seperti monumen di bagian tengah yang memiliki tulisan asing. Ternyata, Taman Persahabatan adalah taman di Surabaya yang sengaja dibangun sebagai bukti kerjasama antara Indonesia dengan Korea Selatan.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Tulungagung

Selain sebuah monumen, di Taman Persahabatn Anda juga akan melihat adanya air mancur yang justru membuat nuansa di taman ini semakin menyegarkan. Letaknya berada di Jalan Sulawesi Nomor 67, Wonokromo. Karena letaknya se kecamatan dengan taman sebelumnya, bisa dipilih salah satu atau keduanya supaya semakin maksimal agenda liburan Anda.

Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark

Mungkin Anda menjadikan dua destinasi wisata Surabaya di atas untuk dikunjungi di pagi hari. Jika demikian, setelah sore menjelang siang datang, Anda bisa mampir ke Ciputra Waterpark sebagai tempat rekreasi di Surabaya.

Terutama untuk Anda yang datang dengan anak-anak, mengajak mereka ke wisata waterpark pasti akan menyenangkan. Ciputra Waterpark bisa dikatakan sebagai waterpark terbesar di Surabaya. Wahana airnya lengkap, sangat atraktif dan tidak membosankan.

Ciputra Waterpark ini berada di Kawasan Waterpark Boulevard, Desa Made, Kecamatan Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur.

Surabaya North Quay

Surabaya North Quay

Sudah ada rekomendasi tempat wisata di Surabaya yang terkenal untuk dikunjungi di pagi dan sore hari, kini saatnya tahu juga kemana harus menuju ketika Anda ingin keluar di malam hari.

Salah satu pilihan wisata malam di Surabaya adalah Surabaya North Quay. Lampu-lampu bergemerlapan di malam hari, membuat suasana semakin menarik saja. jika anda tertarik untuk melihat sendiri, wisata Surabaya ini berada di Desa Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantian, Surabaya, Jawa Timur.

Surabaya Carnival Night Market

Surabaya Carnival Night Market

Ada lagi pilihan tempat wisata di Surabaya untuk malam hari, yaitu Surabaya Carnival Night Market. Wisata malam ini membebankan Anda harga tiket masuk yang lebih besar dibanding wisata-wisata sebelumnya. Nominalnya antara 60 sampai 80 ribu rupiah, namun akan sangat masuk akal dengan hiburan yang diberikan.

Tempat liburan di Surabaya untuk malam hari ini menyediakan wahana-wahana lengkap dengan pencahayaan yang gemerlap. Fasilitasnya pasti lengkap, apa saja yang dibutuhkan pengunjung sebagai wisatawan bisa terpenuhi semuanya. Lokasinya berada di Jalan Ahmad Yani Nomor 333, Dukuh Menanggal, Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya.

Balai Kota Surabaya

Balai Kota Surabaya

Tempat liburan di Surabaya baik untuk pagi, siang, sore, maupun malam hari adalah di Balai Kota Surabaya. Wujudnya memang sebagai sebuah balai kota atau pusat kota, karenanya Ada bisa jadikannya sebagai alternatif untuk memulai perjalanan keliling wisata-wisata di Surabaya atau sebagai penutupnya.

Bukan sekedar lapangan dan ada miniaturnya saja, wujud dari balai kota ini memiliki bangunan dengan arsitektur unik di tengahnya. Mungkin membuat Anda ingin mengabadikan momen karena bisa menjadi bukti bahwa Anda berada di Surabaya. Mulai dari foto biasa untuk abadikan momen hingga foto ala fotografer, semua bisa.

Balai Kota Surabaya yang jadi pilihan alternatif wisata ini berada di Jalan Walikota Mustajab Surabaya, Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya.

Kenpark Surabaya

Kenpark Surabaya

Kenpark Surabaya adalah pilihan tempat rekreasi di Surabaya. Aik bersama keluarga atau para sahabat, akan sama cocoknya jika yang dikunjungi adalah Kenpark Surabaya. Apa yang dihadirkan adalah sebuah tempat rekreasi dengan spot foto keren. Banyak spot foto yang diberikan beserta segala fasilitas yang dibutuhkan wisatawan.

Kenpark Surabaya ini letaknya di Kecamatan Bulak, tepatnya di Jalan Pantai Ria Kenjeran, Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Surabaya, Jawa Timur. Jika yang Anda tuju sudah benar sesuai dengan alamat, maka yang akan dilihat pertama kali adalah sebuah bangunan mirip kerajaan yang berwarna-warni.

Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam

Setelah jalan-jalan di tempat rekreasi dan mendapatkan hiburan dari sana, Anda bisa juga mampir ke wisata di Surabaya lainnya yang sifatnya edukatif. Akan ada beberapa nama wisata edukatif yang ada di Surabaya dan disebutkan pada daftar ini. Karena mungkin, berwisata untuk bersenang-senang aja akan membosankan.

Pilihan pertama untuk wisata edukatif adalah Monumen Kapal Selam. Di Monumen Kapal Selam Anda akan melihat berbagai benda bukti sejarah dan beberapa hiburan yang sifatnya edukatif. Akan ada pemutaran film pendek tentang pertempuran angkatan laut yang jadi hiburannya. Di bagian depan monumen ini Anda akan melihat miniatur kapal selam.

Lokasinya sendiri berada di Jalan Pemuda Nomor 39, Desa Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur. Karena letaknya berada di Kecamatan Genteng, Anda juga bisa kunjungi beberapa destinasi wisata Surabaya yang sama-sama di kecamatan ini.

Museum 10 November

Museum 10 November

Masih dilanjutkan dengan wisata di Surabaya yang sifatnya edukatif. Edukatifnya Museum 10 November tentu bukan main-main, banyak informasi sejarah bisa dipelajari di museum ini.

Akan ada sebuah miniatur yang menggambarkan sedikit tentang peristiwa ini di bagian awalnya. Lokasinya ada di Jalan Pahlawan, Alun-Alun Contong, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya. Dari jam 7 pagi saja museum ini sudah buka, bisa dijadikan pilihan destinasi wisata di Surabaya yang dikunjungi pertama kali dalam satu hari berlibur.

House of Sampoerna

House of Sampoerna

Wujud bangunan milik House Of Sampoerna sedikit terkesan seperti sebuah benteng. Begitu unik bagunannya sehingga wisatawan bisa dengan mudah menemukan spot untuk berfoto.

House Of Sampoerna akan menceritakan bagaimana perkembangan industri rokok merek Sampoerna dari zaman dahulu sampai sekarang dengan eksistensi bagus. ada transportasi gratis yang disediakan dengan syarat yang juga telah dibuat. Alamat wisata Surabaya ini berada di Taman Sampoerna Nomor 6, Desa Krembangan Utara, Kecamatan Pabean Cantian, Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Masjid Muhammad Cheng Ho

Masjid Muhammad Cheng Ho

Tempat beribadah dengan arsitektur unik lah yang ditawarkan wisata di Surabaya ini. namanya Masjid Muhammad Cheng Ho, dari namanya saja sudah ada perpaduan antara unsur Islam dengan Tiongkok, begitu juga dengan bagunannya.

Masjid Muhammad Cheng Ho merupakan bangunan tempat beribadah, namun arsitekturnya menggunakan gaya campuran Tiongkok dengan sedikit Arab. Bagi yang tidak tahu, mungkin akan menduga bangunan ini adalah klenteng atau tempat beribadah orang Tiongkok jika melihat bagian depannya saja.

Saking uniknya, jangan sampai Anda yang sedang berada di Surabaya tidak sempat mampir kesana. Catat di mana alamatnya, alamatnya ada di Jalan Gading Nomor 2, Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.

Klenteng Sanggar Agung

Klenteng Sanggar Agung

Klenteng Sanggar Agung adalah salah satu wisata di Surabaya ini sifatnya ikonik dan populer. Berada dekat dengan pantai, klenteng ini memiliki bagian seperti gapura yang dihias dengan patung berbentuk naga dengan ukuran yang super besar.

Bukan hanya itu saja, ternyata klenteng ini dibangun secara menjorok ke arah pantai. Jadi, Anda bisa melihat pantai lebih jauh jika mendatangi wisata Surabaya ini. lokasi dari wisata ini cukup strategis, apalagi memang memiliki sejarah tersendiri mengapa klenteng ini dibangun.

Memiliki halaman luas sehingga tidak masalah jika banyak pengunjungnya, pastikan Anda benar-benar menjadikan Klenteng Sanggar Agung sebagai destinasi wisata. Lokasinya berada di Jalan Pantai Ria Kenjeran Nomor 1, Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Surabaya.

Air Mancur Menari

Air Mancur Menari

Satu lagi wisata di Surabaya yang ditawarkan sebagai wisata malam, yaitu Air Mancur Menari. Memang bisa-bisa saja dikunjungi pada pagi, siang atau sore hari. Hanya saja, pemandangan dari tempat liburan di Surabaya ini akan semakin sempurna jika dikunjungi wisatawan pada malam hari.

Air mancur yang telah didesain unik akan terlihat indah bersamaan dengan cahaya gemerlap yang juga telah disetting. Ada spot khusus yang diberikan untuk pengunjung yang ingin selfie-selfie. Mengabadikan momen di sana juga akan oke bila kamera Anda mendukung untuk malam hari.

Anda harus melihat sendiri bagaimana sempurnanya momen di Kota Surabaya ketika malam hari di Air Mancur Menari. Objek wisata ini letaknya di Kenjeran, Kecamatan Bulak, Surabaya, Jawa Timur. Untuk diketahui, wisata ini berada sangat dekat dengan Jembatan Surabaya. Jika Anda mampir ke Madura dari Surabaya, pastikan Anda mampir sebentar ke wisata ini.

Kebun Bibit

Kebun Bibit

Wisata berwujud taman atau kawasan dengan banyak pepohonan yang kemudian dihias dengan sebuah rawa-rawa bisa Anda temukan di Surabaya. Nama tempat wisata di Jawa Timur ini adalah Kebun Bibit. Di sana ada perairan yang tentu akan menyegarkan pikiran setelah hanya mendatangi wisata-wisata yang berupa daratan saja.

Kebun Bibit memberikan area khusus untuk outbond, ada wisata edukatifnya juga jika Anda ke Surabaya bersama anak-anak. Alamat dari wisata Surabaya ini adalah di Jalan Raya Kendalsari Nomor 70, Desa Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Surabaya, Jawa Timur.

Ekowisata Mangrove

Ekowisata Mangrove

Datang lah ke Ekowisata Mangrove jika Anda merasa penat sejak berada di kota asal Anda. surabaya memang jadi Kota Metropolitan yang juga memiliki kesibukan padat, namun di antaranya sudah ada sebuah destinasi wisata di Surabaya yang memberikan penyegaran ulang pada pikiran. Udara yang dihirup juga akan menyejukan.

Wisata tersebut adalah Ekowisata Mangrove, banyak pepohonan mangrove yang akan Anda lihat di sepanjang wisata ini. akan ada jembatan sederhana yang kokoh untuk pengunjung supaya bisa eksplorasi kawasan wisata ini. untuk bisa bereksplorasi di rekreasi di Surabaya ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 5 ribu rupiah saja.

Alamatnya berada di Jalan Raya Wonorejo Nomor 1, Desa Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Jawa Timur. Juga bisa dijadikan alternatif saat Anda merasa gerah ketika siang hari di Surabaya.

Hutan Bambu Keputih

Hutan Bambu Keputih

Pilihan tempat wisata di Surabaya lain yang jadi rekomendasi untuk Anda yang ingin mengusir kegerahan adalah Hutan Bambu Keputih. Wujudnya juga merupakan kawasan hutan, namun tertata karena sengaja dijadikan objek wisata.

Di Hutan Bambu Keputih Anda akan menemukan kawasan dengan pepohonan bambu yang rindang, juga ada taman sakura yang telah menghiasnya supaya semakin atraktif saja untuk wisatawan. Hutan Bambu Keputih ini dulunya merupakan area untuk pembuangan sampah, namun sudah tidak berlaku lagi. Lokasinya ada di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur.

Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya

Apakah punya agenda liburan di Surabaya akan kurang kalau belum melihat binatang? Kalau begitu, datang saja ke Kebun Binatang Surabaya. Terutama untuk Anda yang berlibur ke Surabaya bersama anak-anak, pasti akan sangat senang diajak ke Kebun Binatang Surabaya karena selain menghibur, juga bisa dijadikan sarana edukasi. Kebun binatang ini berada di Jalan Setail Nomor 1, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur.

Harga tiket masuk hanya sekitar 15 sampai 20 ribu rupiah saja per orang. perlu diketahui juga bahwa Kebun Binatang Surabaya adalah salah satu kebun binatang tertua di Indonesia.

Food Junction Grand Pakuwon

Food Junction Grand Pakuwon

Wisata kuliner adalah wisata yang disukai banyak orang, bahkan hampir semua wisatawan yang datang ke kota lain pasti berkeinginan untuk mencicipi kuliner khas kota tersebut. Di Food Junction Grand Pakuwon, Anda tidak hanya bisa memesan makanan khas Surabaya saja, melainkan makanan umum yang juga bisa didapatkan di kota asal Anda juga.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Situbondo

Food Junction Grand Pakuwon bisa dikunjungi sore atau malam hari. Bisa juga menjadi pilihan kedua setelah salah satu wisata malam yang telah disebutkan sebelumnya. Pilihan makanannya beragam, bisa Anda kunjungi wisata Surabaya ini di Jalan Grand Banjar Boulevard, Banjar Sugihan, Kecamatan Tandes, Surabaya, Jawa Timur.

Ada wisata Surabaya berwujud taman, klenteng, museum, taman rekreasi, kebun binatang, dan jenis lainnya. Berlama-lama di Surabaya semakin nyaman saja jika Anda sudah tahu apa saja pilihan tempat wisata di Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *