Tempat Wisata di Tabanan

12 Tempat Wisata di Tabanan Bali Paling Direkomendasikan

Posted on

Menjadi salah satu tujuan destinasi wisata kelas dunia, membuat bali sangat populer. Tiap sudut dari pulau yang memiliki banyak julukan ini menyimpan pesonanya tersendiri sehingga layak untuk dijelajahi. Termasuk tempat wisata di Bali yang berada di Tabanan. Memiliki magnet utama wisata dataran tinggi yang berpadu dengan pantai-pantai eksotis.

Tempat Wisata di Tabanan

Menjelajahi tempat wisata di Tabanan sangatlah direkomendasikan bila kamu sedang di Bali. Daerah ini berada 35 km dari Denpasar sebelah Barat. Kali ini, republik wisata akan merekomendasikan beberapa tempat wisata terpopuler yang ada di Tabanan. Simak ulasan berikut ini.

Jatiluwih

Jatiluwih

Apakah kamu sedang merasa penat dengan aktivitas sehari-hari? Bagaimana bila kamu berlibur ke Jatiluwih Tabanan Bali. Sekedar merelaksasikan pikiran sejenak untuk mengurangi rasa penat. Objek wisata ini menawarkan wisata alam dengan pemandangan hamparan sawah terasering yang dikelola oleh masyarakat asli Tabanan yang berprofesi sebagai petani. Suasana pedesaan yang menyegarkan akan sangat terasa.

Baca Juga: Wisata Klungkung

Apalagi bila kamu berkunjung di pagi hari, ini adalah waktu terbaik sebab saat itu momen matahari terbit akan terjadi. Menyambut pagi dengan suasana yang hangat diantara hamparan persawahan. Menariknya, Jatiluwih ini bukan hanya dikenal oleh wisatawan lokal saja namun sudah mendunia. Kamu tau dong mantan presiden Amerika Serikat yang bernama Barack Obama, ia pernah berkunjung ke sini.

Bahkan untuk sistem perairan sawah di pedesaan ini sudah dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO, wah keren kan? Sistem perairan di sini dinilai bisa memberikan manfaat yang cukup besar untuk kehidupan masyarakat serta menjaga keseimbangan alam. Bagaimana, tertarik untuk menikmati waktu liburan di sini? Bila dari Denpasar jaraknya sekitar 60 km, kemungkinan dengan berkendara kamu bisa menempuh perjalanan dalam waktu 1.5 jam.

Pantai Soka

Pantai Soka

Bila membicarakan tempat wisata di Bali, maka pantai-pantainya akan menjadi sorotan. Ini karena memang bali sangat populer dengan keindahan alam pesisirnya. Nah, di Tabanan pun kamu bisa menemukan pantai yang menggambarkan keindahan bali yaitu Pantai Soka. Lokasinya berada di Jalan Raya Denpasar Gilimanuk, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan.

Pemandangan cantik nan mempesona, hamparan pasir hitam yang eksotis, bersih dan lembut mampu memberikan pengalaman liburan berbeda untuk wisatawan yang berkunjung. Nampak pula bebatuan karang berukuran besar pada sisi kanan dan kiri pantai, sangat indah apalagi menjelang sore hari saat matahari hendak terbenam.

Kondisi ombak di sini terbilang rendah sehingga tak terlalu cocok bila dijadikan sebagai spot surfing. Namun kamu masih bisa berenang dengan aman. Tak jauh dari pantai, ada sebuah bukit kecil yang juga memiliki banyak spot cantik. Bila memiliki banyak waktu, kamu bisa naik ke atas bukit tersebut untuk melihat pemandangan pantai Soka secara keseluruhan. Jangan lupa membawa kamera agar bisa berfoto sepuasnya ya.

Pantai Nyanyi

Pantai Nyanyi

Ada banyak pantai-pantai tersembunyi di Bali, sehingga popularitasnya belum terlalu tinggi. Salah satunya berada di Tabanan yaitu Pantai Nyanyi. Bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai menenangkan, berkunjung ke Pantai Nyanyi bisa menjadi alternatif liburan paling pas. Tak terlalu banyak lalu lalang orang lewat, begitupun dengan perdagangan. Benar-benar jauh dari hiruk pikuk Pulau Dewata.

Pemandangan di Pantai Nyanyi tak kalah dengan Pantai Soka. Hamparan pasir putih hitam memberikan kesan lebih eksotis, ada pula bukit karang yang mengelilingi pantai, nampak indah dan mempesona. Wisatawan yang berkunjung ke sini biasanya ada maksud tersendiri yakni melakukan sesi foto prewedding, ini karena memang keindahan Pantai Nyanyi sangat mendukung untuk melakukan berbagai sesi foto profesional.

Ada banyak sekali spot foto yang bisa memanjakan lensa kamera. Mulai dari laut lepas, tebing tinggi, ilalang, pasir hitam hingga pepohonan. Ombak di Pantai ini pun terbilang tinggi, sangat cocok untuk wisatawan yang memiliki hobi surfing. Namun bagi yang tak bisa berenang sangat dianjurkan untuk tak melakukannya karena akan sangat berbahaya.

Hal istimewa lain yang bisa kamu dapatkan saat berkunjung ke Pantai Nyanyi adalah kamu bisa melihat pemandangan dua pura yang populer dari sini yaitu Pura Tanah Lot dan Pura Mengening.

Alas Kedaton

Alas Kedaton

Alas Kedaton atau biasa disebut sebagai Monkey Forest alias hutan yang dipenuhi oleh banyak monyet. Sebuah tempat wisata alam yang hampir mirip seperti Sangeh. Namun di Alas Kedaton bukan Cuma terdapat habitat kera melainkan ada binatang lainnya seperti kelelawar dan ular.

Wisata Tabanan satu ini sangatlah luas sebab berada di atas lahan 6.5 hektar dan menampung cukup banyak monyet. Kurang lebih ada 1.800 ekor kera liar. Tak heran ya bila dijuluki sebagai ‘Kerajaan Kera’. Berbagai jenis flora pun bisa kamu temukan saat berada di Alas Kedaton. Ada pula sebuah Pura yang berada di dalam Kawasan hutan monyet ini. Desain pura tersebut sangatlah unik sebab mempunyai 4 pintu masuk dan keluar.

Selain bisa berinteraksi dengan banyak kera, kamu bisa menikmati keindahan dan kesegaran suasana alam yang masih terjaga. Di samping itu, karena lokasi wisatanya berada tak jauh dari desa adat maka wisatawan harus sangat berhati-hati dalam menjaga sikap. Jangan berkata kasar apalagi membuang sampah sembarangan. Sebetulnya sih hal tersebut harus kamu lakukan dimana saja.

Tertarik untuk berkunjung ke sini? Kalau iya, siapkan uang cash untuk membayar tiket masuknya ya. Harga 20 ribu rupiah untuk dewasa, 15 ribu rupiah untuk anak-anak. Sementara bila membawa kendaraan akan dikenakan biaya tambahan, 2 ribu rupiah untuk motor dan 5 ribu rupiah untuk mobil. Namun perlu diingat kalau harga tersebut belum include dengan biaya pemandu. Bila membutuhkan jasa pemandu, kamu akan dikenakan biaya tambahan lainnya.

Kebun Raya Bali

Kebun Raya Bali

Ada banyak sekali objek wisata di Tabanan Bali yang bernuansa alam. Mungkin kamu akan bingung karena semuanya terlalu menarik untuk dikunjungi. Seperti Kebun Raya Bali yang berada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan Bali. Sebuah wisata yang biasa disebut sebagai kebun botani ini merupakan yang terbesar di Indonesia dan dikelola langsung oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

Wisata Tabanan lain yang tak kalah populer adalah Kebun Raya Bali yang berada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan Bali. Tujuan wisata di Tabanan ini disebut sebagai kebun botani terbesar di Indonesia yang dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Beberapa tanaman yang menjadi koleksi Kebun Raya Bali ini antara lain tumbuhan paku, anggrek, bunga begonia, kaktus dan lain-lain. Di samping menikmati keindahan tanaman yanga da, wisatawan pun bisa melakukan penanaman pohon sendiri. Aktivitas yang menyenangkan apalagi bila dilakukan anak-anak.

Pemandangan yang ada di Kawasan wisata ini pun sangatlah bervariasi. Kamu bisa melihat danau, pura, rumah tradisional dan tentunya kebun mawar yang bunganya sangat cantik. Berkunjung ke sini tak akan membuatmu bosan sebab ada banyak sekali spot foto menarik yang instagramable banget.

Nah, bila sudah merasa lelah setelah berkeliling, wisatawan bisa mengisi perut dengan restoran yang ada di Danau Beratan. Berbagai makanan khas daerah sampai western siap disajikan. Kamu hanya tinggal memesan dan menikmati makanan tersebut sembari ditemani pemandangan yang indah.

Danau Beratan dan Pura Ulun Danu Bratan

Danau Beratan dan Pura Ulun Danu Bratan

Pulau Seribu Pura, itulah salah satu julukan yang dimiliki oleh kepulauan Bali. Tak heran bila dimanapun daerah yang kamu datangi, selama masih berada di Kawasan Bali, pasti kamu akan menjumpai sebuah Pura. Kalau di Tabanan sendiri kamu bisa berkunjung ke Pura Ulun Danu Bratan yang berada di Danau Beratan.

Letak pura ini dikelilingi oleh barisan pegunungan sehingga terasa menyejukkan. Keindahannya pun sangat memanjakan mata. Kamu bisa menjelajahi keindahan pura dengan menaiki perahu yang sudah disediakan.

Sun Flowers Belayu

Sun Flowers Belayu

Obyek wisata di Tabanan selanjutnya adalah Sun Flowers Belayu. Salah satu tempat yang menjadi tujuan wisata utama saat orang-orang berkunjung ke Tabanan. Tempat ini sangat populer di media social karena memiliki banyak sekali spot foto menarik dan instagramable. Tak heran bila banyak anak muda yang tertarik untuk berkunjung.

Bunga bermekaran dengan warnanya yang khas yakni kuni dan berdaun hijau, terasa menyegarkan mata sekali. Kamu bisa berfoto di tengah-tengah barisan bunga. Tertarik untuk berkunjung ke Sun Flowers Belayu? Bila sedang di Tabanan, tentu saja harus datang ke sini. Lokasi tepatnya berada di Desa Batannyuh, Belayu, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan Bali. Sangat mudah ditemukan kok sebab lokasinya berada di pinggi jalan.

Air Terjun Blahmantung Pujungan

Air Terjun Blahmantung Pujungan

Wisata di Tabanan selanjutnya bertemakan alam dan air namun kali ini bukan panta melainkan air terjun yang bernama Blahmantung Pujungan. Lokasi tepatnya berada di Banjar Margasari Desa Pujungan. Ketinggian air terjunnya mencapai 25 meter dengan ciri khas tebing tinggi serta pepohonan yang mengelilingi Kawasan tersebut. Sehingga atmosfer alamnya benar-benar terasa menyejukkan sekali.

Air terjun ini juga dikelilingi oleh kebun kakao serta kopi miliki warga setempat. Sehingga bisa menambah kesan unik dan kayanya pemandangan Kawasan air terjun Blahmantung Pujungan. Bila kamu merasa tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di sini, kamu membutuhkan waktu kurang lebih selama 2 jam perjalan untuk benar-benar sampai di titik lokasi wisata. Khususnya bila berangkat dari Denpasar sebab harus menempuh jarak 70 km.

Sesampainya di Desa Pujungan pun kamu harus berjalan kaki dulu kurang lebih 400 meter, melewati perkebunan milik warga sekitar. Kondisi jalannya sendiri tak terlalu sulit sebab memang sering dijadikan akses jalan warga.

Air Panas Penatahan

Air Panas Penatahan

Saat berkunjung ke Kawasan dataran tinggi lalu menemukan wisata air panas tentu itu bisa memberikan kehangatan sebab udaranya cukup dingin. Berendam di air panas pun akan sangat menenangkan. Nah traveller, bila berkunjung ke Tabanan kamu bisa menikmati fasilitas kolam air panas tersebut di Penatahan.

Sembari berendam, kamu bisa menikmati pemandangan hamparan sawah serta rimbunnya hutan. Badan menjadi rileks, mata pun terasa dimanjakan sekali karena pemandangan yang ada, benar tidak? Untuk fasilitas kolamnya sendiri ada dua macam yang regular dan privat. Biaya masuknya pun berbeda kalau regular atau umum 10 ribu sementara yang privat 25 ribu.

Karena letak lokasi air panas Penatahan ini berada di tepi sungai Yeh Ho sehingga sebagian wisatawan kerap menyebutnya sebagai pemandian Yeh Panes.

Air Panas Angseri

Air Panas Angseri

Selain air panas penatahan, masih ada lagi loh traveller wisata Tabanan yang menyajikan kolam air panas yaitu Air Panas Angseri. Lokasinya berada di bawah kaki Gunung Batukara, sangat strategis sebab selain bisa menyajikan kolam air panas, pemandangan yang terhampar pun sangatlah indah.

Sembari berendam di dalam kolam yang suhunya mencapai 48 derajat ini, wisatawan bisa menikmati keindahan pemandangan sekitar mulai dari area persawahan, hingga hutan. Efek relaksasi bersama alam benar-benar sangat terasa sekali.

Sama seperti wisata air panas sebelumnya, kamu juga akan dikenakan biaya. Tak terlalu mahal hanya 7 ribu rupiah saja per orang. Sementara bila ingin memesan kolam yang lebih privat bisa membayar 10 ribu rupiah per orang dengan waktu 30 menit.

Kebun Strawberry Bedugul

Kebun Strawberry Bedugul

Tempat wisata Tabanan Bali memang kebanyakan bertemakan alam perkebunan. Seperti Kebun Strawberry Bedugul sebuah tempat wisata yang akan memberikan fasilitas memetik buah sendiri untuk para pengunjung. Bahkan kalau mau kamu bisa membawa pulang buah tersebut loh traveller. Wisata satu ini sangatlah cocok untuk keluarga apalagi anak-anak. Sebab mereka bisa berlibur sambil belajar mengenal tanaman.

Di samping tanaman strawberry yang menjadi daya tarik utama. Pemandangan sekelilingnya pun sangatlah indah. Latar pegunungan menjadi spot menarik untuk berfoto. Di sini juga terdapat sebuah restoran yang menawarkan masakan khas Bali. Jadi bila sudah lelah berkeliling, kamu bisa menikmati sajian masakan tersebut hingga kenyang.

Taman Kupu-Kupu Bali (Butterfly Park Bali)

Taman Kupu-Kupu Bali

Dan rekomendasi wisata di Tabanan yang terakhir adalah Taman Kupu Kupu atau Butterfly Park. Lokasinya berada di Batukaru, Br Sandan Lebah, Penebel Tabanan Bali. Untuk tiket masuknya sendiri hanya 35 ribu rupiah saja per orang. Keberadaan taman ini mampu menjadi rumah untuk berbagai jenis kupu-kupu. Termasuk salah satunya adalah jenis Barong yang merupakan asli Bali.

Selain kupu-kupu masih ada juga berbagai serangga seperti belalang, kumbang, ngengat dan yang lainnya. Tempat ini sangat menarik sekali, apalagi bila dikunjungi saat berwisata bersama keluarga. Khususnya anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Mereka dapat bermain sekaligus belajar mengenal bagaimana binatang-binatang kecil tersebut hidup, tumbuh dan berkembang biak. Pengunjung dapat berinteraksi secara langsung dan memperhatikan binatang tersebut. Jangan lupa juga untuk berfoto ya agar bisa mengabadikan kenangan selama menghabiskan waktu liburan di Taman Kupu Kupu Bali.

Baca Juga: Wisata Jembrana

Traveler, berkunjung ke Tabanan Bali bisa menjadi solusi tepat saat kamu membutuhkan tempat liburan yang bisa memanjakanmu. Sebab ada banyak sekali tempat wisata dengan beragam keunikan. Mulai dari wisata pantai, air terjun, pura, perkebunan hingga air panas. Di samping itu, kamu pun tak usah khawatir soal akomodasi penginapan atau kendaraan sebab Bali sendiri merupakan kota wisata yang bisa memberikan fasilitas wisata lengkap untuk seluruh wisatawan yang berkunjung.

Itulah penjelasan singkat mengenai 12 tempat wisata di Tabanan yang bisa kamu kunjungi. Tertarik untuk liburan ke sini? Yuk langsung saja buat itinerary liburanmu dan pilih tempat yang menarik untuk dikunjungi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *