18 Tempat Wisata Takengon Aceh Tengah Terfavorit

Posted on

Aceh itu begitu kaya akan objek wisata berbasis alam, salah satunya tentu saja tempat wisata di Takengon yang ada di Aceh Tengah. Di wilayah ini kamu bisa dapati belasan hingga puluhan destinasi menarik.

Tak perlu buru-buru atau pindah ke lokasi lain. Optimalkan waktu yang ada bersama mereka untuk quality time. Dan bila kamu bingung mau ke mana maka simak ulasan berikut ini:

Tempat Wisata Takengon Aceh Tengah

Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar

Nama yang unik dan membuat siapa saja ingin datang ke Danau Laut Tawar yang ada di Kota Takengon. Warga sekitar pun biasa menyebutnya dengan nama Danau Lut Tawar dimana keduanya merujuk satu destinasi yang sama.

Baca Juga: Wisata Kutacane Aceh Tengara

Bukan hanya sebatas objek wisata di Takengon tapi danau ini juga menjadi sumber air paling penting di Aceh Tengah. Dimana saluran irigasi untuk ribuan hektare sawah berasal dari Danau Laut Tawar ini.

Selain ada keindahan danau saat ada di tempat ini terdapat panorama perbukitan yang tak kalah cantik. Tempat yang pas untuk beraktifitas bersama seluruh anggota keluarga.

Gunung Berapi Burni Telong

Gunung Berapi Burni Telong

Tak jauh dari Danau Laut Tawar terdapat satu gunung berapi yang begitu mempesona. Wajar kemudian banyak pendaki untuk mencoba berada di puncak gunung yang eksotis ini.

Jalur trekking telah tersedia cukup baik. Mereka yang pemula pun bisa ikut mencoba merasakan sensasi di puncak gunung.

Namun demikian jangan coba-coba melakukan pendakian sendirian. Sangat dianjurkan untuk melakukan pendakian berkelompok untuk keselamatan bersama.

Bur Telege

Bur Telege

Untuk melihat keindahan Danau Laut Tawar dari ketinggian selain dari Burni Telong masih ada beberapa titik lainnya. Salah satunya adalah Bur Telege yang ada di Kampung Bale Bujang, Kecamatan Laut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah.

Berada diatas ketinggian 1.250 meter wisatawan diberi kebebasan memandang sejauh mungkin. Diatas ketinggian ini juga terdapat kafe yang suguhkan Kopi Gayo.

Nikmat bukan, berada di titik keindahan sembari menyesap kopi yang mendunia. Terlebih dinikmati saat udara begitu dingin pastinya bisa bikin tubuh lebih hangat.

Pantai Menye

Pantai Menye

Bukan hanya ada danau saja tapi Takengon juga miliki pantai yang tak kalah cantik. Tapi jangan terkecoh saat berada di Pantai Menye.

Hal ini karena pantai ini bukanlah pantai sebenarnya dengan lautan luas melainkan tepian danau yang menyerupai pantai. Letaknya berada di sisi timur Danau Laut Tawar jadi tempat ini bisa satu waktu untuk dikunjungi.

Sama seperti pantai pada umumnya dimana pantai ini juga miliki ombak. Meski demikan ombaknya tidak lah begitu besar sehingga tak ada salahnya untuk bermain air.

Bur Lancuk Lereng

Bur Lancuk Lereng

Tiap kota pastinya miliki satu tempat terbaik untuk melihat lanskap kota. Pun demikian saat ada di Takengon yang recomended banget.

Bur Lancuk Lereng ini juga biasa di sebut dengan Bur Lancuk Laweung dan berada di ketinggian 1.600 meter diatas permukaan laut ini. Siapapun yang sudah tiba di tempat ini pasti akan betah untuk bertahan lebih lama.

Selain keindahan di depan mata pastinya suasana sejuk kian terasa. Saat di tempat ini jangan lupa abadikan momen di depan tulisan “Love Gayo” sebagai penanda bahwa kamu pernah ada di sini.

Destinasi menarik ini berada di Kampung Asir Asir, Kecamatan Laut Tawar, Aceh Tengah. Dari Bur Lancuk Laweung ini juga sering digunakan oleh mereka para atlet paralayang untuk berlatih.

Pantan Terong

Pantan Terong

Masih berbicara tentang keindahan dari ketinggian maka saat ada di kota Takengon sudah pasti ada Pantan Terong. Bukit dengan ketinggian 1.350 meter diatas permukaan laut ini bisa menjadi alternatif.

Tak jauh dari pusat kota menjadi alasan tempat ini tak pernah sepi. Hanya dalam beberapa menit saja wisatawan bisa tiba di lokasi

Waktu paling tepat untuk berkunjung pada pagi dan sore. Dalam kondisi cerah tanpa kabut dan awan wisatawan bisa melihat keindahan kota Takengon dengan jelas.

Air Terjun Mengaya

Air Terjun Mengaya

Bukan hanya tentang danau, ketika berkunjung ke kota Takengon pun akan ditemukan beberapa jenis destinasi menarik lainnya. Salah satu yang cukup menarik dan mempesona tentu saja ada Air Terjun Mengaya yang memiliki ketinggian 180 meter.

Objek wisata alam ini ada di Desa Mengaya, Kecamatan Bintan dan butuh perjuangan panjang untuk tiba di lokasi. Maklum saja akses jalan belum begitu sempurna.

Namun begitu tiba di lokasi rasa lelah itu seketika akan sirna. Yang ada adalah rasa damai dan menenangkan.

Arung Jeram Lukub Badak

Arung Jeram Lukub Badak

Hanya untuk mereka yang suka tantangan. Bila kurang suka dan tidak memiliki keberanian cukup jadi penonton saja.
Arung Jeram Lukub Badak ini berada di Desa Sanehen, Kecamatan Silih Nara. Dari pusat kota lokasinya tidak begitu jauh karena bisa ditempuh dalam beberapa menit perjalanan saja.
Saat menyusuri sungai dengan arus deras ini bukan hanya menantang adrenalin. Lebih dari itu ada panorama di sepanjang perjalanan.

Masjid Raya Takengon

Masjid Raya Ruhama Takengong

Di Aceh begitu mudah kita temukan masjid yang menarik perhatian. Salah satu yang ada di Takengon dan harus dikunjungi sudah pasti ada Masjid Agung Ruhama.

Berdiri kokoh di pusat kota atau persisnya di Jalan Merah Mersa Takengon Barat, Kecamatan Laut Tawar, Aceh Tengah. Masjid dengan luas tanah 1.431 meter persegi ini dibangun pada tahun 1969.

Nampak jelas arsitektur Aceh dan sentuhan modern di berbagai sisi. Dari kejauhan akan nampak jelas kubah berwarna emas dan begitu masuk ditemukan ukiran khas Gayo.

Goa Loyang Koro

Goa Loyang Koro

Mereka yang suka caving atau susur goa maka jangan lewatkan untuk masuk ke Goa Loyang Koro. Lokasinya pun tidak begitu jauh dari Danau Laut Tawar menjadi paket komplit saat berkunjung ke Takengon.

Goa Loyang Koro dalam bahasa setempat dapat diartikan sebagai Gua Kerbau. Dinamakan demikian karena pada zaman dulu goa ini menjadi jalan pintas para penjual kerbau.

Goa yang menghubungkan Toweren Uken ke gua Loyang Kamiang di Desa Isaq ini pastinya sangat menarik untuk didatangi

Goa Loyang Pukes

Goa Loyang Pukes

Satu goa yang sangat bersejarah di kota Takengon tenti saja ada Goa Loyang Pukes. Goa penuh sejarah ini Desa Mandale, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah.

Saat berkunjung ke dalam goa akan ditemukan sebuah batu yang mirip manusia. Konon itu adalah Putri Pukes yang mendapat kutukan.

Menjadi menarik kemudian di dalam goa ini pernah ditemukan kerangka manusia. Diduga berjenis kelamin perempuan dan memiliki usia 3000 tahun dan karenanya beberapa peneliti datang ke tempat ini untuk melakukan penelitian.

Gayo Waterpark

Gayo Waterpark

Objek wisata keluarga terbaik di Takengon salah satunya adalah Gayo Waterpark atau Gayo Waterboom. Kolam renang dengan wahana permainan ini letaknya tak jauh dari Danau Laut Tawar.

Banyak wahana yang bisa dipilih dan disesuaikan. Anak-anak kecil pun bisa mendapatkan tempat di tempat ini karena tersedia kolam berbagai ukuran.

Bur Bulet Waterfall

Bur Bulet Waterfall

Salah satu air terjun yang mencuri fokus wisatawan tentu saja ada Bur Bulet Waterfall. Air terjun ini lumayan jauh dari pusat kota karena masih harus menempuh perjalanan lebih kurang 22 kilometer.

Air Terjun Bur Bulet berada di Desa Wih Terjun, Kecamatan Pegasing ini berada di hutan. Sepanjang perjalanan akan ditemukan hijaunya pepohonan.

Umah Pitu Ruang

Umah Pitu Ruang

Penasaran seperti apa keindahan rumah adat Gayo maka datanglah ke tempat ini. Di Desa Toweran ini akan ditemukan rumah adat yang bernama Umah Pitu Ruang.

Rumah adat ini telah ada sejak zaman pra kemerdekaan sehingga kaya akan sejarah. Rumah peninggalan Raja Baluntara ini memiliki panjang 22 meter dan lebar 9 meter. Di dalamnya terdapat 4 kamar dan 2 ruang kosong.

Paling menarik tentu saja mengetahui bahwa rumah ini dibuat tanpa menggunakan paku. Di dalam rumah adat ini pula kita bisa belajar lebih banyak akan seni dan budaya Gayo.

Kota Takengon

Kota Takengon

Mungkin kamu tak akan menduga bila ternyata seluruh wilayah di kota Tangengon adalah keindahan. Di mana Takengon sendiri dapat diartikan sebagai belokan karena benar adanya untuk sampai di kota ini akan ditemukan banyak belokan.

Perlu diketahui juga bahwa Kota Takengon ini berada di atas ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut. Dari kota ini kita bisa melihat banyak bukit yang berliku.

Saat tiba di dalam kotanya bukan saja alam yang begitu indah tapi ragam kuliner, seni dan budaya yang begitu menarik. Terlebih bagi kamu yang suka wisata berbau alam maka disinilah tempatnya.

Desa Bintang

Desa Bintang

Saat berkunjung ke Danau Laut Tawar maka berkunjunglah ke sisi timur. Di tempat ini ada satu perkampungan yang menarik dan sangat sayang untuk dilewatkan.

Desa Bintang demikian masyarakat menyebutnya dimana di kampung ini terdapat tradisi pacuan kuda yang akrab dikenal sebagai Pacu Kuda Gayo. Selain itu juga terdapat lomba perahu yang begitu menarik perhatian wisatawan.

Bila beruntung dalam satu hari bisa ditemukan 300 peserta adu cepat kuda. Tak lupa nikmati sajian kuliner yang begitu menggoda disekitar lokasi pacuan.

Atu Tingkok

Atu Tingkok Takengon

Masih disekitar Danau Laut Tawar bisa ditemukan berbagai lokasi menarik yang sangat sayang bila terlewatkan begitu saja. Salah satunya adalah Atu Tingkok, satu tempat yang digadang-gadang sebagai lokasi terbaik melihat keelokan Danau Laut Tawar.

Lokasi Atu Tingkok pun tidak begitu jauh dari pusat kota Takengon dan bisa dicapai dalam beberapa menit saja. Satu tempat diketinggian yang sangat direkomnedasikan untuk melihat keindahan kota.

Galeri Kopi

Galeri Kopi Takengon

Seperti kita tahu Aceh adalah surganya kopi Gayo dan di kota ini terdapat tempat minum kopi yang ikonik. Biji kopi asli akan diolah menjadi berbagai sajian untuk menggugah selera.

Tempat yang mereka sediakan pun begitu apik karena nuansa alam begitu nampak di seluruh sisi. Penasaran seperti apa pohon kopi dan budi daya pun akan terjawab saat ada di tempat ini.

Baca Juga: Wisata Nagan Raya

Untuk menambah kesan romantis dan syahdu pun diputar musik pilihan. Pokoknya bikin betah duduk lebih lama deh. Dan perlu kamu tahu Galeri Kopi ini ada di daerah Pengasih, Aceh Tengah.

Banyak bukan tempat wisata di Kota Takengon yang bisa dipilih. Pokoknya semua itu bakal jawab rasa penasaran kamu akan keindahan Tanah Rencong yang dikenal kaya akan kekayaan alam itu.

Mau mulai dari manapun tak ada masalah. Paling penting adalah tuntaskan semua list wisata di Takengin diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *