Tempat Wisata Di Tambrauw

6 Tempat Wisata Di Tambrauw Paling Indah Wajib Dikunjungi!

Posted on

Menjelajahi tempat wisata Papua Barat memang tak akan cukup bila hanya dalam waktu 1 hari saja. Sebab ada banyak destinasi yang memiliki daya tarik dan mungkin kamu akan merasa rugi bila tidak mengunjunginya.

Tempat Wisata di Tambrauw

Nah, di Papua Barat sendiri terdapat satu kabupaten bernama Tambrauw, daerah yang wajib dikunjungi oleh para pelancong yang menyukai petualangan. Mulai dari wisata pesisir, gunung, hingga perkampungan adat bisa kamu temui di sini. So traveler, sudah siap melancong dan menjelajahi tempat wisata di Tambrauw? Langsung saja yuk simak ulasan mengenai beberapa tempat wisatanya yang bisa menjadi referensi!

Pantai Sausapor

Pantai Sausapor

Indahnya kemajemukan nusantara bisa kamu temui saat berada di Pantai Sausapor. Salah satu wisata pesisir yang berada di Tambrauw, Papua Barat. Hamparan pasir putih serta pemandangan pantai yang khas akan memanjakan wisatawan yang berkunjung ke sini.

Baca Juga: Wisata Sorong Selatan

Di samping itu, ada hal menarik lain yang akan kamu lihat yakni anak-anak yang asik bermain dan warga setempat yang beraktivitas di sekitar pantai. Kamu bisa berinteraksi langsung dengan mereka, sekedar menyapa atau memotret untuk dokumentasi.

Lokasi Sausapor sendiri sebenarnya cukup jauh dari perkotaan sehingga para pelancong harus memakan cukup banyak waktu selama perjalanan.  Walaupun begitu, pengalaman saat berada di Sausapor Papua dipastikan akan menjadi pengalaman paling tak terlupakan.

Pantai Werur

Pantai Werur

Wisata di Tambrauw selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Pantai Werur. Pantai indah yang menyimpan banyak cerita sejarah. Lokasinya berada di Desa Werur, Distrik Sausapor, sehingga tak terlalu jauh bila dari Pantai Sausapor.

Sama seperti kebanyakan pantai yang ada di Papua Barat. Hamparan pasir putih yang lembut bisa kita lihat sejauh mata memandang. Laut lepas yang luas pun airnya begitu jernih. Wisatawan bisa melakukan berbagai macam aktivitas pantai menyenangkan. Seperti berenang, bermain pasir, menyusuri bibir pantai, hingga snorkeling dan diving.

Namun bagi yang ingin snorkeling atau diving sebaiknya membawa perlengkapan sendiri ya karena belum tentu di sini ada tempat penyewaan. Di samping itu, saat musim pandemic seperti ini memang sangat disarankan untuk menggunakan milik pribadi.

Menjelang sore hari, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan lembayung yang indah. Langit berwarna jingga, menandakan matahari akan segera terbenam. Pantai akan semakin sunyi dan suasana pun terasa lebih romantic. Kamu bisa menikmati momen  tersebut sembari ditemani suara ombak yang tak terlalu berisik.

Pantai Batu Kapal

Pantai Batu Kapal

Bila sebelumnya kamu akan diajak untuk berkunjung ke pantai pasir putih, sekarang kamu akan diajak untuk mengunjungi pantai pasir hitam yakni Batu Kapal. Wisata pesisir yang unik di Papua Barat ini sudah cukup populer. Bahkan hampir tiap hari tak pernah sepi dari pengunjung. Khususnya saat akhir pekan, Batu Kapal akan lebih ramai dari biasanya.

Hal yang menjadikan Batu Kapal unik tentu saja karena batu karangnya yang besar. Tersusun secara acak di pinggir pantai namun terlihat cantik. Beberapa wisatawan banyak yang memberanikan diri untuk naik ke salah satu batu karang tersebut dan berfoto.  Pepohonan hijau yang tumbuh membuat suasana lebih teduh, disamping cuaca pantai yang cukup terik.

Jangan heran bila kebanyakan pengunjung yang datang adalah warga Papua sendiri. Sebab Pantai Batu Kapal memang dijadikan pilihan wisata untuk menghilangkan penat oleh mereka.

Bagi yang ingin berenang sebaiknya berhati-hati ya apalagi saat ombak sedang besar. Bila dirasa cukup membahayakan sebaiknya sih tak usah melakukannya.

Gunung Petik Bintang Maybrat

Gunung Petik Bintang Maybrat

Traveler, setelah diajak untuk berkunjung ke wisata pesisir, bagaimana kalau sekarang kamu menikmati pemandangan di atas ketinggian? Bagi yang sudah petualangan dan pendakian pasti akan menyukai tempat wisata satu ini yakni Gunung Petik Bintang Maybrat.

Untuk bisa sampai puncak gunung, kamu diharuskan untuk melakukan trekking terlebih dahulu. Lelah? Pasti akan terasa. Namun tenang saja, segera terbayarkan saat benar-benar sudah sampai di atas puncak. Pemandangan alam yang asri bisa kamu nikmati, bahkan kamu akan melihat ada awan-awan tipis mengeliling puncak. Seperti sedang berada di atas awan.

Udara di puncak pun terasa lebih sejuk. Biasanya beberapa pendaki akan memutuskan untuk menginap selama semalam, agar bisa melihat momen matahari terbenam. Kalau mau, kamu juga bisa melakukannya.

Nah, bila mau menginap jangan lupa untuk membawa perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan ya. Seperti tenda, sleeping bag, jacket, makanan dan minuman secukupnya, matras, dan lain-lain. Dan sebaiknya jangan mendaki sendiri, agar lebih asik ajak teman-temanmu juga.

Pantai Warmandi

Pantai Warmandi

Karakteristik wisatawan memang berbeda-beda. Ada yang lebih senang ke gunung, ada juga yang menyukai pantai. Oleh sebab itulah sangat cocok sekali bila kamu menghabiskan waktu liburan di Tambrauw, sebab ada banyak pilihan tema wisata alam yang bisa dikunjungi.

Khusus bagi yang membutuhkan vitamin sea dan belum puas dengan beberapa pantai yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu bisa lanjut berkunjung ke Pantai Warmandi. Wisata pesisir yang lagi-lagi akan menyuguhkan pemandangan alam pantai khas.

Perairannya pun terlihat berwarna hijau tosca dan jernih. Bila didokumentasikan menggunakan drone pasti akan terekam dengan sangat cantik!

Di Pantai Warmandi, kamu juga bisa menjumpai aktivitas masyarakat setempat. Beberapa kapal nelayan sengaja diletakkan di pinggir pantai agar lebih mudah saat hendak berlayar mencari ikan. Adapun anak-anak setempat asik bermain, di waktu tertentu saat ada relawan mereka kerap belajar bersama.

Taman Wisata Alam Sorong

Taman Wisata Alam Sorong

Dan tempat wisata terakhir sebenarnya berlokasi di Sorong namun tak terlalu jauh dari Tambrauw. Jadi, kalau punya banyak waktu, kamu bisa menyempatkan untuk datang ke sini selepas puas menjelajahi wisata yang ada di Kawasan Tambrauw.

Tak kalah menarik dengan tempat-tempat sebelumnya, Taman Wisata Alam Sorong juga sangat indah. Bahkan menyejukkan karena ada banyak pohon tumbuh dengan rimbun dan rindang.

Tempat wisata satu ini memang sering dijadikan alternatif lokasi untuk menikmati suasana alam yang masih terjaga. Khususnya oleh masyarakat Papua yang tinggal diperkotaan. Bila kamu ingin datang ke sini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi ya sebab bila mengandalkan kendaraan umum mungkin akan sedikit sulit.

Baca Juga: Wisata Teluk Wondama

Sedikit tips saat mau berwisata ke Papua Barat khususnya di Tambrauw karena kebanyakan bertemakan alam, maka sebaiknya gunakan outfit yang outdoor friendly. Bawa uang cash juga untuk bertransaksi saat berada di lokasi wisata.

Oke traveler itulah 6 tempat wisata di Tambrauw yang wajib dikunjungi. Mulai dari wisata pesisir hingga pegunungan, kamu bisa memilih yang menurutmu sesuai denganmu. Jadi, after pandemic berakhir kamu nggak usah bingung lagi mau liburan kemana. Setelah sekian lama stay at home saatnya untuk menjelajahi dan menikmati suasana alam yang menyegarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *